cover
Contact Name
Yessi Fitriani
Contact Email
yessifitriani931@gmail.com
Phone
+6281278893228
Journal Mail Official
pembahsipps@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Street. Jendral A. Yani Lorong Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang South Sumatera
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
  • Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra In
  • Website
ISSN : 2337456X     EISSN : 26223732     DOI : https://dx.doi.org/10.31851/pembahsi
Core Subject : Education,
Pembahsi: journals learning language and Indonesian literature is a writing of research, study, and application of theory, conceptual ideas, as well as literature articles in the field of science education language and Indonesian literature.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)" : 6 Documents clear
Kearifan Lokal Budaya Bugis Dalam Mantra Cenningrara Dan Mantra Pabbura Dalam Kajian Semantik Pada Suku Bugis Di Desa Sumberjaya Kabupaten Banyuasin Besse Mardianti; Yessi Fitriani; Missriani Missriani
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v12i2.9552

Abstract

Kearifan lokal suatu identitas atau kepribadin setiap budaya suatu bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap, bahkan mengolah kebudayaan yang berasal dari luar atau bangsa lain menjadi watak dan kemampuan dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini yaitu alternatif sebagai penggerak agar tidak menghilangnya kearifan lokal yang terdapat dalam budaya Bugis yaitu mantra cenningrara dan mantra pabbura.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis-jenis, fungsi, dan makna dalam mantra cenningrara dan mantra pabbura pada suku Bugis di Desa Sumberjaya Kabupaten Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif.Data dalam penelitian ini berupa tuturan kata-kata dan kalimat menggunakan bahasa Bugis berbentuk mantra cenningrara dan mantra pabbura. Hasil menunjukkan bahwa mantra cenningrara sebagai doa yang digunakan pada hubungan cinta dan kasih serta kecantikan sedangkan mantra pabbura sebagai bahan pengobatan alternatif untuk menyembuhkan penyakit. Selain itu dalam penelitian ini dapat dihubungan dengan pendidikan untuk mencapai pembelajaran pada suatu mata pelajaran bahasa Indonesia dan menambah pengetahuan kepada peserta didik dan juga pendidik mengenai sastra lisan masyarakat yaitu puisi rakyat seperti mantra.
Dominasi Eksistensi Drama Korea Dibanding Drama Lokal Ria Sri Wahyuni; Missriani Missriani; Yessi Fitriani
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v12i2.9623

Abstract

Keberadaan budaya populer Korea di Indonesia memang tidak bisa diragukan lagi. Salah satu budaya populer Korea yang masih eksis di Indonesia adalah drama Korea. Sejak drama Korea pertama kali ditayangkan pada tahun 2002, drama Korea tetap menjadi program pilihan pertama bagi sebagian penonton Indonesia. Hal ini membuat drama Korea semakin eksis dan populer serta menjadi pesaing terberat bagi industri hiburan di Indonesia. Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh penjuru dunia tidak menyurutkan eksistensi drama Korea, bahkan di Indonesia di masa pandemi Covid-19 terjadi peningkatan yang signifikan peminat baru drama Korea. Jadi, meski hanya berdiam diri di rumah selama 24 jam setiap hari, tetap ada aktivitas yang bisa menghibur seperti menonton drama Korea. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis desktiptif dengan pendekatan penelitian kualitatif, untuk melihat respon masyarakat Palembang tentang eksistensi drama korea dibanding drama lokal.
Kritik Sosial Pada Novel Tenggelamnya Rembulan Diwajahmu Karya Tere Liye Menggunakan Pendekatan Sosiologi Annisa Oktania Hasanah
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v12i2.8500

