cover
Contact Name
Tri Kurniawati
Contact Email
-
Phone
+62811313559
Journal Mail Official
pedagogi@um-surabaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Sutorejo No. 59 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PEDAGOGI
ISSN : 25990438     EISSN : 2599042X     DOI : -
Core Subject : Education,
PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2022): FEBRUARI" : 10 Documents clear
Perbandingan Pengetahuan Ibu Bekerja Dan Yang Tidak Bekerja Terhadap Status Gizi Anak Balita di Jorong Sungai Salak Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Fitriani, Wahidah; Nadia, Novianti; Nelisma, Yuliana
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i1.12409

Abstract

Pokok permasalahan ini adalah perbandingan pengetahuan ibu bekerja dan yang tidak bekerja terhadap status gizi anak balita di Jorong Sungai Salak Kabupaten Dharmasraya. Tujuan dari pembahasan ini untuk mengetahui perbandingan pengetahuan ibu yang bekerja dan yang tidak bekerja terhadap status gizi anak balita. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan analisis statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini ibu bekerja dan ibu yang tidak bekerja. Pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu berjumlah 80 orang. Yang menjadi instrument penelitian adalah kuesioner. Analisis data menggunakan chi square. Data penelitian menunjukkan bahwa ha ditolak, artinya tidak terdapat perbandingan tingkat pengetahuan ibu yang bekerja dan yang tidak bekerja terhadap asupan gizi anak balitanya. Jadi dapat disimpulkan bahwa ibu yang mengerti akan pengetahuan gizi anaknya tidak selalu ibu yang bekerja saja, melainkan ibu yang tidak bekerja juga mengerti akan gizi anak balitanya.The main issue is the comparison of knowledge of working mothers and those who do not work on the nutritional status of children under five in Jorong Sungai Salak, Dharmasraya Regency. The purpose of this study is to compare the knowledge of working and non-working mothers on the nutritional status of children under five. This type of research is a comparative descriptive study with a descriptive statistical analysis approach. The population in this study were working mothers and non-working mothers. Total sampling was used. The number of sampling was 80 people. Instrument in this study was a questionnaire. Result shows than Ho is rejected. It means that there is no comparison of the level of knowledge of working and non-working mothers on the nutritional intake of their children under five. So it can be concluded that mothers who understand the nutritional knowledge of their children are not always working mothers, but mothers who do not work also understand the nutrition of their toddlers
Pengembangan Model Pelatihan Coaching dan Peer Tutoring sebagai upaya meningkatkan kompetensi Pendidik KB/TPA Fairuz Aqila pada saat Pandemi Corona Action Research Study Ismuningsih, Ismuningsih; Mawardi, Imam
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i1.9417

Abstract

Abstrak Menurunnya kompetensi pendidik pada masa pandemi  merupakan permasalahan mendasar di KB/TPA Fairuz Aqila. Diperlukan program berkelanjutan agar kualitas lembaga sesuai dengan standar PAUD seperti (1) program peningkatan kompetensi pendidik (2) penyusunan SOP lembaga. Penulisan ini bertujuan untuk memaparkan strategi coaching dan peer tutoring di KB/TPA Fairuz Aqila Dusun  Sorogenen II, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman DIY untuk meningkatkan kompetensi pendidik pada saat pandemic Covid19. Strategi ini berlangsung selama tahun 2021. Hasil dari coaching dan peer tutoring adalah; (1) meningkatnya kemampuan pendidik membuat Rencana Pembelajaran dipadukan dengan ciri khas lembaga (2) Adanya prosedur layanan pendidikan di lembaga (3) meningkatnya jumlah murid pada saat pandemi Covid 19. Produk-produk yang dihasilkan proses coaching adalah buku saku pendidik (pertanyaan terbuka, dolanan anak, saintifik), SOP yang dibukukan, stiker, buletin, rencana pembelajaran berdasarkan kurikulum 2018. Semua produk merupakan hasil karya pendidik KB/TPA Fairuz Aqila.Kata kunci ; peningkatan kompetensi pendidik , Coaching dan Peer Tutoring
Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelompok TK A Dengan Media Gambar Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya Tahun Ajaran 2021/2022 Wardah Suweleh; Dian Karina Rachmawati
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i1.12834

