cover
Contact Name
Depi Pramika
Contact Email
jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com
Phone
+6281373939083
Journal Mail Official
jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang Gedung E Lantai 1 Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
ISSN : 25802690     EISSN : 26153025     DOI : 10.31851
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative research field; conceptual; and a literature review. Focus and scope of the journal:
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2018): JURNAL NERACA" : 10 Documents clear
ANALISIS MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Aradea, Riswan
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1050.27 KB)

Abstract

Abstrak─Banyak faktor yang dapat mempengaruhi motivasi berwirausaha mahasiswa. diantaranya adalah  kemampuan mahasiswa beradaptasi dengan kondisi perubahan lingkungan, baik internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi berwirausaha mahasiswa dengan cara mendeskrifsikan motivasi berwirausaha mahasiswa pada program studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif analitik, untuk mendapatkan data yang akurat peneliti ini, peneliti menggunakan dokumentasi dan angket, angket di berikan kepada Mahasiswa program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Berdasarkan hasil analisa data angket, maka dapat disimpulkan bahwa: Motivasi Berwirausaha Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang dalam Kategori Baik / Tinggi, dengan rata-rata yaitu sebesar 80,79. Indikator yang paling mendasari motivasi berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi adalah Indikator Tanggung jawab mahasiswa dalam mengerjakan tugas mata kuliah kewirausahaan yaitu sebesar 84,07% dalam Kategori Sangat Baik.Kata Kunci: Deskripsi, Motivasi, BerwirausahaAbstract─Factors can affect student entrepreneur motivation. is the ability of students to adapt to environmental change conditions, both internal and external. This study aims to see the motivation of student entrepreneurship by way of describing the entrepreneurship motivation of students in Accounting Education Program FKIP Universitas PGRI Palembang. This study uses descriptive analytic method, data obtained by researchers, researchers using documentation and questionnaires, questionnaires among students of Accounting Education Studies Program FKIP University PGRI Palembang. Based on the results of questionnaire data analysis, it can be concluded: Student Entrepreneur Motivation in Accounting Education Studies Program FKIP University PGRI Palembang in Category Good / High, with an average of 80.79. The most underlying indicator of entrepreneurship motivation of students of Accounting Education Study Program is Indicator Student responsibility in doing entrepreneurship subject task that is equal to 84,07% in Very Good Category.Keywords: Description, Motivation, Entrepreneurship
PENGARUH SISTEM AKUNTANSI TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNTUK MENJADI PEMIMPIN DALAM ORGANISASI Asmuni, Asmuni
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (827.655 KB)

Abstract

Abstrak─Sistem akuntansi merupakan formulir-formulir dan catatan-catatan, prosedur-prosedur serta alat-alat yang digunakan untuk mengolah data mengenai kesatuan ekonomis dengan tujuan untuk menghasilkan umpan balik dalam bentuk laporan-laporan yang oleh pihak manajemen untuk mengawasi organisasi, dan bagi pihak lain yang berkepentingan dan lembaga-lembaga pemerintah untuk menilai hasil operasional satuan organisasi. Jadi jelaslah bahwa tujuan sistem akuntansi suatu organisasi disusun untuk mengidentifikasikan, merakit, mencatat dan melaporkan berbagai informasi yang berguna untuk pihak intern dan ekstem organisasi. Mahasiswa yang dapat memahaminya denga baik maka mereka masuk organisasi manapun akan dapat mengerjakan apapun yang menjadi tanggung jawab mereka.Kata Kunci: Sistem Akuntansi, pemimpin dan organisasiAbstract─The accounting system is forms and records, procedures and tools used to process data regarding economic unity with the aim of producing feedback in the form of reports by management to oversee the organization, and for other parties who interest and government agencies to assess the operational results of organizational units. So it is clear that the purpose of an organization's accounting system is arranged to identify, assemble, record and report various information that is useful for internal parties and external organizations. Students who can understand it well then they enter any organization will be able to do whatever is their responsibility.Keywords: Accounting Systems, leaders and organizations
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL JURNAL PENYESUAIAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI Putri, Septiani Panca
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (960.157 KB)

