cover
Contact Name
Al.Mash
Contact Email
al.mashrafiyah@uin-alauddin.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wardihan.sabar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Mashrafiyah : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah
ISSN : 25974904     EISSN : 26205661     DOI : -
Core Subject : Economy,
This journal contains writings of research results or theoretical studies related to economics, finance and sharia banking.This journal is published by the Department of Islamic Banking Faculty of Economics and Islamic Business UIN Alauddin Makassar. This journal is published in 2 (two) editions every year, October and April editions.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018)" : 11 Documents clear
Perbandingan Kinerja dan Pengungkapan Etika Islam pada PT Bank Muamalat dengan PT Bank BRI Syariah Bulutoding, Lince; Akbar, Muh. Ruslim
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.82 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dan perkembangan kinerja dan pengungkapan etika pada PT Bank Muamalat dan PT Bank BRI Syariah dengan menggunakan metode Shariah Conformity and Profitability (SCnP) dan Ethical Identity Index (EII) periode 2015 dan 2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif.Hasil menunjukkan bahwa pada tahun 2015 dan 2016, kinerja PT Bank Muamalat dan PT Bank BRI Syariah berpredikat memuaskan dan cukup sehat namun memiliki hasil yang berbeda. Sementara Perbandingan dan perkembangan pengungkapan etika Islam pada PT Bank Muamalat dan PT Bank BRI Syariah juga menunjukkan kondisi yang berbeda pada setiap dimensi pengungkapan.Kata Kunci: Kesesuaian dan Profitabilitas Syariah (SCnP), Ethical IdentityIndex (EII), dan Perbankan Syariah
Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting(ISR) pada Perbankan Syariah dengan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderating Pratama, Nur Abdi; Muchlis, Saiful; Wahyuni, Idra
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.992 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4738

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial yang diukur menggunakan  Islamic Social Reporting (ISR) pada bank umum syariah yang beroperasi di Indonesia selama kurun waktu 2013-2016. Sumber data penelitian ini berasal dari 44 laporan keuangan dari 11 bank umum syariah selama empat tahun. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah profitabilitas, ukuran bank, kepemilikan institusional, leverage serta  komisaris independen sebagai variabel moderating sementara untuk variabel terikat adalah Islamic Social Reporting (ISR). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial, profitabilitas, ukuran bank, kepemilikan isntitusional dan leverage yang memiliki pengaruh terhadap tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting, sedangkan untuk uji moderasi hanya profitabilitas, kepemilikan institusional dan leverage yang dimoderasi oleh komisaris independen dalm melakukan pengungkapan Islamic Social Reporting.Kata Kunci: Islamic Social Reporting, Profitabilitas, Ukuran Bank, Kepemilikan Institusional,  Leverage dan Komisaris Independen.
Minat Masyarakat Kota Watampone Untuk Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Darwis, Darwis
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.996 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4732

Abstract

Penelitian ini  bertujuan mengetahui (1) sikap (Ab) masyarakat terhadap minat untuk menggunakan jasa perbankan syari’ah, (2) norma subyektif (SN) masyarakat terhadap minat untuk menggunakan jasa perbankan syari’ah, (3) minat (BI) masyarakat untuk menggunakan jasa perbankan syari’ah. Penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di Kota Watampone Provinsi Sulawesi Selatan. Sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan  observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan Metode analisis Fishbein.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  nilai sikap (Ab) adalah 104 dengan kategori positif yang diinterpretasikan bahwa responden memiliki keyakinan dan evaluasi baik terhadap atribut-atribut yang melekat pada perbankan syariah. Hal ini  menimbulkan kecenderungan untuk bersikap positif  terhadap minat untuk menggunakan jasa perbankan syariah, nilai norma subyektif (SN) adalah 78 dengan kategori positif yang diinterpretasikan bahwa minat responden untuk menggunakan jasa perbankan syariah  dipengaruhi atau mempertimbangkan pendapat orang lain yang penting (referen), dan nilai minat (BI) adalah 47,216 dengan kategori positif yang diinterpretasikan bahwa masyarakat cukup berminat untuk berperilaku menggunakan jasa perbankan syariah. Kata Kunci: Sikap, Norma Subyektif, Minat, dan Perbankan Syariah
Pengendalian Perilaku dan Pengendalian Individual Terhadap Kinerja Auditor Internal pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar Nurfaidah, Nurfaidah
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.907 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4739

