cover
Contact Name
Eva Khudzaeva
Contact Email
eva.khudzaeva@uinjkt.ac.id
Phone
+6282114627822
Journal Mail Official
aism.journal@uinjkt.ac.id
Editorial Address
Department of Information System, Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Jl. Ir. H. Juanda No.95, Cempaka Putih, Ciputat Timur. Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Applied Information System and Management
ISSN : 26212536     EISSN : 26212544     DOI : 10.15408/aism
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 76 Documents
Transaksi Pembayaran T-Cash dengan Dukungan Teknologi Berbasis Near Field Communications (NFC) Agung Wibowo
Applied Information System and Management (AISM) Vol 1, No 1 (2018): Applied Information System and Management (AISM)
Publisher : Depart. of Information Systems, FST, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.808 KB) | DOI: 10.15408/aism.v1i1.8644

Abstract

Makalah ini akan membahas mengenai T-Cash yaitu uang digital Telkomsel yang menjadi salah satu layanan digital lifestyle yang sedang dikembangkan oleh Telkomsel. Dengan lisensi dari Bank Indonesia, TCash kini hadir dengan teknologi Near Field Communication (NFC), yang dinamakan TCash TAP. Hal ini akan memberikan kemudahan dan pengalaman unik kepada pelanggan dalam melakukan transaksi. Layanan ini dapat digunakan di semua jenis ponsel baik feature phone maupun smartphone. TeknologiNFC dalam Tcash ini adalah pengembangan dari teknologi kartu Radio Frequency IDentification (RFID). Teknologi NFC pada handphone selangkah lebih maju daripada teknologi RFID dimana pada handphone ditanamkan NFC chip yang dapat bertindak sebagai kartu RFID dan juga sebagai reader sekaligus dengan radius jangkauan pendek (kurang dari 10cm). Teknologi NFC pada handphone betul-betul dapat menggantikan dompet dimana dapat mengeluarkan uang dan juga menerima uang dari dan ke sesama pengguna NFC. TCASH memberikan berbagai solusi untuk transaksi nontunai. Dengan mudah, pembayaran merchant favorit dengan berbagai promo, beli pulsa dengan harga terbaik, bayar tagihan, belanja online tanpa kartu kredit, kirim uang, dan masih banyak lagi.diharapkan akan menjadi teknologi yang sangat efisien dan efektif pada proses pembayaran.
Perancangan Sistem Informasi pada Karya Agung Furnitur Yudi Wiharto; Ari Irawan
Applied Information System and Management (AISM) Vol 1, No 1 (2018): Applied Information System and Management (AISM)
Publisher : Depart. of Information Systems, FST, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.428 KB) | DOI: 10.15408/aism.v1i1.8645

Abstract

Sistem Informasi adalah sebuah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi tersebut untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antar manusia, proses algoritma, data, informasi dan teknologi. Dalam istilah ini, digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk di mana orang-orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung suatu proses bisnis.
Analisa Faktor yang Mempengaruhi Kondisi Kesehatan Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth Sukma Evadini; Alwis Nazir; Yusra Pizaini
Applied Information System and Management (AISM) Vol 1, No 1 (2018): Applied Information System and Management (AISM)
Publisher : Depart. of Information Systems, FST, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1113.969 KB) | DOI: 10.15408/aism.v1i1.8646

Abstract

Health is an important factor in human life that have to be guarded, both physically and mentally. This study aimed to analyze the factors that affect health condition using medical check up data. Factors analyzed were consuming alcohol, smoking, exercise, age and gender. The method was the association rule using FPGrowth. The result of this study was factors that affect the health condition is alcohol, exercise and age. This result evidenced by the rules A3→K3, which means that if a person consumes more alcohol than 4 days/week with the amount of alcohol is less than 180ml/day, then health condition was poor with 11% support and 67% confidence. E1→K3, which means that if one rarely exercise then health condition was poor with 24% support and 99% confidence. G2→K3, which means that if a person in middle age group, then the condition of health was poor with 24% support and 99% confidence.
Analisis dan Perancangan Sistem Pengisian Kartu Rencana Study (KRS) Untuk Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi Kampus Tanri Abeng University Desty Septiani; Pramitha Dwi Larasati; Ari Irawan
Applied Information System and Management (AISM) Vol 1, No 1 (2018): Applied Information System and Management (AISM)
Publisher : Depart. of Information Systems, FST, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.506 KB) | DOI: 10.15408/aism.v1i1.8647

