cover
Contact Name
Dede Dwiansyah Putra
Contact Email
Dededwiansyahputra@gmail.com
Phone
+6281221091323
Journal Mail Official
jurnalhon@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidkan Olahraga Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan Universitas PGRI Palembang Jl. Jendral A. Yani Lorong Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. 0711-510043, Fax. 0711-514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan
ISSN : 26142775     EISSN : 26218143     DOI : https://doi.org/10.31851/hon
Core Subject : Social,
This journal focuses on learning and development in physical education, health, sports, physical and recreation, articles written in Indonesian and English
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019): Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)" : 10 Documents clear
KECERDASAN GERAK DALAM PENDIDIKAN JASMANI Hilda Oktriyeni
Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol 2, No 2 (2019): Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.292 KB) | DOI: 10.31851/hon.v2i2.3017

Abstract

AbstrakDi dalam dunia pendidikan Indonesia, olahraga telah masuk didalam kurikulum dan menjadi mata pelajaran wajib dituntaskan disetiap jenjang pendidikan wajib belajar.Tenaga pendidik juga telah dimaksimalkan dengan kualifikasi untuk seorang guru olahraga adalah minimal sarjana strata satu dan dosen minimal sarjana strata dua.Olahraga dipandang sebagai salah satu tingkat kecerdasan yang sebenarnya wajib dilatih oleh manusia yaitu kecerdasan motorik.Kecerdasan motorik merupakan kemampuan manusia didalam melakukan aktifitas yang melibatkan anggota tubuh dengan benar, baik yang didapat secara pribadi maupun yang dipelajari. Dengan kata lain kecerdasan motorik bisa dikatakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran pendidikan jasmani. Mengetahui dan mempelajari kemampuan belajar gerak peserta didik sangatlah penting agar seorang pendidik khususnya pendidikan olahraga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan seorang peserta didiknya, agar nantinya dapat menyelaraskan gaya mengajar dengan program serta perencanaan, fasilitas yang dibutuhkan, dan lain-lain. Kata Kunci: Pendidikan Indonesia, Tenaga Pendidik, Kecerdasan Motorik
SURVEI MINAT MEMBER YANG MENGIKUTI FITNESS PADA PUSAT KEBUGARAN KOTA PALEMBANG Hengki Kumbara
Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol 2, No 2 (2019): Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.542 KB) | DOI: 10.31851/hon.v2i2.3013

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah beragamnya motif member yang datang pada pusat kebugaran (fitness center)untuk latihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui factor penyebab munculnya motif member dan seberapa besar motivasi latihan member pusat kebugaran.Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survey.Populasi dan sampel penelitian berjumlah 23 orang.Pengumpulan data menggunakan kuisioner.Analisis data menggunakan analysis persentase.Berdasarkan temuan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, beberapa pernyataan yang di dapat diantaranya adalah (a) sumber penyebab motivasi member adalah karena faktor internal dan faktor eksternal, (b) besarnya motivasi member fitness yang termotivasi karena faktor internal dan faktor eksternal untuk latihan adalah 67,11% menyatakan Ya dan 32,89% member menyatakan tidak. Kata Kunci: Minat mengikuti fitness
ANALISIS KESALAHAN TENDANGAN ATLET PENCAK SILAT UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Bayu Iswana
Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol 2, No 2 (2019): Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.572 KB) | DOI: 10.31851/hon.v2i2.3018

Abstract

Abstrak Kesalahan melakukan tendangan dalam pertandingan pencak silat menimbulkan kerugian seorang atlet. Dampaknya atlet mudah dibanting dan mudah dihindari oleh lawan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesalahan tendangan yang dilakukan atlet pencak silat Universitas PGRI Palembang. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah atlet pencak silat Universitas PGRI Palembang. Sampel dipilih sesuai dengan kriteria tertentu yaitu atlet yang sering mengalami kesalahan menendang pada saat bertanding. Sampel melakukan tes kecepatan tendangan selama 10 detik yang didokumentasikan melalui vidieo selajutnya dianalisis kecepatan, keseimbangan dan jarak sasaran. Hasil penelitian menunjukan sampel satu terdapat kesalahan dalam mengatur ketepatan menendang dan jarak menendang sehingga mudah dibanting. Selanjutya sampel kedua memiliki tingkat keseimbangan yang labil pada saat menendang tendangan sabit. Untuk sampel yang lain terdapat permasalahan yang serupa yakni kecepatan tendangan yang perlu ditingkatkan.  Kesimpulan peneliti dari seluruh sampel yang diteliti terdapat sebuah permasalahan tendangan yang menyebabkan atlet mudah dibanting dan terantisipasi dengan tehnik lain oleh lawan. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan Tendangan, Atlet Pencak Silat
PENINGKATAN PENGARUH LATIHAN KELINCAHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA SISWA SMA NEGERI 3 SAMARINDA Ruslan Ruslan; Nurjamal Nurjamal
Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol 2, No 2 (2019): Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.355 KB) | DOI: 10.31851/hon.v2i2.3014