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengendalian perilaku, dan pengendalian individual terhadap kinerjaa uditor internal pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Penelitian ini merupakan  jenis penelitian kuantitatif. Sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu dengan memilih langsung semua pegawai/karyawan sebanyak 35 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dan uji F dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengendalian perilaku secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor internal. (2) Pengendalian individual secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor internal. (3) Pengendalian perilaku, dan pengendalian individual secara simultan mempengaruhi kinerja auditor internal pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar.Kata Kunci: Pengendalian Perilaku, Pengendalian Individual, Kinerja Auditor Internal.
Manajemen Kompetensi Sumber Daya Manusia Bank Syariah Berbasis Prinsip-Prinsip Syariah Menuju Qualified ASEAN Bank Firkiawan, Suad
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.205 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4734

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang gagasan awal dalam manajemen kompetensi Sumber Daya Manusia Bank Syariah menuju qualified asean bank. Sebagai kegelisahan awal peneliti adalah bagaimana problem stagnasi asset dan permodalan bank syariah pada beberapa dekade terakhir ini terjadi salah satunya akibat kompetensi SDM bank syariah yang rendah. Disamping problem lainnya adalah ketersediaan SDM yang mumpuni di bidang kesyariahan sangat kurang bila dibandingkan tingkat bertumbuhan kantor bank syariah di Indonesia. Oleh karena itu focus penelitian ini mengkaji bagaimana manjemen kompetensi SDM bank syariah yang idela sesuai prinsip-prinsip syariah. Yang kemudian bagaimana fungsionalisasi prinsip syariah dalam desain manajemen kompetensi SDM bank syariah khususnya mampu mencapai target qualified asean bank. Hasil penelitian ini menguraikan suatu hipotesis bahwa teori yang dikembangkan oleh bank syariah relevan bila menggunakan konsep personal competency dan organizational competency yang digagas oleh Spencer dan John W. Slocum. Namun dalam kontes fungsionalisasinya harus berlandaskan pada nilai-nilai syariah yang dikemukakan dalam teorinya Irawan Amin yaitu Mananjemen Langit yang mencakup tiga prinsip dasar yaitu Worship, Wealth, dan Warfare.Kata Kunci: Manajemen Kompetensi, SDM Bank Syarah, Qualified Asean Bank.
Determinan Kinerja Karyawan Bank SulSelbar Syariah Gani, Nuraeni
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.503 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4747

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh insentif, komitmen organisasi ,dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja karyawan di Bank Sulselbar Syariah. Sampel menggunakan metode Sampel jenuh, yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Semua sampel berjumlah 47 responden pada Bank Sulselbar Syariah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara langsung kepada pihak–pihak yang terlibat dengan masalah yang sedang dibahas serta memberikan kuesioner kepada karyawan yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa regresi linear berganda, Uji T-test, Uji F serta Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil analisis menunjukan bahwa (1) insentif  berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di Bank Sulselbar Syariah; (2) komitmen organisasi berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di Bank Sulselbar Syariah; (1) komunikasi interpersonal berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di Bank Sulselbar Syariah; (4) insentif, komitmen organisasi dan komunikasi interpersonal secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di Bank Sulselbar Syariah.Kata Kunci : Insentif, Komitmen Organisasi, Komunikasi Interpersonal dan Kinerja Karyawan.
Comparative of Conventional Marketing and Sharia Marketing Against Maslahah With Customer Satisfaction as Intervening at Customer Super Market in Batam City Wibisono, Chabullah
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.282 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4727

