cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
civicus.ummat@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram, Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83115
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN : 23389680     EISSN : 2614509X     DOI : https://doi.org/10.31764/civicus.
Core Subject : Social,
Jurnal Civicus merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram dengan e-ISSN 2614-509X dan p-ISSN 2338-9680. Adapun kajian publikasi jurnal Civicus yakni (1) Ilmu Social, Ilmu Hukum, Pancasila dan Kewarganegaraan; (2) teori pembelajaran, pengembangan pembelajaran, Penerapan pembelajaran, model-model pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan; (3) hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2023): September 2023" : 3 Documents clear
Penguatan Civic Intelligence dalam Good Citizenship Melalui Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Belitang III Della Salsabila; Achmad Muthali'in
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2023): September 2023
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/civicus.v11i2.15963

Abstract

Artikel ini untuk mendeskripsikan Civic intelligence dalam good citizenship melalui pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Belitang III berikut kendala dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, karena peneliti ingin mendeskripsikan suatu permasalahan secara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran PPKn, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi (Huberman dan Miles) meliputi pengumpulan data, reduski data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penguatan civic intelligence dalam good citizenship melalui pembelajaran PPKn melalui metode antara lain pengajaran di dalam kelas, keteladanan, outing class, penugasaan, pengontrolan, serta hukuman (punishment) dan penghargaan (reward).  Berikut Kendala adalah berasal dari peserta didik itu sendiri yaitu kurangnya kesadaran diri dan motivasi diri dalam peserta didik serta adanya pengaruh dari teman sebaya. Solusi yang dilakukan adalah antara lain guru sebegai teladan atau contoh bagi peserta didik, guru sebagai fasilitator, guru sebagai motivator, serta pemberian punishment dan reward.Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi bagi penelitian  selanjutnya  dan bisa dikembangkan menjadi lebih  sempurna.
Analisis Penyebab Fenomena Golput dalam Pemilu dari Masa ke Masa Taun Taun; Nia Amelia Kartika; Noer Nilam Sari; Oktaviano Mangaraja Sihotang; Putri Aulia Azhar; Rafly Oktavairuz; Septi Amelia; Vella Novira Fahma
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2023): September 2023
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/civicus.v11i2.14852

Abstract

Jumlah pemilih yang tidak memiliki hak pilih atau biasa disebut “golongan putih” atau “golput". Di Indonesia, kelompok golongan putih terus berkembang di setiap pemilihan umum atau pemilu. Fenomena golongan putih yang semakin tinggi dari masa ke masa adalah bentuk tanggapan kritis dari masyarakat sekaligus peduli demokrasi dengan tujuan untuk mendaur ulang demokrasi yang tidak benar dan tidak bekerja untuk masyarakat, untuk menciptakan demokrasi yang adil, berbudaya, damai dan indah. Golongan putih adalah bentuk Anti Demokrasi dan Kritik Ideologi Demokrasi yang tidak akan memberikan nilai kebajikan kepada pemilih. Itu adalah mengapa meninggalkan ideologi adalah tindakan, keputusan politik yang bijak, pada saat yang sama, itu etis sebagai demokratisasi demokrasi. Tindakan golput yang semakin tinggi dan tinggi adalah bentuk yang menyedihkan masyarakat tentang kampanye dan janji partai untuk mendapatkan suara pemilih dengan moto yang sangat bagus namun itu tidak mengubah pandangan politik para pemilih baik secara realistis maupun ideologis.
Pemahaman Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Terhadap Sikap Sosial Siswa Mefani Dwitarastya; Ichwani Siti Utami
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2023): September 2023
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/civicus.v11i2.16776

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemahaman sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab terhadap sikap sosial siswa di SMK Islam Asy-Syuhada. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKI Asy-Syuhada sebanyak 188 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 65 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dengan instrumen kuesioner berskala Guttman untuk pemahaman sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dan kuesioner berskala Likert untuk sikap sosial siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Persyaratan Analisis dan Uji Hipotesis Spearman-rank Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara variabel Pemahaman Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dan variabel Sikap Sosial Siswa memiliki kekuatan hubungan lemah serta memiliki hubungan tidak signifikan (rho = 0.232; sig. = 0.063; p-value = 0.05) dan pengaruh variabel Pemahaman Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab terhadap variabel Sikap Sosial Siswa sebesar 8% (Rsquare = 0.080) serta berpengaruh signifikan (DF = 1;64, F = 3.654, sig. = 0.060, p-value = 0.05).

Page 1 of 1 | Total Record : 3