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Pengaruh Latihan Kelincahan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pada Siswa SMA Negeri 3 samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.  Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa SMA Negeri 3 samarinda yang berjenis kelamin laki-laki. Pengambilan sampel menggunakan sistem random sampling, terbagi ke dalam 2 kelompok yaitu kelompok A dengan latihan Latihan Lari Zig-Zag dan kelompok B dengan Latihan Jongging Run. Setiap kelompok terdiri dari 15 orang sampel. Jadi jumlah keseluruhan sampel sebanyak 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan teknik uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Ada pengaruh antara latihan Lari Zig-Zag Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pada Siswa SMA Negeri 3 samarinda, diperoleh nilai to = 8.174 ≥ t0,05 = 2,145 dengan nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh 0,000 < α 0,05; 2). Ada pengaruh antara latihan Jongging Run Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pada Siswa SMA Negeri 3 samarinda, diperoleh nilai to = 7.645 ≥ t0,05 = 2,145, dengan nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh 0,000 < α 0,05; 3). Ada perbedaan pengaruh latihan Pengaruh Latihan lari Zig-Zag Dan Latihan Jongging Run Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pada SMA Negeri 3 samarinda yang diperoleh 0,000 < α 0,05 = 0.281.Kata Kunci : Kelincahan, lari zig-zag, Jongging Run, Menggiring Bola
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KRITERIA LAYANAN BANTUAN: MENINGKATKAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES SLB PKK BANDAR LAMPUNG Rachmi Marsheilla Agus
Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol 2, No 2 (2019): Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.94 KB) | DOI: 10.31851/hon.v2i2.3019

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengaruh antara metodebermain dan metode konvensionaluntuk meningkatkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok, perbedaan pengaruh kriteria bantuan mandiri dan kriteria minimal untuk meningkatkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok siswa tunagrahita ringan, dan interaksi antara metodepembelajaran dan kriteria layanan bantuan untuk meningkatkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok siswa tunagrahita ringan.Penelitian eksperimen ini faktorial 2x2.Populasi 20siswa kelas IV SLB PKK Bandar Lampung.Sampel 20siswa dibagi menjadi 4 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 siswa, pengambilan sampel dengan total sampling.Analisis data digunakan uji Anava dua arah taraf signifikansi 5%, dilanjutkan uji Tukey. Hasil penelitian: (1) adaperbedaan pengaruh antara metode bermain dan metode konvensionalFhit(6,095)>Ftab(3,24);(2) ada perbedaan pengaruh antara kriteria bantuan mandiri dan kriteria bantuan minimalFhit(4,667) >Ftab(3,24); (3) terdapat interaksi antara metodepembelajarandan kriteria layanan bantuan untuk meningkatkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkokFhit(6,095)>Ftab(3,24).Simpulan:(1) metode bermain memberikan pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan metode konvensional; (2) siswa dengan kriteria bantuan mandiri memberikan pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok siswa tunagrhaita ringan; (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kriteria layanan bantuan. Saran bagi guru penjasorkes untuk meningkatkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok, lebih memilih metodebermain, mengembangkan metodebermain, dan perlu memperhatikan kriteria layanan bantuan pada masing-masing anak. Kata kunci :Metode Belajar, Lompat Jauh, Tuna Grahita
PENERAPAN MODEL PERMAINAN ROUNDERS YANG DIMODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR MURID SD NEGERI PACCINONGAN KABUPATEN GOWA Benny B; M.Rachmat Kasmad
Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol 2, No 2 (2019): Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.249 KB) | DOI: 10.31851/hon.v2i2.3010