Abstract

Abstrak─Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal jurnal penyesuaian pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Bina Cipta Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data pada dokumentasi, tes, dan angket. Hasil penelitian kesalahan siswa dalam mengerjakan soal jurnal penyesuaian disebabkan oleh kesalahan dalam mencatat transaksi jurnal penyesuaian dan kesalahan dalam menganalisis transaksi jurnal penyesuaian. Kategori kesulitan belajar yang sulit yaitu beban dibayar dimuka dengan persentase kesalahan 52%, kategori kesulitan belajar yang sedang yaitu beban yang masih harus dibayar dengan persentase kesalahan 39% dan kategori kesulitan belajar yang mudah yaitu akun perlengkapan dengan persentase kesalahan 8%. Hasil angket faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dasar atas bahan yang dipelajari.Kata Kunci : Kesulitan Belajar Siswa, Jurnal Penyesuaian Abstract─The purpose of the study was to find out the learning difficulties of students in solving questions about adjusting journals on Economics subjects at Bina Cipta Palembang High School. The research method used in this study is descriptive qualitative with data collection techniques in documentation, tests, and questionnaires. The results of research on students' mistakes in working on adjusting journal problems are caused by errors in recording adjusting journal transactions and errors in analyzing adjusting journal transactions. Categories of learning difficulties are difficult, namely prepaid expenses with a percentage of errors of 52%, moderate learning difficulties category that is accrued expenses with a percentage of errors of 39% and easy learning difficulties categories, namely equipment accounts with a percentage of errors of 8%. The results of the questionnaire factors that cause student learning difficulties are the lack of basic knowledge and skills for the material being studied in the form of understanding and skills in analyzing.Keywords: Student learning difficulties, Adjustment Journal
PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE FIFO, LIFO, DAN AVERAGE DI SMK NEGERI 1 PALEMBANG Nurastuti, Nurastuti
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (989.83 KB)

Abstract

Abstrak─Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal persediaan menggunakan metode FIFO, LIFO, dan AVERAGE di SMK Negeri 1 Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Palembang, dari 188 siswa diambil 75 siswa untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan tes, dengan instrumen berupa soal tes. Teknik analisis data menggunakan anova satu jalan atau uji F dengan SPSS versi 20. Dari hasil analisis menggunakan uji F dengan SPSS versi 20 diperoleh nilai Fhitung sebesar 7,986 dan nilai Ftabel sebesar 3,12 dengan dk 75 dan taraf signifikansi 5%. Karena Fhitung lebih besar dari Ftabel (7,986 > 3,12) dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil nilai rata-rata siswa dalam menyelesaikan soal persediaan menggunakan metode FIFO yaitu 86,13, LIFO yaitu 80,77, dan  AVERAGE yaitu 73,71. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal persediaan menggunakan metode FIFO, LIFO, dan AVERAGE  di SMK Negeri 1 Palembang.Kata Kunci: Kemampuan, Persediaan, Metode FIFO, LIFO, dan AVERAGEAbstract─The study aims to determine whether there are differences in students' ability to solve inventory problems using the FIFO, LIFO, and AVERAGE methods at Palembang State Vocational High School 1. The subjects in this study were students of class XI Accounting at SMK Negeri 1 Palembang, out of 188 students taken 75 students to be used as research samples. Data collection techniques are documentation and tests, with instruments in the form of test questions. The data analysis technique uses one-way ANOVA or F-test with SPSS version 20. From the results of the analysis using the F test with SPS version 20, the calculated F value is 7.986 and the Ftable value is 3.12 with dk 75 and a significance level of 5%. Because Fcount is greater than Ftable (7.986> 3.12) it is stated that Ho is rejected and Ha is accepted. The results of the average value of students in completing inventory problems using the FIFO method are 86.13, LIFO is 80.77, and AVERAGE is 73.71. This shows that there are differences in students' ability to solve inventory problems using the FIFO, LIFO, and AVERAGE methods at Palembang State Vocational High School 1. Keywords: Capabilities, Inventory, FIFO, LIFO, and AVERAGE Methods
KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SELULER DI INDONESIA TAHUN 2017 DILIHAT DARI SUDUT ANALISA RASIO Rachmawati, Diana Widhi; Wati, Erika Mirna; Nopriyanti, Nopriyanti; Karimayati, Karimayati; Puspita, Yuni
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1028.267 KB)

