cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
Empowerment
ISSN : 22524738     EISSN : 25807692     DOI : -
Core Subject : Education,
Empowerment Journal publishes original research or theoretical papers about : 1. non formal education 2. community education 3. community development 4. training and course 5. informal education 6. social communication to support community learning process
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015" : 9 Documents clear
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RANGKA PEMBANGUNAN BANGSA Enceng Mulyana
Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.313 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v4i1p41-49.555

Abstract

Pendidikan karakter menjadi salah satu tugas utama dalam pembangunan Bangsa Indonesia ke depan. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur harus pula diikuti dengan pembangunan pendidikan dalam penguatan mental manusia Indonesia ke depan. Pendidikan luar sekolah memegang peranan penting dalam membangun dunia yang lebih baik, melalui pendidikan.
DAMPAK PROGRAM PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MANDIRI TERHADAP USAHA HOME INDUSTRY MAKANAN RINGAN DESA MARGALUYU KECAMATAN CIKONENG KABUPATEN CIAMIS Lilis Karwati
Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.863 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v4i1p102-125.561

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakat yang belum memiliki  pengetahuan dan ketrampilan dalam kegiatan usaha, permasalahan masih rendahnya kemampuan manajemen kegiatan usaha home industri kurangmya  upaya untuk membuka usaha secara mandiri dari memproduksi sampai pemasaran berdaya saing. Melalui Pelatihan diharapkan dapat meningkatkan hasil usahanya. Model pemberdayaan yang efektif untuk meningkatkan keberdayaan usaha itu ialah fokus pada peningkatan perilaku kemandirian usaha Home  Industri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif diartikan sebagai penelitian yang tidak mengadakan perhitungan. Dalam penelitian ini variabel yang diteliti yaitu "Dampak Program Pelatihan Kewirausahaan Mandiri terhadap Usaha Home Industri Makanan Ringan di Desa Margaluyu Kecamatan Cikoneng  Kabupaten Ciamis". Adapun teknik penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah: Observasi, Wawancara, Studi Dokumentasi, Studi Literatur. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 orang responden yang meliputi 2 orang Supervisor Program pelatihan, 2 orang penyelenggara pelatihan kewirausahaan, 16 orang peserta pelatihan. Kesimpulan hasil penelitian ini  : 1) Masyarakat Usaha home industri memperoleh pengetahuan dan pemahaman dalam berusaha. 2) Dampak Pelatihan Kewirausahaan Mandiri dibuktikan dengan meningkatnya pendapatan usaha home industri karena selain adanya pemahaman usaha juga dengan adanya pelatihan dapat membuka peluang dalam memasarkan produknya karena antar pengusaha saling memberikan informasi. Saran sebagai berikut ; 1) pemerintah daerah  terkait memberikan perhatian kepada kegiatan usaha home industri di Desa Margaluyu Kecamatan Cikoneng  Kabupaten Ciamis. 2) PKBM memberikan perhatiannya melalui berbagai programnya. 3) Sebaiknya pelaksanaan pelatihan secara rutin 4)ada peneliti lain yang melakukan penelitian lebih lanjut. sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menyempurnakan hasil penelitian ini.
OPTIMALISASI PERAN MASYARAKAT DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH Prita Kartika
Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.163 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v4i1p50-57.556

Abstract

Masyarakat adalah kelompok sosial yang juga memiliki potensi yang sangat besar bila dapat mengarahkan kemampuan dirinya dalam mengembangkan berbagai kompetensi yang dapat memberikan nilai tambah dalam kehidupannya. Permasalahannya adalah peran masyarakat, seringkali terhadap karena ketidaktahuan terhadap masalah kehidupannya sendiri. Oleh karenanya, perlu untuk mengembangkan serangkaian program pendidikan luar sekolah yang jauh lebih komprehensif agar dapat membangun kesadaran masyarakat untuk terlibat dalam proses pemberdayaan masyarakat yang jauh lebih optimal.
REVITALISASI PERAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Wedi Fitriana; Dewi Safitri Elshap
Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.827 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v4i1p58-66.557

Abstract

Pendidikan Luar Sekolah adalah salah satu kunci utama dalam pembangunan. Dengan berbagai fleksibilitas dan adaptabilitasnya untuk memberikan fasilitasi terhadap kebutuhan layanan pendidikan, pendidikan luar sekolah jauh lebih kuat dalam menjangkau berbagai jejaring kemitraan dan lapisan masyarakat. Hal ini akan mendorong terwujudnya masyarakat pembelajar dalam konteks yang sesungguhnya, bukan sekedar upaya politis populis. Inilah yang perlu difahami oleh berbagai pihak mengenai peran dasar dan peran utama pendidikan luar sekolah, sekarang maupun di masa yang akan datang.
PERAN IBU KARIR DALAM PENDIDIKAN KELUARGA DI LINGKUNGAN PERSIT KARTIKA CHANDRA KIRANA Siwi Astini
Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.934 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v4i1p67-77.558

