cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
SIKLUS: Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 24431729     EISSN : 25493973     DOI : -
Core Subject : Engineering,
SIKLUS: Jurnal Teknik Sipil adalah wadah untuk penyebaran informasi tulisan ilmiah bidang Teknik Sipil. Diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning, dua kali dalam setahun pada bulan April dan bulan Oktober
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2015)" : 5 Documents clear
ANALISA DEBIT BANJIR SUNGAI BATANG LUBUH KABUPATEN ROKAN HULU PROPINSI RIAU Rismalinda Rismalinda
Siklus : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/siklus.v1i1.120

Abstract

Kabupaten Rokan Hulu terletak antara 0,62 – 1,25 lintang utara dan 100,42 – 101,17 lintang selatan 103,28 bujur timur dengan luas wilayah 7.449,85 km2. Sungai Batang Lubuh adalah sungai yang mengalir membelah ibukota Kabupaten Rokan Hulu dengan panjang 30 km dan lebar 40 m – 50 m. Sungai ini melewati banyak pemukiman penduduk dan hampir setiap tahun terjadi banjir disana khususnya pada musim penghujan, banyak rumah penduduk yang terendam oleh banjir dan ada beberapa tahun banjir yang besar hampir menenggelamkan atap rumah dan menyeret rumah panggung yang ada pada pinggiran sungai. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode hidrologi dengan menggunakan data curah hujan untuk menganalisa debit banjir yang akan terjadi. Adapun metode untuk mencari curah hujan rata – rata dengan menggunakan Metode Aritmatik, Metode Thiessen dan Metode Gumbel. Dengan menggunakan ketiga metode diatas didapat debit banjir rencana. Dilakukan juga analisa distribusi frekuensi hujan. Dalam perhitungan curah hujan rencana, penulis menggunakan hujan rencana metode distribusi Gumbel. Dari hasil perhitungan untuk debit banjir rencana untuk periode ulang 25 tahunan, 50 tahunan ataupun 100 tahunan. Maka dipilihlah debit banjir dengan periode ulang 25 tahunan. Dengan dilakukan pemodelan sungai dengan debit banjir Q25 tahun, maka elevasi antara dasar sungai dan muka air banjir dapat diketahui, sehingga dapat dibuat perhitungan untuk pembuatan bangunan air.
PREDIKSI KEBUTUHAN AIR BERSIH UNTUK LIMA BELAS TAHUN YANG AKAN DATANG DI KABUPATEN ROKAN HULU PROVINSI RIAU Arifal Hidayat
Siklus : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/siklus.v1i1.124

Abstract

Penelitian terdahulu oleh Hidayat, A (2013) terhadap penilaian investasi BPAB Kabupaten Rokan Hulu menunjukkan bahwa Badan Pengelola Air Bersih (BPAB) kota Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu hingga tahun 2012 hanya mampu melayani 1470 sambungan rumah atau 20,39% jumlah rumah tangga. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui total kebutuhan air bersih di Kecamatan Rambah untuk 15 tahun di Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Data sekunder yang digunakan yaitu jumlah pelanggan aktif dan jumlah penduduk dengan prediksi kebutuhan air bersih pada BPAB unit Kecamatan Rambah 15 tahun yang akan datang. Metode yang gunakan dalam menghitung jumlah pertumbuhan pelanggan dan kebutuhan air bersih bersih yaitu dengan metode exponensial. Hasil perhitungan prediksi untuk 15 tahun yang akan datang jumlah pelanggan 436 pelanggan, kebutuhan air bersih = 444,049723 m3/hari. Dengan kapasitas resevoir di BPAB unit kecamatan Rambah sebesar 1.100 m3/hari, maka dengan kapasitas tersebut masih memenuhi kebutuhan air bersih di BPAB unit Kecamatan Rambah sampai dengan tahun 2028.
ANALISA DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG PADA PROYEK PEMBANGUNAN PONDASI TISSUE BLOCK 5 & 6 Husnah Husnah
Siklus : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/siklus.v1i1.125

