cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
ISSN : 25795465     EISSN : 25795473     DOI : -
Core Subject : Education,
The purpose of this journal is to publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The research results of islamic edication. 2. The research results of experimental. 3. The research result of Class Action Research (CAR). 4. Research result of Literature. 5. Islamic studies
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2018): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya" : 5 Documents clear
PENERAPAN POLITIK PENDIDIKAN ( Studi Kebijakan Sultan Agung Hanyakrakusuma dalam Mengembangkan Pendidikan Islam di Kerajaan Mataram ) Muhammad Ith’am Ith’am
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/edu-religia.v2i1.243

Abstract

Pendidikan dan politik merupakan dua unsur penting dalam sistem sosial politik disetiap negara maju maupun negeara berkembang sekalipun. Kedua unsur tersebut memiliki hubungan dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat disuatu negara, artinya antara pendidikan dan politik saling menunjang dan saling mengisi sehingga tercipta hubungan yang dinamis, Hubungan antara politik dan pendidikan adalah realistis empiris yang terjadi sejak awal perkembangan peradaban manusia dan menjadi perhatian ilmuan di Dunia. Berdasarkan perolehan sumber datanya, penelitian ini termasuk Library Research, karena data diperoleh dengan cara penelusuran pustaka. Pendekatan ini dimaksudkan untuk mengkaji Penerapan Politik Pendidikan”(Studi Kebijakan Sultan Agung Hanyakrakusuma dalam Mengembangkan Pendidikan Islam di Kerajaan Mataram ) antara lain: Pendekatan fenomenologis, Pendekatan deskriptif, Pendekatan analisis. fokus penelitian yang diambil terdapat tiga masalah yang akan dibahas sebagai berikut, yaitu: pertama, Bagaimana Makna politik pendidikan dalam persepektif negara Islam? kedua, Bagaimanakah kebijakan Politik pendidikan yang dirumuskan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma di Masa kerajaan Mataram? Ketiga, Bagaimanakah implikasi kebijakan politik pendidikan yang dilakukan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma terhadap pendidikan Islam pada masa kerajaan Mataram? Makna politik pendidikan dalam persepektif negara Indonesia adalah suatu proses pendekatan atau metode untuk mencapai tujuan pendidikan yang dikehendaki, sesuai dengan nilai-nilai fundamental yang selama ini menjadi prinsip hidup. Kebijakan politik pendidikan yang di rumuskan oleh Sultan Agung Hanyakrakususma dalam bidang pendidikan Islam, adalah : Menawarkan tanah pendidikan yang disebut dengan tanah perdikan, yaitu sebuah lokasi untuk kepentingan kehidupan beragama yang dibebaskan.Implikasi kebijakan politik pendidikan yang dilakukan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma terhadap pendidikan Islam pada masa kerajaan Mataram memberikan dampak positif dan rakyat sangat apresiatif dengan usaha yang dilakukan Sultan Agung Hanyakrakusuma, Kata Kunci : Politik Pendidikan, Kebijakan, Sultan Agung Hanyakrakusuma Dan Pendidikan Islam.
ANALISIS IMPLEMENTASI DAN PROBLEMATIKA PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Ahmad Hasan Hariri
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/edu-religia.v2i1.244

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat menentukan, tidak hanya bagi perkembangan dan perwujudan diri individu tetapi juga untuk pembangunan suatu bangsa dan negara. Kemajuan suatu budaya tergantung dari bagaimana kebudayaan tersebut mengenali menghargai dan memanfaatkan sumber daya manusia. Hal ini berkaitan erat dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anggota-anggota masyarakat. yang akan menjadi patokan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:1). Bagaimana konsep pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kegiatan belajar mengajar? 2). Bagaimana implementasi dan problematika konsep pendekatan saintifik Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di dalam kegiatan belajar mengajar? Dengan tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Menganalisis pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 2). Menganalisis implementasi dan problematika pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini tergolong penelitian pustaka atau literer, maka penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Penelitian ini lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada yang didapat dari buku-buku, tulisan-tulisan dan dengan mengandalkan teori-teori yang ada untuk diinterpretasikan secara luas dan mendalam. Untuk itu, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kepustakaan dengan berdasarkan tulisan yang mengarah pada pembahasan skripsi ini. Selain itu peneliti menggunakan pendekatan interpretasi adalah suatu pendekatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti untuk menjelaskan bagian-bagian yang kurang jelas berdasarkan asumsi dan pemahaman peneliti. Kata Kunci : Implementasi, Problematika, Pendekatan, Saintifik, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam.
HUBUNGAN KONSEP PENDIDIKAN SEKS DAN PEMBENTUKAN AKHLAK REMAJA PERSPEKTIF AL-QURAN SUTAIS SUTAIS
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/edu-religia.v2i1.259