Abstract

Tanri Abeng University (TAU) sangat berupaya untuk membuat sebuah terobosan baru, terutama dalam teknologi digital yang mempermudah mahasiswa serta tenaga pengajar dalam melakukan kewajibannya masing-masing, seperti misalnya pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) bagi mahasiswa. Menyadari banyak kesulitan yang muncul dalam pengisian KRS secara manual, saat ini banyak universitas yang telah menerapkan sistem registrasi mata kuliah (KRS) secara online. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi dan studi pustaka dalam melakukan analisis perencanaan. Pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan Model SDLC (System Development Life Cycle). Menggunakan UML (Unified Model Language) serta Netbeans sebagai tools. Hasil dari penelitian ini berupa sistem KRS online untuk TAU.
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengamanan Lingkungan Kampus Berbasis Mobile Garrin Alif Aninditho; Zainul Arham; Eva Khudzaeva
Applied Information System and Management (AISM) Vol 1, No 1 (2018): Applied Information System and Management (AISM)
Publisher : Depart. of Information Systems, FST, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.291 KB) | DOI: 10.15408/aism.v1i1.8649

Abstract

Universitas Indonesia Depok merupakan kampus yang luas dengan atmosfer green campus yang dipenuhi area hijau dengan wujud hutan kota. UI Depok sering digunakan sebagai jalan lintas yang menghubungkan beberapa wilayah, sehingga memudahkan orang lain tanpa kepentingan untuk memasuki lingkungan kampus dengan tujuan tertentu. Hal ini menyebabkan lingkungan kampus dirasa kurang aman, yang dibuktikan dengan angka kasus kriminalitas yang cukup tinggi. Korban yang mengalami kasus kriminalitas masih harus mencari petugas atau datang ke kantor UPT PLK (Unit Pengelola Teknis Pengamanan Lingkungan Kampus) untuk melaporkan kejadian demi mendapatkan penanganan. Petugas UPT PLK tidak memiliki informasi mengenai lokasi dimana kejadian kriminalitas terjadi dalam bentuk peta serta tanpa bantuan petunjuk arah menuju lokasi tersebut. Selain itu dalam pelaksanaanya, pencatatan pelaporan mengenai kasus kriminalitas masih bersifat manual dalam bentuk kertas, sehingga beresiko mengalami penumpukan dan kehilangan data. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi pengamanan lingkungan kampus yang mampu menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah RAD (Rapid Application Development), serta perancangan sistem dengan menggunakan tools UML (Unified Modeling Language). Tahap pengkodean dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (framework Laravel 5.4) dan JAVA, MySQL sebagai database, dan Google Maps API sebagai Map Server. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah Sistem Informasi Pengamanan Lingkungan Kampus berbasis Mobile yang dapat digunakan dalam meminta pertolongan demi mendapatkan penanganan segera di lingkungan kampus Universitas Indonesia Depok berupa sinyal SOS (Save Our Souls) dengan memanfaatkan teknologi LBS (Location Based Services) pada platform Android, yang menyediakan petunjuk arah menuju lokasi kejadian, serta memberikan otomatisasi dalam pengelolaan kasus kriminalitas dalam bentuk digital.
Sistem Informasi Disposisi Surat Berbasis Android Diajeng Rahmawati; Nia Kumaladewi; Yuni Sugiarti
Applied Information System and Management (AISM) Vol 1, No 1 (2018): Applied Information System and Management (AISM)
Publisher : Depart. of Information Systems, FST, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (958.974 KB) | DOI: 10.15408/aism.v1i1.8671

