cover
Contact Name
Qurotul Aini
Contact Email
aini@raharja.info
Phone
+6285778834017
Journal Mail Official
tmj@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No.40, RT.002/RW.006, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15117
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Technomedia Journal
ISSN : 26203383     EISSN : 25286544     DOI : 10.33050/tmj
Core Subject : Science, Education,
Technomedia Journal (TMJ) adalah jurnal yang didedikasikan untuk pertukaran hasil penelitian berkualitas tinggi di semua aspek Informatika, Teknologi Informasi, dan Ilmu Data. TMJ ini merupakan bagian dari Pandawan Sejahtera Indonesia, serta didukung oleh Alphabet Incubator yang merupakan diseminasi hasil penelitian para ilmuwan dan insinyur di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. TMJ mengikuti kebijakan akses terbuka yang memungkinkan artikel yang diterbitkan tersedia secara online tanpa berlangganan.
Articles 200 Documents
Fitur Form Emailer Dalam Memaksimalkan Penggunaan Rinfo Form Pada Perguruan Tinggi Indri Handayani; Qurotul Aini; Reza Alfiansah
Technomedia Journal Vol 1 No 1 Agustus (2016): Technomedia Journal
Publisher : Pandawan Incorporation, Alphabet Incubator Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (918.037 KB) | DOI: 10.33050/tmj.v1i1.6

Abstract

Guna mempercepat pengisian ISAP dan Pemeriksaan ISAP, Perguruan Tinggi Raharja membutuhkan fitur yang dapat memonitoring perkuliahan, kehadiran dosen, dan kelengkapan silabus mata kuliah. Berdasarkan hasil penelitian pada ISAP iLearning Plus di Perguruan Tinggi Raharja belum ada sistem khusus yang berbasis online untuk memonitoring kehadiran dosen, maupun kesesuaian materi perkuliahan yang diberikan dengan Isian Satuan Acara Perkuliahan (ISAP) yang sudah di rencanakan. Dalam pengisian ISAP dosen masih datang ke koordinator iLearning Plus dan masih harus mengisi ISAP secara manual. Hal ini mengakibatkan proses pengisian ISAP dan memonitoring kehadiran menjadi tidak berjalan optimal. Oleh karena itu, rinfo form membantu memaksimalkan pengisian ISAP khususnya dosen iLearning Plus. Kata Kunci: isian satuan acara perkuliahan (ISAP), Rinfo form, monitoring In order to speed up charging and Inspection ISAP, Higher Education Prog requires features that can monitor the course , the presence of lecturers , and the completeness of the course syllabus. Based on the results of research on ISAP iLearning Plus in Higher Education Prog no special system for monitoring the presence of an online-based lecturer , as well as the suitability of the lecture material given by the Field Unit Class Events (ISAP), which has been planned. In charging ISAP lecturers still coming to Plus coordinator iLearning and still had to manually fill ISAP. This resulted in the charging process ISAP and monitoring presence into not running optimally. Therefore , rinfo form helps maximize charging ISAP especially lecturers iLearning Plus . Keywords: stuffing unit lecture event ( ISAP ) , Rinfo forms , monitoring
IMPLEMENTASI FGR (FIRST GENERATION RESOURCES) DENGAN MENGGUNAKAN MAILCHIMP SEBAGAI SARANA INFORMASI DI PERGURUAN TINGGI Qurotul Aini; Indri Handayani; Nuril Huda
Technomedia Journal Vol 1 No 1 Agustus (2016): Technomedia Journal
Publisher : Pandawan Incorporation, Alphabet Incubator Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (794.876 KB) | DOI: 10.33050/tmj.v1i1.7

