cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
ISSN : 19074174     EISSN : 26210681     DOI : -
Core Subject : Social,
ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. Jurnal ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang terkait dengan isu ke-Islaman yang berhadapan dengan isu sosial seperti pendidikan, sejarah, komunikasi, sosial politik, hukum, ekonomi, dan lainnya. Scope ini dijabar dalam fokus isu per edisi yang membahas isu sosial kontemporer seperti, kearifan lokal, urban dan multikultural.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016" : 8 Documents clear
PROBLEMATIKA LINGUISTIK (ILMU AL-LUGHAH) DALAM PENERJEMAHAN BAHASA ARAB KE BAHASA INDONESIA Syahabudin Nur
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (872.725 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.52

Abstract

Pengalih bahasaan (penerjemahan) dewasa ini sudah menjadi kebutuhan di kalangan akademik maupun di dunia penelitian, hal itu dikarenakan semakin majunya dunia teknologi sehingga akses ilmu pengetahuan maupun agama sangat mudah didapat. Terbukti dengan adanya internet membuka jalan manusia untuk maju kedepan segala ilmu bisa di dapat hanya dengan sebuah kata kunci yang diinginkan. Akan tetapi ada hal yang masih menjadi kendala dalam penyerapan informasi pengetahuan maupun agama yaitu ketika informasi tersebut berbahasa asing yang bukan bahasa ibu dari pembaca. Hal itu akan menjadi kesulitan tersendiri bagi pembacanya khususnya kalangan pelajar, banyak problem yang ditemukan baik dari segi bahasa sumber yang tidak dipahami maupun budaya dari pengguna bahasa tersebut. Diawali dari problem itulah lahir para penerjemah bahasa  diberbagai negara untuk mengatasi kesulitan tersebut dan negara yang termasuk mempunyai kebutuhan informasi dan buku penerjemahan yang banyak adalah negara Indonesia. Adapun bahasa yang diterjemahkan dan diminati oleh orang Indonesia adalah bahasa Arab. Bahasa Arab bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan primer karena semua sumber ilmu agama dan praktek Ibadah mayoritas orang Indonesia menggunakan bahasa Arab. Sejauh ini Bahasa Arab masih menjadi kesulitan bagi orang Indonesia khususnya para pelajar Indonesia dan paling dominan kesulitan yang dihadapai pelajar Indonesia adalah problem linguistik yang meliputi, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik..Tulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan wawasan yang berhubungan dengan problematika penerjemahan bahasa Arab ke bahasa Indonesia khususnya pada kajian linguistik Morfologi, Sintaksis, Semantik dan Deksripsi-deskripsi kesalahan yang berkembang dikalangan pelajar Indonesia. Kiranya tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan bisa menjadi bahan bacaan yang membantu mengembangkan ilmu penerjemahan sehingga nantinya bisa memberikan sumbangsih keilmuan dibidang yang kita minati yaitu bahasa Arab.
MEDIA MUSIK(LAGU) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TINGKAT MI Hasan Hasan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.223 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.53

Abstract

Pemanfaatan musik sebagai media pembelajaran yang menjadikan proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Musik dapat menyeimbangkan kecerdasan intelektual dan emosional sehingga akan memberikan hasil yang baik bagi siswa. Selain itu musik juga mempengaruhi kondisi fisiologis. Kondisi fisiologis yang relaks akan membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti proses belajar. Relaksasi yang diiringi dengan musik membuat pikiran selalu siap dan mampu untuk lebih berkonsentrasi dalam menerima pelajaran. Jika hal tersebut dipergunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di berbagai tingkatan khususnya tingkat MI yang notabene usia mereka adalah usia bermain maka akan menghasilkan sesuatu yang sangat membantu dalam pembelajaran bahasa Arab.
TAFSIR AYAT KAUNIYAH Rusydi, Akhmad
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Al-Qur`an adalah kitab suci umat Islam yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya Muhammad SAW sebagai mu`jizat terbesar, serta sebagai salah satu pedoman bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan baik di dunia maupun di akhirat. Kandungan Al-Qur`an tidak hanya berbicara tentang masalah akidah, fiqih dan semisalnya yang berhubungan dengan persiapan seorang hamba menuju alam akhirat saja. Al-Qur`an juga berbicara tentang sejumlah tanda-tanda kebesaran Allah SWT dalam penciptaan alam ini, petunjuk bagi manusia dalam kehidupan mereka di dunia, berupa perputaran bulan, bumi dan matahari pada porosnya yang menjadi petunjuk bagi mereka dalam banyak aktifitas mereka. Terdapat banyak ayat-ayat yang berbicara tentang kaun (alam) dalam Al-Qur`an yang seandainya dikaji secara serius oleh umat Islam di zaman modern ini, akan menambah keimanan terhadap kebenaran Al-Qur`an yang diturunkan dari sisi Allah SWT.
نظام النقحرة من اللغة العربية إلى اللغة الإندونيسية Ade Destri Deviana
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1091.991 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.51

