cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
elementary.ummat@gmail.com
Editorial Address
Jln. KH. Ahmad Dahlan, No. 1 Pagesangan, Kota Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
ISSN : -     EISSN : 26145596     DOI : 10.31764/elementary
Core Subject : Education,
Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berupa hasil penelitian maupun hasil kajian teori. Dengan adanya Jurnal Elementary diharapkan memudahkan untuk membagi informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara luas. Jurnal Elementary ini terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu Januari dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2: JUNI 2018" : 6 Documents clear
Aktivitas Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Round Table Padalesson Study di Sekolah Dasar Nurul Julaifah; Nori Saswita Hebri; Sarif Hidayat
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2: JUNI 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.88 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v1i2.1286

Abstract

Abstrak: Lesson Study yang dilaksanakan di SDN Blimbing 01 Malang bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Pelaksanaan kegiatan Lesson Study dimulai dengan tahap Plan, Do, dan See. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan tiap tahap dalam kegiatan Lesson Study. Data hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil obserVasi selama pelaksanaan kegiatan Lesson Study. Observer dalam penelitan ini yaitu teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Round Tablejuga dapat memudahkan siswa dalam memahami dan mengingat materi lebih lama, karena setiap siswa dituntut dapat menyampaikan pendapatnya baik secara tertulis maupun lisan. Abstract: Lesson Study conducted at SDN Blimbing 01 of Malang aims to realize learning that can actiVate students. Lesson Study activity starts with the Plan, Do, and See stages. The method used in this research is descriptive qualitative, which describes each stage in the Lesson Study activities. The research data were obtained based on obserVations during the Lesson Study. Observer in this research was a colleague. The results showed that students could more actively participate in classroom learning activities. The use of the Round Table Cooperative Learning could also make it easier for students to understand and remember material longer, because each student was required to be able to express his opinion both in writing and orally.
Internalisasi Nilai Maja Labo Dahu (Studi Terhadap Pengalaman Remaja Berperilaku Menyimpang Di Bima) Saidah Ramadhan
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2: JUNI 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (887.775 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v1i2.1287

Abstract

Abstrak: Perilaku menyimpang remaja meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu penyebab terjadinya krisis identitas pada remaja adalah karena rendahnya penyerapan nilai moral keislaman dalam diri remaja sebagai petunjuk remaja muslim dalam mencari jati diri. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk internalisasi nilai moral keislaman dari semboyan maja labo dahu dalam diri remaja berperilaku menyimpang serta hambatan aktualisasi yang dialami remaja. Penulis mengendepankan temuan Erikson sebagai landasan teori mengidentifikasi hubungan remaja dengan nilai dalam membentuk identitas diri. Melalui pendekatan fenomenologis, penelitian kualitatif ini akan mendekripsikan hasil wawancara sebagai bahan analisis utama dalam menemukan tujuan penelitian.Abstract:  Adolescent deviant behavior increases from year to year. One of the causes of identity crisis in adolescents is due to the low moral values in adolescents as a guide for Muslim adolescents in finding identity. This research suggests to find a form of internalizing Islamic moral values from the slogan maja labo dahu in adolescents behaves in deviant behavior and inhibits the actualization of adolescents. The author puts forward Erikson's findings as a foundation for the theory of adolescent relationships with values in the preparation of self-identity. Through phenomenological research, this qualitative research will describe the results of the interview as the main analytical material in finding research objectives.
Identifikasi kesamaan jenis praktikum pada materi IPA di tingkat SD dan SMP Yuanita Yuanita
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2: JUNI 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.068 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v1i2.547

Abstract

Praktikum IPA diberikan pada tingkat SD, SMP, SMA bahkan sampai tingkat perguruan tinggi. Akan tetapi dalam pelaksanaanya terkadang ada beberapa kesamaan pada jenis praktikum atau pengulangan jenis praktikum yang diberikan untuk menunjang kedalaman terhadap materi yang dipelajari. Hal ini terkadang dapat menyebabkan kejenuhan siswa dan kurang membangkitkan keingintahuan siswa karena mereka sudah tahu hasil akhirnya. Penelitian ini merupakan kajian literatur pada beberapa buku IPA tingkat SD dan SMP yang bertujuan mengindentifikasi beberapa kesamaan jenis praktikum yang terdapat pada materi IPA pada tingkat SD dan SMP. Berdasarkan hasil kajian literature tersebut peneliti menemukan 6 (enam) kesamaan praktikum pada tingkat SD dan SMP; 1) Listrik dan Magnet, 2) Perubahan Wujud Benda, 3) Perubahan Pada Makhluk hidup, 4) Sistem  gerak pada tumbuhan, 5)  Struktur bagian bunga, dan 6) Konduktor dan isolator.
Peningkatan Hasil Belajar Pai Materi Kisah Sahabat Kholifah Abu Bakar As Shiddiq Ra Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SD Rahmaniyah Rahmaniyah
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2: JUNI 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (720.714 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v1i2.1289

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sisa kelas V SDN 05 Aikmel pada materi kisah sahabat kholifah Abu Bakar As Shiddiq RA tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal mengalami peningktan pada tiap-tiap siklus. Pada pratindakan ketuntasan klasikal sebesar 35% meningkat menjadi 42,8% pada siklus I dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 99,37%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V pada tahun pelajaran 2018/2019.
Implementasi model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di kelas tinggi SDN 04 Aikmel H Muhyi
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2: JUNI 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.481 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v1i2.548

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di kelas tinggi SDN 04 Aikmel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti mengamati dan mendokumentasikan proses kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada kelas tinggi SDN 04 Aikmel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penlitian ini adalah menggunakan teknik model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah di SDN 04 Aikmel, yaitu: (a) orientasi siswa pada masalah,(b) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (c) membimbing pengalaman individu/kelompok, (d) mengembangkan dan mempresentasikan hasil diskusi, dan (e) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Adapun saran peneliti terhadap guru adalah agar lebih memperluas cakupan dan mengembangkan materi ajar.
Meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SDN Rangkep pada Tahun Pelajaran 2017/2018 menggunakan metode Inkuiri Siti Rohaini
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2: JUNI 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.023 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v1i2.549

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V menggunakan metode inkuiri pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai perancang tindakan, dan pelaksana tindakan. Penelitiian ini dilaksanakan di SDN Rangkep, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah dengan subjek penelitian siswa kelas V sebanyak 20 siswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ditentukan dengan ketuntasan belajar secara individual dan secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap-tiap siklus, dari 35% pada pratindakan meningkat menjadi 60% pada siklus I, peningkatan kambali terjadi pada siklus II menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V pada tahun pelajaran 2017/2018.

Page 1 of 1 | Total Record : 6