Abstract

Proses tool digital marketing itu sangat penting dalam penyebaran informasi yang sangat berkualitas dan menarik. Di beberapa Perguruan Tinggi sudah menerapkan tool digital marketing. namun proses yang sebelumnya yang berjalan masih dalam ruang lingkup yang kecil. sedangkan yang membutuhkan tool digital marketing ini sangat banyak untuk menyebarkan informasi. dalam penelitian ini terdapat 3 masalah perihal konsep tool digital marketing. jalan keluar masalah ini adalah yaitu dengan menerapkan MailChimp. tool digital marketing ini diharapkan bisa sangat berguna bagi para dosen ataupun mahasiswa/i dalam penyebaran informasi secara modern. Sangat diharapkan penyebaran informasi FGR (First Generation Resources) dengan menggunkan tool digital marketing yaitu MailChimp dapat berguna di Perguruan Tinggi. Kata kunci: plagiarisme, FGR, MailChimp The process of digital marketing tool that is very important in the dissemination of information that is very high quality and attractive. In some universities are already implementing digital marketing tool. but the process before running still in small scope. while requiring digital marketing tool is very much to spread information. in this study there are three problems concerning the concept of digital marketing tool. way out of this problem is by implementing MailChimp. This digital marketing tool is expected to be very useful for professors or students in modern information dissemination. It is desirable dissemination of information FGR (First Generation Resources) by using digital marketing tool that can be useful in MailChimp College. Keywords: plagiarism, FGR, MailChimp
Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi Muhamad Yusup; Qurotul Aini; Komala Dwi Pertiwi
Technomedia Journal Vol 1 No 1 Agustus (2016): Technomedia Journal
Publisher : Pandawan Incorporation, Alphabet Incubator Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.312 KB) | DOI: 10.33050/tmj.v1i1.8

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, diperlukannya konten materi sebagai bahan ajar perkuliahan. Konten materi tersebut tentunya harus jelas dan mudah dipahami supaya mahasiswa dapat mengerti konten materi yang dipelajari itu. Materi yang dijelaskan pun bentuk atau formatnya bisa berupa format slide materi dengan menggunakan power point atau drive serta berupa format media video pembelajaran. Media yang biasa digunakan untuk memperlancar komunikasi proses belajar mengajar disebut dengan media pembelajaran. Namun masih kurang optimalnya dalam proses video pembelajaran tersebut. Dalam melakukan penelitian ini didapatkan 3 permasalahan yang terjadi. Hal yang diterapkan ini merupakan pembuatan video pembelajaran sebagai penyajian informasi serta merupakan inovasi pembelajaran kelas sistem operasi pada program iLearning plus. Serta dibuatnya gaya kerangka pemikiran dalam penelitian yang digunakan untuk model penelitian korelasi. Untuk hal ini dilakukan 10 literature review perihal media audio visual menggunakan videoscribe di setiap universitas, sekolah atau pendidikan lainnya. Diimplementasikan video pembelajaran pada kelas sistem operasi program iLearning Plus. Setelah adanya video pembelajaran berupa media audio visual sebagai penyajian informasi pembelajaran serta mempermudah mahasiswa untuk memahami dan mendalami materi yang telah disampaikan. Kata kunci: Videoscribe, Media Audio Visual, Video Pembelajaran In the process of teaching and learning, the need for creative content as lectures teaching materials. The creative content must be clear and easy to understand so that students can understand the content of the materials studied. The material described any form or format can be in the form of a slide format material using a power point or drive as well as the form of instructional video media formats. Media used to facilitate communication with the teaching and learning process called learning media. But still less than optimal in the process of learning videos. In conducting this study, the three problems that occur. It is applied is an instructional video creation as the presentation of information and increase the effectiveness of classroom learning operating system on program iLearning plus. As well as the style made in the research framework used to model the correlation study. For this was done 10 literature review concerning the audio-visual media using videoscribe in every university, school or othereducation. Implemented instructional video in class operating system program iLearning Plus. After the video lessons in the form of audio-visual media is expected to increase the effectiveness of learning and easier for students to understand and explore the material that was submitted. Keywords: Videoscribe, Media Audio Visual, Video Learning
Optimalisasi Penerapan ROOSTER Berbasis OsTicket Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Untung Rahardja; Khanna Tiara; Ria Utami
Technomedia Journal Vol 1 No 1 Agustus (2016): Technomedia Journal
Publisher : Pandawan Incorporation, Alphabet Incubator Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (880.098 KB) | DOI: 10.33050/tmj.v1i1.13

