cover
Contact Name
Santa Idayana Sinaga
Contact Email
jurnalpernikpaudupgri@gmail.com
Phone
+6285267868591
Journal Mail Official
paudsanta@gmail.com
Editorial Address
Street. Jendral A. Yani Lorong Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang South Sumatera
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 26225174     DOI : https://dx.doi.org/10.31851/pernik
Core Subject : Education, Social,
PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini embodies original research or scientific articles from laboratory or field experiments and also theoretical as well as collaborative research in pure of early chilhood education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 77 Documents
HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 2 PALEMBANG Maysela Azzahra, Indah
PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2019): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pernik.v2i2.4066

Abstract

Bahasa merupakan sarana dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Perkembangan bahasa akan optimal apabila dibantu dengan stimulasi orangtua. Pola asuh orangtua yang baik akan meningatkan kemampuan berbahasa yang baik pula. Berdasarkan hal tersebut, maka masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan bahasa anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu dengan anak di TK Aisyiyah 2 Palembang dengan jumlah 65 ibu dengan anak usia 4-6 tahun. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu 21 ibu dengan anak kelas B2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikan 0,5 didapat adalah r hitung > r tabel (0,84 > 0,43), hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel x (pola asuh orangtua) dengan variabel y (perkembangan bahasa) yang positif kuat dan signifikan. Maka hipotesis Ha diterima Ho di tolak sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan bahasa anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 2 Palembang.
PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KELAS IV SDN TOPA KOTA BAUBAU Fitriani B
PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2019): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pernik.v2i01.3111

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen di kelas IV SD Topa Kota Baubau. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Topa dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes. Tes meliputi soal yang diberikan kepada siswa. Sedangkan non tes meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen mengalami peningkatan di setiap pertemuan baik dari segi keterlaksanaan pembelajaran maupun aktivitas belajar siswa. (ii) Terdapat peningkatan prestasi belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II dengan menggunakan metode eksperimen  pada siswa Kelas IV SD Negeri Topa Kota Baubau. Kata kunci. Metode Eksperimen, Hasil belajar IPA
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN CIRCLE TIME Rena Agustiana; Fitri Ramadhini
PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2020): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pernik.v3i2.4818

Abstract

Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun. Penelitian dilaksanakan di PAUD Tunas, Jakarta Selatan. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di PAUD Tunas yang mempunyai masalah dalam kemampuan berbicara yaitu sebanyak 10 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes untuk memperoleh data tentang data pelaksanaan tindakan. Data kemampuan berbicara anak dilakukan melalui beberapa teknik yaitu, catatan lapangan, lembar instrumen observasi, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi.Validitas instrumen menggunakan expert judgement dengan dosen yang ahli pada bidang bahasa.Analisis data kualitatif diperoleh melalui reduksi, display, dan verifikasi.Pada akhir siklus II, kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan.Anak sudah mampu menjawab pertanyaan dari peneliti dengan tepat.Hampir semua anak sudah berkembang dalam menyatakan sesuatu dengan lancar dan telah dapat menggunakan kata ganti orang, waktu, dan tempat ketika berbicara.Anak mulai berkembang dalam kemampuan mengajukan pertanyaan.Anak juga sudah mulai berkembang dalam hal bahasa tubuh dan intonasi yang sesuai ketika berbicara. Analisis data kuantitatif diperoleh dari hasil  perbandingan antara kemampuan berbicara sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan presentase sebesar 51%, pada akhir siklus II meningkat menjadi 76%.Hasil akhir dari keseluruhan analisis presentasi data adalah peningkatan sebesar 25%. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan kegiatan circle time dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di PAUD Tunas, Jakarta Selatan. Kata Kunci: Circle Time, Kemampuan Berbicara, Anak Usia 4-5 Tahun Abstract :This study aims to improve the speech of children aged 4-5 years. The experiment was conducted in PAUD Tunas, South Jakarta. Subjects were children aged 4-5 years in PAUD Tunas have problems in the ability to speak as many as 10 people. The method used was a class action research using a model Kemmis and Taggart. Collecting data using test and non-test to obtain data about data implementation of the action. Children's speech data was done through several techniques, there are, field notes, sheet instruments observation, interview notes, and documentation notes. The validity of the instrument using expert judgment with lecturers who are experts in the field of language. Analysis of qualitative data obtained through reduction, display, and verification. At the end of the second cycle, the ability to speak of the children has increased. Children are able to answer questions from researcher appropriately. Almost all children are already grown in stating something smoothly and has been able to use personal pronouns, time, and place when speaking. Children begin to develop the ability to ask questions. Children have also begun to develop in terms of body language and intonation appropriate when speaking. Analysis of the quantitative data obtained from the results of the comparison between the ability to speak before and after the implementation of the action. The results of the study in the first cycle shows a percentage of 51%, at the end of the second cycle increased to 76%. The final results of the overall analysis of data presentation is an increase of 25%. The implication of these results is that the application of circle time activities can be used as an alternative to increase the speech of children aged 4-5 years in PAUD Tunas, South Jakarta. Keywords: Circle Time, Speech, Children Aged 4-5 Years  
MENANAMKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SEJAK USIA DINI DI ERA MEA Felisitas Ndeot
PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pernik.v1i01.2621

