cover
Contact Name
Abdu Rabbi Faqihuddin
Contact Email
galerihamba@gmail.com
Phone
+6287734595391
Journal Mail Official
Lugatuna@journal.UMMat.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan Mataram NTB Indonesia
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
LUGATUNA : Jurnal Prodi PBA
ISSN : 20895267     EISSN : 2614395X     DOI : -
Core Subject : Education,
pengembangan pendidikan bahasa Arab pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab pengembangan metode pengajaran bahasa Arab evaluasi pendidikan bahasa Arbab pengembangan ilmu bahasa Arab pengembangan kesuastraan Arab
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
إدارة الجودة في تعليم اللغة العربية بمدرسة أولى الألباب نهضة الوطن الثانوية الإسلامية لندنج جارن لومبوك الشرقية Hamzani Hamzani
LUGATUNA ¦ Jurnal Prodi PBA Vol 7, No 1 (2018): LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA
Publisher : LUGATUNA ¦ Jurnal Prodi PBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.692 KB)

Abstract

Quality management is system management based the quality of to reach the standard established and meet the needs of customers, Islamic High School Ulil Albab NW Lendang Jaran East Lombok is having mission to improve the ability students in english and arabic language. Arabic Learning supported with extracurricular program and speaking environment . In the school , students are obliged to use arabic for a whole week and english language alternately. In this research the researchers found: 1) quality management planning of Arabic learning adopted by taking into account: the first standard arabic learning (planning standard, standards in implementing and standards evaluation) that are set up madrasah managers, second, standard planning from the government; 2) quality management implementation of arabic learning do by using the method, media varying supported with extracurricular programs as speech arabic, arabic camp, PAS (devotion the end of the students) and speaking environment; 3) quality management evaluation of arabic learning use: test (oral or written), non test (observation and questionnaire). Key Word: Quality Management, Arabic Learning
KREATIFITAS GURU BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN MAHARATUL KALAM DI PONDOK PESANTREN HAROMAIN NARMADA LOMBOK BARAT NUSA TENGGARA BARAT M.Syahrul Izomi
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 1 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.633 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i1.8127

Abstract

Kegiatan belajar dan mengajar tidak pernah lepas dari peran guru dalam memberikan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Oleh sebab itu dalam kegiatan belajar mengajar guru selalu dituntut memiliki ide-ide kreatif yang mampu memberikan support terhadap peserta didiknya. guru seyogyanya memberikan motivasi kepada guru yang lain untuk memberikan ide kreatif sehingga peserta didik lebih mudah dan terbantu dalam memahami ilmu yang dipelajari. Dengan adanya Kreatifitas guru dalam pembelajaran, tehnik mengajar, strategi, metode dalam memberikan pengetahuan dalam kegiatan belajar mengajar supaya peserta didik lebih mudah memahami pembelajaran yang di berikan oleh guru. Kreativitas guru sangat diperlukan sebagai upaya menghasilkan kualitas pembelajaran dan pendidikan yang baik. Guru dituntut tidak hanya mampu menguasai materi pengajaran dan pembelajaran, tetapi juga harus memahami sejumlah model dan desain pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: 1. kreatifitas guru bahasa Arab dari segi profesionalnya, kompetensi bahasa Arab, motivasi terhadap peserta didik dalam memahami pelajaran yang diberikan guru baik dari strategi pembelajaran, media, tehnik dan kreatif pembelajaran. 2. Pengembngan hasil kreatifitas guru, prodak pembelajaran dalam kegiatan mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan terhadap guru- guru bahasa Arab, pengasuh ma’had dan santri ma’had Nurul Haromain Narmada Lombok Barat. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi, tehnik analisis data.
SAPI BETINA DALAM SURAH AL-BAQARAH (Kajian Semiotika) Muhamad Dahyal Aqil
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 1 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/ljpb.v1i1.8128

