cover
Contact Name
Romi Cendra
Contact Email
romicendra@edu.uir.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sportarea@journal.uir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JOURNAL SPORT AREA
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 2527760X     EISSN : 2528584X     DOI : -
Core Subject : Education,
Sport Area publishes research journals and critical analysis studies in the areas of Sport Education, Sports Coaching and Sports Science. The theme of the paper covers: Learning Physical Education and Sport, Sport Pedagogy, Sports Sociology, Sport Psychology, Sports Coaching, Sports Science, Sports Management, Sports Biomechanics, Health Sports, Sports Philosophy, Sports Industry, and Sports Physiology.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 2 (2016): Desember" : 10 Documents clear
Kontribusi Tingkat Kesegaran Jasmani dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Penjas Angkatan 2013 FKIP UIR Pekanbaru) Muspita, Muspita; Zulrafli, Zulrafli; Turimin, Turimin
Journal Sport Area Vol 1 No 2 (2016): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2016.vol1(2).395

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Penjas FKIP Universitas Islam Riau bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar mahasiswa penjas yang mengambil mata kuliah praktek. Hubungannya dilihat dari tingkat kesegaran jasmani mahasiswa dan motivasi belajar. Hipotesis penetian; (1) terdapat hubungan signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar mahasiswa penjas, (2) terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mahsiswa penjas, dan (3) terdapat kontribusi signifikansi antara tingkat kesegaran jasmani dan motivasi belajar mahasiswa penjas secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Penelitian ini melibatkan 58 orang responden, pengambilan sampel secara proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan kuisioner. Data penelitian dianalisis dengan mengunakan teknik statistik koefisien  korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian mengungkapkan, (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar penjaskes, (2) terdapat hubungan posistif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, dan (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dan motivasi belajar penjas secara bersama terhadap hasil belajar penjas.
Pengaruh Metode Latihan Interval Ekstensif dan Intensif Terhadap Prestasi Lari 400 Meter Putra Atlet PASI Riau Sulastio, Agus
Journal Sport Area Vol 1 No 2 (2016): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2016.vol1(2).382

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan terlihat bahwa para atlet PASI Riau, prestasi larinya masih rendah, dan masih banyak atlet yang belum memiliki daya tahan kecepatan dalam berlari. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy eksperimen), populasi penelitian ini adalah atlet PASI Riau yang berjumlah 14 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 14 orang atlet setelah menggunakan teknik total sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan mengambil semua populasi. Data dianalisis menggunakan statistik uji normalitas dan uji-t. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh secara signifikan metode interval ekstensif terhadap prestasi lari 400 meter putra atlet PASI Riau, dengan diperolehnya nilai thitung = 11.44 > ttabel = 1.943, (2) Terdapat pengaruh secara signifikan metode interval instensif terhadap prestasi lari 400 meter putra atlet PASI Riau, dengan diperolehnya nilai thitung = 3.030 > ttabel = 1.943, (3) Terdapat perbedaan pengaruh antara metode interval ekstensif dengan metode interval intensif terhadap prestasi lari 400 meter putra atlet PASI Riau, dengan diperolehnya nilai thitung = 5.794 > ttabel = 1.943. Dimana jika dilihat dari rata-rata peningkatan maka dapat diketahui bahwa metode interval ekstensif lebih efektif daripada metode interval intensif terhadap peningkatan prestasi lari 400 meter putra atlet PASI Riau.
Penerapan Pendekatan Model Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau Dalam Pemecahan Masalah Pecahan Fendrik, Muhammad; Putra, Zetra Hainul
Journal Sport Area Vol 1 No 2 (2016): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2016.vol1(2).394

