cover
Contact Name
Depi Pramika
Contact Email
jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com
Phone
+6281373939083
Journal Mail Official
jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang Gedung E Lantai 1 Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
ISSN : 25802690     EISSN : 26153025     DOI : 10.31851
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative research field; conceptual; and a literature review. Focus and scope of the journal:
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): JURNAL NERACA" : 10 Documents clear
ANALISIS SISTEM SIMPAN PINJAM KOPERASI KARYA TAMA MANDIRI KECAMATAN MUARA BELITI KABUPATEN MUSI RAWAS Meliani Purwanti; Ikbal Barlian; Riswan Aradea
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 4, No 1 (2020): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (806.532 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v4i1.4325

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Sistem Simpan Pinjam Koperasi Karya Tama Mandiri. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Sistem Simpan Pinjam Koperasi Karya Tama Mandiri Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas dapat dijelaskan bahwa (1) Sistem Simpan Pinjam pada koperasi Karya Tama Mandiri Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas, besar simpanan pokok Rp. 5000,- dan besar simpanan wajib Rp. 20.000,- sedangkan simpanan sukarela, tidak memiliki ketetapan jumlah dalam nominalnya. Pada sistem pinjaman, setiap anggota koperasi diberi batas uang pinjaman mulai dari Rp. 1.000.000,- sampai dengan Rp. 20.000.000,- kecuali bagi yang meminjam uang menggunakan jaminan surat berharga dapat meminjam uang lebih dari Rp. 20.000.000,- pinjaman uang pada Koperasi Karya Tama Mandiri dikenakan bunga sebesar 2%.
PENGARUH LIKUIDITAS, DER, FIRM SIZE, DAN ASSET TURNOVER TERHADAP KINERJA KEUANGAN Puji Lestari
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 4, No 1 (2020): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/neraca.v4i1.3843

Abstract

Tujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, struktur modal, firm size dan asset turnover terhadap kinerja keuangan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman pada Bursa Efek Indonesia pada 2015-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan mendapatkan sampel sebanyak 12 perusahaan dari beberapa kriteria. Sumber data adalah data sekunder. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan analisis linear berganda menggunakan SPSS 21. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh terhadap kinerja keuangan sebesar 15,8%. Sementara likuiditas, firm size dan asset turnover tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan. Dan 84,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS TIPE BEACH BALL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI Titin Wulandari; Zahruddin Hodsay; Depi Pramika
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 4, No 1 (2020): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.346 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v4i1.4307

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran diskusi kelas tipe beach ball terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Prabumulih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen atau eksperimental pendekatan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana menunujukkan bahwa thitung 5,277 > ttabel 1,999, sehingga berdasarkan kriteria Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti ada pengaruh model pembelajaran diskusi kelas tipe beach ball terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Prabumulih Tahun Pelajaran 2019/2020. Dimana besar pengaruhnya adalah 31,4% sedangkan sisanya (100-31,4) = 68,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
ANALISIS KINERJA PEMERINTAH PROVINSI DI INDONESIA Suharyono Suharyono
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 4, No 1 (2020): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.002 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v4i1.4148

Abstract

Pemerintah provinsi memainkan peran yang utama dalam memberikan pengadbdian kepada masyarakat. Namun, beberapa pemerintah daerah membutuhkan penilaian kinerja agar menjadi evaluasi untuk upaya yang lebih baik. Nilai penerapan e-government dari kementerian dan opini audit dari BPK yang didapat oleh pemerintah provinsi penting untuk mengukur pencapaian pemerintah provinsi. Studi ini meneliti hubungan antara e-government, opini audit dan kinerja pemerintah provinsi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini mencakup semua pemerintah provinsi di Indonesia. Menggunakan analisis regresi, diperoleh hasil bahwa e-government positif hubungannya terhadap performa pemerintah provinsi. Opini audit juga berhubungan positif dengan kinerja seperti yang diharapkan. Hal ini membuktikan bahwa opini audit dari BPK dan e-government dari Kementerian dapat digunakan sebagai indikator performa pemerintah provinsi.
PENGEMBANGAN E-MODUL AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MENCATAT TRANSAKSI DALAM PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Hendri Gunawan
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 4, No 1 (2020): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (911.919 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v4i1.4311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-Modul Akuntansi kompetensi dasar mencatat transaksi dalam persamaan dasar akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan di Palembang yang valid dan praktis, serta untuk mengetahui efek potensialnya terhadap hasil belajar peserta didik. Metode peneltian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan produk Rowntree Model, sedangkan evaluasi produk menggunakan evaluasi formatif model Tessmer. Berdasarkan penelitian pengembangan ini, bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan memiliki potensial efek, dalam hal ini pada peserta didik kualitas hasil belajarnya sangat baik dan keaktifannya sangat tinggi dalam setiap pertemuan. Saran guru, dapat menjadikan bahan ajar ini sebagai inovasi baru dalam proses pembelajaran untuk dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa; sekolah, agar dapat meningkatkan fasilitas laboratorium dan memfasilitasi guru agar dapat mengembangkan bahan ajar dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa
PENGARUH PROMOSI, HARGA, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK PRODUK RABBANI DI PALEMBANG Novita Anggraini; Qodariah Barkah; Titin Hartini
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 4, No 1 (2020): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.204 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v4i1.4176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  promosi, harga, kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan citra merek pada produk fashion rabbani di kota palembang. Populasi sebanyak 3650 orang, teknik pengambilan sampel adalah, teknik sampling insidental sampel sebanyak 97 konsumen. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, sedangkan teknik analisis data adalah analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian analisis statistik dapat disimpulkan bahwa secara simultan promosi, harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian konsumen dengan citra merek sebagai variabel intervening pada produk fashion rabbani di kota palembang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari perhitungan T-Statistics > 1,96 dan nilai P-Values < 0,05
ANALISIS PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PGRI 4 PALEMBANG Apriyanto Apriyanto; Neta Dian Lestari
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 4, No 1 (2020): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (873.477 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v4i1.4312