Abstract

Saat ini, peran wanita telah bergeser dari peran tradisional menjadi modern. Dari hanya memiliki peran tradisional untuk melahirkan anak dan mengurus rumah tangga, kini wanita mempunyai peran sosial dimana dapat berkarir dalam bidang kesehatan, ekonomi, sosial, maupun politik dengan didukung pendidikan yang tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya konflik peran ganda sebagai pekerja dan ibu rumah tangga bagi wanita yang telah berkeluarga, sehingga mudah menimbulkan konflik kepentingan dalam pelaksaan tugasnya sebagai ibu juga sebagai wanita karir. Hal ini membutuhkan kajian yang lebih menyeluruh mengenai bentuk-bentuk permasalahan, solusi dan dampak dari setiap nilai yang berhubungan dengan kehidupan ibu dan dunia pekerjaan. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, sehingga mampu menjelaskan konteks kehidupan keluarga, pendidikan dan kehidupan profesional. Dalam fakta temuan lapangan ditemukan bahwa kehidupan ibu karir telah mampu menjawab tantangan dunia kerja maupun keluarga secara tepat dan seimbang.
PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SANTRI Agus Hasbi Noor
Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.676 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v4i1p1-31.553

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pendidikan kecakapan hidup yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Modern Al Ihsan Baleendah dan di Pondok Pesantren Al Ittifaq Kabupaten Bandung Propinsi Jawa Barat.  Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data yang mendeskripsikan tentang sistem pendidikan life skills, proses pembelajaran life skills, hasil pembelajaran life skills  dalam peningkatan kemandirian yang dicapai santri di pondok pesantren. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) sistem pendidikan di pondok pesantren dilaksanakan secara terpadu, dimana terdapat struktur keterkaitan yang erat antara semua komponen dan hubungan saling pengaruh yang ada diantara komponen tersebut dalam meningkatkan kemandirian santri; (2) Proses pembelajarannya merupakan salah satu bentuk pembelajaran dengan menggunakan kegiatan pembelajaran yang bersifat dialogis, partisipatif-andragogis, namun penerapannya belum begitu komprehensif; terutama dalam tahap perencanaan dan penilaian; (3) Hasil pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan dalam aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap terhadap kemandirian yang dicapai santri; 4) Kemandirian yang dicapai santri ditunjukkan dengan adanya kemandirian dalam aspek emosional, perilaku, dan nilai yang tercermin pada peningkatan kepribadian seperti memiliki tanggungjawab, disiplin, tidak tergantung pada orang lain, semangat berprestasi, ulet dan gigih, percaya diri dan kegiatan membelajarkan orang lain serta peningkatan partisipasi dalam kegiatan sosial dan pengembangan masyarakat. Kesimpulannya adalah bahwa sistem pendidikan dan proses pembelajaran di pondok pesantren pada dasarnya merupakan model pendidikan kecakapan hidup (life skill education model) dimana santri belajar dan dilatih untuk memecahkan dan mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapinya secara mandiri.
STRATEGI PEMANTAUAN DENGAN TEKNIK VISITASI, BERJANGKA, TERUS MENERUS DAN BERKESINAMBUNGAN DALAM PENGENDALIAN MUTU PROGRAM LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DI KECAMATAN CIDADAP KOTA BANDUNG Sriyantini, Sriyantini
Empowerment Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.181 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v4i1p78-92.559

Abstract

Dalam melakukan kegiatan pemantauan program lembaga kursus dan pelatihan di Kecamatan Cidadap Kota Bandung, masalah pokok yang dibahas dalam karya tulis ini adalah Bagaimana strategi pemantauan yang efektif dan mudah dilaksanakan oleh Penilik dalam pengendalian mutu program lembaga kursus dan pelatihan di Kecamatan Cidadap Kota Bandung? Teknik penulisan karya tulis bersifat deskriptif. Dan data diperoleh serta disajikan secara deskriptif yang dianalisis dan dapat diterapkan serta dikembangkan lebih lanjut. Sampel dalam karya tulis ini adalah Lembaga Kursus dan Pelatihan yang berada di Kecamatan Cidadap Kota Bandung. Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman, ternyata teknik pemantauan yang selama ini dilaksanakan oleh Penilik kurang efektif dalam pencapaian hasil yang maksimal. Ini terlihat dari analisa data dari tahun pertama dan kedua penulis mendapat tugas di Kecamatan Cidadap, kurang optimalnya peningkatan pengendalian mutu maka perlu adanya program tindak lanjut yang dilakukan penulis dalam pengendalian mutu program PAUDNI. Melalui Strategi Pemantauan dengan Teknik Visitasi, Berjangka, Terus menerus dan Berkesinambungan (“Sijakasembung”) dalam Pengendalian Mutu Lembaga Kursus dan Pelatihan yang dapat dikembangkan lebih lanjut oleh penulis dalam rangka melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsinya dalam Pengendalian Mutu Program PAUDNI.
PENGARUH PERMAINAN EGRANG TEMPURUNG KELAPA TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK Laely, Khusnul; Yudi, Dede
EMPOWERMENT : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.258 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v4i1p32-41.554

