cover
Contact Name
Treny Hera
Contact Email
jurnalsitakaraupgripalembang@gmail.com
Phone
+6285357344704
Journal Mail Official
jurnalsitakara@univpgripalembang.ac.id
Editorial Address
Street. Jendral A. Yani Lorong Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang South Sumatera
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Sitakara
ISSN : 25026240     EISSN : 26203340     DOI : https://dx.doi.org/10.31851/sitakara
Core Subject : Education, Art,
Sitakara Journal provides a forum to publish original research-based articles related to art education dan culture. Those scientific articles are the ones which discusses culture art and philosophy of art, curriculum, methodology, teaching and learning media, learning approaches, comparison, character education, teachers/lecturers, students, evaluation in art education, and the relationship between art and culture in human.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Sitakara" : 10 Documents clear
BENTUK PENYAJIAN ORKES GAMBUS SANGGAR MOZAIG PADA ACARA PERNIKAHAN ADAT ARAB PALEMBANG Auzy Madona Adoma
Jurnal Sitakara Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v6i1.5290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bentuk Penyajian Orkes Gambus Sanggar Mozaig Pada Acara Pernikahan Adat Arab Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam Objek dalam penelitian ini adalah Bentuk Penyajian Orkes Gambus Sanggar Mozaig Pada Acara Pernikahan Adat Arab Palembang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kebasahan data Perpanjangan Keikutsertaan, Ketentuan/Keajegan Pengamatan dan Triangulasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan teknik analisis observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah kelompok musik gambus 16 Ilir ini tidak hanya mengajak warga keturunan arab saja untuk dapat menikmati kesenian ini tetapi juga warga melayu Palembang dan menjadi kesenian yang sifatnya global. Karena antara kebudayaan arab dan kebudayaan melayu mempunyai persamaan yang sangat dekat dari segi musik,pesan moral yang tergandung di dalam lagu yang dibawakan, kultur ramah-tamah yang di miliki,sifat religius yang sangat tinggi,dan sebagainya. 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN TARI DAERAH SEBAGAI DASAR KETERAMPILAN MENARI TRADISI Treny Hera; Efita Elvandari
Jurnal Sitakara Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v6i1.5286

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap keterampilan menari tradisi pada pembelajaran tari daerah setempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Model Explicit Instruction merupakan suatu pendekatan mengajar yang berpengaruh terhadap keterampilan menari tradisi. Analisis data menunjukkan  bahwa pada indikator sikap diperoleh jumlah nilai mahasiswa sebesar 90,66%, pada indikator aktif sebesar  92,33%, dan pada indikator respon persentase sebesar 74,5%. Analisis datanya adalah kriteria penilaian aspek sikap, aktif, dan respon dalam kategori hasil belajar yaitu aktif dengan rata-rata 84,7. Penggunaan metode explicit instruction berpengaruh pada mahasiswa mempraktikkan materi tari dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan tes praktik tari Tanggai dan Gending Sriwijaya, hasil penilaian tes praktik terlihat bahwa mahasiswa rata-rata sudah dapat mempraktikkan materi tari Gending Sriwijaya maka disimpulkan hasil belajar menari tradisi mencapai kategori belajar yaitu baik dengan rata-rata unjuk kerja mahasiswa mencapai 82,1. 
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMPN 16 PALEMBANG Wandiyo Wandiyo
Jurnal Sitakara Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v6i1.5291

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Drama dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMPN 16 Palembang. Berdasarkan pembatasan masalah di atas adalah Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Drama dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMPN 16 Palembang?. Hasil penelitian ini memperkuat pernyataan Johnson dan Pearson (dalam Zuchdi, 2008: 23-24) bahwa faktor yang berasal dari dalam diri dan faktor yang berasal dari luar pembaca dapat mempengaruhi terhadap kemampuan membaca pemahaman. Lebih lanjut, hasil penelitian ini juga selaras dengan pernyataan Paul D. Leedy (dalam Soedarso, 2005: 120-121) yang mengemukakan beberapa tujuan membaca pemahaman. Tujuan tersebut antara lain: untuk mengerti ide pokok, mampu memahami fakta dan detail khusus, meningkatkan kekayaan pengetahuan umum, dan mendapatkan informasi tentang apa yang terjadi di dunia. 
SIMBOLISASI ORNAMEN NAGA PADA PEMBATAS JALAN DI PALEMBANG Decky Kunian; A. Heryanto
Jurnal Sitakara Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v6i1.5287