Abstract

The purpose of this study of Semiotic against “Cow In Surah al-Baqarah”. This study is focused to the animal of a cow in the al-Baqarah, because it’s so unique in the Qur’an. The purpose of the study is to discuss a cow in the al-Baqarah through the semiotic approach. So, the authors chose the study of semiotic’s of a cow in the surah al-Baqarah as an object of study material and semiotic analysis of the animal in the Qur’an. To discuss these problems, researchers used by Roland Barthes semiotic approach. The data of this study were analyzed using semiotics techniques, in the form of Heuristic reading as a first-level semiotic analysis, and Hermeneutic reading as a second-level semiotic analysis. As for the “Cow in Surah al-Baqarah” who became the object of this study. The object in this study is the verses relating to the animals above. The results obtained from this review from the conclusion that; cows as God’s creatures, explained in the story of the Prophet Moses and the Children of Israel to look for him and slaughter him as an intermediary for miracles from God, because of the opposition and conflict that they had. Researches get four moral messages of cows in the surah al-Baqarah, which is about patience, obedience, firmness, and greatness of God.
KEBUTUHAN EKSISTENSI TOKOH UTAMA DALAM CERPEN ABU AR-RīH KARYA HASAN IBRAHIM NASHR (Psikologi Kepribadian Erich Fromm) Rifqi Mustopa; Rahimal Khair
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 1 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1183.628 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i1.8130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang kebutuhan eksistensi tokoh utama dalam cerpen Abu Ar-Rīh karya Hasan Ibrahim Nashr dengan menganalisis karya tersebut menggunakan sudut pandang psikologi kepribadian Erich Fromm. Metode dan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan bentuk studi pustaka (library research). Hasil dan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, Abu Riih mampu mempertahankan eksistensi sebagai manusia jika kita tinjau dari dua hipotesa yang diajukan oleh Erich Fromm. Ia memiliki kebebasan dan otonom, ia mampu beraktifitas sesuai dengan apa yang ia yakininya.
SAPI BETINA DALAM SURAH AL-BAQARAH (Kajian Semiotika) Muhamad Dahyal Aqil
LUGATUNA Vol 1, No 1 (2022): LUGATUNA
Publisher : LUGATUNA ¦ Jurnal Prodi PBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.076 KB)

Abstract

The purpose of this study of Semiotic against “Cow In Surah al-Baqarah”. This study is focused to the animal of a cow in the al-Baqarah, because it’s so unique in the Qur’an. The purpose of the study is to discuss a cow in the al-Baqarah through the semiotic approach. So, the authors chose the study of semiotic’s of a cow in the surah al-Baqarah as an object of study material and semiotic analysis of the animal in the Qur’an. To discuss these problems, researchers used by Roland Barthes semiotic approach. The data of this study were analyzed using semiotics techniques, in the form of Heuristic reading as a first-level semiotic analysis, and Hermeneutic reading as a second-level semiotic analysis. As for the “Cow in Surah al-Baqarah” who became the object of this study. The object in this study is the verses relating to the animals above. The results obtained from this review from the conclusion that; cows as God’s creatures, explained in the story of the Prophet Moses and the Children of Israel to look for him and slaughter him as an intermediary for miracles from God, because of the opposition and conflict that they had. Researches get four moral messages of cows in the surah al-Baqarah, which is about patience, obedience, firmness, and greatness of God.
PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI BERBICARA BAHASA ARAB BERBASIS KOMUNIKATIF INTERAKTIF Ahmad Helwani Syafi’i
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 1 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.007 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i1.8126

Abstract

Pendidikan merupakan langkah kongkrit pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menempuh dunia global sekarang ini yang makin menantang, baik dari segi spritual, sosial dan emosional. Dengan demikian pendidikan merupakan salah satu alternatif dalam memecahkan permasalahan bangsa yang saat ini makin merosot terutama pondok peantren sebagai wadah menggali ilmu-ilmu agama melalui kitab-kitab turats (baca: kitab kuning). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam proses pengumpulan data-data dari lapangan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini ingin diungkap bagaimana proses belajar mengajar berbicara bahasa Arab berbasis komunikatif interaktif dalam bingkai pembelaran kitab kuning dan kendala apa saja yang dihadapi siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukakan di pondok pesantren Al-Halimy khusus putra menemukan bentuk kegiatan yang mendukung meningkatnya keterampilan berbicara bahasa Arab santri dengan memberikan materi penguatan bahasa Arab seperti: kosa kata (mufradat), imla’ dan nahu dan shraf, dan menggunakan metode-metode variatif sesuai dengan materi yang diajar. Kitab kuning juga sebagai basis pembelajaran disana sangat mempengaruhi kecakapan berbicara santri, selain itu juga milieu tidak bisa kita napikan yang punya peran penting dalam lingkungan pondok pesantren.
تطبيق المنهج التربوي 2013 لتعليم اللغة العربية في الفصل الأول بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 1 ماترام Ahmad Helwani
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 2 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1098.304 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i2.11082

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Kurikulum 2013 adalah kurikulum baru yang diterbitkankan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Mengutamakanpemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum 2013 untuk pembelajaran Bahasa Arab pada kelas X di MAN 1 Mataram tahun pelajaran 2015-2016 belum maksimal karena sebagian siswa belum dapat mengikuti semua tuntutan yang ada di dalam kurikulum 2013. Metodeyang sering dipakai dalam kurikulum 2013 ialah metode diskusi, dan kelompok berlangsung baik dan efektif meski berbeda-beda lulusan. Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Kurikulum 2013
Metode Tarbawi (Pendidikan) Allah Kepada Manusia (Telaah Pendidikan Berdasarkan Tafsir Al Quran) Baktiar Leu
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 2 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1001.658 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i2.11048