Abstract

Abstrak: Tulisan ini dimaksudkan untuk menjelaskan bagaimana cara menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak usia dini di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Penelitian-penelitian yang dilakukan pada anak usia dini menunjukkan pentingnya mengembangkan dan mengenalkan berbagai hal sejak usia dini termasuk kewirausahaan agar di usia selanjutnya jiwa kewirausahaan yang sudah ditanam sejak usia dini berkembang dengan baik dan melahirkan pencipta lapangan-lapangan kerja di masa depan yang mandiri, kreatif, berjiwa pemimpin, dan pekerja keras. Kata kunci: Jiwa Kewirausahaan, Anak Usia Dini, Masyarakat Ekonomi ASEAN
PENGARUH MEDIA KARTU KATA DALAM MEMBUAT KALIMAT DI SDN 95 PALEMBANG Muhammad Ali
PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 2 (2020): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pernik.v3i01.3758

Abstract

Abstrak: Penelitian ini adalah adakah pengaruh media kartu kata dalam membuat kalimat di SDN 95 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh media kartu kata dalam membuat kalimat di SDN 95 Palembang. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 95 Palembang yang berjumlah seluruhnya 132 siswa. Sampel penelitian kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas konrol berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, dan teknik angket. Teknik analisi data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah uji-t. Berdasarkan hasil data dan pembahasan, dengan tarap uji yang digunakan adalah uji 2 (dua) pihak dengan tarap nyata a = 0,05 dan dk = n – 2, maka 62 – 2 = 60. Dengan nilai dk (60) tersebut maka dapat untuk ttabel = 1,67 (dalam lampiran table distribusi nilai t) dan untuk nilai thitung = 6,99. Dengan demikian dapat disumpulkan, bahwa thitung > ttabel(6,99 > 1,67) maka Ha diterima karena jumlah thitunglebih besar dari pada ttabel. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 21,12 dan kelas konrol 14.06. dengan demikian hipotesis yang penulis kemukakan yaitu “Ada pengaruh media kartu kata memiliki pengaruh terhadap membuat kalimat di SDN 95 Palembang” terbukti kebenarannya. Kata Kunci: pengaruh, media kartu,  dan kalimat 
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK MELALUI METODE GERAK DAN LAGU UNTUK ANAK PAUD Yuspar Uzer
PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2019): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pernik.v2i01.3117

Abstract

Abstrak : Kesadaran akan pentingnya penguasaan bahasa Inggris di era informasi ini memunculkan upaya-upaya untuk mempelajari dan menguasai bahasa tersebut sedini mungkin melalui metode gerak dan lagu. Oleh karena itu, bahasa Inggris diharapkan untuk diperkenalkan di lembaga pendidikan formal untuk anak usia dini. Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri karenabahasa Inggris merupakan bahasa asing di Indonesia. Ketika sebuah bahasa asing  diperkenalkan kepada anak usia dini, maka pengetahuan khusus mengenai bagaimana anak memperoleh dan mempelajari bahasa sangat diperlukan, sehingga sebuah metode pembelajaran yang tepat dapat dirumuskan dengan baik. Artikel ini membahas mengenai proses pemerolehan bahasa pada anak, baik pada bahasa pertamanya maupun bahasa keduanya, serta bagaimana pengetahuan mengenai proses tersebut berperan dalam perumusan metode pembelajaran bahasa Inggris  melalui metode gerak dan lagu untuk anak usia dini.Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris, Metode melalui metode gerak dan lagu, dan Anak Usia Dini 
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA SDN 92 PALEMBANG Sri Wahyu Indrawati
PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2020): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pernik.v3i2.4846