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Penerapan model permainan rounders yang dimodifikasi terhadap kemampuan gerak dasar Murid SD Negeri Paccinongan Kabupaten Gowa . Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan jumlah sampel sebanyak 30 (tiga puluh) murid kelas V (lima) SD, yang diperoleh melalui teknik total sampling. Kemudian penelitian dilakukan dengan menggunakan alat tes yaitu tes lempar sasaran, tes lompat jauh tanpa awalan, tes keseimbangan, dan tes kelincahan  sekaligus sebagai sumber data awal dan data akhir penelitian. Dari hasil pre test diperoleh hasil kemampuan awal siswa sebesar 42,87, dan setelah diberikan perlakuan (permainan rounders yang dimodifikasi), maka kemampuan akhir siswa sebesar 54,71. Dari data tersebut diperoleh nilai Variabel X1 dengan rata-rata sebesar 5145 dan nilai Variabel X2 dengan rata-rata sebesar 6565.  Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus uji statistika, yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Penelitian ini berlangsung selama 16 kali pertemuan. Dari hasil analisis data diatas, menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan gerak dasar siswa setelah diberikan model perlakuan permainan rounders yang dimodifikasi maka penelitian menyatakan bahwa model permainan rounders yang dimodifikasi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan gerak dasar Murid SD Negeri Paccinongan Kabupaten Gowa. Kata Kunci: Permainan, Modifikasi, Rounders, Gerak Dasar 
PENERAPAN PERMAINAN DENGNAN MEDIA SWISS BALL UNTUK MENINGKATKAN KELENTUKAN LOWER BACK (PADA MAHASISWA KOP AEROBIC GYMNASTICS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA) M Dian Susanto; Sri Nuraini
Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol 2, No 2 (2019): Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.585 KB) | DOI: 10.31851/hon.v2i2.3015

Abstract

Abstrak               Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan punggung bawah melalui permainan bola swiss pada siswa polisi pada senam aerobik, Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan penelitian (Action Research), mahasiswa senam aerobik di Universitas Jakarta. senam aerobik, Universitas Negeri Jakarta. Indikatornya adalah: sikap awal, sikap, sikap akhir. Hasil penelitian dari 20 siswa perempuan, hasil tes pertama dilakukan sebagai siklus pertama, kemudian hasil dari siklus data pertama sebagai referensi di siklus kedua. Dan untuk siswa yang mengikuti tes awal untuk 20. Ada 9 siswa yang dinyatakan berhasil meningkat 18 siswa atau 90%. Sehingga ada tingkat determinasi yang lebih rendah untuk mahasiswa senam aerobik, Universitas Negeri Jakarta. Kata kunci : Permainan dengan media swiss ball, kelentukan lower back.
PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR INKLUSI Bambang Gatot Sugiarto
Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol 2, No 2 (2019): Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.956 KB) | DOI: 10.31851/hon.v2i2.3011

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara obyektif bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan inklsui, hambatan-hambatan dalam pelaksaan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani serta upaya guru mengatasi hambatan dalam pelaksnaan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani di sekolah inklusi.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta pengolahan data berdasarkan teknik tringulasi data dengan bertujuan bukan untuk mencari kebenaran dari beberapa fenomena melainkan lebih pada pemahaman peneliti terhadap apa yang ditemukan dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah SD di kota Kota Cimahi yang terdapat 5 wilayah di Kota Cimahi. Karena keterbatasan penulis dan luasnya wilayah Kota Cimahi maka peneliti telah menentukan satu sekolah yang akan menjadi sampel dalam penelitian ini, yaitu SD Negeri Cibabat Mandiri 2 yang terletak di kawasan Kota Cimahi utara. instrumen dalam penelitian ini adalah hasil data  observasi, wawancara dan dokumentasi kegiatan selama penelitian.Hasil penelitian ini menunjukan kesimpulan bahwa:Kegiatan belajar mengajar penjas di sekolah SDN Cibabat Mandiri 2 berjalan dengan baik seperti sekolah-sekolah lain pada umumya, sistematika yang berjalan sesuai dengan perangkat pembelajaran seperti pendahuluan, isi dan penutup. Hambatan yang dihadapi dalam proses kegiatan kegiatan belajar adalah guru harus memberikan intruksi dan pemahaman materi terhadap siswa inklusi harus secara berkali - kali sampai siswa tersebut paham dan mau melakukan.upaya yang dilakukan guru adalah dengan memberikan waktu khusus  di dalam maupun diluar untuk siswa inklusi. Kata Kunci: Kegiatan Belajar Mengajar, Pendidikan Jasmani,Pendidikan Inklusi
PATROL MULTIGUNA SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN TOLAK PELURU DI SMP NEGERI 1 SEI BALAI KABUPATEN BATU BARA TAHUN AJARAN 2017/2018 Joko Priono
Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol 2, No 2 (2019): Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.118 KB) | DOI: 10.31851/hon.v2i2.3016