Abstract

Dalam sebuah Perguruan Tinggi, penyediaan suatu pelayanan informasi sangatlah penting apalagi jika didukung dengan kecanggihan teknologi yang kian berkembang sangat pesat. Perguruan Tinggi Raharja merupakan salah satu kampus yang bergerak dibidang IT yang memiliki sebuah sarana atau media dalam hal pelayanan informasi kepada seluruh Pribadi Raharja yang merupakan bagian dan masih berkesinambungan didalam sebuah pelayanan lainnya yaitu iDuHelp!. Pelayanan informasi tersebut dinamakan ROOSTER (Role Online System Ticketing Raharja) yang fungsinya yaitu memberikan sebuah pelayanan berupa penyampaian informasi didalam sebuah tiket online yang dibuat oleh operator iDuHelp! dan tiket tersebut diberikan kepada customer iDuHelp! untuk mendapatkan pelayanan terusan yang akan ditindaklanjuti kepada pihak yang terkait yang disebut PIC atau admin dari masing-masing TPi dan FiR yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja. ROOSTER merupakan sistem yang sudah berjalan cukup lama dari generasi ke generasi dan terus melakukan pengembangan serta perbaikan agar sistem tersebut dapat digunakan lebih optimal lagi, tujuan ROOSTER itu sendiri yaitu agar seseorang atau customer mendapatkan informasi yang akurat dari pihak yang terpercaya serta tersampaikan dengan tepat waktu. Terdapat beberapa kendala dalam sistem ROOSTER yang berjalan saat ini, seperti tiket overdue yang tidak pernah tampil lagi, ketidakakuratan sebuah data yang membuat tiket dengan full name yang tampil membuat pengguna ROOSTER tidak nyaman dan keliru dan informasi kerap kali terlambat diterima oleh customer, sehingga dibutuhkannya suatu perbaikan agar performa ROOSTER dapat berjalan lebih baik lagi dan nyaman digunakan. Kata kunci: ROOSTER, Pelayanan Informasi, iDuHelp! In a university, providing an information service is important especially if backed up with increasingly sophisticated technology is developing very rapidly. Prog College is one of the campus engaged in IT who have a medium or media in terms of information services to the whole person Prog that is part and still continuous in a more services are iDuHelp !. The information ministry called ROOSTER (Role Online Ticketing System Prog) whose function is to give a service in the form of information delivery in an online ticket made by the operator iDuHelp! and the ticket is given to the customer iDuHelp! to obtain the services of the canal will be followed to the relevant parties called PIC or administrator of each TPI and FIR contained in Higher Education Prog. ROOSTER is a system that has been running for a long time from generation to generation and continue to develop as well as improvements to the system can be used more optimally, the purpose ROOSTER itself, namely that persons or customers get accurate information from reputable parties and delivered in a timely manner. There are some constraints in the system ROOSTER currently running, such as ticket overdue that never appear again, inaccuracy of a data to create a ticket with a full name that appears to make the user ROOSTER uncomfortable and wrong and the information is often too late accepted. Keywords: ROOSTER, Information Services, iDuHelp!
Penerapan RinfoSheet Sebagai Media Penunjang Pembuatan Laporan Untuk Mahasiswa khanna Tiara; Erlita Rasdiana; Nursam Somantri
Technomedia Journal Vol 1 No 1 Agustus (2016): Technomedia Journal
Publisher : Pandawan Incorporation, Alphabet Incubator Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (826.503 KB) | DOI: 10.33050/tmj.v1i1.14

