cover
Contact Name
Muhammad Rizky Nur Prakoso
Contact Email
muh.rizkynp@gmail.com
Phone
+6285647337639
Journal Mail Official
medikons.bkunisri@gmail.com
Editorial Address
muh.rizkynp@gmail.com ahmadjawandi@gmail.com
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling UNISRI Surakarta
ISSN : 2528424X     EISSN : 2686651X     DOI : 10.33061
Core Subject : Education,
Medikons, publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling. Every submitted manuscript will be reviewed by at least peer-reviewers using blind review method. Medikons publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling which includes, but is not limited to : Personal Guidance and Counseling Social Guidance and Counseling Career Guidance and Counseling Academic Guidance and Counseling School Guidance and Counseling Guidance and Counseling in Higher Education Assessment in Guidance and Counseling Group Guidance Group Counseling Individual Counseling Multicultural Counseling Behavior Analysis and Modification Guidance and Counseling for Disabled Evaluation and Supervision in Guidance and Counseling Guidance and Counseling Management Career Planning Psychological Assessment Communication Techniques Mental Hygiene Media of Guidance and Counseling Information Technology in Guidance and Counseling Family Counseling
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS" : 10 Documents clear
PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 23 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Sri Hartini, Sofaningsih
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.819 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh layanan informasi dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta.Bentuk penelitian kuantitatif. Populasinya semua siswa kelas VIII B SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel total, teknik pengumpulan datanya menggunakan angket kemampuan interaksi sosial siswa, melalui 2 tahap, yaitu sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan teknik pemberian tugas, maka untuk menganalisis data menggunakan rumus t-tes.Berdasarkan hasil analisis data mengenai pengaruh layanan informasi dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII-B SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, dianalisis dengan statistik, yang menunjukkan t hitung 17,073. Yang selanjutnya dikonsultasikam dengan ttabel pada d.b = N – 1 (30-1) = 29, yang menunjukkan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,049, ternyata hasilnya t hitung > t tabel (17,073 > 2,049). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh layanan informasi dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017”, terbukti kebenarannya.Kata kunci: Layanan Informasi Teknik Pemberian, dan Kemampuan Interaksi Sosial.
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017 Lydia Ersta Kususmaningtyasadmin, Artia Prameswari Putri
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.241 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 100 siswa, sampel penelitian menggunakan purposive quota Sampling sejumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk memperoleh data tentang perilaku agresif siswa, metode wawancara dipergunakan untuk mengetahui siswa yang berperilaku agresif yang akan dijadikan sebagai responden angket, sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk mengetahui nama dari siswa kelas VIII dan beberapa siswa lain yang digunakan sebagai subyek uji coba instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi t- test.Berdasarkan analisis data secara empiris diperoleh nilai t hitung = 8,155, selanjutnya dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = 40 – 1 = 39 dan taraf signifikansi 5%, yaitu 2,020 diperoleh nilai tinggi. Hasil yang diperoleh menunjukkan 2,020 < 8,155 berarti t hitung > t tabel. Dengan demikian hipotesis “Ada pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017” terbukti kebenarannyaKata Kunci : Perilaku Agresif,Bimbingan Sosial.
PERAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN GESTALT TERHADAP KEMAMPUAN PENERIMAAN DIRI LANSIA DI POS LANSIA BINA SEJAHTERA KADIPIRO SURAKARTA TAHUN 2017 Fadjeri, Saiful Anwar
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.519 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peran Konseling Individu dengan Pendekatan Gestalt Terhadap Kemampuan Penerimaan Diri Lansia di POS Lansia Bina Sejahtera Kadipiro Surakarta 2017.Penelitian ini mengambil subyek pengurus di POS Lansia Bina Sejahtera berjumlah 2 orang dari keseluruhan pengurus berjumlah 17 orang. Peneliti tertarik memilih 2 orang pengurus inti yang diteliti yaitu ketua dan sekretaris yang dianggap paling berpengaruh di POS Bina Sejahtera.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi kemudian hasil dari sebuah penelitian tersebut dianalisis, maka dapat disimpulkan bahwa : Sebelum Konseling individu dengan pendekatan Gestalt dalam penerimaan diri, klien menganggap akan ketidak mampuan diri, tidak menghargai diri sendiri, Setelah diberikan konseling individu dengan pendekatan gestalt, maka ada perubahan sudah memiliki rasa penerimaan akan kelebihan maupun pada kekurangan pada diri sendiri, jadi untuk penerimaan diri lansia di pos bina sejahtera untuk klien S dan M ada kemajuan.Kata Kunci : Konseling Individu, Pendekatan Gestalt, Kemampuan Penerimaan Diri
PENGARUH LAYANA KONSELING INDIVIDU TERHADAP ANAK YANG MENGALAMI EMOTIONAL INSECURITY PADA SISWA KELAS VII MTS AL-HIDAYAH GENENGADAL GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017 Hera Heru S. S, Arum Niara Rahma Hidayati
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.552 KB)