Abstract

Penelitian ini dilakukan  untuk mendeskripsikan kritik sosial terhadap novel Tenggelamnya Rembulan Diwajahmu Karya Tere Liye dengan menggunakan pendekatan sosiologi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui metode pustaka, simak dan catat. Hasil dari penelitian yang didapatkan yaitu: terdapat masalah sosial yang digambarkan dari novel ini seperti kekerasan fisik, kekerasan verbal, perjudian, prostitusi, pencurian, dan rendahnya pendidikan. Dalam penelitian ini terdapat kritikan pada tokoh dalam novel yaitu pada karakter Rehan yang menjadi tokoh utama yang digambarkan kisah kehidupannya dalam novel tersebut.
Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Pragmatik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Indah Rohmalinda; Missriani
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v12i2.9555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lngkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mengunakan pendekatan pragmatik dalam pembelajaran keterampilan berbicara di kelas VI di SD Negeri 213 Palembang, Sumatera Selatan. Metode penelitianyang digunakan adalah penelitian Naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa. Hasil analisis menujukan bahwa ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 70%. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pragmatik dalam upaya meningkat ketuntasan belajar secara klasikal. Sedangkan motivasi belajar siswa tergolong tinggi dengan skor rata-rata yaitu 30%.
Analisis Kesalahan Sintaksis Bahasa Indonesia Dalam Karangan Rusfita Sari; Missriani; Yessi Fitriani
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v12i2.9668

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasasintaksis yang meliputi : (1) kesalahan penggunaan sintaksis berupa frasa padakerangka penulisan siswa kelas X SMK Negeri 8 Palembang, (2) kesalahanpenggunaan sintaksis berupa kalimat pada teks eksposisi siswa kelas X SMKNegeri 8 Palembang. Subjek penelitian ini adalah teks eksposisi siswa kelasX SMKNegeri 8 Palembang tahun pembelajaran 2022/2023. Objek penelitian ini adalahkalimat yang mengandung unsur kesalahan sintaksis. Metode penelitian yangdigunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatukeadaan alamiah mengenai kesalahan penggunaan sintaksis pada teks eksposisisiswa kelas X SMK Negeri 8 Palembang. Untuk menemukan danmengklasifikasikan kalimat yang mengandung unsur kesalahan sintaksis digunakanteknik membaca dan mencatat. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri.Hasil penelitian kesalahan berbahasa tataran sintaksis pada teks eksposisi siswakelas X SMK Negeri 8 Palembang ada dua. Pertama, kesalahan penggunaansintaksis berupa frasa sebesar 32,98% meliputi enam kesalahan, yaitu : penggunaanpreposisi yang tidak tepat, susunan kata yang tidak tepat, penggunaan unsur yangberlebihan atau mubazir, penggunaan bentuk superlatif yang berlebihan,penjamakan yang ganda, dan penggunaan bentuk resiprokal yang tidak tepat.Kedua, kesalahan penggunaan sintaksis berupa kalimat sebesar 67,02% meliputitujuh kesalahan, yaitu : kalimat yang tidak berpredikat, kalimat yang tidakbersubjek dan tidak berpredikat (kalimat buntung), kalimat yang tidak logis,penggunaan kata tanya yang tidak perlu, urutan yang tidak paralel, penghilangankonjungsi, dan penggunaan konjungsi yang berlebihan.
Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Materi Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sungai Keruh Ika Purwaningsih; Yessi Fitriani; Darwin Effendi
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v12i2.11136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran berupa media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Macromedia Flash 8 pada materi teks prosedur yang valid dan praktis. Adapun metode penelitian yang diterapkan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilalui dalam pengembangan media pembelajaran yang telah dilakukan peneliti adalah Analisis, Desain, Pengembangan, dan Implementasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Sungai Keruh dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang siswa dan 1 orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Sebelum dilakukannya uji kepraktisan disekolah terlebih dahulu media yang telah dikembangkan dilakukan uji coba validitas, dengan 1 orang guru sebagai validator materi, 1 orang dosen sebagai validator bahasa dan 1 orang dosen sebagai validator media. Adapun hasil persentase tingkat validitas media, bahasa dan materi sebesar 81,3% media, tingkat validitas bahasa 91,4% dan 89,3% materi, dengan persentase tersebut media dan materi dikatagorikan sangat valid dan layak untuk diujicobakan. Persentase hasil uji coba kelas kecil 80% dikatagorikan sangat praktis, persentase uji coba kelas besar 93,58% dikatagorikan sangat praktis, dan persentase penilaian guru sebesar 88,75% dikatagorikan sangat praktis. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada materi teks prosedur dapat dinyatakan valid dan praktis berdasarkan hasil persentase uji validitas dan uji kepraktisan. Kata kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, dan Teks Prosedur.

Page 1 of 1 | Total Record : 6