cover
Contact Name
Arif Mustofa
Contact Email
disprotek@unisnu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
disprotek@unisnu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal DISPROTEK
ISSN : 25484168     EISSN : 25484168     DOI : -
Jurnal DISPROTEK e-ISSN 2548-4168 p-ISSN 2088-6500 Jurnal di publikasikan oleh Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Cakupan isi jurnal DISPROTEK dalam bidang teknik adalah : teknik elektro, teknik sipil, teknik industri; dalam bidang ilmu komputer adalah : teknik informatika dan sistem informasi serta dalam bidang perikanan adalah : budidaya perairan.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2021)" : 7 Documents clear
ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 1990 (Studi Kasus Jl. Jepara–Mlonggo, KM 3+000 s/d KM 5+000) Ariyanto Ariyanto; Decky Rochmanto; Maharani Nilamsari
Jurnal DISPROTEK Vol 12, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdpt.v12i1.1765

Abstract

Ruas jalan Jepara-Mlonggo dikategorikan sebagai jalan kolektor dengan lalu lintas tinggi, dimana jalan ini sering dilalui oleh beberapa kendaraan besar seperti peti kemas, truk pengangkut metrial, truk pengangkut batu sungai, truk semen, dan lain-lain yang mengakibatkan penurunan kualitas pada jalan. Dengan permasalahan diatas maka perlu dilakukan analisis kondisi kerusakan jalan untuk memantau seberapa besar tingkat kerusakan jalan yang terjadi pada ruas jalan Jepara-Mlonggo KM 3 + 000 sampai dengan KM 5 + 000. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Menentukan atau menentukan jenis dan tingkat kerusakan jalan dengan menggunakan metode Bina Marga 1990, 2. Mengetahui nilai persentase setiap jenis kerusakan jalan, 3. Mengetahui nilai urutan prioritas jalan sebagai acuan penanganan yang sesuai dengan Bina Metode Marga, 4 Mengetahui penyebab kerusakan jalan secara umum. Populasi penelitian pada ruas jalan Jepara-Mlonggo berjarak 2 Km dengan jumlah keseluruhan 20 ruas dengan jarak antar ruas 100 m. Pengumpulan data menggunakan survei visual dan survei LHR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kerusakan yang terdapat pada ruas jalan Jepara-Mlonggo adalah Nilai Persentase masing-masing jenis kerusakan pada ruas jalan Jepara-Mlonggo yaitu retakan longitudinal (9,52%), celah (4,95%), bercak (0,09%). ), retak. kulit buaya (4,56%), lubang (2,77%), robek (3,03%), retakan tepi (0,95%), obesitas (0,18%), retakan blok (0,00%), mengembang (0,14%). Pada saat dilakukan penelitian, kondisi jalan pada ruas jalan Jepara-Mlonggo KM 3 + 000 sampai dengan KM 5 + 000 memiliki nilai kondisi 7,75. Kemudian rata-rata volume lalu lintas harian pada ruas jalan Jepara-Mlonggo adalah 10.917 kendaraan / jam dengan nilai SMP 5.878,6 SMP / jam. Hasil perhitungan urutan prioritas mendapatkan nilai 3,25, sehingga sesuai dengan nilai prioritas pada metode Bina Marga 1990, ruas jalan tersebut masuk dalam program perbaikan jalan.
ANALISIS PRODUKTIFITAS PENYABLONAN KAOS MENGGUNAKAN METODE MARVIN E.MUNDEL Frido Farandi Pradana; Andung Jati Nugroho
Jurnal DISPROTEK Vol 12, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdpt.v12i1.1254