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan operasi hitung pada materi pecahan dalam konteks soal cerita yang menuntut siswa untuk dapat menyelesaikan soal-soal tersebut. Hal ini dikarenakan pembelajaran konvensional di SD banyak yang hanya memberikan penjelasan yang terbatas. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa PGSD yang merupakan calon guru SD yang nantinya akan mengajar siswa-siswa sekolah dasar, sehingga bisa dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengetahui keberhasilan dan kelemahan mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan matematika siswa SD. Penggunaan model method memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari struktur masalah dari berbagai macam masalah yang terdapat dalam kehidupan sehari-sehari. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau semester III (mahasiswa angkatan 2014). Desain penelitian ini adalah quasi eksperiment none quivalen control group, karena siswa yang menjadi responden pada penelitian ini tidak dipilih secara acak, melainkan peneliti menggunakan kelas yang ada. Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau pada pecahan melalui pendekatan model method mengalami peningkatan, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau dari rata-rata skor pretest 53,30 menjadi 70,69 pada rata-rata skor posttest, dengan rata-rata skor peningkatan 0,37 yang berada pada kategori sedang.
Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Konsep Diri Terhadap Keterampilan Smash Bulutangkis Taufan, Andi
Journal Sport Area Vol 1 No 2 (2016): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2016.vol1(2).383

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh antara penggunaan gaya mengajar latihan dan gaya mengajar komando dengan konsep diri terhadap keterampilan smash bulutangkis pada siswa kelas X SMA ADI LUHUR Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukkan pertama, terdapat perbedaan hasil keterampilan smash bulutangkis antara gaya mengajar latihan dengan gaya mengajar komando secara keseluruhan didapat Fh = 53.34 dan Ft = 4,00, Dengan demikian Fo > Ft, sehingga Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, terdapat perbedaan yang nyata antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar komando  terhadap hasil keterampilan smash. Kedua, terdapat perbedaan hasil keterampilan smash bulutangkis antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar komando bagi kelompok konsep diri tinggi diperoleh Qh = 5,25 dan Qt = 1.70. Dengan demikian Qh lebih besar dari Qt, sehingga Ho ditolak. Ketiga, terdapat perbedaan hasil keterampilan smash bulutangkis antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar komando bagi kelompok konsep diri rendah diperoleh hasil, Qh = -2,01 < Qt = 1.70. Artinya, Ho diterima, dan H1 ditolak. Keempat, terdapat interaksi antara gaya mengajar dan konsep diri terhadap hasil keterampilan smash bulutangkis diperoleh harga hitung Fo interaksi (FAB) = 53,34 dan F tabel = 4.00. Tampak bahwa F hitung > F tabel, sehingga H0 ditolak. dan H1 diterima. Kesimpulan analisis secara keseluruhan, gaya mengajar latihan memiliki pengaruh lebih baik jika dibandingkan dengan gaya mengajar komando terhadap hasil belajar keterampilan smash bulutangkis pada siswa kelas X SMA ADI LUHUR Jakarta Timur.  
Pengaruh Latihan S-Curve Runs And Sprint-In-Out Terhadap Kecepatan Pada Atlet Sekolah Sepakbola (SSB) Chevron Pekanbaru Sinurat, Ridwan
Journal Sport Area Vol 1 No 2 (2016): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2016.vol1(2).392

