cover
Contact Name
Mihram
Contact Email
admin@ddipolman.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
q2.alyuzra@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. polewali mandar,
Sulawesi barat
INDONESIA
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
ISSN : 25492411     EISSN : 25485520     DOI : -
Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from scholars and experts of related disciplines
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2020): JPPI Volume 4 Nomor 1 Juni 2020" : 5 Documents clear
ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT SULAWESI BARAT Burhanuddin Burhanuddin
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 4 No 1 (2020): JPPI Volume 4 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jpi.v4i1.57

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kemudian menguraikan nilai-nilai pendidikan karakter yang termuat dalam cerita-cerita rakyat di Sulawesi Barat. Peneliatian ini bertolak pada paradigma penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi awal untuk mencari informasi tentang keberadaan cerita serta informan valid. Setelah data terkumpul dilapangan, melalui studi studi pustaka dilakukan analisis teks nilai pendidikan karakter yang termuat di dalam cerita rakyat. Informan yang digunakan terbagi atas dua yaitu informan kunci sebagai sarana mendapatkan sumber data primer, dan informan madya sebagai sarana sumber imformasi pendukung. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengidentifikasi wujud nilai nilai pendidikan karakter yang termuat dalam cerita rakyat Sulawesi Barat. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan atau pedomen dalam rangka pengembangan kurikulum dan materi pelajaran bahasa dan sastra di sekolah yang mengintegrasikan nilai nilai pendidikan karakter berwawasan lokalitas.
sofyan Pelaksanaan Pendidikan Karakter siswa di SMA Negeri 2 Halmahera Barat Sofyan Umar
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 4 No 1 (2020): JPPI Volume 4 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jpi.v4i1.59

Abstract

This research discuss about education character implementation of the student in SMA 2 Halmahera Barat. This aims to improve effectivity character construction through cultural school, spiritual activities and pramuka.The main problem is how the process of student character construction in SMA 2 Halmahera Barat running and is the system of student character construction through cultural school, spiritual activities and pramuka effective on using in the school. This research is a field research which aims to explaining the problems and get informations, datas in the research area. Analyzing the problems and the goals this research is using quantitative method more to descriptive. This research also doing collecting data through observation, structural interview and documentation. The result of the research shows that student character implementation in SMA 2 Halmahera Barat are through cultural school such as system order, practice of greeting, talking and smiling. The spiritual construction for the moslem through listening speech every monday morning, doing routine meeting in every week and month. For the Cristian, doing open usbu every monday morning and close usbu every friday, also doing teenager praying and household praying in the church or in the home. There is also character construction through pramuka which one of them is camping
STRATEGI OPTIMALISASI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 10 BULUKUMBA KAMUS MUSTAMIN
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 4 No 1 (2020): JPPI Volume 4 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jpi.v4i1.60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi optimalisasi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 10 Bulukumba. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif deskriftif dengan pendekatan Teologis Normatif, Psycopedagogis, dan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Strategi optimalisasi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 10 Bulukumba adalah dengan mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen kurikulum, mulai dari perencanaan kurikulum dengan model Desain Kurikulum Humanistik, organisasi kurikulum dengan model integrated curriculum , implementasi kurikulum model kurikulum The Corcerns-Based Adaption Model (CBAM), hingga evaluasi kurikulum model Illumination. Implikasi dari penelitian ini adalah Strategi optimalisasi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam perlu mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen kurikulum dengan memilih model perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pengimplementasian kurikulum, dan evaluasi kurikulum yang tepat.
The Role of Islamic Education Teacher in improving the learning Passion of Students at SMPN 13 Palu Aan setiawan Aan setiawan
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 4 No 1 (2020): JPPI Volume 4 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jpi.v4i1.63

Abstract

This research discusses about the role of Islamic education teachers to develop students learning passion in SMPN 13 Palu. The main problem is how the role of Islamic education teachers in developing passions of the learners in SMPN 13 Palu. Referring to the problem statement of this research, there are 3 research questions; 1) what is the learning approach?, 2) what is the learning method?, and 3) what are the learning strategies used by teachers in SMPN 13 Palu? This research is qualitative research and the subject of this research is Islamic education teacher of SMPN13 Palu. The collection of data consists of three techniques. They are observation, interview, and documentation. The Data analysis is executed by interpreting the whole data and reducing it.
Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap Peserta Didik SMP Negeri 6 Kota Parepare Mujahidin Mujahidin
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 4 No 1 (2020): JPPI Volume 4 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jpi.v4i1.76

Abstract

Kegiatan proses belajar mengajar pelajaran akan berjalan lancar apabila disertai minat dan motivasi peserta didik, sebab motivasi mempengaruhi tingkat keberhasilan atau kegagalan belajar bagi peserta didik. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam terhadap peserta didik SMP Negeri 6 kota Parepare dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan berusaha menangkap dan memahami fenomena yang ada. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru mata pelajaran pendidikan agama Islam pada SMPN 6 Parepare dalam memotivasi belajar peserta didik adalah dengan pemberian Insentif ataupun penguatan, berupa: Memberi Pujian, Hadiah, Memberi angka, Memberi hukuman. Dalam hal persaingan, Menggunakan berbagai metode pengajaran dalam pembelajaran, dan Pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan motivasi pembelajaran peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5