cover
Contact Name
Frieyadie
Contact Email
Frieyadie
Phone
-
Journal Mail Official
frieyadie@nusamandiri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Techno Nusa Mandiri : Journal of Computing and Information Technology
ISSN : 19782136     EISSN : 2527676X     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal TECHNO Nusa Mandiri, merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat (PPPM) STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Jurnal TECHNO Nusa Mandiri, berawal diperuntukan menampung paper-paper ilmiah yang dibuat oleh dosen-dosen program studi Teknik Informatika.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 1 (2018): TECHNO Periode Maret 2018" : 11 Documents clear
PREDIKSI TINGKAT KELULUSAN SISWA ELEARNING BERBASIS ALGORITMA FUZZY C-MEANS Sismadi Sismadi; Yahdi Kusnadi
Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology Vol 15 No 1 (2018): TECHNO Periode Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (878.483 KB) | DOI: 10.33480/techno.v15i1.50

Abstract

Sulitnya melakukan prediksi sebuah kelompok belajar melahirkan banyak metode dalam pengukuran, metode tersebut antara lain clustering. Pada metode ini termasuk jenis unsupervised sebab tidak terdapat satu atributpun yang digunakan untuk memandu proses pembelajaran, semua data diperlakukan sama. Pada pengelompokan ini data yang diproses bersifat kuantitatif sehingga setiap item data mendapat porsi dan perlakuan sama, kondisi datapun juga mirip satu dengan yang lainnya. Data yang diolah berasal dari data primer berupa kelompok jumlah login, akses materi, jumlah membuat thread diforum diskusi, jumlah tanggapan forum komentar diskusi dan jumlah mengerjakan soal latihan. Metode pengolahan dengan algoritma Fuzzy C-Means, adapun data yang diolah sebanyak 257 pengguna khususnya siswa atau mahasiswa. Atribut yang diolah terdiri dari 5 item aktifitas. Untuk hasil akhir terbentuk 2 kelompok dimana kelompok pertama dinyatakan lulus sesuai prediksi dan kelompok kedua tidak lulus. Hasil ini nantinya dibandingkan dengan data real atau empiris sehingga diperoleh jumlah siswa yang lulus dan tidak, sehingga dapat ditarik kesimpulan tingkat keakuratan metode ini dalam jumlah persen. Untuk nilai setiap kelompok diperoleh atribut login 11.961 s/d 27.921, akses materi pembelajaran 10.678 s/d 15.059, membuat thread 3.875 s/d 5.059, keaktifan diforum 9.741 s/d 23.329 dan mengerjakan soal ujian 9.751 s/d 13.420 dinyatakan lulus. Keakuratan diperoleh 78 persen sesuai dengan prediksi algoritma fuzzy c-means. Untuk pengukuran keefektifan algoritma ini digunakan SSE(sum of square error).
ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN JENIS SAMPAH BERBASIS ANDROID Erma Delima Sikumbang; Muhammad Rifai
Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology Vol 15 No 1 (2018): TECHNO Periode Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (915.441 KB) | DOI: 10.33480/techno.v15i1.51

Abstract

Situasi belajar yang sekarang ini masih berupa metode lisan, dimana kurangnya media untuk menerangkan kepada anak-anak mengenai jenis sampah dan cara mengelolanya. Animasi Interaktif dikenal sebagai media pembelajaran yang cukup menarik bagi pelajar, dikarenakan cara belajar menggunakan animasi tidak membosankan. Animasi ini dapat memberikan pengetahuan mengenai jenis sampah. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan metode pembelajaran yang berbeda dalam hal pengenalan jenis sampah yang diterapkan dalam sebuah objek. Metode penelitian yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Pada penelitian ini menggunakan perangkat lunak yang diantaranya yaitu android studio, dan adobe flash. Hasil dari penelitian ini menunjukan proses pengenalan melalui media interaktif bisa memudahkan anak-anak dalam mengenal jenis sampah, hal ini dikarenakan pemahaman anak lebih baik terhadap penjelasan yang menggunakan gambar, efek suara, dan animasi.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN BJB NET TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BJB RASUNA SAID MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 Mala Kharisma; Sita Anggraeni
Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology Vol 15 No 1 (2018): TECHNO Periode Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.384 KB) | DOI: 10.33480/techno.v15i1.52