Abstract

إن اللغة لها خصائص تتميّز باللغة الأخرى كانت في مجال النطق وصوتها، أو في قواعد كتابتها أو غيرها.  وهي علامة ورموز. وعندما تُكتب أو تُحوّل إلى اللغة الأخرى فكانت مسائل المنظورة من اللغة الأصلية لأنهما (اللغة الأصلية واللغة الأخرى) تفريقان في النطق، والصوت، والتركيب، والجمل. خصوصا في الإندونيسيا. أن الإندونيسيا يستخدم اللغة الإندونيسية التي بالحروف اللاتينية. وهو بلاد التي يسكن المسلمون والمسلمين. عادة، ويحتاجون عن العلوم الإسلامية  تكتب باللغة العربية بالحروف الهجائية. هذه الصعبة لهم. إذن يحتاج تحويل اللغة العربية إلى اللغة الإندونيسية أو الحروف الهجائية إلى الحروف اللاتينية. وهي تسمى بالنقحرة (transliteration).لذلك، تنقل اللغة إلى اللغة الأخرى في ناحية الترجمة أو الكتابة  فينبغى لها  النظام المعيّن واللازم لعملية النقل والتحويل من مراعاة المعنى المحتوى في اللغة المنقولة (اللغة الأصلية) لسهلة فهمها وتعريف عن نطقها.في الإندونيسيا، النقحرة هي إحدى المشكلات في الكتابة. كانت الكلمات المحوّل بالنقحرة من اللغة العربية  إلى اللغة الإندونيسية متردّدة للقارء الذي يفهمها. مثلا كلمة "قلب" في قاموس اللغة الإندونيسية الرسمية واللازمة تكتب بــ"kalbu". وحقيقة النقحرة لكلمة "قلب" هي "qalbu" بمعنى hati. وكلمة "kalbu" في اللغة العربية هي "كلب" بمعنى anjing. هذه المشكلة للمدرّس أيضا أن يشرح إلى الطلبة عن النقحرة في الإندونيسا لأنها تفريقة بين النظام المعيّن في القانون والنظام المكتوب في قاموس اللغة اللإندونيسية (KBBI).في هذا البحث، فأخذت الباحثة أن يعرف نظام النقحرة المعيّن من اللغة العربية إلى اللغة الإندونيسة بالقانون. ثمّ قارنت تلك النقحرة بالنسبة إلى بعض النواشر (publishers) تدوّر في الإندونيسيا حتى تكتشف الباحثة عن نظام النقحرة في الإندونيسا. في عملية البحث، أن الباحثة تستطيع أن تعرف أن نظام النقحرة هي أهم الأمور في تأليف الكتب والمجلات والمقالات وغيرهها، أو لا سيما  ترجيمها. ويكون النواشر للكتب قد عيّن نظام النقحرة لكتابتها حتى يمكن أن يقع خلاف  ولكنهم يصدرون بتعيين الجمهور العامة عن النقحرة اللازمة وهو قرار القانون  No. 158/1987 dan No. 0543 b/U/1987.
EVALUASI KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Dony Ahmad Ramadhani
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.155 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.54

Abstract

Evaluasi bahasa selama ini lebih difokuskan kepada keterampilan yang berbasis komunikasi secara tertulis, hal ini dapat dilihat dari evaluasi yang dilaksanakan selama ini, tes yang diberikan sering berbentuk ganda dan essai. Padahal jika diperhatikan lebih seksama, komunikasi dari sisi lisan sangat penting untuk digalakkan dengan banyaknya orang-orang Arab yang datang ke Indonesia. Kedatangan mereka memiliki berbagai macam maksud, ada yang hanya sekedar ingin belajar, ada juga sekedar ingin berkunjung, bahkan ada yang datang ke Indonesia dengan maksud dan tujuan bekerja, seperti menjadi dosen atau pengajar. Tentunya hal ini akan menjadi kesempatan buat para pelajar untuk berkomunikasi langsung dengan orang-orang tersebut, baik karena ingin belajar secara mendalam bahasa yang dipelajari ataupun mendapat pengetahuan. Dengan melihat keadaan tersebut, maka evaluasi dalam keterampilan berbicara sudah seharusnya mulai diperhatikan, guna mencapai tujuan dari berbahasa itu sendiri, yakni berkomunikasi.
PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDIDIKAN AKHLAK Ahmad Rifai
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.592 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.55

