cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 25982060     EISSN : 25982524     DOI : -
PAUD Lectura is a journal published by PG-PAUD FKIP Lancang Kuning University. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published periodically twice a year, in October and April. The editor receives posts that have not been published in other print media. aim and foccus this journal are all about Education, Social Science, Early Childhood education
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 01 (2023): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 8 Documents clear
Use of Container Materials as an Enhancement Effort to identify the letters of hijayah for Early Age Children Agus Sriyanto; Elyaum Farihah
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 7 No. 01 (2023): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v7i01.11515

Abstract

The purpose of the study was to find out how to improve recognizing hijaiyah letters in early childhood, inhibiting and supporting factors by using used materials. Field research in Kindergarten Dharma Wanita Kauman I with the form of this research is a descriptive qualitative case study. The method used to collect research data is through interviews, observation and documentation. The methods for analyzing research data are data reduction, data presentation (display), and drawing conclusions or verification. The results of the study were: (1) after the act of learning through the media of used materials increased by 90% (22 of 25 students) they were able to recognize hijaiyah letters well, (2) the presence of used material media could also attract children's interest in learning because it has a variety of -various shapes and colors, (3) inhibiting factors: lack of parental attention, parents only rely on children's learning at school. Supporting factors: the enthusiasm of children in introducing hijaiyah letters using various APEs, used media media make children more enthusiastic and not easily bored.
Pemerolehan Bahasa Anak Usia 1,5 Tahun Nurhalimah Hasan; Juanda Juanda
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 7 No. 01 (2023): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v7i01.12288

Abstract

Kehidupan anak dan orang tua merupakan lingkungan pertama dari pemerolehan bahasa. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pemerolehan bahasa pada anak yang berusia 1, 5 tahun pada tataran konteks morfologis dan sintaksis. Penelitian diadakan pada anak yang berusia 1,5 tahun yang berasal dari Kabupaten Takalar. Fokus dan tujuan penelitian ini menggunakan pendekatan naturalistik, metode kualitatif yang dilakukan pada latar alamiah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yakni studi kasus. Sumber data berasal dari Orang tua kandung anak dan keluarga. Pengumpulan data adalah teknik observasi dan partisipan. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri melakukan pengamatan langsung saat proses pemerolehan sintaksis, yaitu perbincangan antara anak dengan orang tuanya, saudaranya ataupun dengan lingkungannya. Hasil dari penelitian menampakkan sebuah petunjuk bahwa proses pemerolehan morfologis dan sintaksis pada anak usia 1,5 tahun mengalami suatu kemajuan jika dibandingkan pada teman seusianya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Anak usia 1,5 tahun mampu mengucapkan satu dan dua kata dengan mengucapkan suku kata awal; (2) kebanyakan kata-kata yang diucapkan menggambarkan kegiatannya yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari; (3) Anak mengucapkan kalimat pernyataan; (4) Anak mengerti kalimat perintah yang diucapkan ibunya dan memberi respons secara non verbal dengan benar. Hal tersebut dibuktikan dengan intensitas kemampuannya dalam melakukan lebih dari dua, tiga, hingga, empat kata dalam kurun waktu 1 bulan.
Studi Kasus Kesulitan Mengenal Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun Ulwan Syafrudin; Renti Oktaria; Mila Ratna Sari
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 7 No. 01 (2023): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v7i01.13496

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas B sebanyak 2 anak di TK Amarta Tani Bandarlampung yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran mengenal huruf. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dibuktikan dengan catatan anekdot dan dokumentasi. Sumber data: guru, orang tua, dan anak. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Dari hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan didapatkan data faktor yang menyebabkan anak kesulitan mengenal huruf berasal dari faktor internal dan eksternal yang meliputi rendahnya minat dan semangat belajar anak, kurang lengkapnya penyediaan media pembelajaran, dan kurang intensnya keikutsertaan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah.
Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Siti Zahara; Widya Masitah
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 7 No. 01 (2023): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v7i01.13556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kepercayaan diri anak di RA Tebuireng Kecamatan Medan Labuhan. Pada penelitian ini diambil seluruh wali murid yaitu berjumlah 30 orang sebagai sampel dan populasi penelitian. Penelitian ini menggunakan metode peneletian kuantitatif. teknik pengumpulan data merupakan pra oberservasi dan kuesioner (angket). Teknik analisi data menggunakan uji linearitas dengan hasil diketahui nilai Sig. Devination from linearity 0,351> 0,05 artinya dinyatakan bahawa kedua variabel X1 dan X2 terhadap Y memilki hubungan liniear. Uji hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan tingkat nilai t hitung sebesar 6,261 > t tabel 2,048 sehingga H0 ditolak dan Ha terima yang artinya terdapat pengaruh pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter terhadap kepercayaan diri anak.
Studi Naratif Penerapan Nilai Kearifan Lokal Anak Usia Dini di Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar Denisa Novri Yulanda; Zaka Hadikusuma Ramada
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 7 No. 01 (2023): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v7i01.15949