Abstract

Pada Perguruan Tinggi Sistem Pembelajaran masih dibilang sangat konservatif. Hal seperti ini dapat di lihat dengan cara pembelajaran yang mahasiswa jalani saat ini ketika mereka membuat sebuah laporan, dan mahasiswa masih memberikan sebuah laporan yang berupa printout kepada Dosen. kemudian Dosen melakukan pengecekan pada lembar laporan yang sudah di printout. Bila ada kesalahan didalam pembuatan laporan maka mahasiswa harus memperbaikinya dan harus printout ulang dan diserahkan kembali kepada dosen yang berhubungan untuk di koreksi ulang. Hal seperti ini sangat tidak efektif dikarenakan harus mengeluarkan kertas yang sangat banyak dan mengakibatkan printout yang secara berulang sebelum dan sudah diperbaiki. Proses pembuatan laporan tersebut seperti halnya yang sedang berjalan di Perguruan Tinggi Raharja. untuk dapat memudahkan mahasiswa ataupun Dosen adalah dapat menggunakan RinfoSheets sebagai sarana untuk membantu proses pembuatan laporan. RinfoSheet adalah salah satu fasilitas yang ada di RinfoDrive dan sudah ada atau disediakan didalam Email Rinfo. Fasilitas yg disediakan oleh gmail digunakan sebagai identitas Perguruan Tinggi Raharja dengan akun @raharja.info yang disebut dengan Rinfo dan fasilitas yang Gmail sediakan yaitu GoogleDrive dinamakan Rinfo drive k arena diterapkan di Perguruan Tinggi Raharja sebagai identitasnya yang selanjutnya akan identik dengan nama Rinfo. Dengan adanya RinfoSheets proses pembuatan laporan dalam proses pembelajaran sangat mudah bisa dilakukan secara online atau terkoneksi jaringan dan bisa digunakan dimanapun dan kapanpun selama masih terkoneksi dengan jaringan. Dengan menggunakan RinfoSheets diharapkan bisa memudahkan mahasiswa dalam proses pembuatan laporan dan laporan grafik dalam proses pembelajaran Pada Perguruan Tinggi. Kata kunci : RinfoSheet, Laporan, Pembelajaran On Perguruan Tinggi Raharja Learning System is still arguably very conservative. Things like this can be seen by way of learning that students re-enact the moment when they make a report, and students still give a report in the form of a printout to the Lecturer. then the Professor do some checking on the report sheet printouts. If there is a mistake in the making of the report then students must fix it and should be repeated and handed printouts back to the lecturer who relate to corrections. Something lik e this is not very effective because of having to issue a paper very much and the resulting printout that repeatedly before and been repaired. The process of mak ing such reports as well as progress in College Raharja. to be able to facilitate students or Professors are able to use RinfoSheets as a means to help the process of creating a report. RinfoSheet is one of the facilities in RinfoDrive and already exists or is provided in the Email Rinfo. Yg facilities provided by gmail is u sed as the identity of the College Raharja with @raharja. account info is called with Rinfo and Gmail provide that is GoogleDrive named Rinfodrive because it applied in College Raharja as credentials that will be identical to the name Rinfo. With the RinfoSheets report creation process in the learning process so easy can be done online or connected to the network and can be used wherever and whenever as long as it is still connected to the network. Using RinfoSheets is expected to be able to facilitate students in the process of creating reports and charts in the report learning In Perguruan Tinggi Raharja. Keywords : RinfoSheet, Reports, Learning
PENERAPAN GO+ BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN LEMBAGA KEUANGAN MAHASISIWA Khanna Tiara; Tuti Nurhaeni; Yeti Faradisa
Technomedia Journal Vol 1 No 2 Februari (2017): Technomedia Journal
Publisher : Pandawan Incorporation, Alphabet Incubator Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (904.956 KB) | DOI: 10.33050/tmj.v1i2.15

