cover
Contact Name
Yusrawati JR Simatupang
Contact Email
yusrawati090992@gmail.com
Phone
+6285260106663
Journal Mail Official
intankemalasari00@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tanggul Krueng Aceh No.34 Rukoh – Darussalam, Banda Aceh 23112
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
BUAH HATI
ISSN : 2355102X     EISSN : 25026836     DOI : -
Core Subject : Education,
Buah Hati Journal (e-ISSN 2502-6836 and p-ISSN 2355-102X) is a periodical scientific publication dedicated to lecturers, students and educational observers to disseminate relevant studies, thinks and research results in early childhood education.Any visitor to this site can browse abstracts, read journal contents and download PDF files. Buah Hati journal is published twice a year March and September.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2015)" : 6 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN BOWLING ANAK KELOMPOK A DI PAUD KASIH IBU BANDA ACEH Fitriah Hayati; Sari Mustika
Jurnal Buah Hati Vol. 2 No. 2 (2015)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.663 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v2i2.533

Abstract

Penelitian berlatar belakang pada kemampuan anak kelompok A di PAUD Kasih Ibu Kota Banda Aceh yang masih rendah tentang kemampuan mengenal angka, Adapun rumusan masalah pada penelitian ini apakah permainan bowling dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka anak kelompok A di PAUD Kasih Ibu Banda Aceh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tehnik pengumpulan data melalui observasi dan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian 10 orang, 7 perempuan dan 3 laki-laki. Hasil penelitian pra siklus menunjukkan “berkembang sangat baik” yaitu 15%, “berkembang sesuai harapan” 42,5%, “mulai berkembang” 32,5%, dan “belum berkembang” 10%. Pada siklus I “berkembang sangat baik” yaitu 55%, “berkembang sesuai harapan” 30%, “mulai berkembang” 7,5%, dan“belum berkembang yaitu 10%”. Dapat disimpulkan bahwa permainan bowling dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A di PAUD Kasih Ibu Kota Banda Aceh.
PENGGUNAAN POSTER PART OF BODY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK KELOMPOK B-2 DI TK KHAIRANI GAMPONG LUBOK BATEE, ACEH BESAR Nurul Fajriah; Ayi Teiri Nurtiani
Jurnal Buah Hati Vol. 2 No. 2 (2015)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.655 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v2i2.534

Abstract

Di TK Khairani, Aceh Besar ditemukan permasalahan, yakni rendahnya pemahaman tentang pendidikan seks pada anak. Permasalahan ini disebabkan karena kurangnya pemahaman guru akan pentingnya pendidikan seks sejak anak berusia dini serta penggunaan media yang tepat dalam menyampaikan pengetahuan seks. Demi mengatasinya, peneliti membuat penelitian mengenai pentingnya pemahaman pendidikan seks untuk anak usia dini dengan judul “Penggunaan Poster Part Of Body dalam Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Seks Pada Anak Kelompok B-2 Di TK Khairani Gampong Lubok Batee Aceh Besar”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan pemahaman pendidikan seks pada anak kelompok B-2 TK Khairani Gampong Lubok Batee Aceh Besar dengan menggunakan poster Part Of Body? Dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan terbimbing dan terarah. Subjek penelitian adalah anak kelompok B-2 sebanyak 20 orang anak. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan pemahaman pendidikan seks pada anak yaitu terjadi peningkatan frekuensi jawaban anak yang memperoleh “berkembang sangat baik” pada pra siklus sebesar 02,50% meningkat pada siklus I sebesar 34,50% dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 65,30%. Penggunaan poster Part of Body adalah langkah awal dalam upaya memberikan pemahaman pendidikan seks untuk anak usia dini, sehingga diharapkan guru dan orangtua dapat berperan dalam memberikan informasi tentang pemahaman pendidikan seks secara ilmiah dan terstruktur.
DAMPAK IBU BEKERJA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA LINGKUNGAN BELAJAR KANAK-KANAK UMUR 5 TAHUN DI BANDA ACEH, INDONESIA Cut Fazlil Hanum
Jurnal Buah Hati Vol. 2 No. 2 (2015)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.755 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v2i2.535

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak ibu bekerja terhadap perkembangan sosial-emosional pada lingkungan belajar kanak-kanak. Penelitian ini melibatkan 6 sampel yang terdiri dari 3 orang ibu bekerja sebagai responden dan 3 orang anak yaitu 2 laki-laki dan 1 perempuan. Penelitian ini menggunakan study kasus dan wawancara, beserta data observasi berdasarkan rekaman video. Dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ibu bekerja mempunyai dampak positif dalam membentuk lingkungan belajar kanak-kanak. Sehubungan dengan keputusan yang diperoleh, beberapa implikasi dan cadangan telah dikemukakan.
PENGARUH METODE BERMAIN SENTRA BAHAN ALAM TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK Helnita; Rita Novita
Jurnal Buah Hati Vol. 2 No. 2 (2015)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.761 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v2i2.536

