cover
Contact Name
Depi Pramika
Contact Email
jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com
Phone
+6281373939083
Journal Mail Official
jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang Gedung E Lantai 1 Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
ISSN : 25802690     EISSN : 26153025     DOI : 10.31851
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative research field; conceptual; and a literature review. Focus and scope of the journal:
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2019): JURNAL NERACA" : 10 Documents clear
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI DI SMK PGRI 1 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Luluk Irawan; Erma Yulaini; Januardi Januardi
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.31 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v3i1.3385

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh media pembelajaran komik terhadap hasil belajar siswa akuntansi di SMK PGRI 1 Palembang tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,observasi dan tes, serta teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dapat dilihat perbedaanya bahwa kelas eksperimen mencapai 74,19% (Cukup Aktif) dan kelas kontrol mencapai 77,41% (Cukup Aktif). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak dan kelas XI AK 1 yang berjumlah 92 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampel Random yaitu sampel acak, jumlah sampel yang didapat dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 82,09%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 63,93%. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi: Y = 63,91 + 18,2 D, dari perhitungan diperoleh harga thitung = 8,708 > ttabel = 2,000, maka tolak Ho terima Hα dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran komik terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh antara media pembelajaran komik terhadap hasil belajar siswa adalah 55,7% sedangkan sisanya sebesar 44,3% dipengaruhi faktor lain.
PENGARUH TRANSFORMASI EKONOMI TERHADAP SPESIALISASI DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA KOTA-KOTA DI PROVINSI SUMATERA SELATAN Evi Rosiana
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1137.077 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v3i1.3714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh transformasi ekonomi terhadap spesialisasi dan penyerapan tenaga kerja kota-kota di Provinsi Sumatera Selatan. Guna menjawab permasalahan penelitian digunakan metode analisis regresi data panel selama 8 tahun yaitu dari Tahun 2006 hingga Tahun 2013 mencakup seluruh kota di Provinsi Sumatera Selatan yaitu Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kota Pagar Alam dan Kota Lubuk Linggau. Penghitungan nilai spesialisasi menunjukkan bahwa sektor ekonomi yang terspesialisasi di seluruh kota di Sumatera Selatan adalah sektor jasa. Hasil estimasi model pengaruh transformasi ekonomi terhadap spesialisasi dan penyerapan tenaga kerja menunjukkan bahwa transformasi ekonomi yang terjadi pada sektor pertanian dan jasa berpengaruh signifikan dan positif terhadap spesialisasi dan penyerapan tenaga kerja sedangkan transformasi ekonomi sektor industri berpengaruh signifikan dalam arah yang negatif terhadap spesialisasi dan penyerapan tenaga kerja sektor industri.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY - TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DISMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG Remi Aliarti
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.212 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v3i1.3716

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS yang berjumlah 121 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas kelas eksperimen yaitu 84,59%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 63,66%. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh antara model  pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar siswa adalah 79,48 % sedangka  sisanya  sebesar 20,52 % dipengaruhi faktor lain.
ANALISIS RASIO LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS SEBAGAI ALAT EVALUASI KINERJA KEUANGAN KOPERASI KARYAWAN PT. PUSRI PALEMBANG Fatimah Adlia
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (900.666 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v3i1.3715

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui rasio likuiditas dan profitabilitas pada Koperasi Karyawan PT. Pusri Palembang. Metode penelitian yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan rasio likuiditas koperasi; dilihat dari aspek current ratio, quick ratio, rasio kas atas aktiva lancar, rasio kas atas utang lancar, rasio aktiva lancar dan total aktiva dan rasio aktiva lancar dan total utang pada tahun 2015 sampai 2017 berada pada kategori cukup sehat. Sedangkan Rasio Profitablitas/rentabilitas dilihat dari aspek net profit margin, gross profit margin, return on asset, dan return on equity pada tahun 2015 sampai 2017 berada pada kategori sangat sehat karena mengalami peningkatan yang cukup signifikan disetiap tahunnya.
ANALISIS PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) DALAM PENCEGAHAN KREDIT MACET PADA PT. BANK SUMSEL BABEL PUSAT Wiranti Wiranti; Zahruddin Hodsay; Chandra Kurniawan
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.989 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v3i1.3387

Abstract

Kredit macet atau problem loan adalah kredit yang pada kegiatannya belum sesuai sasaran yang direncanakan pihak bank, kredit yang mempunyai resiko bagi pihak bank pada masa yang akan datang dalam artian luas, kredit yang terdapat kesulitan pada penyelesaiannya, dalam pengembalian pokok atau pembayaran bunga, denda atas keterlambatan pembayaran dan ongkos-ongkos bank yang membebankan pihak debitur.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara (Interview), pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa dokumen-dokumen dan catatan-catatan perusahaan yaitu PT. Bank Sumsel Babel Pusat yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menyatakan Prosedur pemberian PT. Bank Sumsel Babel Pusat sudah berjalan cukup baik dan benar secara keseluruhan tetapi masih ada permasalahan yang harus diperhatikan dan diperbaiki untuk mengantisipasi kesalahan dalam proses pemberian KPR. Faktor penyebab terjadi kegagalan dalam pengajuan KPR pada PT. Bank Sumsel Babel Pusat ada yang berasal dari pihak perusahaan (intern) dan dari pihak debitur (ekstern).
PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MAHASISWA YANG BERASAL DARI SMA DENGAN SMK PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG HERLISA PUTRA
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (919.707 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v3i1.3711

