cover
Contact Name
Yusrawati JR Simatupang
Contact Email
yusrawati090992@gmail.com
Phone
+6285260106663
Journal Mail Official
intankemalasari00@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tanggul Krueng Aceh No.34 Rukoh – Darussalam, Banda Aceh 23112
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
BUAH HATI
ISSN : 2355102X     EISSN : 25026836     DOI : -
Core Subject : Education,
Buah Hati Journal (e-ISSN 2502-6836 and p-ISSN 2355-102X) is a periodical scientific publication dedicated to lecturers, students and educational observers to disseminate relevant studies, thinks and research results in early childhood education.Any visitor to this site can browse abstracts, read journal contents and download PDF files. Buah Hati journal is published twice a year March and September.
Articles 117 Documents
PENINGKATAN KECERDASAN NATURAL ANAK MELALUI PERMAINAN PENGENALAN HEWAN DI KELOMPOK A1 TK METHODIST BANDA ACEH Ayi Teiri Nurtiani; Wirda
Jurnal Buah Hati Vol. 1 No. 1 (2014)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.768 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v1i1.517

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kecerdasan Natural Anak melalui Permainan Pengenalan Hewan di Kelompok A1 TK Methodist Banda Aceh.” Berdasarkan observasi awal dari 25 anak di Kelompok A1, ditemui 7 anak belum mengenal hewan, 4 anak diantaranya belum mampu menyebutkan jenis-jenis hewan, dan sebagian besar anak masih belum mengenal jenis-jenis hewan, sehingga penelitian ini mengusung rumusan masalah sebagai berikut: “Apakah terjadi peningkatan kecerdasan natural anak melalui permainan pengenalan hewan di kelompok A1 TK Methodist Banda Aceh?. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok A1 TK Methodist Banda Aceh yang berjumlah 25 anak. Instrumen penelitian ini adalah observasi, kemudian data yang didapat dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh anak berkembang sangat baik (BSB) sebesar 15%. Sedangkan pada siklus II, hasil rata-rata anak berkembang sangat baik (BSB) meningkat menjadi 57% . Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan pengenalan hewan, kecerdasan natural anak meningkat sebesar 42%.
PENERAPAN SATUAN KEGIATAN HARIAN BERKARAKTER PADA ANAK USIA 3 - 4 TAHUN DI PAUD NOOR IKHSAN KABUPATEN ACEH BESAR Rosna
Jurnal Buah Hati Vol. 1 No. 1 (2014)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.82 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v1i1.518

Abstract

Penelitian ini mengamati penerapan Satuan Kegiatan Harian (SKH) berkarakter dengan menggunakan indikator yang telah ditentukan Pemerintah sebagai dasar kompetensinya dan keberhasilan indikator yang dicapai oleh anak pada saat berada di sekolah dan ketika mereka berada dilingkungan rumah/keluarga masing-masing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengamati setiap gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan subjek penelitian berjumlah 15 anak. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan SKH berkarakter memiliki pengaruh yang beragam terhadap perilaku anak di sekolah dan di rumah/keluarganya. Karakter disiplin yang berhasil terbentuk secara konsisten sebanyak rata-rata 58% dari sejumlah anak selama anak disekolah dan 52% dari sejumlah anak selama anak di rumah/keluarga. Kemudian karakter toleransi dan cinta damai yang berhasil terbentuk secara konsisten dan jelas teramati pada diri anak-anak murid PAUD Noor Ikhsan kelompok usia 3 – 4 tahun sebanyak rata-rata 39% dari sejumlah anak selama anak disekolah dan 31% dari sejumlah anak selama anak di rumah/keluarga. Sedangkan karakter percaya diri yang berhasil terbentuk secara konsisten dan jelas teramati dengan pencapaian rata-rata sebesar 23% dari sejumlah anak selama anak disekolah dan 42% dari sejumlah anak selama anak di rumah/keluarga.
PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI KELAS A PAUD AL-HIDAYAH ACEH BESAR Isthifa Kemal; Sari Yuanita
Jurnal Buah Hati Vol. 1 No. 1 (2014)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.782 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v1i1.519

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Permainan Balok di Paud Al-Hidayah Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui aktivitas anak dengan permainan balok dan apakah dengan permainan balok dapat meningkatkan kreativitas anak di PAUD Al-Hidayah Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian PTK. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak di PAUD Al-Hidayah sebanyak 15 anak yang terdiri dari 5 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas anak pada siklus I menunjukkan anak di kelas A PAUD Al-Hidayah Aceh Besar memperoleh kategori kurang dengan nilai 56 – 70 dan kategori cukup dengan nilai 71 – 85. Pada siklus II menunjukkan anak di kelas A PAUD Al-Hidayah Aceh Besar memperoleh kategori baik dengan nilai 86 – 100 dan kategori cukup dengan nilai 71 – 85. Dapat disimpulkan dengan permainan balok dapat meningkatkan kreativitas anak di kelas A PAUD Al-Hidayah Aceh Besar.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5 - 6 TAHUN MELALUI MEDIA GAMBAR DI PAUD ASLAMI ACEH BESAR Sapriani
Jurnal Buah Hati Vol. 1 No. 1 (2014)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.753 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v1i1.520

