cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
ISSN : 26213087     EISSN : 26215721     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang mencakup penelitian eksperimen, penelitian tindakan, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan (model, media, dan evaluasi pembelajaran) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta membangun inovasi bidang pendidikan. Secara umum, artikel yang dipublikasi oleh Ciencias Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan adalah karya tulis ilmiah yang memberi kontribusi bagi pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2022): Juli" : 3 Documents clear
Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembelajaran Guna Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas IV SD Inpres Kerora Ririn Asma Wati; Heru Purnomo
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 5 No 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa melalui peran guru bimbingan konseling kelas IV SD Inpres Kerora tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Metode ini bertujuan untuk mencari, menganalisis mengorganisasikan, dan memilih data. Metode kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran bimbingan konseling dalam pembelajaran sangat dibutuhkan siswa untuk memotivasi dalam hal belajar. Penelitian ini bermaksud untuk membantu melihat gejala fenomenal-fenomenal riil di lapangan seperti fenomena siswa korban bullying, fenomena siswa yang korban broken home, dan lain-lain. Hasil dari penelitian yang diperoleh, peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Inpres Kerora terdapat peran guru bimbingan konseling yaitu guru bk berperan sebagai pembimbing agar berjalannya proses Pendidikan dengan baik, guru bk berkolaborasi dengan guru mata pelajaran dan memantau absen peserta didik setiap kelasnya. Dengan berbagai macam peran guru bk, mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk lebih semangat dalam belajar.
Pengaruh Pergaulan Terhadap Pemilihan Karir Siswa SMA Negeri 1 Amarasi Ferdinan Leonadus Lopo; Wilhelmina Olok; Yulinda Taebenu; Gregorius Gordianus Jado
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 5 No 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pergaulan terhadap pemilihan karir siswa Kelas X SMA Negeri 1 Amarasi. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 1 Amarasi, Kabupaten Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur”. Dengan jumlah populasi sebanyak 137 siswa. Pengambilan sampel ini berdasarkan pendapat dari Arikunto (1993: 107) bahwa populasi lebih dari 100, sampel yang diambil sebaiknya minimal 10% dari populasi yang ada. Jadi sampel dalam penelitian ini 30 siswa, (22% x 137 = 30.14Close Panel, dengan demikian dibulatkan menjadi 30). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian adalah pergaulan pengaruh terhadap pemilihan karir siswa kelas X SMA Negeri 1 Amarasi. Karena berdasarkan hasil penelitian, F tabel 0.05 = 3.316 < F hitung 0.05 = 15189,072, maka hipotesis Ha ada pengaruh yang signifikan antara pergaulan dengan pemilihan karir siswa. Dengan adanya pengaruh pergaulan terhadap pemilihan karir siswa. Berdasarkan perhitungan statistik F hitung > F tabel. Hal ini berarti membuktikan bahwa dengan pergaulan dapat berdampak pada pemilihan karir siswa.
Perlawanan Hegemoni Kekuasaan dalam Puisi Diponegoro, Aku Tulis Pamflet Ini, Kita Pemilik Sah Republik Ini, Perlawanan, Teratai Ricard Oematan; John Darwis Fallo; Rudolf J. Isu
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 5 No 2 (2022): Juli
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is about the resistance to the hegemony of power in poetry. The problem that is realized is how to fight the hegemony of power in the five Indonesian poems. Based on the research problem formulated, the research objective is to interpret the resistance to the hegemony of power in the five Indonesian poets. The method used is an interpretive qualitative research method, using a hegemonic approach as its approach. In the research on the resistance to the hegemony of power in poetry, “Diponegoro” by: Chairil Anwar, “Aku Tulis Pamflet Ini” by: W. S. Rendra, “Kita Pemilik Sah Republik Ini” by: Taufiq Imail, “Perlawanan” by: Mansur Samin, dan “Teratai” by: Sanoesi Pane as the five Indonesian poems used as data in the study.

Page 1 of 1 | Total Record : 3