cover
Contact Name
Yusrawati JR Simatupang
Contact Email
yusrawati090992@gmail.com
Phone
+6285260106663
Journal Mail Official
intankemalasari00@gmail.com
Editorial Address
STKIP Bina Bangsa Getsempena, Jalan Tanggul Krueng Aceh, No. 34, Rukoh, Darussalam, Banda Aceh, 23112
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Penjaskesrek
ISSN : 23550058     EISSN : 25026879     DOI : -
Articles to be published on Penjaskesrek should follow the focus and scope of this journal. The scope of this journal is sports science.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2022)" : 5 Documents clear
PENGARUH LATIHAN PENGARUH LATIHAN BEBAN MENGGUNAKAN KARET AIR DI PINGGANG TERHADAP KECEPATAN RENANG 50 METER GAYA BEBAS PADA ATLET PBEBAN MENGGUNAKAN KARET AIR DI PINGGANG TERHADAP KECEPATAN RENANG 50 METER GAYA BEBAS PADA ATLET PPLPD KAB. MUSI BANYUASIN Epriyani; Farizal Imansyah; M.Taheri Akhbar
Jurnal Penjaskesrek Vol. 9 No. 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP Universitas Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46244/penjaskesrek.v9i2.1887

Abstract

Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan beban menggunakan karet air di pinggang terhadap kecepatan renang 50 meter gaya bebas pada atlit PPLPD kab. Musi banyuasin. Metode penelitian ini menggunakan metode ekperim design dengan desain penelitian one-group pret-test- post-test. Menggunakan teknik total sampling untuk pengambilan sampel yang berjumlah 15 orang atlit PPLPD. Proses selama penelitian ini adalah sesuai dengan Langkah-langkah yang di terapakan dalam Latihan mengunakan karet air di pinggang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes 50 meter renang gaya bebas. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis yang digunakan adalah uji t. berdasarkan Hasil dari penelitian ini ialah diterima Ha jika Thitung > Ttabel (1- α) dan tolak H0 jika T hitung < Ttabel (1- α), karena Thitung (6,3) > Ttabel (2,160) maka terdapat perbedaan yang signifikat antara pret-test dan post-test, dengan demikian, hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima. Pernyataan Ha yaitu : Ada pengaruh latihan renang menggunakan beban karet air di pinggang terhadap kecepatan renang 50 meter gaya bebas pada atlit PPLPD ( pusat pembinaan latihan pelajar daerah) kab. Musi banyuasin ku 12 – 14 tahun.
PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN KIHON KATA PADA MATA KULIAH KARATE Jujur Gunawan Manullang; Widya Handayani; Bambang Hermansah
Jurnal Penjaskesrek Vol. 9 No. 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP Universitas Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46244/penjaskesrek.v9i2.1895

Abstract

Untuk meningkatkan penguasaan keterampilan kihon kata dalam mata kuliah karate, diperlukan suatu model pembelajaran yang harus diterapkan oleh seorang dosen. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. STAD merupakan tipe kooperatif yang menekankan pada aktivitas dan interaksi antar siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam penguasaan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar mata kuliah karate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas PGRI Palembang yang mengikuti perkuliahan karate. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 38 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis uji-t dengan kesamaan dua rata-rata satu pihak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Kriteria Dalam hal ini t hitung berada pada daerah penolakan Ho, maka Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kata kihon.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI BERBASIS MULTIMEDIA Muhammad Suhairi; Awang Roni Effendi; Rajidin Rajidin
Jurnal Penjaskesrek Vol. 9 No. 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP Universitas Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46244/penjaskesrek.v9i2.1912

Abstract

This study aims to produce interactive multimedia-based floor gymnastics learning media for Jamani Education Study Program students at IKIP PGRI Pontianak in the floor gymnastics course. This study uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Determination of the subject in this study was done with a purposive sample. Informants from the development research carried out consisted of 2 experts, namely; material experts and media experts, small group trials of physical education study students with a total of 20 students as subjects, and large group trials of 40 physical education study students who took floor gymnastics courses. Research data obtained from; product validation design, giving small-scale test questionnaires and large-scale tests. The results showed that the interactive multimedia learning media for floor exercise can be used by teachers and students easily to understand the learning material for floor gymnastics with a very good response.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pebelajaran senam lantai berbasis multimedia interaktif untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Jamani di IKIP PGRI Pontianak pada mata kuliah senam lantai. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Penentuan subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan puposive sample. Informan dari penelitian pengembangan yang dilakukan terdiri dari 2 ahli yaitu; ahli materi dan ahli media, uji coba kelompok kecil dari mahasiswa prodi pendidikan jasmani dengan jumlah sabjek 20 mahasiswa, dan uji coba kelompok besar berjumlah 40 mahasiswa prodi pendidikan jasmani yang mengikuti mata kuliah senam lantai. Data hasil penelitian diperoleh dari; desain validasi produk, pemberian angket uji skala kecil dan uji skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif senam lantai dapat digunakan oleh pengajar dan mahasiswa secara mudah untuk memahami materi pembelajaran senam lantai dengan respon sangat baik.
PERANAN PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANDA ACEH Safrizal
Jurnal Penjaskesrek Vol. 9 No. 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP Universitas Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46244/penjaskesrek.v9i2.1932