Abstract

Pondasi tiang atau disebut juga pondasi dalam dipergunakan untuk konstruksi beban berat (high rise building). Sebelum melaksanakan suatu pembangunan konstruksi yang pertama-tama dilaksanakan dan dikerjakan dilapangan adalah pekerjaan pondasi (struktur bawah). Pondasi merupakan suatu pekerjaan yang sangat penting dalam suatu pekeerjaan teknik sipil, karena pondasi inilah yang memikul dan menahan suatu beban yang bekerja diatasnya yaitu beban konstruksi atas. Tujuan dari Penelitian ini untuk menghitung daya dukung tiang pancang dan bored pile dari hasil sondir dan Standar Penetrasi Test (SPT), membandingkan hasil daya dukung tiang pancang dan penurunan yang terjadi hanya pada tiang pancang. Metodologi pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, pengambilan data dari pihak proyek serta melakukan Penelitian keperpustakaan. Pada perhitungan daya dukung tiang pancang dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, untuk data sondir dengan metode Aoki De Alencar dan metode langsung, dan untuk data SPT dengan metode Mayerhof. Berdasarkan data sondir dan SPT yang diperoleh dan dihitung dengan beberapa metode diperoleh hasil perhitungan untuk tiang pancang, yaitu data sondir dengan menggunakan metode Aoki De Alencar titik-1 Qult = 396,81 ton dan titik-2 Qult = 428,22 ton, dengan metode langsung titik-1 Qult = 366,595 ton dan titik-2 Qult = 401,842 ton. Untuk data SPT menggunakan metode Mayerhof diperoleh titik-1 Qult = 577,237 ton dan titik-2 Qult = 543,743 ton. Untuk penurunan tiang tunggal dihitung menggunakan metode Poulus dan Davis sebesar 8,15 mm. Hasil perhitungan daya dukung pondasi terdapat perbedaan nilai, baik dilihat dari penggunaan metode perhitungan maupun lokasi titik yang ditinjau. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan daya dukung pondasi yang paling baik digunakan adalah daya dukung tiang pancang dari data sondir.
KARAKTERISTIK KEJADIAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN YOS SUDARSO RUMBAI KOTA PEKANBARU Winayati Winayati; Fadrizal Lubis
Siklus : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/siklus.v1i1.126

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakterisitik kejadian kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan Yos Sudarso kota Pekanbaru,dengan melihat titik-titik rawan kecelakaan black spot dan black site, kejadian kecelakaan accident rate berdasarkan black spot dan black site , kecelakaan berdasarkan waktu kejadian, jenis kendaraan, jenis korban serta faktor penyebab terjadinya kecelakaan terbesar dari beberapa variabel terpilih dan usaha-usaha yang dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan. Karakteristik kecelakaan black spot pada Jalan Yos Sudarso ada 4 ruas, ruas yang paling ekstrim adalah Simpang Mesjid Muslimin (Samping gerbang Cevron) – Simpang Mesjid Al-Ihsan (sepanjang 5 km) dengan total kejadian kecelakaan sebanyak 38-40 kejadian kecelakaan dalam 6 tahun dan tingkat kecelakaan (Accident Rate) sebesar 2,90 kecelakaan. Sedangkan ruas jalan yang dikategorikan black site ada 2 yang terendah adalah pada ruas Simpang Stadion Rumbai – Simpang Jalan Arengka II, sepanjang 4,4 km dengan total kejadian kecelakaan sebanyak 8 kecelakaan dalam 6 tahun dan tingkat kecelakaan (Accident Rate) sebesar 0,146 kecelakaan/km. Kecelakaan berdasarkan waktu terjadinya Pagi hari jam 07.00-11.00 46 kejadian, Kecelakaaan berdasarkan jenis kendaraan yang bertabrakan Sepeda motor VS sepeda motor 52 kecelakaan Dlm 6 th, Kecelakaan berdasarkan jenis korban Kecelakaan dlm 6 th, 181 kejadian.Penyebab terjadinya kecelakaan dianalisis dengan menggunakan model analisa regresi linier berganda dengan uji korelasi antara kejadian kecelakaan dengan fariabel bebas antara lain jumlah penduduk, jumlah kendaraan dan jumlah sepeda motor. Hasil analisis regresi yang telah dilakukan didapat persamaan regresinya y = -75,0727124+8,6027x10-10 x +0,001461665 x+ -0,00153957 x Berdasarkan hasil analisa korelasi, maka pada Jalan Yos Sudarso Kota Pekanbaru didapat hubungan antara kecelakaan dengan jumlah penduduk 2,89 %, kecelakaan disebabkan oleh jumlah kendaraan,0,00075% dan kecelakaan disebabkan oleh jumlah sepeda motor 7,40 %.
ANALISIS PRODUKTIVITAS TUKANG KERAMIK Zainuri Zainuri; Gusneli Yanti; Shanti Wahyuni Megasari
Siklus : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 1 (2015)
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/siklus.v1i1.127

Abstract

Produktivitas pekerjaan pemasangan keramik lantai harusnya menjadi perhatian bagi pelaksana konstruksi sebab hasil yang dikerjakan tergantung dari keterampilan dan kemampuan tukang keramik. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan tingkat produktivitas tukang keramik dalam pekerjaan pasangan keramik lantai bangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Nilai produktivitas yang diperoleh adalah : tukang 1 sebesar 0,0420 m2/menit; kenek 1 sebesar 0,0394 m2/menit; tukang 2 sebesar 0,0368 m2/menit; kenek 2 sebesar 0,0347 m2/menit; tukang 3 sebesar 0,0290 m2/menit; kenek 3 sebesar 0,0277 m2/menit; tukang 4 sebesar 0,0280 m2/menit; kenek 4 sebesar 0,0265 m2/menit; tukang 5 sebesar 0,0283 m2/menit; kenek 5 sebesar 0,0265 m2/menit.

Page 1 of 1 | Total Record : 5