Abstract

Informasi yang cepat dan akurat sangat diperlukan dalam zaman yang pesat ini. Guna menunjang keperluan masyarakat yang selalu membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. Informasi dalam lembaga pendidikan pun sama pentingnya untuk memberikan fasilitas yang memadai. Salah satu informasi yang dibutuhkan dalam pendidikan adalah informasi tagihan rincian biaya perkuliahan. Dalam penelitian sebelumnya informasi rincian biaya kuliah hanya bisa dilihat di lokal dan hanya bisa menggunakan Box Sis. Untuk meningkatkan kebutuhan mahasiswa maka di buatlah sistem yang menampilkan informasi rincian biaya kuliah yang bisa di akses di mana pun dan kapanpun. Penelitian ini menggunakan metode mind mapping dan analisa SWOT. Green Orchestra Plus (GO+) adalah sistem informasi tagihan pembayaran perkuliahan yang bisa diakses secara online melalui gadget masing-masing. Dengan GO+ setiap mahasiswa mudah mengetahui informasi tagihan yang harus dibayarkan dan jika tidak ada tagihan sistem tersebut pun akan menampilkan bahwa mahasiswa tersebut tidak ada tagihan atau sudah lunas. Adanya GO+ yang mudah diakses online maka kemudahan dan mutu pelayanan mahasiswa bisa terwujud. Pada saat mahasiswa ingin mengetahui tagihan yang harus dibayarkan, mahasiswa tidak perlu mengantri di box sis atau bertanya langsung pada kasir. Sehingga mahasiswa tidak perlu mengantri di Box Sis dan mahasiswa tidak perlu pergi ke kampus jika sedang tidak berada di kampus. Penyediaan sistem GO+ diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi setiap mahasiswa Perguruan Tinggi Raharja dalam mencari informasi tagihan pembayaran perkuliahan. Kata kunci : Tagihan Pembayaran, Green Orchestra Plus, online Fast and accurate information is needed in an age of rapid. To support the needs of the community which is always in need of quick and accurate information. Information in any institution are equally important to provide adequate facilities. One of the information needed in education is the billing information details on fees and associated costs. In previous research information tuition details can only be seen on the premises and can only use Box Sis. The student then needs to improve on the make system that displays information details tuition can be accessed wherever and whenever. This research method using mind mapping and SWOT analysis. Green Orchestra Plus (GO +) is a system of payment and associated billing information which can be accessed online through gadget respectively. With GO + every student easily know the information the invoice which must be paid and if no Bill of any of the system will show the students that there are no bills or have already paid off. The existence of GO + then the ease and quality of student services can be realized. At a time when students want to find out the Bills to be paid, students do not need to queue up at the box sis or ask directly at the cashier. So that students do not need to queue up at the Box and the students don't have to go to campus if you're not on campus. Provision of the system GO + are expected to provide ease for every College student Raharja in search of information bill payments and associated costs. Keywords: bill payments, Green Orchestra Plus, online
OPTIMALISASI VIEWBOARD RHJFOX BERBASIS BOOTSTRAP SEBAGAI SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN Untung Rahardja; Khanna Tiara; Maya Ima Erviani
Technomedia Journal Vol 1 No 1 Agustus (2016): Technomedia Journal
Publisher : Pandawan Incorporation, Alphabet Incubator Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1003.116 KB) | DOI: 10.33050/tmj.v1i1.16