Abstract

The unbalanced development of modern markets and traditional markets, of course, as a result of conventional marketing and syariah marketing systems, has the effect of many current markets and the decline of traditional markets that are mostly owned by the economically weak communities in Batam, whether the impact of conventional maketing that make the city into behaving cosumtifically, it is necessary to conduct research "Comparative of Conventional Marketing and Sharia Marketing Against Maslahah with Customer Satisfaction as Intervening at Customer Super Market In Batam City", population is taken from 8 big super market in Batam City equal to 8 x 100 respondents, sample of 215 respondents, using SEM * version 22, research result: the effect of conventional marketing variable on Customer Satisfaction variable is positively significant, variable effects Sharia Marketing to variable Customer Satisfaction is significantly positive, variable effects Customer Satisfaction to variable Maslahah is a significant negative, variable results Conventional Marketing to variable Maslahah is definite, not substantial, the effect of variable Sharia Marketing to variable Maslahah is significantly positive, changes in Customer Satisfaction influenced by Sharia Conventional Marketing and Marketing of 39.50%. Maslahah change is affected by the effects of conventional and Sharia Marketing Marketing and amounted to 53,50% customer satisfaction, consumers are dissatisfied with traditional marketing, but consumers do not get maslahah that is a dimensionless material and spiritual fulfillment, need to apply Sharia marketing.Keywords: Conventional Marketing, Sharia Marketing, Customer Satisfaction and Maslahah.
Penerapan Prinsip Profit Sharing dan Revenue Sharing Program Tabungan Mudharabah dan Deposito Mudharabah Studi pada PT Bank Muamalat Kantor Cabang Makassar Hafid, Wika Ramdhani; Majid, Jamaluddin; Sardi Juardi, Muh. Sapril
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.421 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4735

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  penerapan sistem bagi hasil pada program tabungan mudharabah dan deposito mudharabah yang ada pada PT Bank Muamalat KC Makassar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem bagi hasil di PT  Bank Muamalat KC Makassar terkait dengan akuntabilitas dan kemaslahatannya baik itu untuk shahibul maal maupun mudharib. Metode pengambilan data yaitu penelitian lapangan (Field Research), wawancara  langsung dengan informan, studi pustaka dan internet searching.. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pendistribusian bagi hasil pada PT Bank Muamalat KC Makassar menggunakan prinsip profit sharing karena pendistribusian bagi hasil program tabungan mudharabah dan deposito mudharabah dilakukan dengan membagi pendapatan bersih bank setelah dikurangi biaya yang dikeluarkan pengelolah dana. Sedangkan terkait dengan kemaslahatan antara kedua prinsip pendistribusian bagi hasil, profit sharing dianggap paling maslahat antara kedua bela pihak.Kata Kunci: Bank Syariah, Bagi Hasil, Tabungan Mudharabah, Deposito Mudharabah, dan Profit Sharing.
Tinjauan Prinsip Syariah Dalam Aplikasi IB Hasanah Card M, Nurwulandari; Ismawati, Ismawati
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.623 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4779

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui operasional pelaksanaan iB Hasanah Card, Mekanisme pengelolaan dana tadwidh atau denda keterlambatan dan penetapan biaya lainnya pada iB Hasanah Card, serta sudut pandang dari pihak praktisi dan regulator dalam menyikapi adanya kartu kredit syariah di Kota Makassar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik pengolahan dan analisis yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian, Sebagai Bank Syariah, BNI Syariah berusaha untuk selalu menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam menjalankan Hasanah Card. Dilihat dari usaha BNI Syariah dalam menyempurnakan dan terus mengkaji produk kartu kredit syariahnya, dalam usaha menghindari praktek riba, gharar dan israf.Berbagai pihak yang terlibat dalam menyikapi adanya kartu kredit syariah saat ini khususnya di Makassar selain dari praktisi, yaitu akademisi dan regulator yang turut memberi pandangannya. Pihak tersebut menganggap Syariah Card adalah alat yang memudahkan bertransaksi,sebagai alat bantumengelola manajemen kas keuangan, serta sangat efisien dan aman jika dibanding dengan menggunakan uang tunai.Kata Kunci: Syariah Card, Biaya Tadwidh, Penetapan Biaya, Provider Master  Card
Penerapan Akuntansi Deposito Amanah Berdasarkan Prinsip Bagi Hasil Mudharabah Herlin, Herlin
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.75 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4728

Abstract

Tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk menganalisis kesesuaian perlakuan akuntansi dari sistem bagi hasil deposito Amanah di PT. BPRS Safir Bengkulu dengan Sofyan, Wiroso dan Yusuf menurut para ahli dalam buku akuntansi perbankan Islam.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan perlakuan akuntansi antara praktek deposito mudharabahyang berlaku di PT. BPRS Safir Bengkulu dengan ketentuan yang berlaku dalam PSAK telah dilakukan dengan baik oleh PT. BPRS Safir Bengkulu. Dalam pencatatan dan perlakuan akuntansi dengan deposito mudharabah selalu dikalahkan oleh ketentuan dan aturan yang tercantum dalam pernyataan standar akuntansi keuangan berlaku.Kata Kunci: Bagi Hasil, deposito Mudharabah

Page 1 of 2 | Total Record : 11