Abstract

Naga dihadirkan dalam intisari kehidupan masyarakat Palembang yang dipercayai membawa unsur kebaikan dalam berkehidupannya. Semua diyakini karena memang telah berakar dan membudayanya pengetahuan dan pemahaman terhadap naga tersebut. Sehingga keberadaan naga sering dijumpai hingga saat ini termasuk pada pembatas jalan ditengah-tengah kota Palembang yang meyakini bahwa naga memiliki makna simbolis makhluk sebagai penyelamat dan penjaga bumi, sebagai lambang kesuburan karena menjaga keseimbangan air. Maka tidaklah heran jika naga yang sarat dengan arti simbolis yang kemudian masyarakat Palembang menerapkannya karena mengganggap naga sebagai lambang yang memiliki nilai-nilai magis, spiritual, kebaikan, perlambang kemakmuran, dan kebijaksanaan, serta naga sebagai sumber pembawa unsur kebaikan dalam kehidupan masyarakat Palembang. 
PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP 1 JEKULO KUDUS PADA MASA PANDEMI COVID-19 M.Panji Wahyu Mukti; Wahyu Lestari
Jurnal Sitakara Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v6i1.5292

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran Seni Budaya di SMP 1 Jekulo Kudus di era pandemi Covid-19 yang meliputi penerapan model evaluasi dan kendala yang dihadapi dalam penerapan model evaluasi Seni Budaya. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif, dipergunakan untuk menggambarkan fenomena ataupun fakta di lapangan sesuai dengan apa adanya. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini ialah pendidik, orang tua dan peserta didik. Beberapa teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi yang dikumpulkan secara online, kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model evaluasi pembelajaran Seni Budaya yang telah diterapkan diantaranya evaluasi berbasis portofolio dan berbasis praktik. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa dalam penerapan model evaluasi alternatif itu terdapat beberapa kendala yang dihadapi yakni kurangnya antusias orang tua dan peserta didik, kekurangfahaman orang tua dalam penerapan model evaluasi, dan minimnya kerjasama guru dan orang tua. 
PERTUNJUKAN SOLIS MARIMBA DENGAN REPERTOAR THE VARIANTIONS ON THEME (FROM THE MALAY’S “PUCUK PISANG”) Ferry Herdianto
Jurnal Sitakara Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v6i1.5283

Abstract

Pertunjukan seni musik di era revolusi industri 4.0 mengalami banyak perubahan, perubahan tersebut berdampak besar bagi para pelaku industri dalam hal pemasaran musik maupun konsumen dalam hal menikmati musik. Di era revolusi 4.0 saat ini, setiap individu dituntut untuk saling berpacu dalam mengisi kehidupan, baik di bidang pendidikan maupun keterampilan. Untuk menyikapi tantangan pada era 4.0 ini penulis mempunyai keinginan untuk melakukan perubahan dalam diri sendiri, baik cara pola berfikir maupun dalam bidang keterampilan agar penulis bisa berguna baik untuk kemajuan diri sendiri dan bermanfaat untuk khalayak banyak. Pada kesempatan ini, penulis menampilkan repertoar pada zaman modern dengan menggunakan instrumen marimba yang memiliki tingkat kesulitan berbeda. Hal ini merupakan tantangan bagi penulis untuk dapat menguasai teknik-teknik dengan kesulitan yang terdapat pada masing-masing repertoar. Marimba merupakan salah satu jenis alat musik perkusi melodis yang masih tergolong jarang dikenal oleh masyarakat umum.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (IOC) TERHADAP WRITING SKILL DALAM TEKS MENULIS DRAMA DI SMP SETIA NEGARA PALEMBANG Sri Wahyu Indrawati; Yuspar Uzer
Jurnal Sitakara Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v6i1.5288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan Pengaruh model pembelajaran IOC (inside-outside-circle) terhadap writing skill dalam teks drama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen model Posttest-Only Control Design dengan membagi sampel mejadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes akhir yang berebentuk esay dengan satu soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus statistk uji-t. Berdasarkan tabel distribusi – t  dengan dk= + – 2 = 30+25-2= 53 dan a = 0,05, diidapat  =  3,38 dan  = 1,67412. Hal ini menunjukkan bahwa  ≥  atau 3,38 ≥1,67412. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa  ditolak dan  diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam Penerapan  model pembelajaran IOC (inside-outside-circle) terhadap writing skill dalam teks drama di SMP Setia Negara Palembang. 
BUKIT SIGUNTANG DALAM PENGEMBANGAN KONSEP RUANG KOREOGRAFI LINGKUNGAN TARI Rully Rochayati; Eva Dina Chairunisa
Jurnal Sitakara Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v6i1.5284