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang kemampuan menulis anak di Paud Aslami ini yang masih sangat kurang. Hal ini disebabkan, guru kurang kreatif dalam memilih media untuk menulis. Rumusan masalah yang peneliti ambil adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun melalui media gambar. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media gambar dari kertas HVS dan kartu gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di Paud Aslami. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian tindakan kelas ini terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di Paud Aslami Aceh Besar dengan Subjek penelitian adalah 10 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sumber dan alat pengumpulan data yaitu observasi. Dan data yang dikumpulkan dianalisis dengan rumus persentase. Dari hasil pengolahan data, kemampuan menulis dengan media gambar mencapai angka yaitu 80% anak sudah berkembang dengan baik. Dari persentase diatas, maka penelitian dihentikan pada siklus II karena peneliti merasa bahwa media gambar ini dapat meningkatkan kemampuan menulis anak di Paud Aslami Aceh Besar ini. Penelitian yang dilakukan sudah berhasil. Hal ini dilihat bahwa ada peningkatan mulai dari observasi awal, siklus I dan siklus II.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANAK MELALUI PERMAINAN JARI-JARI KREATIF PADA KELOMPOK B DI TK AL-IKHLAS LAMLHOM Nani Erlita
Jurnal Buah Hati Vol. 1 No. 1 (2014)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.135 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v1i1.521

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan problem yang dialami guru dan perlu mencari pendekatan atau metode pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah dengan menggunakan permainan jari-jari kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan kemampuan menggambar anak melalui permainan jari-jari kreatif dan bagaimana respon anak terhadap permainan jari-jari kreatif untuk meningkatkan kemampuan menggambar di TK Al-Ikhlas Lamlhom Kecamatan Lhoknga kabupaten Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini seluruh anak TK Al-Ikhlas Lamlhom yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 12 orang siswi dan 8 orang siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Lembar observasi anak Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa, cara penggunaan permainan jari-jari kreatif dalam pembelajaran menggambar bagi anak Kelompok TK Al-Ikhlas Lamlhom yaitu anak diperintahkan membuat gambar dengan menggunakan jari tangan, kemudian guru menilai sejauh mana kemampuan anak dapat menggambar dan menempelkan gambar yang diperintahkan oleh penulis yang melakukan penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil terjadi peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I berkembang sesuai harapan (BSH) 50,6 %, berkembang sangat baik (BSB) 5 %, dan pada siklus II lebih meningkat lagi yaitu berkembang sesuai harapan (BSH) menjadi 41% dan berkembang sangat baik (BSB) menjadi 59%.
KREATIVITAS ANAK USIA DINI: MENYONGSONG ERA EKONOMI KREATIF 2025 Anita Damayanti
Jurnal Buah Hati Vol. 1 No. 2 (2014)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.291 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v1i2.522

Abstract

Pendidikan yang baik dan benar untuk anak sebaiknya diberikan sejak usia dini atau anak usia 0 sampai dengan 8 tahun. Sehingga, diharapkan anak-anak dapat mengembangkan kreativitasnya sesuai umur dan kemampuannya. Tujuannya agar anak kelak memiliki kreativitas dan inovasi di bidang produksi kreatif. Berikut ini akan dibahas tentang bagaimana pelaksanaan Kreativitas Anak Usia Dini Menyongsong Era Ekonomi Kreatif? Perbaikan sistem pembelajaran pada anak usia dini seperti yang beracuan dari teori, diharapkan praktik pendidikan yang dianggap sebagai “creative killers” dan menghambat berkembangnya kreativitas anak-anak akan terhindari. Proses pembelajaran yang memperhatikan minat, keinginan, penuh kasih sayang dan kegembiraan serta tidak memaksakan kehendak akan menciptakan rasa aman dan nyaman pada anak sehingga mereka dapat tumbuh kembang dengan baik. Tujuan pembelajaran bagi anak demi mengoptimalkan tiga aspek, yakni kognitif, afektif dan psikomotor. Juga, memperhatikan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, yakni: konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Questioning), menemukan (Inquiry), masyarakat belajar (Learning Community), pemodelan (Modelling) dan penilaian nyata (Authentical Assesament).
PENGASUHAN DAN PERAN ORANG TUA (PARENTING) SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PAUD BANDA ACEH, INDONESIA Fitriah Hayati; Nordin Mamat
Jurnal Buah Hati Vol. 1 No. 2 (2014)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.718 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v1i2.523