Abstract

Competition among companies engaged in convection is measured by the level of productivity of the company, therefore each company is required to improve its performance more effectively and efficiently so as to achieve the goals expected by the company. This research was conducted in creamber Cloth Convection printing and sewing shirts aimed at measuring the productivity value by establishing January 2019 as a base period with the Marvin E Mundel method with 6 indicators namely: deflactor, constant price, RIP, Aggregate Output, Partial productivity index and Productivity Index Total. Based on the results of productivity measurements during the measurement period by setting the acquisition value obtained from the measurement results, the highest material productivity index was reached in May with a value of 108.68% and the lowest in June with a value of 94.56%, while the labor productivity index the highest employment was in May 2019 with a value of 121.47% and the lowest in June was 87.76%, the highest energy productivity index in May was 121.63% and the lowest in June 2019 was 87.87%, the Index the highest depreciation productivity in May was 121.76% and the lowest in June with a value of 87.96%, the total productivity index which increased from the base month in May was 110.99%, while the total productivity index experienced a decrease compared to the base month in June with a value of 93.13%.
ANALISA PERBANDINGAN MULTI KINCIR ANGIN TIPE HORIZONTAL SKALA MENENGAH (STUDI KASUS PULAU KARIMUNJAWA JEPARA) Safrizal Safrizal; Zaenal Arifin; Doni Doni
Jurnal DISPROTEK Vol 12, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdpt.v12i1.1885

Abstract

Pulau karimunjawa yang terletak sebelah utara laut jawa memiliki kecepatan angin laut yang dapat dimanfaatkan untuk memutarkan kincir angin untuk menghasil energy listrik alternatif. Studi dan analisa potensi angin diawali dengan pengumpulan dan pengolahan data potensi kecepatan angin diperoleh dari Indonesia Wind Prostecting dengan Latitude -5.782 dan Longtitude 110.469 pada lokasi di pulau Karimunjawa dengan minimum potensi kecepatan angin 0 m/s, maximum potensi kecepatan angin 12 m/s dan rata-rata kecepatan angin 5,7 m/s. Parameter yang mempengaruhi nilai Capacity Factor antara lain power output yang dihasilkan Turbin Angin sesuai spesifikasi dan pada ketinggian 50 meter. Adapun Turbin Angin yang digunakan dalam penelitian ini adalah Turbin Angin skala menengah dengan enam model Turbin angin yaitu Nordtank NTK 150kW, Nordex N27/150kW, Nordex N27/250kW, b.ventus 250kW, Enercon E30- 300kW dan Enercon E33/ 300kW. Berdasarkan analisis yang dilakukan di pulau Karimunjawa dengan membandingkan model turbin angin diatas maka didapatkan hasil bahwa model turbin angin b.ventuz dengan kapasitas daya 250 kW yang tepat untuk digunakan pada lokasi tersebut dengan rata-rata energi total yang dihasilkan adalah sebesar 798.782 KWh dan nilai Capacity Factor rata-rata 37% dari data yang diambil selama 12 tahun dari tahun 2004 – tahun 2015.
APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK SISTEM ADMINISTRASI PEMBAYARAN PADA SMP NU ASSALAM DI NALUMSARI JEPARA Esti Wijayanti
Jurnal DISPROTEK Vol 12, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdpt.v12i1.1441

Abstract

Di era serba internet seperti sekarang ini, perkembangan yang begitu cepat, kebutuhan akan suatu sistem informasi sangatlah penting. saat ini banyak instansi sangat membutuhkan sistem yang dapat membantu user untuk memudahkan pekerjaan user yang saat ini SMP NU ASSALAM mengalami masalah dengan pendataan yang manual pada penelitian ini akan memberikan solusi yang terkomputerisasi. Oleh karena itu Sistem Informasi Data Keuangan di SMP Nu Assalam berbasis web sangat dibutuhkan, guna memberi kemudahan dalam proses pengolahan data sehingga meminimalkan kesalahan pada proses perhitungan serta memudahkan dalam proses pencarian data dan pembuatan laporan data keuangan dengan cepat. Dengan pemodelan Entity Relationship Diagram dan bahasa pemrograman php serta database mysql, merupakan pendekatan penelitian diharapkan dapat membuat system sesuai dengan kebutuhan SMP NU ASSALAM dan tentang menggunakan informasi, pengembangan sistem informasi berbasis website mampu memberi informasi dihasilkan.
RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS IOT DENGAN MENGGUNAKAN MODUL NODEMCU DAN APLIKASI ANDROID BLYNK Rastra Anggy Aristyo
Jurnal DISPROTEK Vol 12, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdpt.v12i1.1700