Abstract

Sesuai dengan peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik di lingkungan instansi pemerintah, pemerintah menghimbau pada semua instansi pemerintah untuk menyusun tata naskah dinas elektronik (sistem informasi administrasi persuratan) masing-masing, yang mengacu pada panduan dalam peraturan tersebut. Pada proses tata naskah dinas yang dilaksanakan oleh pusat pembinaan kompetesi dan pelatihan konstruksi (Pusbin KPK) ialah disposisi persuratan. Disposisi merupakan salah satu media pemberitahuan informasi yang penting bagi suatu instansi pemerintahan ini. Permasalahan disposisi yang terjadi pada Pusbin KPK adalah proses disposisi yang membutuhkan waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan staf untuk mengelola data persuratan yang ada pada Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi. Rancang Bangun Sistem Informasi Disposisi Surat ini menggunakan metode RAD (Rapid Application Development) dengan Tools UML (Unified Modeling Language). Dari hasil penelitian sistem disposisi surat berbasis android ini dapat membantu dalam pengelolaan, penyimpanan serta pencarian arsip surat pada Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi.
Implementasi Aplikasi Sistem Demografi berbasis Green Computing dalam Pengelolaan Data Kependudukan Desa Kertarahayu Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi Andi Arfian
Applied Information System and Management (AISM) Vol 1, No 1 (2018): Applied Information System and Management (AISM)
Publisher : Depart. of Information Systems, FST, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.259 KB) | DOI: 10.15408/aism.v1i1.8673

Abstract

Hasil observasi dan wawancara terdapat masalah-masalah yang timbul di kantor desa Kertarahayu salah satunya adalah pengelolaan dan Penyajian data Penduduk Permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pengolahan data penduduk adalah Penyajian serta penyimpanan data yang kurang andal dan tidak baik sehingga sering terjadi kesalahan dan tidak tepat waktu penyediaan laporan kepada pemimpin, jaminan kurang dari keakuratan data dan kemungkinan kesalahan dalam pencatatan data Penduduk Berdasarkan Kartu Keluarga, KTP, Status dan data Kematian Penduduk dan dalam Pelayanan kepada penduduk, pengarsipan entri data, keluar data tidak terkontrol sehingga keamanan data tidak dijamin. Dari permasalahan di atas maka Penulis Mencoba menbagun aplikasi Administrasi Desa Dengan implementasi Berbasis Green computing. Dalam pengelolaan Data Kependudukan Desa Kertarahayu- Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi dengan menggunakan pemrograman berbasis Browser dan intranet yaitu dengan bahasa Php, Html dan Database Mysql. Dari permasalahan yang telah disebutkan maka tujuan dalam pembuatan penelitian ini diharapkan dapat membantu adminitrasi Kependudukan pada Desa KertaRahayu, Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi dalam memperbaiki sistem yang ada dengan harapan menyajikan pengolahan informasi dan data Kependudukan yang belum terkontrol dapat difasilitasi dengan pembentukan sistem informasi terkomputerisasi dan berbasis Green komputing. Dengan sistem komputerisasi, diharapkan dapat mendukung tercapainya tujuan menerapkan green computing di Balai desa mulai dari hemat penggunaan daya listrik hingga pengurangan penggunaan kertas. Seperti kemudahan penggunaan sistem dalam memberikan laporan yang berkualitas serta memenuhi kebutuhan manajemen, efisiensi waktu dalam implementasi layanan kepada penduduk menghasilkan output yang lebih berkualitas dan informatif, meningkatkan efektivitas dalam pemrosesan data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan.
Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application E-Commerce Shopee Menggunakan Model Delone & Mclean Sarip Hidayatuloh; Rinda Hesti Kusumaningtyas; Yusrina Aziati
Applied Information System and Management (AISM) Vol 2, No 2 (2019): Applied Information System and Management (AISM)
Publisher : Depart. of Information Systems, FST, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/aism.v2i2.20159

