cover
Contact Name
Treny Hera
Contact Email
jurnalsitakaraupgripalembang@gmail.com
Phone
+6285357344704
Journal Mail Official
jurnalsitakara@univpgripalembang.ac.id
Editorial Address
Street. Jendral A. Yani Lorong Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang South Sumatera
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Sitakara
ISSN : 25026240     EISSN : 26203340     DOI : https://dx.doi.org/10.31851/sitakara
Core Subject : Education, Art,
Sitakara Journal provides a forum to publish original research-based articles related to art education dan culture. Those scientific articles are the ones which discusses culture art and philosophy of art, curriculum, methodology, teaching and learning media, learning approaches, comparison, character education, teachers/lecturers, students, evaluation in art education, and the relationship between art and culture in human.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Sitakara" : 10 Documents clear
MEMBACA NOTASI BALOK PADA LAGU APUSE DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN Silo Siswanto; Irfan Kurniawan
Jurnal Sitakara Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v7i1.7467

Abstract

Penenlitian ini adalah penelitian deskriptif tentang proses Pelaksanaan Pembelajaran Notasi Balok. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengungkap bagaimana proses pembelajaran membaca notasi balik Pada Lagu Apuse. Selanjutnya metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dilakaukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis  secara cermat dengan memperhatikan, memeriksa, mempelajari, membandingkan data yang ada. Adapun hasil dari penelitian ini adalah uraian tentang perencanaan pembelajaran membaca notasi balok, pelaksanaan pembelajaran yang meliputi langkah-langkah dan metode pembelajaran serta penyajian materi pembelajaran membaca notasi balok, dan evaluasi pembelajaran berupa tes praktik membaca notasi balok. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapat hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca notasi balok lagu Apuse pada siswa berjalan dengan baik, dengan nilai mahasiswa diatas KKM.
ANALISIS KEBUTUHAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PADA PELESTARIAN TARI TANGGAI KOTA PALEMBANG SUMATERA SELATAN ERA PANDEMI COVID-19 Halimah Agustin; Wahyu Lestari; Sunarto Sunarto
Jurnal Sitakara Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v7i1.7473

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan proses pembelajaran tari Tanggai dalam nilai-nilai pendidikan karakter anak di sanggar puteri batang hari sembilan era pandemi covid-19. Fokus permasalahan pada kebutuhan nilai-nilai pendidikan karakter anak pada pelestarian tari Tanggai di Kota Palembang Sumatera Selatan Era Pandemi Covid-19. Metode penelitian yaitu metode penelitian kualitatif melalui pendekatan secara naratif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus terpancang. Kajian ini menyimpulkan bahwa kebutuhan kegiatan strategi dalam penanaman karakter pada pembelajaran tari Tanggai di Sanggar Puteri Batang Hari Sembilan Kota Palembang dilihat dari komponen-komponen tahapan pembelajarannya. Wujud dalam pelestariaan tari Tanggai dapat diteruskan melalui pembelajaran secara nonformal. Analisis kebutuhan dalam proses pembelajaran tari Tanggai memiliki nilai-nilai pendidikan yang tertuang di dalamnya yaitu nilai religi, nilai solidaritasa, nilai edukasi ketekunan, kejujuran, keteladanan dan cinta pada kesenian tradisi setempat yang menghadirkan sikap menjaga budaya tradisi terkhusus pada tari Tanggai.
TARI BEDAYA WIWAHA SANGASKARA PERSPEKTIF WIRAGA WIRAMA DAN WIRASA Supriyanto Supriyanto; Suharji Suharji
Jurnal Sitakara Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v7i1.7463

