cover
Contact Name
Clara Hetty Primasari
Contact Email
clara.hetty@uajy.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
clara.hetty@uajy.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Indonesian Journal of Information System
ISSN : 26230119     EISSN : 26232308     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2019): Februari 2019" : 6 Documents clear
Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia Evi Triandini; Sadu Jayanatha; Arie Indrawan; Ganda Werla Putra; Bayu Iswara
Indonesian Journal of Information Systems Vol. 1 No. 2 (2019): Februari 2019
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/ijis.v1i2.1916

Abstract

Sistem informasi adalah cara-cara yang diorganisasi untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data, serta untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan, dan melaporkan informasi sedemikian rupa sehingga sebuah organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pengembangan sistem informasi memiliki metode-metode yang beragam. Metode yang dapat digunakan untuk pengembangan sistem antara lain metode terstruktur dan berorientasi objek. Berdasarkan metode tersebut, suatu sistem akan dikembangkan untuk dapat dijalankan pada platform berbasis web, mobile, atau desktop. Saat ini belum diketahui berapa banyak sistem informasi yang dikembangkan oleh kedua metode tersebut, demikian juga belum diketahui juga berapa banyak aplikasi yang dijalankan oleh ketiga platform tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia yang datanya diperoleh dari jurnal yang terkait pada tahun 2013–2018.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan semua penelitian yang tersedia dengan bidang topik fenomena yang menarik, dengan pertanyaan penelitian tertentu yang relevan. Dengan penggunaan Metode SLR dapat dilakukan review dan identifikasi jurnal secara sistematis, yang pada setiap prosesnya mengikuti langkah-langkah atau protokol yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform yang dominan digunakan dalam pengembangan sistem informasi adalah berbasis website sedangkan metode dominan digunakan dalam menyelesaikan pengembangan sistem informasi adalah metode terstruktur.
Eksplorasi Teori Gratifikasi untuk Layanan Jejaring Sosial: Studi Kasus Sikap Pengguna terhadap Instagram di Indonesia Tri Lathif Mardi Suryanto; Hidayatul Aini Puteri; Arista Pratama
Indonesian Journal of Information Systems Vol. 1 No. 2 (2019): Februari 2019
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/ijis.v1i2.1922

Abstract

Instagram merupakan Social Network Service (SNS) yang populer di kalangan pengguna smartphone. Fakta ini didukung oleh hasil survei dalam laporan yang berjudul “Digital In 2018 In Southeast Asia” yang dihimpun oleh We Are Social, perusahaan media asal Inggris yang bekerja sama dengan Hootsuite. Hasil survei tersebut menyebutkan bahwa Instagram menempati peringkat ketiga aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2018. Menyoroti respon pengguna smartphone yang begitu besar terhadap Instagram, maka dalam penelitian ini dilakukan eksplorasi faktor penerimaan sikap pengguna terhadap Instagram di Indonesia dengan menggunakan Teori Uses And Gratification (UGT). Pemenuhan penerimaan Instagram dibagi menjadi Cognitive, Hedonic, Integrative, dan Social Integrative. Dalam penelitian ini dikumpulkan tanggapan dari 400 pengguna Instagram di Indonesia. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan Metode Structural Equation Modelling (SEM) dan perangkat lunak WarpPLS 6.0. Dari penelitian ini diperoleh dua temuan. Pertama, sikap pemuasan pengguna terhadap Instagram dipengaruhi oleh Cognitive, Hedonic, dan Social Interactive. Kedua, Sosial Interactive Gratification merupakan faktor yang dapat meningkatkan Cognitive Gratification, Hedonic Gratification, dan Integrative Gratification.
Application of Color and Size Measurement in Food Products Inspection Joko Siswantoro
Indonesian Journal of Information Systems Vol. 1 No. 2 (2019): Februari 2019
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/ijis.v1i2.1923

Abstract

Color and size are external aspects considered by consumers in purchasing a food product and are used in food product inspection using computer vision. This paper reviews recent applications of color and size measurement in food product inspection using computer vision. RGB, HSI, HSL, HSV, La*b spaces and color index are widely used to measure color in food product inspection. Color features, including value, mean, variance, and standard deviation of each channel in a color space are widely used in food product inspection. The applications of color measurement in food product inspection are for grading, detection of anomaly or damage, detection of specific content and evaluation of color changes. Length, width, thickness, average radius, Feret’s diameter, area, perimeter, volume, and surface area are common size measurements in food product inspection. The applications of size measurement in food product inspection are for estimating size, sorting, grading, detect unwanted objects or defects, and measurement of physical properties.
Analisis Kualitas Citra Hasil Reduksi Noise Menggunakan Spatial Median Filter dan Adaptive Fuzzy Filter Terhadap Variasi Kedalaman Citra Irpan Adiputra Pardosi; Ali Akbar Lubis
Indonesian Journal of Information Systems Vol. 1 No. 2 (2019): Februari 2019
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/ijis.v1i2.1939