Abstract

Tujuannya yaitu peneliti menganalisis prestasi belajar siswa XI mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI 4 Palembang sebanyak 36 siswa. Metode penelitian yaitu menggunakan deskriftip pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini hanya 36 orang atau kurang dari 100 siswa, maka peneliti menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dan analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti teliti menunjukan hasil, bahwa pada nilai Ulangan harian kesatu sampai dengan ulangangan harian ketga dimana nilai rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 78,18 pada kriteria BAIK. Sedangkan frekuensi diperoleh sebagak 34 siswa pada kategori BAIK yaitu sebesar 94,34% dan 2 siswa memperoleh kategori Cukup yaitu dengan persentasi sebesar 5,6%.
PENGARUH FIRM SIZE, LIKUIDITAS, STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS Ferlina Ekinanda
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 4, No 1 (2020): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/neraca.v4i1.3915

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji pengaruh firm size, likuiditas dan struktur modal terhadap profitabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan makanan dan minuman pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2018. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 12  perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2018. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel firm size tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Sementara likuiditas dan struktur modal berpengaruh terhadap profitabilitas sebesar 15,1%. Dan 84,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG Erma Yulaini; Melisa Anggraini
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 4, No 1 (2020): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.11 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v4i1.3638

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 8 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi observasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa. Diketahui hasil belajar siswa kelas eksperimen nilai tertinggi adalah 95 dan terendah 60 dengan rata-rata 79,4, sedangkan kelas kontrol nilai tertinggi adalah 85 dan terendah 55 dengan rata-rata 71,6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 4,864 > ttabel = 1,999   , maka tolak Ho terima Hα dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 8 Palembang. Besarnya interpretasi pengaruh adalah sebesar 52% sedangkan sisanya sebesar 48% dipengaruhi faktor lain.
Evaluasi Penggunaan Mols Terhadap Mata Kuliah Akuntansi Biaya 2 Audeva Azhar Muhamad; Catur Sefti Nanda
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 4, No 1 (2020): JURNAL NERACA
Publisher : Program Study of Accounting Education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (921.318 KB) | DOI: 10.31851/neraca.v4i1.4161

Abstract

Proses pembelajaran di kampus dihentikan dan mahasiswa dihimbauuntuk belajar dari rumah sebagai langkah efektif untuk menghentikan penyebaran virus corona. Universitas Mulawarman sudah menyiapkan sebuah situs pembelajran daring yaitu MOLS. Situs ini membantu agar proses perkuliahan tetap berjalan ditengah situasi pandemi. Maka penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah sistem pembelajaran daring yang disediakan sudah efektif dan bisa menggantikan pembelajaran tatap muka di kampus dengan baik. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui pemberian kuesioner atau angket, kemudian analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa situs pembelajaran daring MOLS sudah cukup baik dan mudah di akses oleh mahasiswa. Diperlukannya peningkatan kualitas situs dengan penambahan fitur seperti audio visual (video teleconference) untuk menunjang proses pembelajaran, terutama pada mata kuliah Akutansi Biaya 2, dimana sebagian besar mahasiswa tetap memerlukan proses pembelajaran tatap muka untuk memahami materi dengan baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 10