Abstract

Abstrak─Telekomunikasi seluler saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang utama bagi masyarakat Indonesia. Peneliti merasa tertarik untuk menulis tentang bagaimana  Kinerja Keuangan Perusahaan Selluler  di Indonesia Tahun 2017 dilihat dari Analisa Rasio, meliputi metode analisis ratio yaitu Ratio Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, dan Profitabilitas. Metode penelitian adalah  kuantitatif, tekhnik pengambilan sampel dilakukan secara random, selain itu juga penggunakan instrumen penelitian sebagai alat pengumpulan datanya, sedangkan analisa data bersifat kuantitatif statistikdan sampel dari penelitian ini adalah   PT INDOSAT tbk, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Smartfren Tbk dan XL Axiata. Pencapaian hasil akhir  diperoleh dari penelitian, adalah  dari perusahaan seluler tersebut, yaitu :  Analisa Likuiditas menunjukkan angka yang menyatakan belum likuid, Analisis Solvabilitas  menunjukkan yang menyatakan bahwa Solvabel, Analisis Profitabilitas yang menunjukkan profit dan Rasio Aktivitas yang menunjukkan yang belum aktiv. Harapannya bagi perusahaan seluler di Indonesia memperhatikan kekurangan dan berupanya untuk dapat lebih meningkatkan kembali kinerja keuangan yang sudah dicapai demi keberlangsungan perusahaan Kata Kunci:  Kinerja Keuangan Perusahaan SelulerAbstract─Cellular telecommunications is now a major requirement for the people of Indonesia. Interested researchers are interested in writing about how the financial performance of cellular companies in Indonesia in 2017 is seen from the ratio analysis, containing the method of ratio analysis, namely the ratio of liquidity, solvability, activity, and profitability. Quantitative research methods, sampling is done randomly, besides that it also uses research instruments such as data collection, while quantitative quantitative data analysis and research samples from this study are PT. INDOSAT TBK, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Smartfren Tbk and XL Axiata. The achievement of the final results obtained from the research, is from the cellular company, namely: Liquidity Analysis which shows uncontaminated numbers, Solvability Analysis shows that states Solvabel, Profitability Analysis which shows profit and Activity Ratio that shows that has not been activated. The hope for cellular companies in Indonesia is to pay attention to their shortcomings and efforts to be able to increase the financial returns that have been achieved for the sustainability of the companyKeywords: Cellular Corporate Financial Performance
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 RAWAJITU SELATAN LAMPUNG Susanto, Edi
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (840.587 KB)

Abstract

Abstrak─Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS ekonomi melalui penggunaan model Pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VIII SMP Rawa jitu Selatan Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS  selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran IPS ekonomi pada siswa kelas VIII B SMP Rawajitu Selatan.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rawajitu Selatan yang berjumlah 36 orang orang. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test awal, turnamen, dan tes formatif. Validitas data menggunakan metode triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukan  bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VIII B.Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Tipe TGT, IPS EkonomiAbstract─The improving activity and result social studies learning through using cooperative model TGT type in VIII B grade student of Junior High school Rawajitu Selatan The purpose of this research was to improve the social studies learning through cooperative model TGT type in VIII B grade. This research uses classroom action research techniques. The research was conducted in three cycles. Subject of this study is the VIII B grade student of Junior Highh school Rawajitu Selatan. Which has 36 students. Data sources come from teachers, students and researchers. Data colection techniques using observation, pretest, tournament and formatif test.The validity of data using triangulation methods techniques and other sources. Analysis of the data used by the qualitative and quantitative analysis. The result showed that the use of cooperative learning TGT type can improve the social studies learning.Keyword: Cooperative Learning, TGT, Social Studies
ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ATAS PENDAPATAN DAN BEBAN PADA PT. SEMEN BATURAJA (PERSERO) TBK PALEMBANG Astari, Retnowenti Dwi
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (944.466 KB)