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh layanan konseling individu terhadap anak yang mengalami emotional insecurity pada siswa kelas VIII MTs Al–Hidayah Genengadal Grobogan tahun pelajaran 2016 – 2017.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini subjek yang diambil satu siswa yang berinisial S siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Genengadal dengan mengambil objek satu anak yang mengalami emotional insecurity. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara konseling dengan pendekatan kombinasi yang tepat antara pendekatan directive dan nondirective (dengan guru BK, Wali/orang tua siswa, dan siswa), observasi, dan dokumentasi.Berdasarkan analisis data diperoleh data siswa yang berinisial S, melakukan penyimpangan antara lain: (1) Sering tidak masuk sekolah tanpa keterangan/membolos. (2) Datang ke sekolah sering terlambat, (3) Sering gaduh dikelas dan melanggar tata tertib sekolah, (4) Malas belajar, (5) Selalu mengabaikan saat guru mengajar, (6) Berpakaian tidak rapi. Selanjutnya diadakan konseling dengan 3 pertemuan. Dari konseling pertama sampai ketiga siswa mengalami perubahan perilaku 83,4%, dan perlu diadakan bimbingan belajar, demikian hasil konseling “berpengaruh terhadap anak yang mengalami emotional insecuritypada siswa kelas VIII MTs Al–Hidayah Genengadal Grobogan Tahun Pelajaran 2016-2017.Kata kunci: Emotional Insecurity, Konseling Individu.
PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK PERCONTOHAN TERHADAPA MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 3 SRAGEN Lydia Ersta K, Arif Nur Hidayah
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.245 KB)

Abstract

-
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPEMIMPINAN PADA SISWA KELAS X IPA 4 MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Hera Heru SS, Linda Permatasari
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.629 KB)