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan di dunia telekomunikasi yang ditandai dengan era digital, khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Raharja Fox atau biasa juga disebut dengan RhjFox, merupakan sebuah forum online resmi yang dibuat untuk Perguruan Tinggi Raharja sebagai tempat untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dalam hal hobi, pendapat, atau aktifitas lainnya. RhjFox juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan Pribadi Raharja, untuk mengembangkan kreatifitas pada Pribadi Raharja, untuk menyediakan informasi mengenai Perguruan Tinggi Raharja, serta untuk menjadi tempat diskusi dan bertukar pendapat atau pikiran. Keistimewaan RhjFox adalah dapat menyajikan informasi yang berhubungan dengan Perguruan Tinggi Raharja maupun informasi dari pengetahuan luar Perguruan Tinggi Raharja. viewboard RhjFox adalah sebuah Tampilan yang menggambarkan aktifitas didalam RhjFox yang datanya bersumber dari database RhjFox untuk para member RhjFox seperti Pribadi Raharja, Staff, dan Dosen. Dengan adanya viewboard RhjFox dapat bertujuan untuk menginformasikan mengenai data-data yang ada di database RhjFox sehingga menjadi sebuah penunjang keputusan yang nantinya akan menampilkan informasi akurat dan terkini yang berkaitan dengan perihal RhjFox. Database merupakan persyaratan dalam membuat sebuah Sistem Penunjang Keputusan berbasis komputer. Sistem penunjang keputusan ini membantu dan memberikan alternatif untuk pihak manajerial, dan kepada khalayak ramai umumnya. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambil keputusan yang terkait dengan masalah mengolah data yang terdapat pada RhjFox menjadi sebuah viewboard. Kata kunci : RhjFox, Viewboard, Penunjang Keputusan Along with the rapid development of telecommunications in the world characterized by the digital age, particularly in the field of information and communication technology. Raharja Fox or also known as RhjFox, is an official online forum created for Raharja College as a place to discuss and exchange ideas in terms of hobbies, opinions, or other activities. RhjFox also aims to enhance personal knowledge and insight Raharja, to develop creativity in Personal Raharja, to provide information about College Raharja, as well as to be a place of discussion and exchange opinions or thoughts. RhjFox privilege is able to present information related to College Raharja nor information from knowledge outside College Raharja. viewboard RhjFox is a Display which describes activities in RhjFox whose data is sourced from the database RhjFox to the member RhjFox as Personal Raharja, Staff, and professors. With the viewboard RhjFox can aim to inform about the existing data in the database of RhjFox so that it becomes an ancillary decision that later will display current and accurate information relating to the subject RhjFox. The database is a requirement in mak ing a computer-based Decision Support Systems. This decision support system to assist and provide an alternative to the managerial, and party to the general audience. It is useful to mak e it easier for decision makers associated with processing the data contained on a RhjFox into a viewboard. Keywords: RhjFox, Viewboard, Decision Support
Penerapan Inbound Official Site Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Rank Webometrics Untung Rahardja; Qurotul Aini; Lily Ratna Sulastrini
Technomedia Journal Vol 1 No 2 Februari (2017): Technomedia Journal
Publisher : Pandawan Incorporation, Alphabet Incubator Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (996.209 KB) | DOI: 10.33050/tmj.v1i2.19