Abstract

Program Studi Pendidikan Akuntansi merupakan suatu program dari ilmu sosial yang mahasiswanya memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda yaitu dari SMA Jurusan IPS dan IPA dengan SMK Jurusan Akuntansi dan Administrasi Perkantoran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif (membandingkan). Berdasarkan hasil pembahasan, di dapat bahwa rata-rata nilai Pengantar Akuntansi mahasiswa yang berasal dari SMA Jurusan IPA 77,16, Jurusan IPS 80,595, dan Mahasiswa yang berasal dari SMK 86,429 dari hasil rata-rata ini maka di dapat rata-rata tertinggi adalah mahasiswa yang berasal dari SMK Jurusan Akuntansi dengan SMA jurusan IPS. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik parametris uji komparatif lebih dari dua sampel independen, diperoleh hasil  6,152 >   0,05/2 = 3,11 maka  diterima dan  ditolak. Berarti terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang berasal dari SMA dengan SMK pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Palembang
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG Devi Nur Ahni Oktavia Putri; BUKMAN LIAN; DEPI PRAMIKA
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.276 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v3i1.3290

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen atau eksperimental pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik data yaitu dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana yaitu menunjukan bahwa , sehingga berdasarkan kriteria Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti ada pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Srijaya Negara Palembang. Dimana  besar pengaruhnya adalah 43,8% sedangkan sisanya (100-43,8) = 56,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam peneitian ini.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PGRI 4 PALEMBANG Sumardi Sumardi
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (957.6 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v3i1.3712

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ekonomi, dilaksanakan melalui 2 siklus, tahapan pertama perencanaan, kedua kegiatan pelaksanaan tindakan, ketiga observasi, keempat kegiatan evaluasi, kegiatan lima refleksi. Hasil  ulangan siswa pada siklus I mata pelajaran ekonomi melalui upaya penggunaan media berbasis multimedia interaktif tentang APBN dan APBD dalam pembangunan perekonomian rata-rata jumlah nilai siswa 56,55 belum mencapai ketuntasan klasikal yaitu rata-rata 75%. Oleh karena itu dilanjutkan ke siklus ke 2 dengan kompetensi dasar “Mengevaluasi APBN dan APBD dalam pembangunan “ pada siklus II hasil belajar rata-rata jumlah nilai siswa  yang di peroleh yaitu 76,55. Jadi dengan adanya penerapan pembelajaran dengan menggunakan media berbasis multimedia interaktif dapat mengahsilkan nilai yang memenuhi kkm yang telah di tentukan oleh guru, karena sudah memenuhi syarat ketuntasan klasikal yaitu rata-rata 75%, maka penggunaan media interaktif dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran ekonomi.
Pengaruh Penerapan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Abab Tahun Pelajaran 2018/2019 Dwi Septia Sari; Yasir Arafat; Hendri Gunawan
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.813 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v3i1.3147

Abstract

Based on the preliminary observations that researchers have done at Abab 1 Public High School, that learning media conducted using conventional learning methods using conventional learning methods has been going well but has not got maximum results, this can be seen from the 65% completeness and those who have completed 35% of the KKM 75 that had been determined by the school. The formulation of the problem in this study is "Is There Any Effect of Application of Image Media on Student Learning Outcomes in Economic Subjects in Abab N 1 High School 2018/2019 Academic Year".The purpose of this study is to find out whether there is an effect of the application of image media on student learning outcomes in economic subjects at Abab N 1 High School 2018/2019 Academic Year. The method used is quasi-experimental research (quasi-experiment).The results of the study are based on the results of the hypothesis carried out using the t test while the regression formula that is used is a simple linear regression dummy variable, there is the influence of the application of image media on student learning outcomes on economic subjects in Abab 1 Public High School 2018/2019. This can be seen from the results of the hypothesis that obtained tcount 4.766> t table 1.996, then reject Ho accepted Ha means it can be concluded that there is influence of media images on student learning outcomes in Abab 1 Public High School 2018/2019 Academic Year, with the influence of 25.88% on the criteria low, while the remaining 74.12% is influenced by other factors.
ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA PROYEK DI PT. PUTRA GEMILANG NIKOM Abu Azhari
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (864.507 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v3i1.3713

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengendalian biaya proyek di PT. Putra Gemillang Nikom. Objek dalam penelitian ini adalah laporan-laporan atau catatan-catatan tentang anggaran dan realisasi biaya proyek di PT. Putra Gemilang Nikom. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan interview (wawancara). Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pengendalian biaya proyek peningkatan jalan Nikan-Batumarta VIII pada tahun 2015 sebesar 0,95 dan termasuk dalam kategori sangat eektif, tahun 2016 pada proyek peningkatan jalan Gumawang-Petanggan efektivitas pengendalian biaya sebesar 1 dan termasuk dalam kategori efektif, dan pada tahun 2017 proyek peningkatan jalan dalam Kota Muaradua efektivitas pengendalian biaya sebesar 0,94 dan termasuk dalam kategori sangat efektif. Jadi pengendalian biaya proyek di PT. Putra Gemilang Nikom sudah berjalan dengan baik namun masih ada beberapa komponen biaya proyek yang harus di evaluasi pengendaliannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10