cover
Contact Name
Depi Pramika
Contact Email
jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com
Phone
+6281373939083
Journal Mail Official
jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang Gedung E Lantai 1 Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
ISSN : 25802690     EISSN : 26153025     DOI : 10.31851
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative research field; conceptual; and a literature review. Focus and scope of the journal:
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2017): JURNAL NERACA" : 20 Documents clear
KINERJA KEUANGAN PERBANKAN DI INDONESIA TAHUN 2015 DILIHAT DARI SUDUT RASIO LIKUIDITAS DAN RASIO SOLVABILITAS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA KULIAH ANALISA LAPORAN KEUANGAN Rachmawati, Diana Widhi; Andika, Satria
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 2 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1043.639 KB)

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana masyarakat dan menyalurkannya kepada pihak yang membutuhkan dan mempunyai peranan yang sangat penting dalam system perekonomian yang semakin bertumbuh seiring dengan semakin bertumbuhnya kebutuhan masyarakat. Lembaga perbankan juga berperan sebagai Agen Pembangunan (Agent of Development) dalam pembangunan nasional, dimana bank menyalurkan dananya kepada masyarakat dalam bentuk kredit, guna meningkatkan kemampuan mobilitas dana, serta menciptakan iklim yang lebih baikbagi dunia usaha. Analisis lapora nkeuangan (financial statement analysis) adalah aplikasi dari alat dan teknik analisis untuk laporan keuangan bertujuan umum dan data-data yang berkaitan untuk menghasilkan estimasi dan kesimpulan yang bermanfaat dalaman alisis bisnis. Analisis Laporan Keuangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Metode Analisa Ratio yang terdiri dari : Ratio Liquiditas dan Ratio Solvabilitas. Tujuan umumnya adalah untuk memberikan informasi perkembangan kinerja keuangan perbankan di Indonesia tahun 2015 dilihat dari rasio likuiditas dan solvabilitas.Tujuan khusus sebagai salah satu pembahasan dalam mata kuliah Analisis Laporan Keuangan. Sampel dari penelitian ini adalah :Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BRI, Bank BNI, dan Bank CimbNiaga. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian adalah hasil analisis Likuid dan Solvabel, sebagai bank besar yang berkembang sangat pesat, mereka memiliki asset dan modal sendiri yang masih kuat sehingga dapat membiayai pelaksanaan operasional perbankan di perusahaan.
PENGARUH MEDIA KATALOG TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Widalismana, Merlyn; Yulaini, Erma; Wiwid, Sandy; Anggrainy, Fitria
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 2 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.867 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media katalog terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar mahasiswa pada materi Matematika Ekonomi. Populasi seluruhnya 52 mahasiswa dari 2 kelas. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest-posttes design. Analisis tes keaktifan (pretest dan posttest) menggunakan paired sample t test mendapatkan hasil nilai probabilitas atau signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai t hitung sebesar 6,350, t tabel untuk df 51 adalah 1,6753, maka nilai t hitung lebih besar terhadap nilai t tabel (9,465>1,7653). Sehingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran katalog dapat berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan belajar mahasiswa dengan sangat signifikan (0,000). Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hipotesis satu diterima. Dan ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran katalog terhadap keaktifan mahasiswa berdasarkan hasil perhitungan menggunakan perhitungan yang sama yaitu paired sample t test dengan menganalisis nilai hasil pretest dan posttest didapatkan hasil nilai probabilitas atau signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai t hitung sebesar 9,465, t tabel untuk df 51 adalah 1,6753, maka nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel (9,465>1,6753). Sehingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran katalog dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan signifikan (0,000), sehingga disimpulkan hipotesis dua diterima
IMPLEMENTASI MATA KULIAH AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KESEHARIAN MAHASISWA FKIP AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Gunawan, Hendri
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 2 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (889.94 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan akuntansi Universitas PGRI Palembang. Berdasarkan pengamatan peneliti, banyak dari mahasiswa FKIP akuntansi yang merupakan mahasiswa kos (mengontrak) dimana mereka selalu memiliki jumlah uang yang selalu diterimanya untuk perbulannya. Seringkali penggunaan uang mahasiswa tersebut direncanakan dan digunakan hanya berdasarkan kebutuhan yang bersifat sesaat atau mendesak. Maka penelitian ini ingin melakukan pembuktian apakah setelah diajarkan matakuliah Akuntansi Manajemen mahasiswa mampu merencanakan dan mengalokasikan keuangan yang mereka peroleh dengan baik dan benar. Dari hasil sebaran kuesioner kepada 30 mahasiswa FKIP Akuntansi semester VI dengan 14 aitem pertanyaan dapat diketahui > 80% responden telah memahami matakuliah akuntansi manajemen dan telah menerapkan perencanaan dan pengalokasian keuangan yang merekamiliki dengan baik pada setiap bulannya
ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI (Studi Se-SUMATERA SELATAN) Susanti, Ely
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 2 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.54 KB)