Abstract

Kepuasan pengguna terus menjadi prioritas utama dalam dunia e-commerce dan menjadi faktor yang sangat penting untuk kesuksesan e-commerce. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang meramaikan segmen mobile marketplace melalui aplikasi mobile untuk mempermudah transaksi jual beli melalui perangkat ponsel. Namun, masih banyak keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pengguna aplikasi shopee sehingga berdampak pada kepuasan penggunanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kepuasan pengguna berdasarkan pengaruh dari pengalaman pengguna aplikasi shopee dengan menggunakan model DeLone & McLean yang dimodifikasi dengan menambahkan variabel perceived utilitarian dan perceived hedonic sebagai dimensi utama yang mewakili IT user experience. Populasi penelitian ini adalah pengguna aplikasi shopee sebagai pembeli dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sementara analisis data menggunakan pendekatan PLS-SEM dengan bantuan tools SmartPLS 3.2.8. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa information quality, system quality, perceived hedonic dan use memiliki pengaruh terhadap user satisfaction, sedangkan service quality dan perceived utilitarian tidak. Dari 15 hipotesis yang diajukan, tiga diantaranya ditolak yaitu service quality terhadap use dan user satisfaction kemudian perceived utilitarian terhadap user satisfaction.
Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Java Netbeans dan MySQL pada Perusahaan Dean’s Car Rent Deni Ardian; Pramitha Dwi Larasati; Ari Irawan
Applied Information System and Management (AISM) Vol 1, No 1 (2018): Applied Information System and Management (AISM)
Publisher : Depart. of Information Systems, FST, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (952.179 KB) | DOI: 10.15408/aism.v1i1.8670

Abstract

Dean’s Car Rent adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, yaitu penyewaan kendaraan bermotor khususnya mobil. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak permintaan dari pelanggan, sehingga berdampak pada proses pengolahan data transaksi. Data transaksi yang masuk semakin banyak dan cenderung tidak akurat, juga lambat dalam proses pengolahannya. Maka dibuatlah suatu sistem informasi yang diharapkan dapat membantu perusahaan untuk melakukan pelayanan rental mobil, seperti pencatatan transaksi dan pembuatan laporan guna mendapatkan informasi secara tepat. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancata dan studi pustaka dalam melakukan tahap perencanaan. Pengembangan system dilakukan dengan menggunakan Model Waterfall. Menggunakan Java dan Unified Model Language sebagai tools. Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi rental mobil dean’s car rent.
Interactive Customer Relationship Management Jasa Infrastruktur Jaringan PT. Meda Cipta Hutama R. H. Handayani; Qurrotul Aini; Evy Nurmiati
Applied Information System and Management (AISM) Vol 1, No 1 (2018): Applied Information System and Management (AISM)
Publisher : Depart. of Information Systems, FST, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.131 KB) | DOI: 10.15408/aism.v1i1.8672

Abstract

PT. Meda Cipta Hutama merupakan penyedia jasa IT dan general contractor. Keinginan perusahaan adalah memenuhi kebutuhan pelanggan, di mana diperlukan sebuah sistem informasi yang interaktif. Untuk memenuhi keinginan pelanggan tersebut, dibutuhkan sistem informasi Interactive Customer Relationship Management (i-CRM). I-CRM merupakan suatu usaha untuk menciptakan interaksi antara pelanggan dan perusahaan dengan waktu respon yang tinggi sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses persiapan sampai kepada penyajiannya. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi literatur. Sedangkan metode pengembangan sistem informasinya menggunakan model RAD, yang meliputi UML, dengan diagram use case, sequence class, statechart dan activity. Tujuan pada penelitian ini adalah membangun sistem informasi interactive customer relationship management (i-CRM). Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa sebuah website i-CRM di mana pihak perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan dan pelanggan juga dapat dengan mudah melakukan purchase order. Selain itu, i-CRM ini dapat meningkatkan pelayanan yang diberikan yang berdampak pada meningkatnya kepuasan dan loyalitas pelanggan. Sistem ini juga dapat mempermudah perusahaan berinteraksi langsung dengan pelanggan menggunakan fasilitas suggestion dan complain, chatting dan newsletter.