cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Ilmiah POTENSIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25279270     EISSN : 26212382     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, mahasiswa S1 PAUD, peneliti, pengamat dan pemerhati seputar Pendidikan Anak Usia Dini. Terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2024): In Press Januari 2024" : 2 Documents clear
PENGARUH KEGIATAN FUN COOKING TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA DARUSSALAM KECAMATAN PELEPAT ILIR Winda Sherly Utami; Indryani Indryani; indri febri azmi
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 9 No 1 (2024): In Press Januari 2024
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.9.1.9-17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan fun cooking terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di RA Darussalam Kecamatan Pelepat Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-postets. Populasi dalam penelitian ini anak berusia 5-6 tahun dengan sampel kelompok B1 yang berjumlah 21 anak. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan melalui instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial berupa pengujian hipotesis yang didahului uji normalitas dan homogenitas data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kegiatan fun cooking berpengaruh dalam menstimulasi kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun yang dibuktikan dengan hasil dari t hitung sebesar 25,213 > dari t tabel sebesar 2,093 dengan taraf signifikan 0.05 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima.
Pengaruh Metode Story telling Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6Tahun di Tk Labora Islam Desa Mandalo Indah Finarsih Finarsih; Evita Anggereini; Winda Sherly Utami
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 9 No 1 (2024): In Press Januari 2024
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.9.1.1-8

Abstract

Kemampuan berbicara ini merupakan salah satu aspek terpenting dalam perkembangan anak dari awal sampai akhir, dimana kemampuan berbicara anak ini dapat di kembangkan melalui metode story telling Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Maka dari itu Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh metode story telling berbasis kearifan lokalmenggunakan media wayang terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 Tahun di TK Labora Islam Desa Mandalo Indah”. Penelitian ini dilaksanakan 3 april sampai 30 mei 2023 Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group desain, instrument pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh metode story telling berbasis kearifan lokal menggunakan media wayang terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di tk labora islam desa mandala indah. Hasil data uji t menunjukkan pengambilan keputusan nilai, yaitu t hitung 2.109 dan untuk t table, yaitu 1,710 yang artinya thitung lebih besar > dari ttable, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga yang dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode story telling berbasis kearifan lokal menggunakan media wayang terhadap kemampuan berbicara anak.Kata Kunci: kemampuan berbicara, story telling, media wayang

Page 1 of 1 | Total Record : 2