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan s-curve runs and sprint-in-out terhadap kecepatan pada atlet sekolah sepakbola (SSB) Chevron Pekanbaru, sehingga pada saat melakukan sprint mengejar bola pemain mendapatkan bola terlebih dahulu dari pada lawan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian dengan perlakuan percobaan (eksperimental), populasi dalam penelitian ini adalah atlet sekolah sepakbola (SSB) Chevron Pekanbaru, sampel dalam penelitian ini adalah atlet sekolah sepakbola yang berusia 15 tahun dan  berjumlah 16 atlet. Teknik pengambilan sampel yaitu non-random sampling (non acak). Pengambilan sampel non acak adalah proses penarikan sampel yang tidak didasarkan pada randomisasi. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah penentuan sampel dimana peneliti menunjuk langsung siapa yang akan menjadi sampel dalam penelitian, tetapi pemilihanya berdasarkan pada tujuan spesifik dari penelitian yang dilakukan. Peneliti mempertimbangkan kesesuaian masalah dengan individu yang dipilih. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes lari 100 yard, yang bertujuan untuk mengukur kecepatan lari. Setelah itu, data diolah dengan statistik, untuk menguji normalitas dengan uji lilifors pada taraf signifikan 0,05α. Hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh latihan s-curve runs and sprint-in-out terhadap kecepatan. Berdasarkan analisis uji T menghasilkan Thitung sebesar 10.59 dan Ttabel 1,753, berarti Thitung > Ttabel. Berdasarkan analisis data statistik, terdapat rata-rata pre-test sebesar 14.78 dan rata-rata post-test sebesar 13.71, maka data tersebut normal. Dengan demikian, terdapat pengaruh latihan s-curve runs and sprint-in-out terhadap kecepatan pada atlet sekolah sepakbola (SSB) Chevron pekanbaru.
Hubungan Explosive Power Otot Lengan dan Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Kemampuan Servis Atas Atlet Bolavoli Kuansing Kabupaten Kuantan Singingi Dupri, Dupri
Journal Sport Area Vol 1 No 2 (2016): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2016.vol1(2).385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan explosive power otot lengan dan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan servis atas atlet bolavoli Kuansing Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah atlet bolavoli Kuansing Kabupaten Kuantan Singingi yang aktif latihan yang berjumlah 25 orang, teknik pengambilan sampel diambil secara total sampling sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 orang. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di klub bolavoli Kuansing Kabupaten Kuantan Singingi. data explosive power otot lengan dengan menggunakan lempar bola medicine, koordinasi mata-tangam dengan mengunakan tes ball werfen and fengen test, dan kemampuan servis atas dengan melakukan tes servis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara explosive power otot lengan dengan kemampuan servis atas,  ini ditandai dengan hasil penelitian yang diperoleh yaitu thitung = 4.63 >  ttabel = 1.71. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-tangan dengan kemampuan servis atas, ini ditandai dengan hasil yang diperoleh yaitu thitung= 2.94 >  ttabel = 1.71.  (3) terdapat hubungan yang signifikan antara explosive power otot lengan dan koordinasi mata-tangan secara bersama-sama dengan kemampuan servis atas diperoleh Fhitung = 12.549 > Ftabel = 3.44.
Pendidikan Kemandirian Dalam Islam Ahmad, Saproni
Journal Sport Area Vol 1 No 2 (2016): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2016.vol1(2).391

Abstract

Sebagian karakter yang diterangkan dalam syariat Islam adalah karakter kemandirian, kemandirian dalam mempertanggungjawabkan prilaku dan perbuatannya di hadapan Allah kemudian di hadapan hukum dan perundang-undangan yang berlaku dimana seseorang berada. Kemandirian ini diberlakukan mulai dari seorang anak sampai pada status akil baligh. Ditinjau dari perspektif pendidikan, bahwa masa akil baligh adalah masa ia telah mendapatkan bekal pemahaman yang cukup untuk bekal ia sebagai seorang muslim yang mulai berdiri sendiri dengan tanggungjawab personal dihadapan Tuhannya. Masa Baligh adalah sebuah fase baru dalam kehidupan setiap muslim yang harus dihadapi oleh mereka dengan bekal karakter kemandirian yang memadahi, dan karakter kemandirian ini ternyata harus by design disebabkan tuntutan umur, yaitu minimal pada umur 15 tahun, setiap pribadi muslim sudah mempunyai kemampuan yang menjadikan mereka berdiri sendiri dalam mempertanggungjawabkan semua sikap, tindakan dan prilakunya. Berangkat dari hal di atas, pembentukan karakter kemandirian pada seorang anak adalah tanggungjawab orangtua dan pemerintah melalui kurikulum pendidikan. Metode penulisan yang digunakan adalah kajian pustaka Dr. Yusuf Al Qaradhawi terhadap Al Quran dan Sunnah terkait dengan aktivitas usaha yang bisa di lakukan seseorang, sehingga dari tulisan ini diharapkan dapat memudahkan dalam upaya membuat panduan program dan muatan kemandirian dalam kurikulum pendidikan kedepannya.
Kontribusi Kecepatan Terhadap Kemampuan Dribbling Bolabasket Atlet SMA Negeri 1 Lebong Utara Perdima, Feby Elra
Journal Sport Area Vol 1 No 2 (2016): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2016.vol1(2).387