Abstract

Pemakaian teknologi internet dalam perbankan merupakan salah satu upaya bank untuk merangkul nasabah dengan memberikan layanan yang mempermudah transaksi. Layanan suatu website perlu diukur untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini,permasalahan yang diangkat adalah mengukur kualitas website BJB.net diukur dengan menggunakan metode WebQual. WebQual merupakan instrumen yang menilai kualitas suatu website berdasarkan pengguna akhir. Secara parsial ketiga dimensi WebQual yaitu kegunaan (Ussability), kualitas informasi (Information Quality) dan kualitas interaksi (Interaction Quality) mempengaruhi kepuasan nasabah secara signifikan. Responden dalam penelitian ini adalah nasabah di bank bjb Rasuna Said, Jakarta, yang menggunakan layanan bjb net. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner terhadap responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan bjb net. Secara simultan kualitas layanan bjb net berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Customer Satisfaction).
SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SMP AR-RIDHA JAKARTA Dwi Arum Ningtyas; Mohammad Badrul; Daning Nur Sulistyowati
Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology Vol 15 No 1 (2018): TECHNO Periode Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.389 KB) | DOI: 10.33480/techno.v15i1.53

Abstract

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan suatu proses yang terjadi setiap tahun menjelang tahun ajaran baru yang dilakukan oleh setiap sekolah baik negeri maupun swasta. SMP AR-RIDHA merupakan salah satu SMP swasta di kota Jakarta yang bernaung dibawah Yayasan Nurwulan Iqra Islamic Center. Dalam proses penerimaan peserta didik baru SMP AR-RIDHA yang terletak di Jalan Teluk Semangka no 103 Jakarta Utara masih menggunakan sistem konvensional yaitu calon siswa harus datang ke sekolah guna mengetahui informasi mengenai bagaimana proses penerimaan peserta didik baru sehingga kurang efektif dan efisien. Untuk itu penulis mencoba merancang sistem penerimaan peserta didik baru online agar mempermudah siswa dalam proses penerimaan peserta didik baru. Teknik pengumpulan data yang dalam menunjang skripsi ini adalah observasi, wawancara dan studi pustaka guna mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan dalam penulisan skripsi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem informasi penerimaan peserta didik baru dengan maksud mempermudah calon peserta didik dan sekolah dalam proses penerimaan peserta didik baru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diharapkan dapat membangun sistem informasi penerimaan peserta didik baru.
IMPLEMENTASI MODEL RAPID APLICATION DEVELOPMENT (RAD) DALAM PERANCANGAN APLIKASI E-MARKETPLACE Susi Susilowati; Muhamad Tirta Negara
Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology Vol 15 No 1 (2018): TECHNO Periode Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1023.178 KB) | DOI: 10.33480/techno.v15i1.54

Abstract

Pada era modern internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa ada batasan apapun yang dapat menghalanginya atau bersosialisasi dalam segi apapun dalam perkembangan pertukaran informasi di zaman yang sudah maju ini. Dalam hal ini perkembangan transaksi online sangat banyak diminati dari pada transaksi secara konvesional, karena sudah banyak orang menggunakan internet sehingga sangat mudah sebagai media promosi yang luas. Tanpa adanya sarana untuk berkomunikasi dan bertransaksi akan menghambat efisien dan efektifitas setiap orang dengan yang lainnya. Sehingga aktifitas transaksi antara penjual dan pembeli menjadi terhambat. Oleh karena itu dibutuhkan sarana untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, terutama sulitnya informasi yang didapat dan dibutuhkan oleh penjual dan pembeli. Sehingga perlu dibangun dan dirancang sebuah aplikasi e-marketplace dimana web tersebut sebagai wadah untuk melakukan promosi dan transaksi antara penjual dan pembeli. Web yang disuguhkan adalah sebuah forum jual beli dimana penjual berjualan mempromosikan produk dan pembeli membeli produk yang diminati. Web ini dikembangkan menggunakan metode RAD (Rapid Application Development) merupakan pendekatan berorientasi objek untuk menghasilkan sebuah sistem dengan sasaran utama mempersingkat waktu pengerjaan aplikasi dan proses agar sesegera mungkin memberdayakan sistem perangkat lunak tersebut secara tepat dan cepat yang terdiri dari tahap requirement planning, design system, instruction dan implementation.
PENERAPAN METODE FUZZY SAW SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGANGKATAN KARYAWAN TETAP PERUSAHAAN Dwi Andini Putri
Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology Vol 15 No 1 (2018): TECHNO Periode Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (843.469 KB) | DOI: 10.33480/techno.v15i1.55