Abstract

Physical education is a part of overall education that prioritizes physical activity and fostering a healthy life for physical, mental, social and emotional growth and development in harmony, in balance. As for what must be considered in physical education, namely the purpose of physical education, the function of physical education, and the benefits of physical education. The method in this study uses a descriptive method which aims to describe the symptoms that occur in the present. The population in this study were students of class X Madrasah Aliya Negeri 2 Banda Aceh totaling 180 students. The sampling technique was carried out by means of purposive sampling with a total of 27 people. Data collection techniques in this study through questionnaires and documentation. The data analysis used the level category with the aim of getting the level of discipline at Madrasah Aliya Negeri 2 Banda Aceh and then calculating the percentage. The results of data analysis are as follows: (1) as many as 0 respondents are in the low category with a percentage level of 0%, (2) as many as 6 respondents are in the medium category with a percentage level of 20.78% and (3) as many as 21 respondents are in the high category with a percentage rate of 79.23%. From the results of this study it can be concluded that the role of physical education is needed in shaping student discipline at Madrasah Aliya Negeri 2 Banda Aceh.AbstrakPendidikan jasmani adalah suatu bagian dari pendidikan keseluruhan yang mengutamankan aktivitas jasmani dan pembinaa hidup sehat untuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani, mental , sosial, dan emosional yang serasi, selaras seimbang. Adapun yang harus diperhatikan dalam pendidikan jasmani yaitu tujuan pendidikan jasmani, fungsi pendidikan jasmani, dan manfaat pendidikan jasmani. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi pada masa sekarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliya Negeri 2 Banda Aceh berjumlah 180 jumlah siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan cara Purposive sampling dengan jumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kategori jenjang dengan tujuan untuk mendapatkan tingkat kedisiplinan Madrasah Aliya Negeri 2 Banda Aceh dan selanjutnya menghitung persentase. Hasil analisis data sebagai berikut: (1) sebanyak 0 responden berada pada kategori rendah dengan tingkat persentase 0%, (2) sebanyak 6 responden berada pada kategori sedang dengan tingkat persentase 20,78% dan (3) sebanyak 21 responden berada pada kategori tinggi dengan tingkat persentase 79,23%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peranan pendidikan jasmani sangat dibutuhkan dalam membentuk kedisiplinan siswa di Madrasah Aliya Negeri 2 Banda Aceh
PENERAPAN METODE LATIHAN SMALL SIDE GAMES TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA UNIVERSITAS MUHAMMADYAH JAKARTA M Al Ghani; Muhamad Aspar; Ika Yulianingsih
Jurnal Penjaskesrek Vol. 9 No. 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP Universitas Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46244/penjaskesrek.v9i2.1933

Abstract

This research is motivated by research conducted by previous authors in which the authors observed and analyzed the dribbling skills of students of Sports Education University of muhammadiyah jakarta are incorporated in the Student Activity unit (UKM) football, then from the results of the study found that the results of the dribble has not been maximized. In this study the authors provide an opportunity to try other variations of exercise that is small side games exercise method which aims to improve the results of dribbling. Research is experimental research. This research method is a pseudo experiment, one group pretest-posttest design. The samples used were students of Sports Education Study Program of Muhammadiyah University of Jakarta who are members of the student activity unit amounting to 20 people with the sampling technique that is purposive sampling. Data collection techniques in this study using tests. The instrument used in this study is a Short Dribbling Test. Data analysis techniques using T-test before-after (before-after). The results of this study indicate that there is a significant effect of small sided games exercise on dribbling skills. When viewed from the average pretest of 14.60 and the average posttest of 13.83 then obtained the Mean Difference of 0.77, it shows that the practice of small sided games on dribbling skills provide a change that is better 5.27% compared to before given exercise.AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh peneltian yang dilakukan oleh penulis sebelumnya dimana penulis melakukan observasi dan menganalisa keterampilan menggiring bola mahasiswa pendidikan olahraga universitas muhammadiyah jakarta yang tergabug dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) sepakbola, lalu dari hasil penelitian tersebut didapati bahwa hasil menggiring bola tersebut belom maksimal. Dalam penelitian kali ini penulis memberikan kesempatan untuk mencoba variasi latihan lain yaitu metode latihan small side games yang dimana bertujuan untuk meningkatkan hasil menggiring bola. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Metode penelitian ini merupakan eksperimen semu, one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Jakarta yang tergabung dalam unit kegitan mahasiswa yang berjumlah 20 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Short Dribbling Test. Teknik analisis data menggunakan uji-t before-after (sebelum-sesudah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan small sided games terhadap keterampilan menggiring bola. Apabila dilihat dari rerata pretest sebesar 14,60 dan rerata posttest sebesar 13,83 maka diperoleh angka Mean Difference sebesar 0,77, hal ini menunjukkan bahwa latihan small sided games terhadap keterampilan menggiring bola memberikan perubahan yaitu lebih baik 5,27% dibandingkan sebelum diberikan latihan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5