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan Tari Bedaya Wiwaha Sangaskara, dengan fokus  pesrpektif Wiraga, Wirama, dan Wirasa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, untuk menguraikan hasil penelitian yang berupa aspek wiraga, wirama, dan wirasa yang tergambar dalam pertunjukan Tari Bedaya Wiwaha Sangaskara. Salah satu teori yang digunakan adalah dari Suryobrongto tentang filsafat joged mataram yang berkaitan dengan unsur wiraga, wirama, dan wirasa. Data-data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam perolehan datanya dianalisis secara deskriptif. Kajian ini menyimpulkan bahwa, pada Bedaya Wiwaha Sangaskara wiraga dapat dilihat melalui ragam gerak atau motif gerak yang terdapat pada tari Bedaya Wiwaha Sangaskara. Disamping itu wiraga juga dapat dilihat melalui sikap dari seorang penari.  Sikap dan gerak yang baik bagi penari dapat dilihat dari aturan dan kaidah-kaidah tari gaya Yogyakarta yang dilakukan penari. Kepekaan irama gending dan irama gerak yang dilakukan oleh penari Bedaya Wiwaha Sangaskara akan memiliki kesan luwes, pantes, mungguh dan resik.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY MUPEL SENI RUPA MATERI MENGGAMBAR ILUSTRASI DI SEKOLAH DASAR Markamah Markamah; Eka Putri Nugraheni
Jurnal Sitakara Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v7i1.7468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan media yang tepat guna membantu siswa mencapai kompetensi.Masalah difokuskan pada proses pembelajaran muatan pelajaran seni rupa  topik menggambar ilustrasi. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari buku dan berbagai jurnal  terkait dengan penelitian ini.Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi eksperimental.Data-data dikumpulkan melalui observasi  dan angket serta dianalisis menggunakan deskriptif presentase. Microsoft Sway ialah aplikasi yang berfungsi untuk menciptakan serta berbagi presentasi dengan mudah, yang mana sistem kerjanya simpel dengan memperbanyak konten multimedia dari segala website hanya dengan drag and drop. Melalui Sway, maka guru bisa menghasilkan konten yang interaktif, menyematkan video, gambar yang relevan, interaktif. Dalam proses pembelajaran, guru dapat mengaplikasikannya sebagai tolak ukur terhadap penjelasan materi guna meningkatkan pemahaman peserta didik ( Bahar dalam konten interaktif,2019). Kajian ini menyimpulkan bahwa Media pembelajaran berbasis sway  layak digunakan karena mampu meningkatkan motivasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa belajar ke arah kemajuan.
PROSES PENGGARAPAN MUSIK TARI KIPAS CHANDANI DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM MUSIK STUDIO ONE DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Rio Eka Putra; Deria Sepdwiko; Irfan Kurniawan
Jurnal Sitakara Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v7i1.7464

Abstract

Penggarapan musik ini membuat musik tari kreasi baru memakai program musik studio one sebagai tempat mengolah bahan-bahan mencampur, mengaduk hingga menjadi sebuah karya musik kreasi tari baru yang berjudul “Tari Kipas Chandani”, tari kreasi baru ini adalah sebuah bentuk tari kreasi baru yang dibuat oleh salah satu dosen tari yaitu buk Rully, menggangkat kearifan lokal dan menjadikantari kreasi baru tanpa menghilangkan akar budaya daerah setempat khususnya Palembang Sumatera Selatan. Capaian dari Proses Penggarapan musik ini bertujuan memberikan sebuah pengetahuan ilmu musik khususnya musik tarikepada sehingga Ilmu ini akan lebih bermanfaat ketika mahasiswa tersebut sudah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 dan menjadi seorang pendidik seni di sekolah. Aplikasi ini menanyakan tentang pendekatan,variabel pekerjaan dengan memakai interpretasi Tradisi, pendekatan ini merupakan gaya penggarapan musik yang berpijak dari musikal tradisional kemudian diramu dengan laras-laras jawa dan tabuhannya, musik tari ini Secara umum akan memiliki kumpul-kumpul individu yang luas, dapat diteruskan ke berbagai urusan sosial individu. Dari hasil pemikiran ini, diyakini bahwa pertimbangan kreatif yang mutakhir akan tercipta sejauh menciptakan musik bergerak yang menarik dalam kemasannya dan memiliki kualitas dalam menjaga citra dan kecerdasan lingkungan.
ANALISIS NILAI-NILAI BUDAYA TRADISI PANTAUAN DI KOTA PAGARALAM R Angga Bagus Kusnanto; Dedy Firduansyah
Jurnal Sitakara Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v7i1.7469

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu guna mengetahui bentuk tradisi pantauan bunting dan nilai-nilai yang terdapat pada tradisi pantauan bunting. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tempat dan sasaran fokus penelitian penelitian ini bertempat di seluruh lingkungan masyarakat Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan. Teknik analisis data yang digunakan melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penyajian pada tradisi pantauan bunting didalamnya yang pertama ditandai dengan adanya istilah nuweirasan dan dilanjutkan dengan hari bermasak. Dalam Tradisi pantauan bunting juga terdapat, tiga nilai budaya diantaranya nilai religius, nilai sosial dan nilai estetika.
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TARI SAJOJO MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI KREASI PADA SISWA LAKI-LAKI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUARA PADANG Wiwik Sri Rahayu; Sukardi Sukardi; Fadhilah Hidayatullah
Jurnal Sitakara Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v7i1.7465

Abstract

Peneliti bertujian untuk mengetahui pengaruh pengunan alat peraga tari sajojo melalui pemebelajaran tari kreasi pada siswa laki-laki kelas XI SMA M uhammadiyah 1 Muara Padang. SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang dengan mengajarkan anak-anak laki-laki seni tari keasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan angka/numerik. Studi dengan desain pre-eksperimental. Peneliti ini menggunakan rencana yang disbut rencana pre-test dan posttest satu keompok (satu sebelum dan sesudah pengujian). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran tari sajojo melalui pembelajaran seni tari kreasi pada siswa laki-laki di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang. Dapat di lihat dari nilai rata-rata pre-test 66,80 dan post-test 82,10. Dari sample t-Test  paired test di bawah ini dapat dilihat bahwa sip. 0,00, yaitu kurang dari < 0,05. Kajian in ini menyimpulkan bahwa telah terjadi perubahan mendasar dalam penerapan materi pembelajaran tari sajojo pada pembelajaran siswa putra. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak.
MAKNA ORNAMEN MASJID AL-ISLAM MUHAMMAD CHENG HO PALEMBANG Reza Syahbani; Sahrul Sahrul; Efendi Efendi
Jurnal Sitakara Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v7i1.7470