Abstract

Abstrak─Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan pendapatan dan beban tahun 2012-2013 dan untuk mengetahui metode pencatatan dan pengakuan pendapatan dan beban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan  pendapatan total ditahun 2013 meningkat 10% dari tahun 2012. Sedangkan perbandingan beban total ditahun 2013 mengalami peningkatan lebih tinggi sedikit sekitar 12% dari tahun 2012. Penjualan semen yang merupakan pendapatan utama perusahaan dan pendapatan bunga deposito yang berasal dari pendapatan keuangan dicatat menggunakan metode accrual basis. Sedangkan pendapatan denda yang berasal dari pendapatan operasional lainnya menggunakan metode cash basis. Namun, hal tersebut dinilai tidak menyalahi aturan atau prinsip akuntansi yang berlaku umum. Beban-beban yang diakui oleh perusahaan secara keseluruhan telah menggunakan metode pencatatan accrual basis. Hal tersebut telah sesuai dengan PSAK yaitu perusahaan menyusun laporan keuangan atas accrual basis. Kata Kunci : Analisis Perlaukan Akuntansi, Pendapatan, Beban Abstract─The research objective is to compare the income and expenses of 2012-2013 and to know the method of recording and recognizing income and expenses. The method used is descriptive method. The results showed that the ratio of total income in 2013 increased by 10% from 2012. While the ratio of total expenses in 2013 increased slightly by around 12% from 2012. Cement sales which are the company's main income and deposit interest income originating from financial income are recorded using the accrual basis method. While the income from fines from other operating income uses the cash basis method. However, this is considered not to violate generally accepted rules or accounting principles. The expenses recognized by the company as a whole have used the accrual basis recording method. This is in accordance with the PSAK, namely the company prepares financial statements for accrual basis.Keywords: Accounting Analysis, Revenue, Expenses
KUALITAS AKADEMIK YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN CALON MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI PADA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ISLAM SYEKH-YUSUF TANGERANG TAHUN 2018 Syamiya, Estu Niana; Tanu, Yusuf Budiana; Dewi, Hawalina Rizkiana
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (878.626 KB)

Abstract

Abstrak─Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Kualitas Akademik terhadap Keputusan Calon Mahasiswa dalam memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model penelitian yaitu deskriptif korelasi dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 194 mahasiswa yang kemudian ditetapkan dengan menggunakan teknik sampling yaitu  simple random sampling sehingga didapat sampel yaitu sebanyak 131 mahasiswa. Berdasarkan hasil perhitungan secara parsial Kualitas Akademik terhadap Keputusan Calon Mahasiswa diperoleh nilai koefisien regresi 0,629. Pada taraf signifikansi 5%, dapat diketahui thitung sebesar 9,097 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 karena koefisien regresi mempunyai nilai positif dan nilai signifikansi < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Kualitas Akademik terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Calon Mahasiswa dalam memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi. Kata Kunci: Kualitas Akademik, Keputusan Calon Mahasiswa Abstract─This research was carried out in the Faculty of Teacher Training and Education in the Economic Education Study Program of the Islamic University of Syekh-Yusuf Tangerang. This study aims to determine the extent of the influence of Academic Quality on Student Candidate Decisions in choosing the Economic Education Study Program at the Teaching and Education Faculty of the Islamic University of Syekh-Yusuf Tangerang. This study uses a quantitative method with a research model that is descriptive correlation and data collection techniques in the form of questionnaires. The population in this study is 194 students which is then determined by using a sampling technique that is simple random sampling so that a sample of 131 students is obtained. Based on the partial calculation of Academic Quality on Student Candidate Decisions, the regression coefficient value is 0.629. At a significance level of 5%, it can be seen that tcount is 9.097 with a significance value of 0.000 because the regression coefficient has a positive value and a significance value of <0.05.  It can be concluded that Academic Quality has a positive and significant influence on the Prospective Student's Decision in choosing the Economic Education StudyProgram. Keywords: Academic Quality, Decision of Prospective Students
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA Sari, Della; Lestari, Neta Dian
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1008.242 KB)