Abstract

Pendidikan adalah upaya pencerdasan. Dalam prosesnya pendidikan bukan hanya dari manusia ke manusia melainkan Allah sebagai pencipta juga memberikan pendidikan kepada manusia sebagai hamnyaNya. Proses pendidikan dari Allah kepada manusia tersurat di dalam al-Quran. Melalui al-Qur’an lah manusia mengetahui ilmu pendidikan perspektif Islam. Sebagai sebuah aktifitas, maka pendidikan yang berlangsung tentu harus memiliki komponen-komponen seperti subjek-objek pendidikan, tujuan, metode bahkan semua itu dimulai dari ilmu pengetahuan. Allah Swt juga memiliki metode dalam memberikan pendidikan kepada manusia. Diantara metode yang digunakan adalah metode amtsal, metode cerita, metode bertanya, metode tausiyah, metode karya wisata.
PEMBARUAN PONDOK PESANTREN SALAF MENUJU MODERN (Studi Tentang Pondok Pesantren Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta dan al Fathimiyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang Tahun 2014-2015) Dewi Urifah
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 2 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (960.039 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i2.11050

Abstract

This thesis aims to determine the continuity and changes in tradition Boarding Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta and al Fathimiyyah Tambakberas Bahr Ulum Jombang in doing updates from Salaf towards modern. Supporting factors and obstacles in reforming boarding school Muallimat and al Fathimiyyah. This type of research is qualitative with phenomenological approach. Source of data obtained by the primary and secondary data sources. The collection of data through observation, interviews, and documentation. Data analysis technique by reducing the data, display data and draw conclusions. The results showed that the goal of education Boarding Mu'allimat Yogyakarta accordance with the vision and mission boarding school Mu'allimat National Education Goals coupled with the objective of Muhammadiyah and al Fathimiyyah Jombang in accordance with the vision and mission boarding school Mu'allimat National Education Goals, Mu Pesantren Education System Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta and al Fathimiyyah use madrasa system and Boarding School, Boarding School Education Curriculum Mu'allimat Yogyakarta using integrated curriculum between curriculum KTSP, Boarding plus curriculum Muhammadiyah and al Fathimiyyah Jombang using integrated curriculum between curriculum SBC, boarding school and the Local Content Curriculum relevant. Methodology Education in Yogyakarta and al Fathimiyyah Mu'allimat Jombang, use the same method of Pesantren and conventional and modern methods based student centered. Supporting factors Updates in Pesantren Mu'allimat Yogyakarta; Skills and Expertise Teacher. Skills and Expertise Caregiver Boarding Infrastructures factor, Factor Teacher Education. Fajktor inhibitors: The level of intelligence of students, Student Awareness; Educators are less motivated. Supporting factors Pesantren Al Fathimiyyah: Caregiver Skills, Skills Ustadz, Santri competent, Infrastructures, Environment and Society Early Motivasil. Obstacles include: Pupils are less profesionalis, and the Governing Pupils contemporaries.
PENERAPAN METODE “ AT-TA’LIQ” BAGI MAHASISWA BERKESULITAN BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA ARAB FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM TA. 2015/2016 nurjanah nurjanah
LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA Vol 1, No 2 (2022): LUGATUNA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.356 KB) | DOI: 10.31764/ljpb.v1i2.11046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram, kesulitan pembelajaran yang dimaksud adalah dari segi kemampuan berbahasa Arab mahasiswa baik itu dari segi istima’, kalam, qiro’ah dan kitabah, dan juga kesulitan internal yang ada pada diri mahasiswa yaitu, minat, rasa malu yang tinggi dalam proses pembelajaran, rasa tidak percaya diri dan seringkali tidak fokus karna beberapa permasalahan eksternal mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas empat siklus dan 12 kali pertemuan. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FAI UMM yang berjumlah enam orang mahasiswa. Tekhnik pengumpulan data yng digunakan adalah : observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode At-ta’liq dapat mengatasi kesulitan belajar mahasiswa, yang ditunjukkan dengan adanya perubahan hasil dari siklus pertama hingga siklus keempat. Pada siklus pertama tingkat kemampuan mahasiswa hanya mencapai 50%, dari enam orang mahasiswa hanya tiga orang memiliki kemampuan dalam pembelajaran Bahasa Arab dan aktif dalam proses pembelajaran serta mampu mengatasi kesulitan belajar mereka. Pada siklus kedua perubahan tidak tampak begitu besar hanya mencapai 53% dari 50%. Pada siklus ketiga perubahan tampak lebih menonjol karna mahasiswa diberikan banyak latihan dan motivasi dan diwajibkan untuk aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, pada siklus ketiga ini mencapai 75% keberhasilan dalam pembelajaran. Dan pada siklus keempat dinyatakan sempurna karna ke enam mahasiswa mendapatkan nilai ketuntasan 65-95 dan dinyatakan lulus dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Page 1 of 2 | Total Record : 17