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa kemampuan membaca siswa kelompok  A yang diajarkan dengan  menggunakan media gambar lebih baik dari pada siswa yang diajarkan tidak menggunakan media gambar. Pada pembelajaran membaca, mengembangkan kemampuan membaca siswa banyak cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengajak siswa bermain dengan kartu gambar.Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok TK A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah seluruh siswa 15 anak. Subjek penelitian sejumlah 15 anak siswa diambil dari Kelompok TK A. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan mulai dari siklus I sampai siklus II, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes membaca menggunakan media gambar, dan di analisis dengan statistik pendidikan melalui rumus persentase yang menggunakan frekuensi relatif. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan histogram.Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus menggunakan media gambar mengungkapkan bahwa ketuntasan belajar membaca diantaranya, memusatkan perhatian sebanyak 86% dari 15 siswa, mengenal gambar dan huruf sebanyak 80% dari 15 siswa, dapat membaca gambar sebanyak 80% dari 15 siswa. Media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas belajar.Kata kunci: peningkatan, media gambar, kemampuan membaca
Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Aspek Komunikasi Pada Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Jarak Jauh Alma Nur Kharisma; Indra Zultiar; Alfian Ashshidiqi Poppyariyana
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i1.9353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran umum tingkat kompetensi pedagogik guru dalam aspek komunikasi pada anak usia dini dalam pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian survey serta teknik pengumpulan data berupa pengisian angket melalui google form menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban yang terdiri dari 17 pertanyaan berkaitan dengan indikator komunikasi guru selama pembelajaran. Sampel pada penelitian ini sebanyak 80 orang guru Taman Kanak-kanak (TK) di Kabupaten Sukabumi, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru TK di kabupaten Sukabumi memiliki kompetensi pedagogik guru dalam aspek komunikasi pada anak usia dini tergolong kategori baik berdasarkan tiga indikator yang dinilai yaitu indikator efektif, empatik, dan santun karena menunjukkan hasil persentase sebesar 67% berdasarkan rata-rata persentase komunikasi efektif (60%), empatik (59%), dan santun (53%).
Faktor yang MempengaruhiPerkembangan Nilai Agama Moral pada Anak Usia Dini Pratitis Dyah Susetya; Zulkarnaen Zulkarnaen
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i1.12284

Abstract

Tujuan artikel ini adalah menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatifdengan desain literatur review, sumber data  yang digunakan merupakan sumber dari literatur yang berkaitan dengan perkembangan moral anak usia dini, yakni berupa artikel-artikel jurnal ilmiah serta buku-buku. Analisis datanya adalah analisis deskriptif, dari hasil analisis disimpulkan bahwa tiga factor utama yang mempengaruhi perkembangan nilai moral dan agama anak usia dini yaitu orang tua dengan penerapan pola asuh yang baik, guru dengan penggunaan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak dan lingkungan termasuk lingkungan sekolah dan keadaan situasi lingkungan, konteks individu atau kepribadian, dan konteks sosial atau cara berintraksi dengan lingkungan sekitar dalam bermasyarakat.
Analisis Pemahaman Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Amalia Maharani Putri; Endah Hendarwati; Wardah Suweleh
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i1.9401

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini melalui model pembelajaran numbered head together. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kepustakaan atau library research. Hasil analisis penelitian ini yaitu model pembelajaran numbered head together merupakan cara yang tepat untuk menstimulus pemahaman konsep bilangan anak usia dini. Model pembelajaran numbered head together adalah pembelajaran yang dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap anak dalam kelompok kecil mendapatkan nomor yang berbeda sesuai jumlah anggota kelompok. Hasil kerja kelompok akan disampaikan oleh perwakilan anak dari setiap kelompok yang ditunjuk secara acak oleh guru. Penunjukkan dilakukan secara acak pada tahap answering untuk memotivasi anak dalam memahami konsep bilangan. Keterlibatan anak dalam kelompok dapat menjadikan anak lebih aktif untuk mengkonstruk pengetahuan, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Analisis dengan literatur review dilakukan dengan beberapa teknik , yaitu 1) compare, yaitu mencari kesamaan dari beberapa literatur lalu dibuat sebuah kesimpulan, 2) contrast, yaitu mencari perbedaan dari beberapa literatur lalu dibuat sebuah kesimpulan, 3) criticize, yaitu peneliti membuat pendapat terkait dengan literatur yang dibaca, 4) synthesize, yaitu membentuk sebuah ide baru dengan cara menggabungkan sumber penelitian, 5) summarize, yaitu menuliskan kembali sumber penelitian dengan kalimat peneliti. Hasil analisis dengan literatur review model pembelajaran numbe red head together dapat meningkatkan pemahaman anak terkait materi pembelajaran, yang meliputi meningkatnya kemampuan anak untuk membilang awal, pembelajaran dapat dilakukan secara lebih terstruktur dan kondusif, menjadikan anak lebih fokus, mengembangkan keterampilan sosial anak, meningkatkan keaktifan anak.
Strategi Pengelolaan Kelas di Masa Pandemi Pada Anak Usia Dini Kelompok B Secara Tatap Muka di TK Amanda Sejahtera Firda Amalia Fatharani; Astuti Darmiyanti
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i1.8468