Abstract

Analisis  Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi  (Studi Se-Sumatera Selatan), Effriyanti, SE, M.Si sebagai Ketua Pembimbing  dan Pandriadi, SE, M.Si  Sebagai Anggota pembimbing. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendapatkan bukti empiris bahwa latar bekang pendidikan, peraturan, perangkat pendukung dan  aksesibilitas wilayah berpengaruh pada ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Se-Sumatera Selatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 3,640 yang berarti F hitung (3,640) > F tabel (2,61). Akan tetapi nilai koefisien determinan (R Square) atau pengaruh yang diberikan oleh variabel peraturan, latar belakang pendidikan, perangkat pendukung  dan aksesibilitas wilayah hanya sebesar 0,272 atau 27,20%, sedangkan sisanya sebesar 72,80%. Ini menunjukan bahwa variabel estimasi atau faktor-faktor lain lebih mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Berdasarkan temuan tersbut maka dapat meningkatkan kualitas penyampaian laporan keuangan tepat pada waktun di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi  (Studi Se-Sumatera Selatan) dapat ditingkatkan dengan dukungan yang baik  peraturan (X1), Latar Belakang Pendidikan (X2), Perangkat Pendukung (X3), dan aksesibilitas Wilayah (X4).
PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA KINERJA KEUANGAN DI PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA ( BEI ) Zuliyana, Meti; Mikial, Msy.; Luthfi, Muhammad
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 2 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (980.191 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar terjadinya pengaruh pada kinerja keuangan pada indikator - indikator good corporate governance pada perusahaan yang meliputi: komisaris independen, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional adalah variabel yang diduga mempengaruhi kinerja keuangan pada perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI)  atau  Indonesia  Stock  Exchange  (IDX).  Penelitian  ini  memakai  data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX) dengan menggunakan 12 sampel perusahaan dengan metode Purposive Sampling LQ45 pada periode 2011 sampai dengan 2015. Hasil penelitian dengan menggunakan alat uji regresi linier berganda menyatakan  bahwa  komisaris  independen,  kepemilikan  manajerial  dan kepemilikan  institusional  berpengaruh  signifikan  secara  simultan  (bersama  - sama) terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan ROA dengan tingkat signifikan (0,001), sedangkan secara parsial (individu) faktor fundamental perusahaan: komisaris independen, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan ROA. Sebaiknya, dalam penelitian ini dapat mencakup seluruh perusahaan LQ45   yang   yang   terdaftar   di   Bursa   Efek   Indonesia   (BEI)   dan   lebih memperhatikan indikator-indikator good corporate governance yang lebih memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA). Disarankan untuk penelitian selanjutnya agar menambahkan indikator-indikator good corporate governance seperti dewan direksi dan komite audit diduga memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja keaungan (ROA).
CORPORATE GOVERNANCE DAN KINERJA KEUANGAN SERTA NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN DI INDONESIA Tjandrakirana, Rina; Ubaidillah, Ubaidillah; Dwirini, Dwirini
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 2 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.247 KB)

