cover
Contact Name
Al.Mash
Contact Email
al.mashrafiyah@uin-alauddin.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wardihan.sabar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Mashrafiyah : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah
ISSN : 25974904     EISSN : 26205661     DOI : -
Core Subject : Economy,
This journal contains writings of research results or theoretical studies related to economics, finance and sharia banking.This journal is published by the Department of Islamic Banking Faculty of Economics and Islamic Business UIN Alauddin Makassar. This journal is published in 2 (two) editions every year, October and April editions.
Arjuna Subject : -
Articles 85 Documents
Perbandingan Kinerja dan Pengungkapan Etika Islam pada PT Bank Muamalat dengan PT Bank BRI Syariah Bulutoding, Lince; Akbar, Muh. Ruslim
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.82 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dan perkembangan kinerja dan pengungkapan etika pada PT Bank Muamalat dan PT Bank BRI Syariah dengan menggunakan metode Shariah Conformity and Profitability (SCnP) dan Ethical Identity Index (EII) periode 2015 dan 2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif.Hasil menunjukkan bahwa pada tahun 2015 dan 2016, kinerja PT Bank Muamalat dan PT Bank BRI Syariah berpredikat memuaskan dan cukup sehat namun memiliki hasil yang berbeda. Sementara Perbandingan dan perkembangan pengungkapan etika Islam pada PT Bank Muamalat dan PT Bank BRI Syariah juga menunjukkan kondisi yang berbeda pada setiap dimensi pengungkapan.Kata Kunci: Kesesuaian dan Profitabilitas Syariah (SCnP), Ethical IdentityIndex (EII), dan Perbankan Syariah
KONSEPTUALISASI EKONOMI DAN KEUANGAN SYARIAH K, Amiruddin
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.145 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i1.4683

Abstract

Dalam konsep ekonomi syariah memposisikan individu (manusia) sebagai obyek kajian ekonomi. Namun demikian, konsep ekonomi syariah tidak hanya mengkaji individu sebagai makhluk sosial, sebagaimana yang menjadi kajian ekonomi Barat, tapi lebih dari itu. Konsep ekonomi syariah  menempatkan individu sebagai mahluk yang mempunyai potensi religius. Dengan demikian, maka dalam pemenuhan kebutuhannya, atau aktifitas ekonomi lainnya, ekonomi syariah menempatkan nilai-nilai Islam sebagai dasar pijakannya. Inilah yang membedakan dengan konsep ekonomi Barat yang menempatkan kepentingan individu sebagai landasannya.Sistemekonomi Islam  memiliki prinsip-prinsip dasar yangmenjadi acuan dan landasan yangkokoh yaitu Dalam ekonomi Islam, berbagai jenis sumber daya dipandang sebagi pemberian atau titipan Allah kepada manusia, Islam mengakui kepemilikan pribadi dalam batas-batas tertentu, termasuk kepemilikan alat produksi dan faktor produksi, Kekuatan penggerak utama ekonomi syariah adalah  kerja sama. Sistem keuangan syariah merupakan sistem keuangan yang menjembatani antara pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang memiliki kelebihan dana melalui produk dan jasa keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariahKata Kunci: Konseptualisasi Ekonomi dan Keuangan Syariah
Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting(ISR) pada Perbankan Syariah dengan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderating Pratama, Nur Abdi; Muchlis, Saiful; Wahyuni, Idra
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.992 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4738

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial yang diukur menggunakan  Islamic Social Reporting (ISR) pada bank umum syariah yang beroperasi di Indonesia selama kurun waktu 2013-2016. Sumber data penelitian ini berasal dari 44 laporan keuangan dari 11 bank umum syariah selama empat tahun. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah profitabilitas, ukuran bank, kepemilikan institusional, leverage serta  komisaris independen sebagai variabel moderating sementara untuk variabel terikat adalah Islamic Social Reporting (ISR). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial, profitabilitas, ukuran bank, kepemilikan isntitusional dan leverage yang memiliki pengaruh terhadap tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting, sedangkan untuk uji moderasi hanya profitabilitas, kepemilikan institusional dan leverage yang dimoderasi oleh komisaris independen dalm melakukan pengungkapan Islamic Social Reporting.Kata Kunci: Islamic Social Reporting, Profitabilitas, Ukuran Bank, Kepemilikan Institusional,  Leverage dan Komisaris Independen.
IMPLIKASI THEORY OF REASONED ACTION DAN ETIKA DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI NIAT Awaluddin, Murtiadi; Sukmawati, Sukmawati
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.002 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i1.4696