Abstract

Kemajuan teknologi yang terus berkembang hingga saat ini membuat setiap orang maupun pengusaha berusaha untuk mengembangkan produk berbasis Internet of Things. Semua produk yang diciptakan dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lain melalui jaringan internet. Contohnya pada sistem keamanan kendaraan bermotor saat ini, sistem keamanannya masih dilakukan secara manual seperti penggunaan kunci stang dan rantai atau gembok roda. Tujuan pembuatan sistem keamanan berbasis IoT ini adalah untuk mengontrol sistem keamanan secara otomatis. Sistem keamanan berbasis IoT ini menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menjalankan sistemnya. Perangkat keras yang digunakan adalah NodeMCU, Relay, modul GPS dan sensor Getar (SW-420). Untuk perangkat lunak yang digunakan hanya sketch arduino dan aplikasi Blynk. Berdasarkan pengujian yang sudah dilakukan terdapat beberapa data yang dihasilkan. Data pertama adalah berupa kondisi kendraan bermotor yang bergerak dikarenakan ada sentuhan orang lain. Data kedua adalah proses tindaklanjut dari data pertama untuk memutus sistem kelistrikan kendaraan tersebut. Dan data yang ketiga adalah pelacakan lokasi kendaraan tersebut berupa titik kordinat yang bisa dilihat oleh aplikasi Maps. Kata kunci: IoT, sistem keamanan, aplikasi Blynk.
Rancangan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Berdasarkan Metode SWIFT (studi kasus: Perusahaan Bulu Mata) Andung Jati Nugroho
Jurnal DISPROTEK Vol 12, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdpt.v12i1.2007

Abstract

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan salah satu hal penting yang harus dipenuhi yang merupakan hak setiap tenaga kerja untuk mendapatkan keselamatan dan kesehatan saat di tempat kerja. Kurangnya fasilitas lapangan baik sarana maupun prasarana yang memadai memungkinkan dapat menimbulkan resiko bagi pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab masalah K3 di bagian baking atau oven perusahaan bulu mata, dan memberikan saran perbaikan atas masalah yang dihadapi. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi terjadinya potensi bahaya secara sistematis adalah menggunakan metode SWIFT (The Structured What If Analysis). Metode ini dapat digunakan untuk mendesain rancangan sistem keselamatan kerja di stasiun kerja. Bahaya yang sudah teridentifikasi diberikan usulan rekomendasi untuk meminimisasi bahaya yang tejadi. Penentuan rekomendasi dibuat berdasarkan tingkat risiko prioritas utama. Berdasar penelitian analisis resiko pekerjaan menggunakan SWIFT pada bagian baking, dapat disimpulkan bahwa kasus kecelakaan kerja dibagi menjadi 3 jenis yaitu ringan, sedang dan berat. Di dalam penanganan alat baking atau oven terdapat 5 sumber bahaya dengan 5 resiko pada proses baking atau oven, yaitu 1) Uap yang dihasilkan proses oven, 2) Operator menghirup uap panas oven, 3) Operator terpapar uap panas dari oven, 4) Kesalahan tidak memakai APD lengkap, 5) Material bahan baku panas yang diolah terkena operator.
PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PENJUALAN TAS TOKO VANIASHOP BERBASIS WEB heru saputro
Jurnal DISPROTEK Vol 12, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jdpt.v12i1.1920

Abstract

Kudus Regency is known as kretek city which is one of the regencies in Central Java province. Apart from being a city of clove, there are also religious tourism to culinary tourism as well as creative industries making bags that are sold in stores. Micro, small and medium enterprises (MSMEs) in Kudus have sprung up because of the potential that can bring benefits. Various kinds of information and technology are growing rapidly, especially for business activities, industry and others. Therefore, online marketing and direct communication are needed. Online marketing is used to support consumers and sellers in the process of buying and selling transactions, promotions, customer loyalty, and communication so that it can be established in realtime and not limited by time and distance, by utilizing an internet connection. With online marketing, customers do not have to come to the store and make payments on the spot, so it requires a process that requires a lot of time. The research objective is to build an online marketing system with Customer Relationship Management. The model used for the development of online marketing is a waterfall model whose scope starts from analysis to maintenance. So with online marketing with Customer Relationship Management, consumers are expected to easily use it.

Page 1 of 1 | Total Record : 7