Abstract

Pimpinan perusahaan dalam melakukan penyeleksian haruslah objektif sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan. Tetapi terkadang para pimpinan menemukan permasalahan yang dihadapi diantaranya kesulitan dalam melakukan seleksi para karyawan secara objektif, lamanya proses pemilihan karena dilakukan secara bertahap, dan penilainyanya dilakukan secara manual, serta kriteria penilaian belum terukur dan memiliki bobot nilai. Hal ini dapat berakibat pada penilaian yang subjektifitas sehingga kesalahan pemilihan karyawan kerap terjadi dan karyawan tersebut tidak dapat bekerja dengan baik atau pun tidak sesuai dengan kemampuannya. Penilaian prestasi karyawan sebaiknya dilakukan untuk mengetahui prestasi yang hendak dicapai setiap karyawan. Metode Fuzzy Simple Additive Weighting merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk membantu pihak perusahaan dalam pengambilan keputusan menentukan status karywan kontrak menjadi karyawan tetap. Dengan permasalahan tersebut maka penulis akan menerapkan metode Fuzzy Simple Additive Weighting sebagai pendukung keputusan pengangkatan karyawan tetap.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MOBIL MURAH RAMAH LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS Tati Mardiana
Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology Vol 15 No 1 (2018): TECHNO Periode Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1147.631 KB) | DOI: 10.33480/techno.v15i1.56

Abstract

Mobilitas masyarakat yang tinggi mendorong kebutuhan sarana transportasi darat terus meningkat. Mobil menjadi salah satu transportasi darat yang banyak diminati masyarakat karena lebih efisien dari sisi waktu, memiliki daya tampung yang lebih banyak, dan terlindungi dari kondisi cuaca yang tidak menentu. Kehadiran tipe-tipe mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) menawarkan keuntungan yaitu dari segi harga, hemat bahan bakar, isi silinder, kapasitas tangka, maximum power, maximum torsi, maupun dari fitur-fitur keamanan dan kenyamanan. Setiap merk mobil LCGC memiliki keunggulan dengan kelas yang tidak jauh berbeda. Namun demikian, konsumen atau calon pembeli masih mengalami kebimbangan untuk memilih mobil LCGC yang sesuai dengan keinginan. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan rekomendasi mobil LCGC yang sesuai keinginan konsumen atau pembeli. Penelitian ini menggunakan logika Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution(TOPSIS) untuk melakukan perangkingan dari setiap alternatif pilihan mobil LCGC yang ada. Ada enam kriteria yang digunakan dalam pemilihan mobil LGCC seperti : harga, isi silinder, kapasitas penumpang, interior, eksterior, dan fitur mobil menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pemilihan mobil LGCC. Selanjutnya, sistem pendukung keputusan merekomendasikan mobil LGCC sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pengujian sistem pendukung keputusan pemilihan mobil LGCC sudah berjalan sesuai kebutuhan fungsional dan akurat sehingga membantu konsumen atau calon pembeli dalam pengambilan keputusan pembelian mobil LGCC yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.
PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL DAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PADA PEMBELAJARAN DI TINGKAT PERGURUAN TINGGI Vito Triantori
Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology Vol 15 No 1 (2018): TECHNO Periode Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1112.532 KB) | DOI: 10.33480/techno.v15i1.57