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pengelolaan kelas di masa pandemi pada anak usia dini melibatkan siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menggali data mengenai strategi pengelolaan kelas di masa pandemi. Adanya wabah virus corona ini menghambat kegiatan belajar mengajar yang biasanya berlangsung secara tatap muka yang juga dialami dunia pendidikan utamanya terjadi pada pengajaran PAUD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara terhadap guru PAUD melalui komunikasi secara langsung dengan Teknik wawancara terarah dan berbasis pada teori penelitian sebelumnya. Tujuan dilakukan wawancara adalah guna mendapatkan informasi yang penting yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pengelolaan kelas di masa pandemi ini untuk siswa TK Amanda Sejahtera mengatasi pembelajaran agar tidak melalui daring, sehingga siswa tidak merasa jenuh dan tidak menggunakan alat komunikasi maka pihak sekolah juga membuat kebijakan untuk meminimalisir kerumunan banyak orang. Pada pembelajaran tatap muka disekolah atau dikelas, pihak sekolah membuat peraturan baru untuk dibuatkan secara bergelombang.
Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Siti Soleha Ayu Fitriani; Amelia Vinayastri
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i1.8973

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun yang teruji oleh pakar dan memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi sehingga dapat digunakan berulang-ulang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model Brog and Gall. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling dengan jumlah responden pada uji skala kecil sebanyak 28 responden dan uji kelayakan skala besar sebayak 202 responden.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penghitungan pada uji pakar instrumen kemampuan berpikir kritis mendapatkan nilai rata - rata presentase sebesar 92,2% dengan kategori sangat valid. hasil penghitungan pada uji coba produk skala kecil memperoleh nilai rata – rata presentase untuk responden guru sebesar 81% dengan kategori valid dan responden orang tua sebesar 85% dengan kategori valid. Hasil penghitungan pada uji kelayakan skala besar memperoleh koefisien nilai rata rata presentase untuk responden guru sebesar 88% dengan kategori sangat valid dan untuk responden orang tua sebesar 82% dengan kategori valid. Nilai koefisien reliabilitas pada uji produk skala kecil sebesar 0,965 dan pada uji coba kelayakan skala besar sebesar 0,960 yang menunjukkan bahwa instrumen kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi dan layak untuk digunakan.
Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam Kajian Qs Luqman31 Ayat 13-19 Solichatul Wahyu Wulandari
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i1.9150

Abstract

Perkembangan Anak adalah anugerah yang dititipkan Allah kepada kedua orang tua sebagai amanah untuk meneruskan perjuangan bangsan dan agama. Anak usia dini adalah anak yang berusia 0-8 tahun. Perlunya pendidikan anak usia dini yang tepat untuk mencetak generasi sholih sebagai pilar peradaban umat. Pendidikan adalah suatu upaya untuk mengembangkan potensi manusia dengan tujuan mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Melalui pendidikan islam diharapkan mampu mencetak anak yang taat menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Pendidikan pertamakali anak adalah didalam keluarga untuk itu dalam memberikan pendidikan sangat memerlukan pedoman baik dari Al-Qur’an dan Hadits. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kepustakaan Dalam penelitian ini mengkaji bagaimana pendidikan anak usia dini dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19.
Pengaruh Metode Eksplorasi Lingkungan Terhadap Perkembangan Sains Pada Anak Tk B (5-6 Tahun) Di TK Bunga Bangsa Pacet Veronica, Nina; Yunanti, Sofi
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v8i1.12426

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode eksplorasi lingkungan terhadap perkembangan sains anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Pada penelitian ini mengambil populasi dari anak kelas B di TK Bunga Bangsa yang berjumlah 42 anak dan dibagi menjadi kelas B1, B2, dan B3. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Kelas B1 (Eksperimen) dan kelas B3 (kelas control). Masing – masing kelas berjumlah 14 anak sebagai sampel penelitian. Hasil dari nilai R (korelasi) sebesar 0,755, hal tersebut ada di kategori kuat/tinggi. Sedangkan koefisien determinasi R2 sebesar 0,570 yang berarti 57,0% artinya variabel dependen peningkatan pengetahuan sains dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu eksplorasi lingkungan. Sedangkan sisanya 43,0% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dijelaskan dalam model tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kuat antara pendekatan eksplorasi lingkungan terhadap peningkatan pengetahuan sains anak usia dini di TK Bunga Bangsa Pacet.

Page 1 of 1 | Total Record : 10