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap, norma subjektif dan etika terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor melalui niat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak yang kendaraannya terdaftar di Kantor Samsat Kabupaten Kepulauan Selayar.Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling.Sampel di dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang hanya memiliki satu kendaraan dan kendaraan yang di keluarkan pada tahun 2010 ke atas.Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer yang dikumpulkan melalui survei kuesioner secara langsung dengan menyebarkan ke 100 responden. Analisis data menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling) dengan bantuan komputer melalui program IBM SPSS Amos versi 22. Hasil penelitian dengan analisis SEM menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif dan etika terhadap kepatuhan wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan. Analisis variabel Interveningdengan pendekatan SEM menunjukkan bahwa niat berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak dan apabila variabel niat dikeluarkan dari model, maka pengaruh sikap, norma subjektif dan etika menjadi lemahKata Kunci: Theory of reasoned action, sikap, norma subjektif, etika, niat, kepatuhan wajib pajak
PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL DAN TEKNIKAL TERHADAP HARGA SAHAM INDUSTRI PERHOTELAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Samsuar, Tenriola; Akramunnas, Akramunnas
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.686 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i1.4906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor fundamental dan teknikal terhadap harga saham industri perhotelan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2011-2015.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh  perusahaan  industri perhotelan yang terdaftar  di  Bura  Efek  Indonesia tahun 2011-2015 sesuai  publikasi Indonesian capital  market directory (ICMD) dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang  didasarkan  pada  pengumpulan  data  laporan  keuangan  perusahaan  industri perhotelan yang  terdaftar  di  Bursa  Efek  Indonesia  periode  2011-2015. Analisis data menggunakan analisi regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) return on assets, current ratio, debt to equity ratio, IHSG, dan volume perdagangan berpengaruh secara simultan terhadap harga saham, 2) return on assets berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, 3) debt to equity ratio berpengaruh positif dansignifikan terhadap harga saham, 4) current ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham, 5) indeks harga saham gabungan (IHSG) berpengaruh positif dan tidak signifikan  terhadap harga saham dan 6) volume perdagangan berpengaruh positif dansignifikan terhadap harga sahamKata Kunci:Harga saham, return on assets, current ratio, debt to equity ratio, IHSG, dan volume perdagangan
Minat Masyarakat Kota Watampone Untuk Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Darwis, Darwis
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.996 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4732

Abstract

Penelitian ini  bertujuan mengetahui (1) sikap (Ab) masyarakat terhadap minat untuk menggunakan jasa perbankan syari’ah, (2) norma subyektif (SN) masyarakat terhadap minat untuk menggunakan jasa perbankan syari’ah, (3) minat (BI) masyarakat untuk menggunakan jasa perbankan syari’ah. Penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di Kota Watampone Provinsi Sulawesi Selatan. Sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan  observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan Metode analisis Fishbein.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  nilai sikap (Ab) adalah 104 dengan kategori positif yang diinterpretasikan bahwa responden memiliki keyakinan dan evaluasi baik terhadap atribut-atribut yang melekat pada perbankan syariah. Hal ini  menimbulkan kecenderungan untuk bersikap positif  terhadap minat untuk menggunakan jasa perbankan syariah, nilai norma subyektif (SN) adalah 78 dengan kategori positif yang diinterpretasikan bahwa minat responden untuk menggunakan jasa perbankan syariah  dipengaruhi atau mempertimbangkan pendapat orang lain yang penting (referen), dan nilai minat (BI) adalah 47,216 dengan kategori positif yang diinterpretasikan bahwa masyarakat cukup berminat untuk berperilaku menggunakan jasa perbankan syariah. Kata Kunci: Sikap, Norma Subyektif, Minat, dan Perbankan Syariah
SIGNIFIKANSI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERBANKAN SYARIAH DI KOTA MAKASSAR Gani, Ilham
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.741 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i1.4684

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1)Untuk menganalisis dan mengujipengaruhlangsung pendidikan terhadap kinerja karyawan maupun tidak langsung melaluikompetensi SDI karyawan perbankan syariah di Kota Makassar; (2).Untuk menganalisis dan mengujipengaruh langsung pelatihan terhadap kinerja karyawanperbankan syariah di kota Makassar maupun tidak langsung melalui kompetensi SDI karyawan(3) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh langsung karir terhadap kinerja karyawan perbankan syariah di Kota Makassar maupun tidak langsung melalui kompetensi SDI karyawan;. Penelitian ini menggunakan Analisis Structural Equation Model (SEM), menggunakan data primer dengan sampel 119 orang dari unsur top manager, middel manager, dan lower manager pada beberapa kantor cabang utama Perbankan Syariah dalam bentuk (BUS) di Kota Makassar. Sampel penelitian secara sampel probability dengan tehnik Two Stages Sampling yaitu gabungan antara Area Random Sampling dan Proportional Stratified Random Sampling.Jenis penelitian iniadalah penelitian lapangan (field research)dengan metode positivis-kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrument proses analisis data secara logis dan rasional menggunakan pendekatan (multidisipliner) dengan pendekatan Politik, Ekonomi, Hukum, Sosio-kultural, Administratif, dan Teknologikal. Penelitian ini dilakukan pada enam Perbankan Syariah dalam bentuk (BUS) di Kota Makassar diantaranya; Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, Bank Mandiri Syariah, Bank Mega Syariah, Bank Bukopin Syariah, dan Bank Muamalat.      Hasil pengujian hipotesis berdasarkan nilai koefisien path analysis menunjukkan hasil perhitungan estimasi nilai R-Square (R2) dalam pengujian hipotesis menunjukkan bahwa; (1). Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan; (2). Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan melalui Kompetensi SDI; (3). Pelatihan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan; (4). Pelatihan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan melalui Kompetensi SDI; (5). Karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan; (6). Karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan melalui Kompetensi SDI karyawan Perbankan Syariah di Kota Makassar. Setelah dilakukan analisis nilai tertinggi diperoleh variabel Pendidikan dan Karir dominan mempengaruhi Kinerja karyawan dan Kompetensi SDI karyawan Perbankan Syariah di Kota Makassar.Kata Kunci:  Pendidikan, Pelatihan, Krir, Kompetensi SDI, dan Kinerja Karyawan
Pengendalian Perilaku dan Pengendalian Individual Terhadap Kinerja Auditor Internal pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar Nurfaidah, Nurfaidah
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.907 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4739