Abstract

Ada nilai-nilai karakter yang menjadi prioritas utama. Diantaranya adalah jujur, toleransi, demokrasi, suka menolong, cinta kedamaian. Karena kondisi Negara Indonesia saat ini dengan rusaknya moral dan semakin parah. Maka nilai-nilai itu yang dianggap sangat dibutuhkan. Dan kesemuanya itu adalah nilai-nilai kemanusiaan (Humanis) yang lebih mengutamakan perlakuan baik terhadap sesama manusia. Karena tujuan dari pendidikan karakter adalah menjadi manusia yang baik. Perlu kita cermati bersama, bahwa nilai-nilai tersebut terlihat sangat baik dan sesuai dengan kemanusiaan. Tapi masih belum sepenuhnya bisa diterima oleh Islam dan masih harus dipertanyakan lebih mendalam. Seperti “Jujur”, dalam Islam tak selamanya kita harus jujur kepada siapa saja. Ada porsi dan posisi serta kondisi yang harus dipertimbangkan. Sebagai contoh, ketika perang dan tertangkap menjadi tawanan. Maka ia sebagai seorang muslim tidak boleh jujur mengatakan dimana letak kelemahan kaum muslim walaupun harus mempertaruhkan nyawanya demi agamanya. Dan pada saat itu ia termasuk muslim yang berakhlak mulia. pada umumnya karakter adalah sesuatu yang baik. Karakter jujur, toleran, kerja keras, dan sebagainya, memang sesuatu yang didambakan manusia. Namun tanpa disertai akhlak, karakter itu akan dapat melampaui batas-batas ajaran agama. Sebagai contoh, karakter toleran. Toleransi saja tidak cukup. Toleran terhadap apa? Seorang muslim tidak boleh bersikap toleran terhadap kemusyrikan atau kemunkaran. Sebab, setiap muslim berkewajiban menjalankan amar ma’ruf nahi munkar
TAFSIR AYAT KAUNIYAH Akhmad Rusydi
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1116.01 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.56

Abstract

Al-Qur`an adalah kitab suci umat Islam yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya Muhammad SAW sebagai mu`jizat terbesar, serta sebagai salah satu pedoman bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan baik di dunia maupun di akhirat. Kandungan Al-Qur`an tidak hanya berbicara tentang masalah akidah, fiqih dan semisalnya yang berhubungan dengan persiapan seorang hamba menuju alam akhirat saja. Al-Qur`an juga berbicara tentang sejumlah tanda-tanda kebesaran Allah SWT dalam penciptaan alam ini, petunjuk bagi manusia dalam kehidupan mereka di dunia, berupa perputaran bulan, bumi dan matahari pada porosnya yang menjadi petunjuk bagi mereka dalam banyak aktifitas mereka. Terdapat banyak ayat-ayat yang berbicara tentang kaun (alam) dalam Al-Qur`an yang seandainya dikaji secara serius oleh umat Islam di zaman modern ini, akan menambah keimanan terhadap kebenaran Al-Qur`an yang diturunkan dari sisi Allah SWT.
POLITIK HUKUM ISLAM DI INDONESIA Muhsin Aseri
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 9, No. 17, Januari-Juni 2016
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.956 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.57

Abstract

Kajian ini dilator belakangi perjalanan panjang hukum Islam untuk menjadi hukum formal di Indonesia tidak sepi dari polemik, khususnya pergumulan hukum Islam dengan hukum Barat dan hukum Adat, banyak menuai dilema dalam kebijakan. Perseteruan antara politik dan hukum sangat kuat dalam supremasinya. Oleh karena itu kajian ini berupaya mendiskripsikan konsep tualisasi politik hukum Islam dan pemberlakuannya di Indonesia. Kajian ini menemukan bahwa konfigurasi politik senantiasa akan berpengaruh terhadap sifat /karakter produk hukum Islam yang dihasilkan. Posisi dan fungsi hukum Islam di Indonesia sangat terpengaruh atas politik hukum. Dan berlakunya hukum Islam di Indonesia sebagai refleksi kajian politik hukum Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 8