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti terhadap pelaksanaan kegiatan di klub bolabasket SMA Negeri 1, bahwa kemampuan dribbling para pemain bolabasket kurang baik sehingga menyebabkan minimnya prestasi yang didapat. Masalah inilah diduga disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain rendahnya tingkat kecepatan dari pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kecepatan terhadap kemampuan dribbling bolabasket atlet SMA Negeri 1. Metode penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi penelitian ini seluruh pemain klub bolabasket SMA Negeri 1 sebanyak 23 orang putera dan 3 orang puteri, sedangkan sampel diambil secara purposive sampling, dimana teknik purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan didasarkan ketentuan tertentu, untuk itulah maka dalam penelitian ini penulis hanya mengambil sampel atlet bolabasket putera saja. Ini didasarkan dengan  pertimbangan adanya perbedaan kemampuan fisik antara atlet putera dengan atlet puteri. Sehingga diperoleh sampel dengan jumlah 23 orang pemain putera. Tempat pelaksanaan penelitian di lapangan basket SMA Negeri 1 Lebong Utara, adapun waktu penelitian adalah bulan juli 2011. Data kecepatan diambil dengan tes lari sprint 30 meter, dan data kemampuan dribbling diambil dengan tes dribbling. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik dengan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara kecepatan dengan kemampuan dribbling bolabasket atlet SMA Negeri 1, dengan nilai r = 0,761 didapat r2 = 0,580, adapun besar  kontribusinya adalah 58%, (2) terdapat Kontribusi yang signifikan antara kelincahan dan kecepatan secara bersama-sama dengan kemampuan dribbling bolabasket atlet SMA Negeri 1, dengan nilai R = 0,799 didapat R2= 0,639, adapun besar kontribusinya adalah 63,9 %.
Hubungan Antara Pengelolaan Konflik Dengan Komitmen Organisasi Guru SD Negeri Gugus 3 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Sasmarianto, Sasmarianto
Journal Sport Area Vol 1 No 2 (2016): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2016.vol1(2).388

Abstract

Sesuai dengan hipotesis yang diajukan, maka tujuan penelitian ini adalah untuk data empiris tentang adanya pengaruh antara variabel-variabel. Pengelolaan  konflik terhadap komitmen organisasi, melalui penyebaran  angket kepada 72 sampel guru Sekolah Dasar  Negeri  Gugus 3 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dengan teknik propotional stratified random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang pengelolaan konflik, dengan komitmen organisasi dengan menggunakan angket. Validitas butir di uji menggunakan rumus pearson product moment dan koefisien reabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus alpa cronbach. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara pengelolaan konflik dengan komitmen organisasi. Dengan koefisien korelasi ry1= 0,531 dan persamaan regresi . Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi perbaikan dan peningkatan komitmen organisasi di SD Negeri Gugus 3 Kecamatan Tampan  Kota Pekanbaru dapat ditingkatkan dengan pengelolaan konflik.
Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Analitis dan Metode Pembelajaran Sintesis Dalam Kegiatan Pengembangan Diri Bolavoli di SMPN 1 Batu Bersurat-Riau Yulianti, Mimi
Journal Sport Area Vol 1 No 2 (2016): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2016.vol1(2).389

Abstract

Pengembangan konsep diri siswa sejak usia dini menjadi bagian dari pelaksanaan program pembelajaran pendidikan jasmani pada aspek afektif. Penelitian ini memfokuskan pada upaya menumbuh kem-bangkan konsep diri yang positif pada siswa Sekolah Dasar melalui penerapan umpan balik positif dan umpan balik netral. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang diterap-kanpada 30 orang siswa Sekolah Dasar. Instrumen penelitian berupa angket dengan model skala Likert yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umpan balik positif lebih memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan konsep diri yang positif pada siswa Sekolah Dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10