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengendalian perilaku, dan pengendalian individual terhadap kinerjaa uditor internal pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Penelitian ini merupakan  jenis penelitian kuantitatif. Sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu dengan memilih langsung semua pegawai/karyawan sebanyak 35 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dan uji F dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengendalian perilaku secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor internal. (2) Pengendalian individual secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor internal. (3) Pengendalian perilaku, dan pengendalian individual secara simultan mempengaruhi kinerja auditor internal pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar.Kata Kunci: Pengendalian Perilaku, Pengendalian Individual, Kinerja Auditor Internal.
BUDAYA ORGANISASI MEMODERASI PENGARUH KOMITMEN PROFESIONAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS Mudassir, Mudassir
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.344 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v1i1.4726

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Menguji dan menganalisis budaya organisasiyang memperkuatpengaruh komitmen profesional dalam pengambilan keputusan etis auditor APIP, analisi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Budaya organisasi memoderasi pengaruh komitmen profesional dalam pengambilan keputusan etis. Pengaruh komitmen profesional dalam pengambilan keputusan etis auditor APIP akan semakin tinggi jika didukung dengan budaya organisasi auditor APIP yang semakin tinggi. Sebaliknya, jika dukungan budaya organisasi yang semakin rendah maka pengambilan keputusan etis akan semakin rendah pula.Budaya organisasi bertindak sebagaivariabel moderator semu (Quasi Moderator) karena temuan penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai variabel moderator budaya organisasi berhasil memodifikasi bentuk hubungan antara variabel prediktor (komitmen profesional) dan variabel respon (pengambilan keputusan etis) dimana variabel moderator berinteraksi dengan variabel prediktor sekaligus menjadi variabel prediktorKata Kunci : Komitmen Profesional, Pengambilan Keputusan Etis, dan Budaya Organisasi
Implikasi Relationship Marketing Terhadap Tingkat Loyalitas Debitur Kredit Komersial Taufiq, M.
Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.144 KB) | DOI: 10.24252/al-mashrafiyah.v2i1.5611

Abstract

Strategi Relationship Marketing (Financial Bonds, Social Bonds, Customization Bonds, dan Structural Bonds) dipandang sebagai faktor penting yang berpengaruh terhadap tingkat loyalitas debitur kredit komersial. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui faktor yang dominan dalam Relationship Marketing, dan strategi Relationship Marketing mana yang berpengaruh dominan terhadap tingkat loyalitas debitur kredit komersial.Populasi penelitian ini adalah seluruh debitur kredit komersial PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Makassar Somba Opu sebanyak 365 debitur. Sampel dipilih secara acak berstrata sebanyak 80 responden. Data dianalisis dengan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis Uji t yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa variabel Customization Bonds memberikan pengaruh paling kuat (dominan)terhadap tingkat loyalitas debitur kredit komersial PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Makassar Somba Opu, kemudian diikuti berturut-turut oleh Structural Bonds, Financial Bonds, dan Social Bonds.Kata Kunci: Financial Bonds, Social Bonds, Customization Bonds, Structural Bonds, dan LoyalitasRelationship Marketing Strategies (Financial Bonds, Social Bonds, Customization Bonds, and Structural Bonds) are seen as important factors that influence the level of loyalty of commercial credit borrowers. The purpose of this study is to determine the dominant factors in Relationship Marketing, and which Relationship Marketing strategies have the dominant influence on the level of loyalty of commercial credit debtors. The population of the study is all debtors of commercial credit debtor of PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Somba Opu Branch Office comprising 365 debtors. They are selected by stratified random sampling of 80 respondents. The data are analyzed by linier multiple regression. Based on the results of the t-test analysis performed, it was found that the Customization Bonds variable had the most powerful (dominant) influence on the level of loyalty of the commercial credit debtors of PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Makassar Somba Opu Branch Office, then followed successively by Structural Bonds, Financial Bonds, and Social Bonds.Keywords: Financial Bonds, Social Bonds, Customization Bonds, Structural Bonds, and Loyalty