cover
Contact Name
Jurnal Teknologi Pendidikan
Contact Email
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : 2302738X     EISSN : 26147785     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2017)" : 6 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN PETA INDONESIA DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN CIANGGER 02 Zaenal Abidin Arief; Eneng Srihastuti
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.636 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v6i2.507

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang penggunaan peta Indonesia dan minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Ciangger 02. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : (1) Apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang penggunaan peta Indonesia dengan hasil belajar IPS?, (2) Apakah terdapat hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS?, (3) Apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang penggunaan peta Indonesia dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS?. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini terdiri 43 orang. Yang dipilih dengan teknik random sampling. Dari hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang penggunaan peta Indonesia (X1) dengan hasil belajar IPS (Y) sebesar 0,678 dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ada di kategori kuat, . Besarnya kontribusi yakni 46 % . (2) Terdapat hubungan positif antara minat belajar (X2) terhadap hasil belajar IPS (Y) sebesar 0,552 dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ada di kategori sedang. Besarnya kontribusi yakni 30,5 %. (3) Korelasi berganda antara kedua variabel bebas dengan variabel terikat adalah sebesar 0,487. Sehingga kontribusi kedua variabel bebas dengan variabel terikat (X1 dan X2 terhadap Y) adalah sebesar 48,7%.
DESAIN KURIKULUM PELATIHAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF Mohammad Muhyidin Nurzaelani
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (884.461 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v6i2.512

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mempersiapkan, mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama tenaga pendidik (guru, dosen dan sebagainya), agar terampil dalam pembuatan sebuah produk multimedia interaktif yang siap pakai dan siap didistribusikan serta sebagai pedoman bagi penyelenggara, dan pendidik dalam menyelenggarakan dan melaksanaan pendidikan pada lembaga kursus/training agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dan kompeten dibidang pengembangan multimedia interaktif.
HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI GURU DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH ISLAM TERPADU AL-MADINAH CIBINONG Imas Kania Rahman; Meita Sulistiawati
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.669 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v6i2.508

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang hubungan kreativitas guru dan motivasi guru dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: (1) hubungan kreativitas guru dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong, (2) hubungan motivasi guru dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong, (3) hubungan kreativitas guru dan motivasi guru secara bersama-sama dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 120 guru, dengan menetapkan sampel penelitian sebanyak 35 orang guru berarti 25% dari populasi, dan teknik pengambilan sampel secara proporsional (proportional random sampling) dengan memperhatikan proporsi jumlah populasi pada masing-masing unit. Jenis penelitian yang diambil oleh penulis adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey melalui analisis korelasional yang bertujuan menguji hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel Y digunakan kinerja guru, sedangkan variabel X1 kreativitas guru, untuk variabel X2 motivasi guru. Untuk pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis korelasi sederhana dengan rumus product moment, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan analisis korelasi ganda dengan uji F.Pengujian persyaratan analisis meliputi pengujian normalitas dengan uji Kolmogorof Smirnov dan pengujian Homogenitas dengan uji Levene.Hasil penelitian menunjukkan: Pertama,Terdapat hubungan kreativitas guru dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong nilai rhitung 0,866 > rtabel 0,334. Kedua, terdapat hubungan motivasi guru dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong rhitung 0,951 > rtabel 0,334. Ketiga hubungan kreativitas guru dan motivasi guru secara bersama-sama dengan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong Fhitung > Ftabel atau 17.438 > 3,23.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS (Studi Ekperimen Pada Peserta Didik Kelas X MAN 1 Kota Bogor) Ruyani .; Sigit Wibowo
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.584 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v6i2.509

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh media pembelajaran Grafis dan media pembelajaran berbasis manusia terhadap hasil belajar siswa di kelas X MAN 1 Kota Bogor. lebih dari pada itu untuk mengetahui seberada kuat pengaruhnya a bila dihubungkan dengan motivasi belajar peserta didik kelas X khususnya dalam belajar Bahasa Inggris.Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Bogor kelas X dengan cara random untuk menentukan dua kelas sebagai kelas experiment dan dua kelas control. Adapun untuk variabel bebas dari penelitian ini yaitu diambil dari siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis manusia, dan variabel terikatnya diambil dari siswa yang dibelajar dengan menggunkan hasilbelajar bahasa InggrisMetode penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode percobaan dengan 2x2 desain faktorial teori diskripsi yang didasarkan pada beberapa variabel; media pembelajaran grafis dan media pembelajaran berbasis manusia sebagai variabel moderator, motivasi belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar bagi peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan media grafis dan media berbasis manusia, 2) Terdapat pengaruh intraksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar, 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang memilki motivasi tinggi yang dibelarkan dengan menggunaka media grafis dan media berbasis manusia, 4) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi rendah yang dibelajarrkan dengan menggunakan media grafis dan media berbasis manusia.
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI DI SDN PARUNG 01 KECAMATAN PARUNG KABUPATEN BOGOR Neneng Hernawati
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.38 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v6i2.510

Abstract

Penelitian ini merupakan korelasional untuk menguji hubungan antara pesespsi Siswa Tentang Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Kelas VI di SDN Parung 01 Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis korelasional sampel dalam penelitian ini terediri dari 40 yang dipilih dengan random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Data dalam penelitian ini diambil melalui instrumen tes dan non tes. Berdasarkan hasil pengolahan data diproleh koefisien determinasi antara variabel bebas (X1 dan X2) dengan variabel terikat (Y) sebesar 0,740 ini menunjukkan bahwa 54,8% Hasil Belajar IPA dapat dipengaruhi secara bersama-sama oleh variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru mengelola pembelajaran dan motivasi belajar.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien ganda (Ry12) sangat signifikan pada a=0,05 dan pada a = 0,01.
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENGETAHUAN TENTANG KURIKULUM DIKLAT DENGAN KEMAMPUAN MENGELOLA PEMBELAJARAN Samaiharuh .
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.549 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v6i2.511

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Kemampuan Mengelola Pembelajaran; (2) hubungan antara Pengetahuan tentang Kurikulum Diklat dengan Kemampuan Mengelola Pembelajaran; dan (3) hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Pengetahuan tentang Kurikulum Diklat terhadap Kemampuan Mengelola Pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan variabel yang diteliti yaitu: (1) Kemampuan Mengelola Pembelajaran (Y); (2) Motivasi Berprestasi (X1); dan (3) Pengetahuan tentang Kurikulum Diklat (X2). Sampel penelitian berjumlah 39 Widyaiswara. Pengumpulan data menggunakan instrumen nontes. Sebelum instrumen digunakan dalam penelitian, terlebih dahulu diujicobakan pada satu kelas yang setara yang ditetapkan sebagai kelas ujicoba. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk masing-masing instrumen. Uji validitas instrument menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil penelitian, Kemampuan Mengelola Pembelajaran dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan secara bersama-sama Motivasi Berprestasi dan Pengetahuan tentang Kurikulum Diklat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6