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjudul “Pengaruh Metode Bermain Sentra Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Permata Sunnah Banda Aceh” dengan rumusan masalah 1. Apakah metode bermain sentra bahan alam berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas anak kelompok B di TK Permata Sunnah Banda Aceh?. 2. Bagaimanakah perkembangan kreativitas anak kelompok B di TK Permata Sunnah Banda Aceh?. Populasi dalam penelitian ini adalah Anak Sentra Bahan Alam Kelompok B TK Permata Sunnah Banda Aceh sebanyak 25% yang berjumlah 12 orang anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar obsevasi anak didik. Penelitian telah dilakukan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Metode Bermain Sentra Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Kelompok B TK Permata Sunnah Banda Aceh dan Bagaimanakah perkembangan kreativitas anak kelompok B di TK Permata Sunnah Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan di TK Permata Sunnah Banda Aceh pada tanggal 23 maret 2015 sampai dengan tanggal 06 april 2015. Penelitian ini terdiri dari empat kali pertemuan dua kali untuk pertemuan pre-test dan dua kali untuk pertemuan post-test dari dua kegiatan yaitu bubur Koran dan melukis dengan 5 jari. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode bermain sentra bahan alam kelompok B TK Permata Sunnah Banda Aceh berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas anak. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa dengan metode bermain sentra bahan alam berpengaruh terhadap perkembahan kreativitas anak, dimana observasi awal BB 0% , MB 0%, BSH 94% dan BSB 6%. Dan pada observasi akhir BB 0% MB0% BSH 0% dan BSB 100%, dan dengan observasi akhir ini penelitian dapat dikatakan berhasil karena data yang diinginkan telah diperoleh anak kelompok B TK Permata Sunnah Banda aceh ternyata dapat berhasil dengan maksimal dan tercapai criteria keberhasilan yang ditetapkan.
EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL ACEH DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL REMAJA Hetti Zuliani; Nurbaity; Melly Amalia
Jurnal Buah Hati Vol. 2 No. 2 (2015)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.166 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v2i2.537

Abstract

Remaja merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki nilai-nilai akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Dewasa ini banyak terjadi tawuran di kalangan remaja kita yang berakibat pada luka fisik dan psikis bagi pelakunya. Perilaku demikian dapat merusak tatanan kehidupan yang seharusnya dijalani seorang remaja. Melihat fenomena tersebut jelas kiranya bahwa remaja indonesia saat ini perlu mendapat pembinaan mentalnya terutama perilaku prososialnya. Perilaku prososial dapat menciptakan kehidupan yang tenang, nyaman dan aman dalam masyarakat, perilaku yang ditunjukan seperti menolong, bekerjasama, berderma, dan perilaku positif lainnya. Remaja yang identik dengan perubahan sangat mudah untuk dipengaruhi oleh hal-hal baru dilingkungannya, oleh karena itu sangat penting sekali apabila kehidupan mereka dibina dan dibentuk sejak dini. Membiasakan diri mereka untuk mau saling berbagi, menolong dan lainnya bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan seperti permainan-permainan. Mengingat remaja mudah bosan dalam melakukan sebuah aktivitas maka melalui permainan remaja dapat belajar nilai-nilai positif dalam berinteraksi dengan teman-temannya dalam kelompok. Situasi yang terbentuk dalam permainan dapat membantu terbentuk nya pembiasaan perilaku-perilaku yang positif pada remaja, sehingga akan terikut juga dalam kehidupan sehari-harinya. Berdasarkan hasil penelitian permainan tradisional yang diberikan dapat meningkatkan perilaku prososial pada remaja bila dilakukan secara rutin. Hal ini terlihat dari perilaku yang ditunjukkan sebelum dan sesudah perlakuan yang dianalisis dengan uji t. Perlakuan ini diberikan kepada remaja SMP ishafuddin Banda Aceh, sebanyak 20 orang siswa.
THE RELATIONSHIP BETWEEN PARENTING STYLES AND ACADEMIC SELF-ESTEEM AMONG PRESCHOOL CHILDREN IN SABANG Salmiati
Jurnal Buah Hati Vol. 2 No. 2 (2015)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.191 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v2i2.538

Abstract

Parenting styles play an important role in child development. Extensive studies have been conducted concerning on the relationship between parenting styles and adolescents’ self-esteem. However, the studies focusing on the relationship between parenting styles and preschool children’s academic self-esteem are highly limited. Hence, this study observed the relationship between parenting styles and self-esteem among preschool children’s in Sabang. A total of 107 preschool children’s parents completed the Parenting Style Dimensional Questionnaires (PSDQ) and their children were observed by teachers using Behavioral Academic Self-Esteem (BASE). The result showed that authoritative parenting style was predominantly practiced by parents and most children displayed moderate academic self-esteem. A significant relationship was found between authoritarian and academic self-esteem (r = -.461, p < .05). In addition, a significant correlation was also found between authoritative parenting style and academic self-esteem (r .348, p < .05), while there was no significant relationship between permissive parenting style and academic self-esteem (r = .000, p > .000). The findings indicated that there were no differences in academic self-esteem among male students (M= 1.85, SD= .583, n = 48) and female students (M= 2.10, SD= .51, n = 59) and t (-. 2300 (95) p < .05. The implications and suggestions will also be discussed in the light of finding.

Page 1 of 1 | Total Record : 6