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memaknai Ornamen Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho Palembang. Masalah difokuskan pada pemaknaan budaya dalam Ornamen Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho Palembang. Produksi Tanda dan Makna Ornamen Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho Palembang” merupakan kajian terhadap ornamen masjid di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Masjid ini merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah muslim Tionghoa dan masyarakat Palembang serta menjadi simbol perpaduan budaya Cina dan budaya Palembang. Ornamen pada bangunannya, membuat masjid semakin indah. Begitu juga dengan keberagaman motif pada gapura masjid, dinding masjid, tiang masjid, pintu masjid, mimbar masjid, meja ceramah, mihgrab, dan tempat penimpanan Al- Qur’an menjadikan masjid ini berbeda dengan masjid lainnya di Palembang. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui obeservasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi untuk keabsahan data serta validitas data. Sumber data ini dianalisis melalui pengelompokan identitas Cina, identitas  Islam,  dan  identitas  Palembang.  Keberagaman  motif  ornamen Masjid  Al-Islam  Muhammad  Cheng  Ho  Palembang  memiliki  tiga  unsur budaya, yakni budaya Cina, budaya Islam, dan budaya Palembang. Adapun identitas  budaya  pada  masjid  tersebut,  dilihat  dari  warna,  bentuk,  dan tulisan. Kajian ini menyimpulkan bahwa adanya bentuk-bentuk motif dua dimensi dan tiga dimensi, motif-motif yang terdapat di masjid merupakan motif sebagai tanda yang dimaknai sebagai budaya.
BENTUK UKIRAN PADA BANGUNAN MUSEUM PDIKM KOTA PADANGPANJANG Purwo Prihatin; Wisnu Prastawa; Muhammad Wildan Nasution
Jurnal Sitakara Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v7i1.7466

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bentuk ukiran yang diterapkan pada museum PDIKM kota Padangpanjang. Bangunan Museum ini memiliki ciri khas yang  menonjol terutama keindahan ukiran Minangkabau yang diterapkan dan dapat dilihat pada bangunan di museum ini. Museum PDIKM ini juga merupakan bangunan yang memiliki bentuk rumah Gonjong sebagai karakteristik budaya Minangkabau. PDIKM sebagai warisan budaya lokal bangunannya memiliki ukiran yang indah dan khas  serta memiliki makna, arti, pesan  dan fungsi yang kuat dalam budaya Minangkabau. Masalah difokuskan pada bentuk dari ukiran yang diterapkan pada Museum PDIKM Kota Padangpanjang selain untuk menambah kesan estetik juga memiliki fungsi dan makna, juga menggambarkan keselarasan dan keserasian budaya Minangkabau dan alamnya. Guna mendekati masalah ini dilakukan melalui  pendekatan estetis baik bentuk, struktur serta fungsi bangunan, dengan metode penelitian kualitatif, melalui sumber-sumber tertulis dan studi pustaka, dokumentasi artefak budaya, sehingga kajian ini  menyimpulkan bahwa ukiran-ukiran yang dipahatkan pada bangunan museum ini bersumber pada alam yang terkembang menjadi guru sebagai falsafah dalam penciptaan ukirannya dan memberikan identitas  budaya Minangkabau
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TARI BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK SISWA SD Ranti Puspita Sari; Rohana Rohana; Treny Hera
Jurnal Sitakara Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Sitakara
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/sitakara.v7i1.7472

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran pada materi tari kelas III SD yang valid dan praktis yang telah dikembangkan. Masalah difokuskan pada pengembangan video pembelajaran tari tenun songket berbasis budaya lokal untuk siswa SD Kelas III yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangkan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develoment, Implementation, and Evaluasi). Data-data dikumpulkan melalui angket validasi yang diberikan kepada 2 orang dosen ahli materi dan 1 orang dosen ahli media, sedangkan kepraktisan video pembelajaran tari berbasis budaya lokal yang telah dikembangkan diukur dengan angket respon siswa yang telah diisi oleh siswa. Kajian ini menyimpulkan  bahwa video pembelajaran yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian ahli media dengan skor rata-rata 4,6: penilaian ahli materi yang pertama dengan skor rata-rata 4,6 dan penilaian ahli materi yang kedua dengan skor rata-rata 4,5. Video pembelajaran juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket respon siswa dengan skor rata-rata 4,8.

Page 1 of 1 | Total Record : 10