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional egrang tempurung kelapa terhadap peningkatan kecerdasan kinestetik anak BA ‘Aisyiyah Kalinegoro Kecamatan Mertoyudan Kabupten Magelang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain  penelitian One Group Pre-Postest Design dengan melakukan pengukuran awal dan pengukuran akhir. Variabel dalam penelitian ini adalah kelompok A di BA ‘Aisyiah Kalinegoro Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 15 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan lembarobservasi dan unjuk kerja. Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu teknik analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon dengan bantuan komputer program SPSS for Windows versi 19.00.Hasil penelitian diperoleh kolom asymp.sig. (2-tailed)/asymptotic significance untuk uji dua sisi adalah 0,001. Oleh karena kasus adalah uji satu sisi, maka probabilitas menjadi 0,001 / 2 = 0,0005. Di sini didapat probabilitas bahwa 0,05 (0,0005<0,05). Maka Ho ditolak, atau Ada perbedaan kecerdasan kinestetik anak pada pegukuran awal dan pengukuran akhir setelah diberikan kegiatan pembelajaran dengan permainan tradisional egrang tempurung kelapa.
PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAUD DI KOTA CIMAHI Rohmalina, Rohmalina
EMPOWERMENT : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.028 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v4i1p93-102.560

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan STKIP Siliwangi Bandung dengan judul “Pelatihan  Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUDDi Kota Cimahi“. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan : Untuk mendeskripsikan penerapan proses pembelajaran di PAUD Kota Cimahi.Untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik pendidik di PAUD Kota Cimahi. Untuk mendeskripsikan upaya pengelola dalam pengendalian mutu proses pembelajaran melalui peningkatan kompetensi pedagogik pendidik PAUD di PAUD Kota Cimahi.”.Penelitian ini dilaksanakan dengan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sugiyono(2009: 21-22). Sumber data penelitian ini adalah anak dan guru  PAUD Siaga. Penerapan upaya pengelola di PAUD Kota Cimahi untuk meningkatkan kompetensi dilihat dari perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran sangat berpengaruh besar terhadap proses pembelajaran serta dalam peningkatan kompetensi pendidik dalam hal tersebut pengelola sebagai manajer diharapkan dapat mengelola pendidik dalam proses pembelajaran kea rah peningkatan mutu dan kualitas pendidikan dan kompetensi Pedagogik. Pelaksanaan upaya pengelola dalam meningkatkan kompetensi pendidik dilaksanakan diluar ruang dan didalam yaitu di sekolah dan dilembaga-lembaga pemerintah maupun swasta penyelenggara pelatihan dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pendidik PAUD Kota Cimahi diharapkan berpengaruh terhadap proses pembelajaran dikarenakan untuk meningkatkan kompetensi pendidik untuk itu  pengelola mengikut sertakan pendidik dalam rangka peningkatan kompetensi melalui pelatihan-pelatihan hal ini berdampak baik terhadap tutor dari pada sebelum diadakan penerapan pengelola dalam  upaya peningkatan kompetensi pendidik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahw apertanyaan penelitian ini yang menyatakan Pelatihan  Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD dapat diterima. 

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): February 2023 Vol 11, No 2 (2022): September 2022 Vol 11, No 1 (2022): February 2022 Vol 10, No 2 (2021): Volume 10 Nomor 2 Vol 10, No 1 (2021): Volume 10 Nomor 1 Vol 9, No 2 (2020): Volume 9 Nomor 2 September 2020 Vol 9, No 1 (2020): Volume 9 Nomor 1, February 2020 Vol 8, No 2 (2019): Vol 8 No. 2 September 2019 Vol 8, No 1 (2019): Volume 8, No 1, Februari 2019 Vol 7, No 2 (2018): Volume 7, No 2, September 2018 Vol 7, No 1 (2018): Volume 7, No 1, Februari 2018 Vol 6, No 2 (2017): Volume 6, No 2, September 2017 Vol 6, No 1 (2017): Volume 6, No 1, Februari 2017 Vol 6, No 1 (2017): Volume 6, No 1, Februari 2017 Vol 6, No 1 (2017): Vol 6 No 1, Edisi Februari 2017 Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, No 2, September 2016 Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, No 2, September 2016 Vol 5, No 1 (2016): Volume 5, No 1, Februari 2016 Vol 4, No 2 (2015): Volume 4, No 2, September 2015 Vol 4, No 2 (2015): Volume 4, No 2, September 2015 Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015 Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015 Vol 3, No 2 (2014): Volume 3, No 2, September 2014 Vol 3, No 1 (2014): Volume 3, No 1, Februari 2014 Vol 3, No 1 (2014): Volume 3, No 1, Februari 2014 Vol 2, No 2 (2013): Volume 2, No 2, September 2013 Vol 2, No 2 (2013): Volume 2, No 2, September 2013 Vol 2, No 1 (2013): Volume 2, No 1, Februari 2013 Vol 2, No 1 (2013): Volume 2, No 1, Februari 2013 Vol 1, No 2 (2012): Volume 1, No 2, September 2012 Vol 1, No 2 (2012): Volume 1, No 2, September 2012 Vol 1, No 1 (2012): Volume 1, No 1, Februari 2012 Vol 1, No 1 (2012): Volume 1, No 1, Februari 2012 More Issue