Abstract

Dalam penulisan tesis ini penulis mengambil judul ”Hubungan Konsep Pendidikan Seks dan Pembentukan Akhlak Remaja Perspektif Al-Qur’an”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pandangan al-Qur’an tentang konsep pendidikan seks remaja; (2) Pandangan al-Qur’an tentang pembentukan akhlak remaja; dan (3) hubungan konsep pendidikan seks dan pembentukan akhlak remaja perspektif al-Qur’an. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Riset Perpustakaan (library research) dengan teknik metode deduktif, metode induktif, metode intepretasi, dan metode komparatif. Hasil penelitian mennunjukkan antara pendidikan seks remaja dan pembentukan akhlak remaja dalam al-Qur’an ditemukan adanya suatu hubungan. Pendidikan seks remaja betujuan mengatur umat islam khususnya seorang remaja memahami aspek-aspek seksual dan syahwat agar tidak terjadi perbuatan yang tercela melalui batasan-batasan yang dapat mencegah terjadinya hal tersebut. Di dalam agama Islam, pendidikan seks termasuk bagian pendidikan akhlak, sedangkan pendidikan akhlak merupakan bagian dari pendidikan Islam. Oleh karena itu pendidikan seks menurut Islam harus sesuai dengan tujuan Islam. Sedangkan tujuan pendidikan Islam adalah pembentukan akhlak dan budi pekerti yang sanggup menghasilkan orang-orang yang bermoral, laki-laki maupun perempuan, jiwa yang bersih, kemauan keras, cita-cita yang benar dan akhlak yang tinggi, tahu arti kewajiban dan pelaksanaannya, menghormati hak-hak manusia, tahu membedakan mana yang buruk dengan baik, dan mengingat Tuhan dalam setiap pekerjaan yang mereka lakukan. Al-Qur’an banyak yang menjelaskan tentang pendidikan seks dan pembentukan akhlak. Kata Kunci : Hubungan, Konsep, Pendidikan, Seks, Akhlak, Remaja, Persepektif, Al-Qur’an
KOMPARASI PEMIKIRAN AL-GHOZALI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DENGAN KURIKULUM 2013 M Subhan
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/edu-religia.v2i2.1622

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pokok-pokok pemikiran al-Ghozali tentang pendidikan islam, pokok pokok pendidikan islam dalam kurikulim 2013, dan untuk mendeskripsikan komparasi pemikiran al-Ghozali tentang pendidikan islam. Menurut jenisnya, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dan analisis datamya adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan(1)Pokok-pokok pemikiranAl-Ghazali tentang pendidikan Islam secara umum bersifat etis dan religious sehingga lebih mengedepankan aspek afektif dan psikomotorik daripada aspekkognitif. Dengan demikian ,Pendidik menurut Al-Ghozali harus memiliki sifat kasih sayang, ikhlas, serta memberi nasihat yang baik, mampu mengarahkan anak didik pada hal yang positif, mampu mengenal menakar nalar dan intelektual anak didik, mampu merangsang anak didik terhadap ilmu, mampu mengidentifikasi kelompok anak didik dan mampu memberikan suri tauladan yang baik. (2)Pokok pokok pendidikan islam dalam kurikulum 2013 secara global mempunyai tujuan yang sama yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, bangsa yang cerdas ber awal dari lingkungan yang cerdas lingkungan yang cerdas ber awal dari keluarga yang cerdas, dalam hal ini sangat searah dengan tujuan pendidikan yang ada di Negara Indonesia sesuai dengan yang tertulis UUD 1945 yaitu: Mencerdaskan kehidupan bangsa, Mengembangkan manusia seutuhnya, Memiliki pengetahuan dan keterampilan, Sehat jasmani dan ruhani, Kepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.(3).Komparasi pemikiran AL-Ghozali tentang pendidikan islam dengan kurikulum 2013. Pemikiran alghozali dalam pendidikan islam dalam semua karyanya selalu mengarah pada terbentuknya akhlaqul karimah pada setiap diri seseorang dalam kata lain imam alghozali dalam hal pendidikan AL-Ghozali selalu menghendaki dalam semua aspek literature keilmuan haruslah dapat menjadikan para pengembannya untuk selalu menghambakan diri pada Alloh subhanahu wata ala,Komparasinya dengan kurikulum 2013hampir kesemuanya sama dalam artian di dalam kurikulum 2013 dalam semua mata pelajaran bahkan dalam pelajaran umumpun juga di sarankan dalam penyampaiannya agar menyisipkan nilai nilai keluhuran akhlaq, hanya saja karna kurangnya kesiapan dari para pendidik karna berbagai hal yang melatar belakangi, maka tampaknya menurut pandangan sebagian pengampu mata pelajaran, kurikulum 2013 belum saatnya di terapkan di Negara kita tercinta ini.
DESAIN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA SDI AR-ROUDLOH MIRU SEKARAN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Firdha Adzana Kharismawati
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/edu-religia.v2i2.1623

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana desain pengembangan kemampuan public speaking melalui pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multiple intelligences siswa SDI Ar-Roudloh Miru Sekaran Lamongan. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang berisi penjelasan-penjelasan mengenai data yang diperoleh dari lapangan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Konsep Pengembangan Kemampuan Public Speaking Siswa SDI Ar-Roudloh Miru; Kegiatan Tengah Semester, (2) Implementasi Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences Siswa SDI Ar-Roudloh Miru; a. Kualitas Proses Pembelajaran, b. Pendekatan One for All, (3) Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences dalam Mengembangkan Kemampuan Public Speaking Siswa SDI Ar-Roudloh Miru; a. Metode Enjoy Learning, b. Coins Daily

Page 1 of 1 | Total Record : 5