Abstract

Institusi perguruan tinggi saat ini menghadapi tantangan yang lebih besar untuk berubah dan mengalami berbagai transformasi di sekitarnya lingkungan termasuk teknologi dengan sangat cepat. Dalam hal ini pengajar mendapatkan tantangan dan berusaha mengeksplorasi berbagai cara baru dalam meningkatkan teknik mengajar mereka. Penelitian ini dikhususkan untuk menyelidiki penggunaan situs jejaring sosial ataupun Learning Management System di lembaga pendidikan tinggi. Untuk tujuan ini dua tujuan dirumuskan (1) untuk mengetahui sejauh mana pemakaian jejaring social oleh siswa (2) mengetahui penggunaan jejaring social dalam penggunaannya untuk media dalam memberikan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksploratif dengan menggunakan desain survei deskriptif dimana sampel 10% (215 mahasiswa) diambil dari kampus mahasiswa/i AMIK Bina Sarana Informatika Jakarta Jakarta dan STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Temuan menunjukkan bahwa Sosial Networking Service (SNS) ataupun Learning Management System (Learning Management System) merupakan pilihan yang dapat diandalkan karena para mahasiswa tidak hanya anggota situs jejaring sosial namun juga mayoritas memiliki akses ke perangkat teknologi yang dibutuhkan. Selain itu, rekomendasi untuk memastikan pembelajaran otentik dipresentasikan. Peneliti merekomendasikan eksplorasi pemanfaatan situs jejaring sosial yang ada untuk belajar bersamaan dengan pemangku kepentingan utama.
KOMPARASI METODE NEURAL NETWORK, SUPPORT VECTOR MACHINE DAN LINEAR REGRESSION PADA ESTIMASI KUAT TEKAN BETON Tyas Setiyorini; Rizky Tri Asmono
Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology Vol 15 No 1 (2018): TECHNO Periode Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (863.343 KB) | DOI: 10.33480/techno.v15i1.58

Abstract

Penggunaan beton sudah semakin meluas dikarenakan beton memiliki kuat tekan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan lain. Para ahli melakukan prediksi kuat tekan beton dengan kurang efektif karena masih menggunakan aturan dan rumus standar tertentu. Banyak penelitian dilakukan dengan beberapa metode namun belum diketahui metode mana yang terbaik. Penelitian ini melakukan komparasi antara metode Neural Network (NN), Support Vector Machine (SVM) dan Linear Regression (LR) dengan menggunakan dataset concrete compressive strength dan slump. Pada dataset concrete compressive strength dengan menggunakan metode NN didapatkan RMSE 5,667, dengan menggunakan metode SVM didapatkan RMSE 5,165 dan dengan metode LR didapatkan RMSE 10,501. Sementara pada dataset slump dengan menggunakan metode NN didapatkan RMSE 0,422, dengan menggunakan metode SVM didapatkan RMSE 2,778 dan dengan menggunakan metode LR didapatkan RMSE 2,65. Setelah hasil tersebut dikomparasi dengan perangkingan didapatkan total ranking NN adalah 3, total rangking SVM adalah 4, dan total rangking LR adalah 5. Dari total rangking tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja NN lebih baik dibanding SVM dan LR.
SISTEM INFORMASI AKADEMIK PENILAIAN BERBASIS WEB PADA SMA MANDIRI BALARAJA - KAB. TANGERANG Eko Yulianto; Ahmad Yani; Nurajijah Nurajijah
Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology Vol 15 No 1 (2018): TECHNO Periode Maret 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1029.507 KB) | DOI: 10.33480/techno.v15i1.59

Abstract

SMA Mandiri Balaraja - Kab. Tangerang continues to strive to offset the development of education to compete and reliable. The assessment system is still manual and not computerized. This causes difficulties in the assessment process, as many require files to be recorded. Academic information system of web-based value processing answer the problem, because it can be accessed online anywhere and anytime with the internet network. The model used in this research is waterfall method supported by programming language PHP, HTML and MySQL database.

Page 1 of 2 | Total Record : 11