cover
Contact Name
Abdu Rabbi Faqihuddin
Contact Email
galerihamba@gmail.com
Phone
+6287734595391
Journal Mail Official
Lugatuna@journal.UMMat.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan Mataram NTB Indonesia
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
LUGATUNA : Jurnal Prodi PBA
ISSN : 20895267     EISSN : 2614395X     DOI : -
Core Subject : Education,
pengembangan pendidikan bahasa Arab pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab pengembangan metode pengajaran bahasa Arab evaluasi pendidikan bahasa Arbab pengembangan ilmu bahasa Arab pengembangan kesuastraan Arab
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2022): LUGATUNA" : 5 Documents clear
KREATIFITAS GURU BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN MAHARATUL KALAM DI PONDOK PESANTREN HAROMAIN NARMADA LOMBOK BARAT NUSA TENGGARA BARAT M.Syahrul Izomi
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 1 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.633 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i1.8127

Abstract

Kegiatan belajar dan mengajar tidak pernah lepas dari peran guru dalam memberikan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Oleh sebab itu dalam kegiatan belajar mengajar guru selalu dituntut memiliki ide-ide kreatif yang mampu memberikan support terhadap peserta didiknya. guru seyogyanya memberikan motivasi kepada guru yang lain untuk memberikan ide kreatif sehingga peserta didik lebih mudah dan terbantu dalam memahami ilmu yang dipelajari. Dengan adanya Kreatifitas guru dalam pembelajaran, tehnik mengajar, strategi, metode dalam memberikan pengetahuan dalam kegiatan belajar mengajar supaya peserta didik lebih mudah memahami pembelajaran yang di berikan oleh guru. Kreativitas guru sangat diperlukan sebagai upaya menghasilkan kualitas pembelajaran dan pendidikan yang baik. Guru dituntut tidak hanya mampu menguasai materi pengajaran dan pembelajaran, tetapi juga harus memahami sejumlah model dan desain pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: 1. kreatifitas guru bahasa Arab dari segi profesionalnya, kompetensi bahasa Arab, motivasi terhadap peserta didik dalam memahami pelajaran yang diberikan guru baik dari strategi pembelajaran, media, tehnik dan kreatif pembelajaran. 2. Pengembngan hasil kreatifitas guru, prodak pembelajaran dalam kegiatan mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan terhadap guru- guru bahasa Arab, pengasuh ma’had dan santri ma’had Nurul Haromain Narmada Lombok Barat. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi, tehnik analisis data.
SAPI BETINA DALAM SURAH AL-BAQARAH (Kajian Semiotika) Muhamad Dahyal Aqil
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 1 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/ljpb.v1i1.8128

Abstract

The purpose of this study of Semiotic against “Cow In Surah al-Baqarah”. This study is focused to the animal of a cow in the al-Baqarah, because it’s so unique in the Qur’an. The purpose of the study is to discuss a cow in the al-Baqarah through the semiotic approach. So, the authors chose the study of semiotic’s of a cow in the surah al-Baqarah as an object of study material and semiotic analysis of the animal in the Qur’an. To discuss these problems, researchers used by Roland Barthes semiotic approach. The data of this study were analyzed using semiotics techniques, in the form of Heuristic reading as a first-level semiotic analysis, and Hermeneutic reading as a second-level semiotic analysis. As for the “Cow in Surah al-Baqarah” who became the object of this study. The object in this study is the verses relating to the animals above. The results obtained from this review from the conclusion that; cows as God’s creatures, explained in the story of the Prophet Moses and the Children of Israel to look for him and slaughter him as an intermediary for miracles from God, because of the opposition and conflict that they had. Researches get four moral messages of cows in the surah al-Baqarah, which is about patience, obedience, firmness, and greatness of God.
KEBUTUHAN EKSISTENSI TOKOH UTAMA DALAM CERPEN ABU AR-RīH KARYA HASAN IBRAHIM NASHR (Psikologi Kepribadian Erich Fromm) Rifqi Mustopa; Rahimal Khair
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 1 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1183.628 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i1.8130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang kebutuhan eksistensi tokoh utama dalam cerpen Abu Ar-Rīh karya Hasan Ibrahim Nashr dengan menganalisis karya tersebut menggunakan sudut pandang psikologi kepribadian Erich Fromm. Metode dan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan bentuk studi pustaka (library research). Hasil dan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, Abu Riih mampu mempertahankan eksistensi sebagai manusia jika kita tinjau dari dua hipotesa yang diajukan oleh Erich Fromm. Ia memiliki kebebasan dan otonom, ia mampu beraktifitas sesuai dengan apa yang ia yakininya.
SAPI BETINA DALAM SURAH AL-BAQARAH (Kajian Semiotika) Muhamad Dahyal Aqil
LUGATUNA Vol 1, No 1 (2022): LUGATUNA
Publisher : LUGATUNA ¦ Jurnal Prodi PBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.076 KB)

Abstract

The purpose of this study of Semiotic against “Cow In Surah al-Baqarah”. This study is focused to the animal of a cow in the al-Baqarah, because it’s so unique in the Qur’an. The purpose of the study is to discuss a cow in the al-Baqarah through the semiotic approach. So, the authors chose the study of semiotic’s of a cow in the surah al-Baqarah as an object of study material and semiotic analysis of the animal in the Qur’an. To discuss these problems, researchers used by Roland Barthes semiotic approach. The data of this study were analyzed using semiotics techniques, in the form of Heuristic reading as a first-level semiotic analysis, and Hermeneutic reading as a second-level semiotic analysis. As for the “Cow in Surah al-Baqarah” who became the object of this study. The object in this study is the verses relating to the animals above. The results obtained from this review from the conclusion that; cows as God’s creatures, explained in the story of the Prophet Moses and the Children of Israel to look for him and slaughter him as an intermediary for miracles from God, because of the opposition and conflict that they had. Researches get four moral messages of cows in the surah al-Baqarah, which is about patience, obedience, firmness, and greatness of God.
PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI BERBICARA BAHASA ARAB BERBASIS KOMUNIKATIF INTERAKTIF Ahmad Helwani Syafi’i
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 1 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.007 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i1.8126

Abstract

Pendidikan merupakan langkah kongkrit pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menempuh dunia global sekarang ini yang makin menantang, baik dari segi spritual, sosial dan emosional. Dengan demikian pendidikan merupakan salah satu alternatif dalam memecahkan permasalahan bangsa yang saat ini makin merosot terutama pondok peantren sebagai wadah menggali ilmu-ilmu agama melalui kitab-kitab turats (baca: kitab kuning). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam proses pengumpulan data-data dari lapangan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini ingin diungkap bagaimana proses belajar mengajar berbicara bahasa Arab berbasis komunikatif interaktif dalam bingkai pembelaran kitab kuning dan kendala apa saja yang dihadapi siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukakan di pondok pesantren Al-Halimy khusus putra menemukan bentuk kegiatan yang mendukung meningkatnya keterampilan berbicara bahasa Arab santri dengan memberikan materi penguatan bahasa Arab seperti: kosa kata (mufradat), imla’ dan nahu dan shraf, dan menggunakan metode-metode variatif sesuai dengan materi yang diajar. Kitab kuning juga sebagai basis pembelajaran disana sangat mempengaruhi kecakapan berbicara santri, selain itu juga milieu tidak bisa kita napikan yang punya peran penting dalam lingkungan pondok pesantren.

Page 1 of 1 | Total Record : 5