Abstract

Algoritma reduksi noise salt pada citra mampu mengurangi sebagian atau keseluruhan noise, tapi berdampak pada keragaman informasi dan kualitas citra. Persentase noise yang lebih besar juga membuat perubahan yang besar pada citra, namun hasilnya dapat berbeda untuk citra dengan kedalaman bit yang berbeda-beda. Kemampuan algoritma reduksi noise mampu bekerja maksimal untuk noise di bawah 20%. Penelitian terdahulu mengenai proses reduksi noise citra diantaranya menggunakan algoritma Adaptive Fuzzy Filter (AFF) dan Spatial Median Filter (SMF) yang mampu menghilangkan noise. Keduanya mampu mereduksi noise dengan hasil maksimal di bawah 45% pada citra 8 bit, namun menyisakan beberapa noise. Oleh karena itu, perlu dikaji kinerja algoritma dan dampaknya terhadap citra dengan noise yang lebih besar. Penelitian ini khusus mengatasi noise jenis salt and pepper dengan persentase noise di atas 45% pada citra warna bitmap. Selain itu, penelitian ini menganalisis citra hasil mulai dari kualitas citra dan keragaman informasi setelah proses reduksi noise dengan menggunakan Algoritma SMF dan AFF. Dari hasil pengujian citra untuk persentase noise salt 45%, 55%, 65%, dan 75% pada kedalaman citra 8, 16, dan 24 bit, dapat disimpulkan bahwa Algoritma AFF lebih baik dibandingkan SMF mengacu pada nilai Peak Signal to Noise Ratio (PSNR), sebaliknya algoritma SMF lebih baik untuk keragaman informasi, mengacu pada nilai shannon entropy. Kedua hal ini berlaku untuk semua variasi kedalaman citra warna.
Developing “Leadership Intelligence (CI2) Framework” Inside Social Media to Develop An Ethical Leader using the Johari Window Method Indra Gamayanto; Henry Christian; Sasono Wibowo; De Rosal Ignatius Moses Setiadi; Devi Purnamasari; Titien S sukamto
Indonesian Journal of Information Systems Vol. 1 No. 2 (2019): Februari 2019
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/ijis.v1i2.1948

Abstract

At this time, leadership and social media are two things that cannot be separated. Social media becomes an information technology media for leaders to be able to communicate about their vision and purpose. Therefore, leaders must be able to use social media effectively in order to influence the community with what they think. There are three problems caused by leaders in social media which are classified into three types such as narcissistic, compulsive and paranoid. These three things become big problems in leadership on social media and therefore, we need the formula to solve the problems. The Johari Window method is a method that has four perspectives in developing four leadership classifications such as open leaders, blind leaders, hidden leadership, and unknown leaders. If these three types and four classifications are put together, a framework will be produced called "Leadership Intelligence (CI2) Framework", the next one will produce a formula S = W.L2, where this formula will produce wise leaders on social media. This journal is the development of the journal Developing "Framework Intelligence (CI3)" Inside Social Media Using Johari Window Methods and The Development and Implementation of Wise Netizen (E-Comment) In Indonesia. As a result, this journal will give an answer and solve the problem of an ethical leader on social media and how to decrease a hoax that can affect the leader on social media. This research will continue until it produces a CI1 formula that will combine culture and leadership into a social media formula in generating positive communication, creating a positive culture and making a big impact on society.
Customer Acceptance Analysis of Customer Relationship Management (CRM) Systems in Automotive Company using Technology Acceptance Model (TAM) 2 Stephano Caesar Wenston Ngangi; Albertus Joko Santoso
Indonesian Journal of Information Systems Vol. 1 No. 2 (2019): Februari 2019
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/ijis.v1i2.1993

Abstract

The technological era in business competition requires creativity and innovation to create a successful company. CRM (Customer Relationship Management) is a system that aims, among others, to provide improving relations between the company and customers, so that the realization of integrated information is used to produce optimal services and obtain useful customer information so that customer needs can be met and encouraged to loyalty. In addition, CRM can be useful to improve efficiency and reduce operational costs of PT. Hasjrat Abadi (Tendean Branch). To support the success of PT. Hasjrat Abadi (Tendean Branch), this study will examine a CRM system to be applied to PT. Hasjrat Abadi (Tendean Branch) by integrating it into the Technology Acceptance Model (TAM) as a model that can be analyzed and understood so that later it can influence customers in the use of technology as an information system by using informational system variables. In this research, user acceptance has been reviewed based on 4 variables in TAM itself. PT. Hasjrat Abadi (Tendean Branch) has a problem where there is still a lack of customer demand for TOYOTA products. Therefore, the implementation of the TAM system for CRM will be pursued so that it can identify the customers of PT. Hasjrat Abadi (Tendean Branch) Manado who want to buy products from PT Hasjrat Abadi (Tendean Branch) Manado, and increase the selling value of the product.

Page 1 of 1 | Total Record : 6