Abstract

Sebuah Perguruan Tinggi atau instansi pendidikan tentunya memiliki sebuah official website adalah hal yang wajib. Karena dengan adanya official website dapat membantu mempromosikan suatu perguruan tinggi ke khalayak yang lebih luas lagi. Perguruan Tinggi Raharja memiliki berbagai official website, mulai dari website milik Perguruan Tinggi Raharja sendiri dan ada juga website milik setiap jurusan yang ada di Perguruan Tinggi Raharja, contohnya adalah official site milik jrursan Sistem Informasi dengan url si.raharja.ac.id, namun dalam penelitian ini permasalahan yang dihadapi adalah perihal inbound untuk website Sistem Informasi, karena dengan adanya banyak inbound tentunya akan membuat official site Sistem Informasi lebih dikenal lagi khususnya bagi para Pribadi Raharja jurusan Sistem Informasi sebagai wadah untuk mendapatkan informasi yang akurat. Terdapat 10 (sepuluh) study pustaka untuk menunjang perkembangan website Sistem Informasi ini. Tahap implementasi yang dilakukan adalah dengan memasang inbound Sistem Informasi di berbagai website lain. Hasil akhir penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan Webometrics untuk memantau rank pada websiteraharja.ac.id. Diharapkan dengan banyaknya inbound mampu meningkatkan rank webometrics pada website raharja.ac.id. Kata Kunci: Webometrics, Sistem Informasi, Inbound A college or education institutions surely has an official website adahal mandatory. Due to the existence of official website can help promote a Community College to the wider audience again. Raharja has various College official website, ranging from websites belonging to Raharja College itself and there is also a website belonging to any existing majors in College Raharja, an example is the website belonging to the information system with the url si.raharja.ac.id. In this study the problems encountered was the subject of inbound for website information systems, due to the presence of many inbound surely will make the website better known more information system especially for the Personal information systems majors Raharja as containers to get accurate information. There are 10 (ten) study to support the development of the library information system website. Stage of implementation is done by installing the inbound information systems across various other websites. The end result of this research done by Webometrics uses to monitor the rank on the website raharja.ac.id. Expected number of inbound able to improve rank webometrics website at raharja.ac.id. Keywords: Webometrics, Information System, Inbound
Penerapan Mata Uang Armo (AirzonE-Mall Money) Pada Marketplace AirzonE-Mall Sebagai Inovasi Pembelajaran Internet dan E-commerce Qurotul Aini; Untung Rahardja; Dita Lintang Nurani
Technomedia Journal Vol 1 No 1 Agustus (2016): Technomedia Journal
Publisher : Pandawan Incorporation, Alphabet Incubator Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (861.923 KB) | DOI: 10.33050/tmj.v1i1.20

Abstract

Penelitian yang bersubjek pada inovasi pembelajaran internet dan e-commerce dengan sebuah sistem marketplace online AirzonE-Mall yang dibangun menggunakan CMS (Content Managemen System). Dalam penelitian ini penulis mendapati 3 (tiga) masalah yang dihadapi pada proses pembelajaran. Sehingga didapati pemecahan masalah melalui inovasi pembelajaran yang muncul dari aktifitas di AirzonE-Mall yaitu mata uang khusus bagi user yang disebut dengan Armo (AirzonE-Mall Money). Armo merupakan mata uang virtual yang didapatkan dari aktifitas user pada komunitas online ZPreneur yang menaungi AirzonE-Mall sebagai media pembelajaran e-commerce. Proses pembelajaran yang sebelumnya berjalan dengan 3 (tiga) alur monoton dapat dibuat menjadi alur yang menarik. Dilakukan 11 (sebelas) literature review sebagai acuan penulis dalam mengembangkan sistem AirzonE-Mall. Selanjutnya diterapkan 15 (lima belas) strategi untuk menunjang pengembangan sistem AirzonE-Mall. Implementasi yang dilakukan penulis yaitu melalui aktifitas yang dilakukan mahasiswa pada ZPreneur yang diatur sedemikian rupa dengan menerapkan sistem gamifikasi. Diharapkan dengan inovasi pembelajaran ini menjadi hal menarik bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran internet dan e-commerce. Kata kunci: AirzonE-Mall, Armo, Inovasi Pembelajaran Be subject research on learning innovation internet and e-commerce with an online marketplace system AirzonE-Mall which was built using a CMS (Content Management System). In this study the authors found three (3) problems encountered in the learning process. Thus found solving through learning innovations arising from activities in AirzonE-Mall is a special currency for the user who called the ARMO (AirzonE-Mall Money). ARMO is the virtual currency earned from user activity onan online community ZPreneur that houses AirzonE-Mall as a learning medium of e-commerce. The learning process previously run with 3 (three) monotonous groove can be made into an attractive flow. Do 11 (eleven) literature review as a reference the author in developing the system AirzonE-Mall. Furthermore applied 15 (fifteen) strategy to support the development of systems AirzonE-Mall. Implementation by the author is through activities done by the students on ZPreneur arranged in such a way by applying gamification system. Learning innovation is expected to be a matter of interest to the student in the learning process of the Internet and e-commerce. Keywords: AirzonE-Mall, Armo, Learning Innovation.
PEMANFAATAN RINFO FORM SEBAGAI MEDIA PEMBUATAN KUESIONER DALAM PROSES PENGUMPULAN DATA PADA PERGURUAN TINGGI Erlita Rasdiana; Fadil Nur Muhamad; Ridwan Kurniaji
Technomedia Journal Vol 1 No 1 Agustus (2016): Technomedia Journal
Publisher : Pandawan Incorporation, Alphabet Incubator Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.641 KB) | DOI: 10.33050/tmj.v1i1.21