Abstract

Penelitian ini membuktikan secara  empiris pengaruh Corporate Governance terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan pada perusahaan di Indonesia. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dokumentasi dan diperoleh sampel sebanyak 67 pengamatan pada perusahaan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2014 s/d 2016 dan menggunakan data primer dan sekunder. Proses analisis data yang dilakukan adalah teknik statistik deskriptif, dilanjut uji data panel kemudian memperkirakan model menggunakan model efek umum, model efek tetap dan model efek acak. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil yang positif dan signifikan antara Corporate Governance dan ROA (Model 1), ROE (Model 2). Hal senada juga menunjukkan nilai yang positif signifikan antara Corporate Governance dan  nilai perusahaan.
STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 LUBAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Januardi, Januardi
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 2 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1145.053 KB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran kontekstual merupakan pendekatan kontemporer, sedangkan pendekatan konvensional dimaksudkan pendekatan pembelajaran yang sudah digunakan sejak waktu yang lama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen Terdapat dua variabel dalam penelitian ini disimbolkan dengan X1 dan X2. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, yang diketahui bahwa hasil belajar siswa menggunakan kedua pendekatan memiliki perbedaan yang cukup signifikan, yang berarti pendekatan kontekstual efektif digunakan dalam proses pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lubai.
PERAN UPAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN Feriyana, Winda; Sari, Sri Sarwo; Yansahrita, Yansahrita
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 2 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (796.583 KB)

Abstract

Dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dagang menghadapi persaingan bisnis yang kompetitif saat ini, perusahaan harus dapat dan mampu untuk bersaing. Persaingan yang ketat dilalui jika semua aspek yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikelola, dijaga dan dipertahankan tetapi yang terpenting adalah faktor sumber daya manusianya. Perusahaan harus dapat menjaga seluruh sumber daya manusia yang ikut andil dan bekerja diperusahaan. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengikat para karyawan adalah besarnya upah yang diberikan. Karyawan yang merasa dihargai hasil kerjanya merasa nyaman dalam bekerja dan tercukupi kebutuhannya akan bekerja dengan semangat yang tinggi dan membawa perusahaan pada kemajuan.
HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Pramika, Depi; Kurniawan, Chandra; Agustina, Widya; Muniarti, Reni
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 2 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.265 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semeseter 8 angkatan tahun 2013 yang masih aktif kuliah berdasarkan Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir berjumlah 73 mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan primer dengan tekhnik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi menggunakan alat bantu Statistical Product and Service Solutions (SPSS ver. 24.0). Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis melalui statistik korelasi Kendall’s Tau dan Spearman’s Rho dengan bantuan SPSS 24.0 menunjukkan tidak ada hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini disebabkan karena status soasial ekonomi orang tua baik dari indikator pendidikan, pekerjaaan, dan penghasilan  berada pada kategori rendah dan sangat rendah, sehingga mendorong mahasiswa untuk dapat meningkatkan prestasi belajarnya dengan harapan setelah mereka lulus bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari orang tuanya dengan begitu status sosial ekonomi keluarga akan meningkat
ANALISIS RASIO LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS LAPORAN KEUANGAN KOPERASI SEKOLAH TINGKAT SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS (SLTA) DI KOTA PALEMBANG Hodsay, Zahruddin; Nurjanah, Fitria; Nur’aini, Nur’aini; Pransiska, Dika
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 2 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1075.717 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Rasio Likuiditas dan Profitabilitas Laporan Keuangan Koperasi Sekolah Tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di kota Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan yang diukur dengan rasio likuiditas dan profitabilitas atas laporan keuangan koperasi sekolah tingkat SLTA di kota Palembang. Objek dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahun 2014, 2015 dan 2016 dari koperasi sekolah SMAN 19 Palembang, SMA Muhammadiyan 1 Palembang, SMKN 1 Palembang, SMK PGRI 1 Palembang dan MAN 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, kajian pustaka dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan rumus rasio-rasio laporan keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata rasio lancar pada koperasi tingkat SLTA di kota Palembang tahun 2014  sebesar 41,9, tahun 2015 sebesar 45,1, dan tahun 2016 sebesar 51,9. Demikian juga untuk tahun 2015 dan 2016, utang lancar lebih besar lagi dapat dijamin oleh aktiva lancar koperasi sekolah. Margin laba (profit margin) tahun 2014 rata-rata sebesar 61,1 %, tahun 2015 rata-rata sebesar 72,9 %, dan tahun 2016 rata-rata sebesar 65,7 %. Dapat disimpulkan bahwa rasio lancar dan margin laba (profit margin) pada koperasi sekolah tingkat SLTA di Kota Palembang dari tiga tahun terakhir dikategorikan sehat.

Page 1 of 2 | Total Record : 20