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan parenting dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Parenting ditinjau dari aspek (1) interaksi sosial dan (2) komunikasi dengan anak. Perkembangan sosial emosional diukur dari aspek (1) konsep diri dan (2) mengendalikan emosi. Penelitian ini melibatkan sebanyak 150 sampel yang terdiri dari orang tua dan anak berumur 4-5 tahun dari 3 PAUD (Early Childhood Education) di Banda Aceh, Indonesia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk orang tua dan lembaran observasi (cheklist) terhadap anak yang telah dimodifikasi sesuai dengan Mississippi Department of Education (2006). Data dianalisis menggunakan ANOVA dan simpel regresi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengasuhan (parenting) berdasarkan lokasi tempat tinggal dan tingkat sosial ekonomi. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara parenting dengan perkembangan sosial emosional anak-anak. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa semakin besar peran orang tua maka semakin baik perkembangan sosial emosional anak.
PENGGUNAAN MEDIA GERBONG KERETA API SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B1 TK NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH Ramayulis
Jurnal Buah Hati Vol. 1 No. 2 (2014)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.519 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v1i2.524

Abstract

Memperkenalkan konsep matematika yang merupakan bagian dari perkembangan kognitif sejak awal pada anak usia dini merupakan satu usaha yang dilakukan guru agar anak merasa senang dengan kegiatan matematika, sehingga siap masuk kejenjang pendidikan selanjutnya. Sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan kognitif sejak anak berusia dini, penelitian ini menggunakan media gerbong kereta api sebagai alat bantu/ media pembelajaran yang akan digunakan oleh anak. Subyek penelitian adalah anak kelompok B1 TK Negeri 3 Kota Banda Aceh berjumlah 25 anak, dengan jumlah anak laki-laki 15 orang dan anak perempuan 10 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 (Tiga) bulan yaitu dari bulan April 2012 sampai bulan Juni 2012 di semester genap. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, yakni melalui 4 tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi atau Pengamatan yang digunakan pada akhir siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 orang anak telah mencapai 85 % mencapai indikator yang diharapkan tercapai, masih tersisa 15% anak yang masih membutuhkan bantuan dari guru dalam mengikuti kegiatan permainan.
PENINGKATAN DISIPLIN MELALUI PEMBIASAAN TOILET TRAINING PADA ANAK PLAY GROUP DI RA MUTIARA BUNDA BANDA ACEH Ayi Teiri Nurtiani; Neni Arigayanti
Jurnal Buah Hati Vol. 1 No. 2 (2014)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.157 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v1i2.525

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan disiplin melalui pembiasaan toilet training pada anak Play Group di RA Mutiara Bunda Banda Aceh” dengan rumusan masalah sebagaimana berikut: Bagaimana meningkatkan disiplin melalui pembiasaan toilet training pada anak play group di RA Mutiara Bunda Banda Aceh? Subjek penelitian adalah anak Play Group RA Mutiara Bunda yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang dilakukan di semester genap (tahun akademik 2013-2014), selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan melalui pembiasaan toilet training dapat meningkatkan kedisplinan anak Play Group di RA Mutiara Bunda, terbukti pada data berikut ini: observasi awal BM 80%, MM 17.5%, BSH 2.5% dan BSB masih 0%. Kemudian pada siklus I yaitu BM 27.5%, MM 41.25%, BSH 31,25%, dan BSB masih 0%. Selanjutnya, pada siklus II yaitu MM 1.25%, BSH 27.5%, dan BSB 64.5%. sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian observasi awal BSH 2.5% dan BSB 0% (total 2.5%); siklus I BSH 31,25%, dan BSB 0% (total 31,25%); siklus II BSH 27.5%, dan BSB 64.5% (total 92%). Jadi, penelitian ini dapat dianggap berhasil karena terjadi peningkatan dan mencapai kriteria keberhasilan yang diharapkan pada anak Play Group di RA Mutiara Bunda Banda Aceh.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI MENDONGENG PADA KELOMPOK B DI TK AL-IKHLAS LAMLHOM KECAMATAN LHOKNGA ACEH BESAR Isthifa Kemal; Nurul Huda
Jurnal Buah Hati Vol. 1 No. 2 (2014)
Publisher : Department of Early Childhood Education, STKIP Bina Bangsa Getsempena

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.576 KB) | DOI: 10.46244/buahhati.v1i2.527

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan problem yang dialami guru dan perlu mencari pendekatan atau metode pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah dengan menggunakan metode mendongeng. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berbicara anak melalui mendongeng dan bagaimana respons anak terhadap mendongeng untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak di Tk Al-Ikhlas Lamlhom Kecamatan Lhoknga Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini seluruh anak di Tk Al-Ikhlas Lamlhom yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembaran observasi anak data yang terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa cara menggunakan metode mendongeng dalam pembelajaran berbicara bagi anak kelompok B2 di Tk Al-Ikhlas Lamlhom yaitu anak diperintahkan untuk menceritakan kembali dongeng yang telah didengarkannya, kemudian guru menilai sejauh mana kemampuan anak dalam berbicara diperintahkan oleh peneliti yang melakukan penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil terjadi peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I berkembang sesuai harapan (BSH) 51%, berkembang sangat baik (BSB) 5%, dan pada siklus II lebih meningkat lagi, berkembang sesuai harapan (BSH) 40% dan berkembang sangat baik (BSB) 60%.

Page 1 of 12 | Total Record : 117