Abstract

Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner jika dilakukan dengan cara yang konvensional akan memerlukan banyak kertas dan memerlukan biaya lebih untuk memperoleh data. Saat ini mayoritas pengguna gadget pasti memiliki email, dikarenakan email adalah salah satu media yang paling aman dan sangat mudah untuk saling bertukar file data maupun hal yang lain, dan semestinya pula k ita harus memaksimalkan penggunaan fasilitas yang sudah ada tersebut yak ni salah satunya adalah GOOGLE DOC. Google doc. adalah salah satu fasilitas dari gmail.com. Kali ini penulis akan memperkenalkan salah satu fasilitas dari google doc tersebut yaitu Google Form, google form ini memilik i banyak fungsi di antaranya untuk membuat formulir pendaftaran, kemudian untuk membuat daftar ceklis, membuat daftar daftar lain yang caranya dengan meminta seseorang untuk mengisi daftar pertanyaan yang telah di buat sesusai keperluan. Form yang telah dibuat nantinya ak an di share, sehingga akan ada beberapa orang yang bersangkutan setuju dan dapat mengisi beberapa pertanyaan yang kita buat pada google form tersebut, selain dengan cara di share formulir ini juga dapat langsung dikirimkan via email, ketika sudah ada orang yang mengisi form yang telah dibuat mak a data harus tersebut dikirim kembali sehingga akan menghasilkan data jawaban dari pertanyaan yang telah yang diajukan, sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk kegiatan yang diselenggarakan. formulir lewat internet ini adalah aspek yang sangat membantu sekali untuk mempermudah pengumpulan data. Google Form telah di gunakan oleh Tim OJRS+ dalam pengumpulan data tingkat kepuasan mahasiswa dalam penggunaan sistem informasi OJRS+ Diharapkan penggunaan Google Form ini dapat memudahkan dalam pengumpulan data terutama dari segi keakuratan data serta mengurangi penggunaan kertas pada perguruan tinggi. Kata kunci : Google form, kuesioner, perguruan tinggi Collecting data using questionnaires if done in a conventional manner will require a lot of paper and cost more to acquire the data. Currently the majority of users of the gadget definitely has email, in karnakan email is one of the media's most secure and very easy to exchange data files or anything else, and should also we have to maximize the use of existing facilities such that one of them is GOOGLE DOC , Google doc. is one of the perks of gmail.com. This time the author will introduce a facility of google doc that is Google Form, google this form has many functions in between to mak e the registration form, and then to make a list of the check list, mak e a list of other lists that way by asking someone to fill out a questionnaire which has been made sesusai purposes. Forms that have been made will be shared, so there will be some people concerned agree and can fill some of the questions that we create on google the form, other than by way shared this form can also be sent directly via email, when already there are people who fill form that has been made then the data must be sent back so that it will generate data answers to questions that have been raised, so that it can be used as a reference for the activities organized. form over the internet this is an aspect that is very helpful to facilitate the collection of data. Google Form has been in use by Team OJRS + in the data collection level of student satisfaction in the use of information systems OJRS + It is hoped that the use of this Google Form can facilitate the collection of data, especially in terms of data accuracy and reduce the use of paper incollege. Keywords: Google form, questionnaire, college

Page 1 of 20 | Total Record : 200