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepemimpinan pada siswa kelas X IPA 4 MAN 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan bentuk deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa di MAN 1 Surakarta yang berjumlah 8 orang. Dan objeknya adalah kepemimpinan pada diri siswa. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi sumber dan teknik, sedangakan untuk menganalisis datanya digunakan analisis teraktif dengan langkah-langkah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui setelah dilakukan bimbingan kelompok selama 3 kali terdapat perubahan perilaku pada diri subjek menuju kearah yang lebih baik, hal tersebut dibuktikan dengan subjek sudah dapat berkomunikasi dengan baik saat berinteraksi dengan teman-teman sebayanya dan mampu mengambil resiko.Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Kepemimpinan
PERAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN EKLEKTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANAJEMEN EMOSI PADA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Lydia EK, Yuliyanti Setiyaningsih
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.609 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuanmanajemen emosi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gondangrejo Tahunpelajaran 2016/2017 melalui konseling individu dengan pendekatan eklektik.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gondangrejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah 1 anak di kelas VIII F tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan untuk mengetahui latar belakang penyebab konseli belum mampumemanajemen emosi dengan baik sebelum dan sesudah konseling individupendekatan eklektik dengan menggunakan teknik (Empty Chair) kursi kosong dan (Motivational Interviewing) memberikan motivasi saat wawancara atau konseling.Untuk menguji data digunakan teknik trianggulasi data, sedangkan analisis data yang ditempuh dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Dari hasil wawancara dan observasi dapat diketahui bahwa dengan teknikEmpty Chair) kursi kosong dan (Motivational Interviewing) memberikanmotivasi saat wawancara atau konseling. Sudah ada perubahan sikap kearah yang lebih positif dan ini dianggap sudah cukup berhasilmeskipun tidak seluruhnya sudah baik.Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa konseling individual pendekatan eklektik dengan menggunakan teknik (Empty Chair) kursi kosong dan (Motivational Interviewing) memberikan motivasi saat wawancara atau konselingdapat dikatakan efektif atau cocok untuk menangani atau mengatasi siswa yang terindikasi belum mampu memanajemen emosinya dengan baik.Kata Kunci: Manajemen Emosi, konseling individual dengan pendekatan eklektik
PERAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MANAGEMEN ORGANISASI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Sri Hartini, Alfi Hidayatur Ramadhlani
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.364 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran bimbingan kelompok terhadap managemen organisasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan sepuluh siswa yang menjadi subyek serta beberapa pihak yang menjadi narasumber. Sedangkan obyek penelitian adalah managemen organisasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama 4 kali pertemuan terhadap managemen organisasi siswa kelas VII dalam bentuk bimbingan kelompok, dapat disimpulkan bahwa 8 dari sepuluh siswa dapat mengatur peran atau tugasnya dalam organisasi (kegiatan ekstrakurikuler) yang diikuti dengan baik, dua lainnya mulai ada sedikit perubahan.Kata kunci: bimbingan kelompok, managemen organisasi, siswa kelas VII.
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN OUTBOND TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 23 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Wahyuningrum, Tutik
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.174 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Outbond Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VII E SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasinya siswa kelas VII E SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 30 siswa. Semua populasi dijadikan responden (Total Sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang rasa percaya diri siswa, sedangkan dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data tentang siswa yang mengikuti outbond. Teknik analisis data dengan t-test.Berdasarkan hasil data tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan outbond terhadap rasa percaya diri siswa kelas VII E SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, diperoleh nilai thitung sebesar 16,255. Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada d.b = N – 1 (30-1) = 29, yang menunjukkan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,049. Ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel (16,255 > 2,049), maka hipotesis yang berbunyi: “Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan outbond terhadap rasa percaya diri siswa kelas VII E SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017”, terbukti kebenarannya.Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Outbond, Percaya Diri
TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYNG SISWA KELAS X TKJ 1 SMK NEGERI 1 WONOSEGORO KABUPATEN BOYLALI TAHUN 2016/2017 Sri Hartini, Angga Wijiarto
MEDIKONS Vol 3, No 2 (2017): MEDIKONS
Publisher : MEDIKONS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.712 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengurangi perilaku bullying siswa dengan mengunakan teknik role playing pada siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, populasinya dalah tiga siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Wonosegoro. Teknik penumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data berupa data primer dan sekuder. Data primer berupa hasil wawancara dengan teman sebaya dan guru BK melalui wawancara. Subjek penelitian adalah kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Wonosegoro yang berjumlah tiga siswa yang berperilaku bullying. Sementara objek penelitian berupa teknik role playing untuk mengurangi perilaku bullying. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyaji dan kemudian kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik role playing dapat mengurangi perilaku bullying. Keberhasilan ini dapat diketahui melalui hasil wawancara dan observasi. Berdasarkan perubahan yang terjadi pada siswa telah membuktikan bahwa teknik role playing efektif untuk mengurangi periaku bullying siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017.Kata Kunci : teknik role palying, perilaku bullying

Page 1 of 1 | Total Record : 10