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai kearifan lokal pada anak usia Dini di Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini naratif kualitatif. Sumber data primer dan sekunder melibatkan empat orang guru, empat orang siswa dan satu orang kepala sekolah yang dianggap mampu untuk memberikan pernyataan dan penguatan untuk keperluan penelitian ini. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan & verifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai kearifan lokal di SDN 17 Pekanbaru sudah berjalan dengan baik. Adapun nilai-nilai kearifan lokal yang sudah diterapkan guru kepada siswa baik didalam kelas maupun diluar kelas yaitu (a) Cinta kepada tuhan yang maha esa; (b) Tanggungjawab; (c) Disiplin; (d) Mandiri; (e) Percaya Diri; (f) Kreatif; (g) Kerja Keras; (h) Pantang Menyerah; (i) Baik dan Rendah Hati; (j) Toleransi; (k) Cinta Damai; (l) Persatuan. (2) Kendala guru dalam menerapka nilai-nilai kearifan lokal dari 12 nilai kearifan lokal hanya 2 nilai yang mengalami kendala dalam penerapan. Adapun nilai-nilai tersebut ialah percaya diri dan kreatif. Dari keseluruhan siswa masih ada sebagian siswa yang masih memiliki rasa kurang percaya diri dan tidak kreatif. Tanpa dipungkiri guru tetap menerapkan nilai-nilai kearifan lokal semaksimal mungkin kepada siswa.
Pengaruh Pembelajaran Ekspositori terhadap Prilaku Moral Anak Usia Dini Baidarus Muhammad; Radhiyatul Fithri
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 7 No. 01 (2023): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v7i01.16125

Abstract

Moral education in elementary school students is very much needed to be done by teachers because it is the moral development of students that shapes and guides a person in later life. The aim of this study was to find out and analyze the influence of expository learning on the moral behavior of students in the 1st grade at SD Muhammadiyah I Pekanbaru by using quasi-experimental method. The population of this study was the 1st grade of SD Muhammadiyah I Pekanbaru with 48 students, which consisted of 24 students in the control class and 24 in the experiment class. Based on the results of the comparative analysis paired samples T test, the comparison of values before treatment and after treatment was -4,480. At the significance levels of 0,05 and df 23, a t-table of 2,069 was obtained. So, t count was (4,480) < t table (2,069) and significance value were (0,000) < α (0,05), then Ho is rejected. It means that expository learning has an influence on the moral behavior of students in 1st grade at SD Muhammadiyah I Pekanbaru.
Pengaruh Gawai Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kel.Cikande Permai, Kab.Serang nia andin; Atin Fatimah; Tri Sayekti
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 7 No. 01 (2023): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v7i01.16340

Abstract

Kehidupan di masa sekarang sangat lah di tuntut untuk selalu memahami trend digital.tidak bisa kita pungkiri bahwasanya teknologi semakin berkembang pesat setiap waktu. Dengan memperkenalkan gawai kepada anak agar anak terhindar dari gagap teknologi,namun banyak terjadi kasus orang tua memberikan anak nya gawai agar anak tersebut bisa menahan dirinya jika sedang memberontak atau bermain di luar rumah. pada kondisi sekarang ini,tingkat penggunaan gawai pada anak cukup tinggi berdampak terhadap mengurang nya tingkat berinteraksi sosial yang mereka lakukan. Kecenderungan penggunaan gawai secara berlebihan dan tidak tepat dapat membuat seseorang menjadi acuh terhadap lingkungannya baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat.penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui pengaruh gawai terhadap kemmapuan interaksi sosial anak usi 5-6 tahun .Metode penelitian yang digunakan kuanittatif dengan jenis penelitiannya yaitu ex-post facto.Populasi penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK yang berada di kelurahan cikande permai.Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling.Alat pengumpul data berupa kuisioner kemampuan interaksi sosial dan pengaruh gawai serta dokumentasi . Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji t.Berdasarkan analisis statistik t-test diperoleh thitung sebesar -3.500 > ttabel 1,69913 dapat diartikan jika terjadi peningkatan intensitas penggunaan gawai maka terjadi penurunan perkembangan pada kemampuan interaksi sosial anak, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima .maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan gawai berpengaruh terhadap perkembangan interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di TK Kelurahan Cikande Permai,Serang-Banten.
The Effect of Single-Parent Parenting Style on the Socio-Emotional Development of Children Aged 5-6 Years MA Muazar Habibi
PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 7 No. 01 (2023): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/paud-lectura.v7i01.16366

Abstract

This research aims to provide an overview of the impact of single-parenting styles on the social-emotional development of children aged 5-6 years. The focus of this study is to delve into the concept of parenting styles and the factors influencing them in the interaction between parents and children. This research is important given the increasing number of single parents in Indonesia, making it crucial to understand its impact on the social-emotional development of children. The research was conducted in Mataram City, West Nusa Tenggara, using a qualitative descriptive method in the form of a case study. The research subjects consisted of 2 boys and 2 girls aged 5-6 years. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The research results indicate that children experienced difficulties in solving problems in the games they played, as well as in understanding their rights and responsibilities when their developmental indicators were still in the early stages. As the indicators developed, children began to avoid games they considered unsuitable for them (MB). They also started eating and drinking alone when they reached the expected stage of development (BSH), and it was found that they played alone without parental supervision due to the lack of attention given by parents when the developmental indicators were highly advanced (BSB).

Page 1 of 1 | Total Record : 8