Abstract

Bukit Siguntang salah satu tempat wisata religius  merupakan tempat yang sejuk dengan lingkungan yang asri. Selain itu memiliki banyak cerita yang dapat diangkat dalam bentuk-bentuk seni pertunjukan. Tujuannya memberikan satu wacana baru kepada masyarakat tentang konsep keruangan tari yang representatif. Memberikan suatu pemahaman tentang tari dalam wujud yang berbeda yaitu koreografi lingkungan.Metode penelitian adalah diskriptif kualitatif, untuk proses menentukan apakah Bukit Siguntang dapat digunakan sebagai ruang tari menggunakan konsep moving from within Alma M. Hawkins. Berdasarkan hasil penjelajahan ruang Pucuk Rebung lebih  sempit dibandingkan dengan Puncak Mahameru Siguntang. Ruang Pucuk Rebung dapat dieksplorasi secara maksimal dengan memanfaatkan tugu, kolam dan pelataran. Sedangkan area Puncak Mahameru Siguntang hanya dapat dieksplorasi pada pelataran, jembatan penghubung dari tiga kolam. Untuk Tangga Sebelah Timur didominasi oleh bebatuan buatan, hasil temuan adalah konsep ruang yang cukup luas dan terpisah-pisah melibatkan penari yang lebih banyak, dengan menempatkan penari dari beberapa tempat strategi dari area. 
PEMANFAATAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN MUSIK DI SMP NEGERI 1 PALEMBANG Novdaly Fillamenta; Yuliza Aryani
Jurnal Sitakara Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v6i1.5289

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   pemanfaatan   teknolgi multimedia  dalam   pembelajaran   Musik di  SMP N 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan desain statistik deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMPN 1 Palembang yaitu sebanyak 90 orang tahun ajaran 2017/2018, pengambilan sampel menggunakan tehnik stratified random sampling yaitu pengambilan sample secara acak yang mewakili dari setiap strata atau tingkatan. Data diolah dengan menggunakan statistik deskriptif dengan metode regresi logistik   melalui program komputerisasi. Hasil analisa menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi multimedia  dalam  pembelajaran  Musik di SMPN 1 Palembang sangat baik. 
APLIKASI SIBELIUS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENULIS NOTASI MUSIK BERMAS Dedy Firmansyah; Nugroho Notosutanto Arhon Dhony
Jurnal Sitakara Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v6i1.5285

Abstract

Bermas merupakan sebuah syair yang dilantunkan tanpa menggunakan notasi musik sebagai pedoman atau acuan dalam menyelaraskan nada, oleh seseorang atau beberapa tokoh dengan diiringi musik yang ada di dalam pertunjukan teater dul muluk, disampaikan di awal pertunjukan dan diakhir pertunjukan sebagai salam pembuka dan salam penutup. Bermas juga merupakan salam penghormatan kepada penonton baik sebagai penanggap atau yang punya hajat juga kepada tamu undangan yang datang. Hal tersebut menarik untuk dilakukan penelitian karena belum terdapat notasi musik bermas dengan struktur yang lengkap. Tujuan penelitian agar lagu bermas dibuat notasi musiknya secara lengkap melalui media aplikasi Sibelius.

Page 1 of 1 | Total Record : 10