Abstract

Abstrak─Media Visual merupakan media yang memiliki unsur utama berupa garis, bentuk, warna, dan tekstur dalam penyampaiannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar siswa kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Martapura Tahun Pelajaran 2018/2019.  Metode Penelitian yang digunakan adalah metode ekperimen yang perhitungannya menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 4,921 > ttabel 1,697, maka tolak Ho diterima Ha berarti dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 MartapuraTahun Pelajaran 2018/2019, maka besar tingkat interprestasi pengaruh adalah 29,455% pada kriteria rendah  sedangkan sisanya 70,545% di penagrahui faktor lain. Sedangkan  besar koefisien korelasi atau keeratan hubungan 54% pada kriteria sedang.Kata Kunci: Media Visual, Hasil Belajar. Abstract─Visual Media is a media that has the main elements in the form of lines, shapes, colors, and textures in its delivery. The purpose of this study was to find out the Effect of Visual Learning Media on Learning Outcomes of Social Sciences XI students in Economic Subjects in SMA Negeri 1 Martapura Academic Year 2018/2019. The research method used is the experimental method whose calculation uses quantitative methods. Data collection techniques used are documentation, observation and test techniques. The results showed that thitung 4,921 > ttabel 1,697, then Ho refused to accept Ha means it can be concluded that there was a significant effect between visual learning media on student learning outcomes in Martapura 1 Senior High School Year 2018/2019, then the level of interpretation influence was 29.455% on the criteria low while the remaining 70.545% is determined by other factors. While the correlation coefficient or closeness is 54% in the medium criteria.Keywords: Visual Media, Learning Outcomes.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN VARIABEL MODERATOR KEMANDIRIAN BELAJAR Pratiwi, Nova; Januardi, Januardi
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1067.157 KB)

Abstract

Abstrak─Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berikir rasional mahasiswa pada mata kuliah statistik penelitian dengan menggunakan metode blended learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, karena penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir rasional mahasiswa pendidikan akuntansi yang mengambil mata kuliah Statistik penelitian dan akan dilakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran secara terus menerus selama penelitian. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan melakukan tes untuk melihat kemampuan berpikir rasional mahasiswa mengenai materi yang telah dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan persentase mahasiswa yang memperoleh nilai ≥ B 35,7 % pada siklus I dan 83,3 % pada siklus II, artinya mahasiswa yang mendapatkan nilai ≥ B meningkat. Sehingga indikator keberhasilan yang diharapkan minimal 75% sudah tercapai, maka penelitian tindakan kelas ini hanya sampai siklus ke II.Kata Kunci:    Blended Learning, Kemampuan Berpikir Rasional, Kemandirian   Belajar Abstract─This This study aims to improve the ability of students to think rationally in the research statistics course using the blended learning method. This type of research is classroom action research, because the research aims to improve the ability to think rationally of accounting education students who take Statistics research subjects and will make improvements to the learning process continuously during the research. In this study, researchers collected data by conducting tests to see students' rational thinking skills regarding the material they had learned. The results showed the percentage of students who got a value of nilai B 35.7% in the first cycle and 83.3% in the second cycle, meaning that students who got the value of ≥ B increased. So that the expected success indicator of at least 75% has been achieved, then this class action research is only up to the second cycle.Keywords: Blended Learning, Rational Thinking Ability, Learning Independence

Page 1 of 1 | Total Record : 10