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah alat/media modifikasi tolak peluru yang dapat digunakan untuk beberapa permainan tolak peluru, sehingga produk ini dapat dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran di sekolah khususnya di SMPN 1 Sei Balai.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D yang bertujuan menghasilkan produk berupa alat/media pembelajaran tolak peluru, namun sesunguhnya alat yang peneliti kembangkan dapat dijadikan media pembelajaran lompat jauh dan tiang lompat tinggi namun karena keterbatasan waktu maka disini peneliti hanya membahas alat untuk permainan tolak peluru. Dalam penelitian ini, data mengenai kualitas produk yang dihasilkan, dibantu menggunakan angket peneletian. Agar didapat kualitas alat/media yang berkualitas tinggi, maka dalam proses pembuatannya dilakukan beberapa tahapan, yaitu uji validasi kepada ahli alat, uji validasi kepada 2 orang ahli atletik, uji coba kepada siswa (pengguna) dalam kelompok kecil, uji coba kepada siswa pada kelompok besar.Hasil penelitian ini adalah sebuah patrol multiguna sebagai alternatif media pembelajaran tolak peluru dengan kualitas yang “Baik”. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya hasil validasi ahli alat dengan rata-rata skor 4,80 yang termasuk dalam kategori “Sangat baik”, diperolehnya validasi kedua ahli atletik yang memiliki skor yang sama yaitu rata-rata skor 4.60 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan diperolehnya hasil uji coba pada siswa SMPN 1 Sei Balai dengan rerata skor 4.70 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Kata Kunci: Patrol Multiguna, Alternatif,  Media Pembelajaran, Tolak Peluru.
PENGARUH METODE LATIHAN TERHADAP DAYA TAHAN FISIK SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMA N 2 TANJUNG RAJA Mutiara Fajar
Halaman Olahraga Nusantara : Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol 2, No 2 (2019): Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.695 KB) | DOI: 10.31851/hon.v2i2.3012

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler SMA N 2 Tanjung Raja masih sering mengalami kelelahan fisik saat bertanding sepak bola, Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan Penelitian in untuk melihat perbedaan hasil latihan interval dan fartlek terhadap daya tahan fisik siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Sampel yang diambil seluruh siswa ekstrakurikuler sepak bola SMA Negeri 2 Tanjung Raja didasakan apabila subyek yang diteliti jumlahnya kurang dari 100 maka akan lebih baik diambil semua sebagai sampel, jadi teknik yang dilakukan dalam pemilihan sampel penelitian adalah total sampling dengan jumlah 20 siswa. Berdasarkan analisa data Adanya pengaruh metode latihan interval dan latihan fartlek terhadap daya tahan fisik siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Terdapat perbedaan latihan interval dan latihan fatrlek terhadap daya tahan fisik siswa ekstrakurikuler sepak bola SMA Negeri 2 Tanjung Raja karena t hitung > t tabel (1,79 >1,72). Berdasarkan data di atas, diperoleh keterangan bahwa latihan interval memberikan kontribusi peningkatan sebesar 28,5% terhadap daya tahan fisik siswa, dan latihan fartlek memberikan kontribusi sebesar 52,25% dengan tingkat perbedaan signifikan. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dari kedua kelompok latihan artinya latihan fartlek memberikan kontribusi lebih besar jika di bandingkan kelompok latihan interval. Kata Kunci : Latihan Interval, Latihan Fartlek,  Daya tahan fisik

Page 1 of 1 | Total Record : 10