Abstract

 Abstrak:Model pembelajaran round club merupakan cara yang efektif bagi peserta didik dalam memberikan konstribusi mereka dan pandangan atau pemikiran anggota lain tentang tugas yang sedang mereka kerjakan. Model pembelajaran round club membantu peserta didik agar lebih aktif dalam proses pembelajaran dan tidak hanya terpaku pada satu arah. Artinya peserta didik akan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran dilakukan sebuah tes motivasi belajar untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari pembelajaran tersebut. maka dari itu model pembelajaran round club dalam penyampaian ide-ide atau pendapat peserta didik serta peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran tematik. Round Club atau keliling kelompok merupakan model belajar mengajar yang bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia anak didik. Dalam kegiatan keliling kelompok masing-masing anggota dalam anggota kelompok mendapatkan kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota yang lain. Dengan demikian penulis tertarik, membuat penelitian dengan judul, “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA SDN 92 PALEMBANG”. Melalui Model Pembelajaran Round Club sangat efektif, dengan pengertian bahwa pola ini telah berhasil mengangkat kemampuan menulis siswa sehingga menurunkan akumulasi nilai C dan E baik berdasarkan indikator kinerja final line maupun berdasarkan hasil tes diagnostik. Berdasarkan indikator kinerja pada akhir Siklus II akumulasi nilai C dan E turun menjadi 15,79% (tidak ada siswa mendapat nilai E) dari target 25,06%. Dengan demikian, meskipun masih terdapat siswa yang berada pada nilai C, secara keseluruhan dampak yang telah diberikan dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Pembelajaran Round Club Pada SDN 92 Palembang sudah sangat signifikan. Kata Kunci :  Kemampuan Menulis, Model Pembelajaran Round Club
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASI BANGUN DUA DIMENSI MELALUI PERMAINAN TANGRAM Yurindha Witasari
PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pernik.v1i01.2627

Abstract

Abstract: The study aims to determine whether the two-dimensional classification capabilities can be enhanced through tangram game. The study was conducted for 14 children aged 4 to 5 years in grade A PAUD Nusantara Palembang, in February-March 2016. The method used is a model of action research Kemmis Mc Taggart. The study was conducted in 16 sessions divided into two cycles. In every cycle there are four stages of activity: planning, action, observation and reflection. Data were analyzed using analysis of quantitative and qualitative analysis. The results showed that children's ability to classify two-dimensional figures can be enhanced through tangram game. Children's ability to classify two-dimensional figures are on a score of 50 on the pre-intervention phase. The ability to classify two-dimensional figures increased to 77.3 at the end of cycle I, and continued to increase to 104 by the end of cycle II. The results of the study implies that the tangram game could be one way to improve the ability to classify two-dimensional figures. Keywords: classification, tangram, and an action research.                                                                                                                          Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan mengklasifikasi bangun dua dimensi dapat ditingkatkan melalui permainan tangram. Penelitian dilakukan kepada 14 anak berusia 4 sampai 5 tahun di kelas A PAUD Nusantara Palembang, pada bulan Februari–Maret 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan model Kemmis Mc Taggart. Penelitian dilakukan dalam 16 kali pertemuan yang terbagi dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdapat 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengklasifikasi bangun dua dimensi dapat ditingkatkan melalui permainan tangram. Kemampuan anak dalam mengklasifikasi bangun dua dimensi berada pada skor 50 pada tahap pra intervensi. Kemampuan mengklasifikasi bangun dua dimensi mengalami peningkatan menjadi 77,3 pada akhir siklus ke I, dan terus meningkat menjadi 104 pada akhir siklus ke II. Hasil penelitian memberikan implikasi bahwa permainan tangram dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan mengklasifikasi bangun dua dimensi. Kata kunci: Klasifikasi, tangram, dan penelitian tindakan.       
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KINESTETIK-JASMANI MELALUI PERMAINAN SEPAK BOLA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SEGAR JAYA DESA SEGAYAM Eta Puspita; Taty Fauzy
PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2019): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pernik.v2i2.4178

Abstract

Abstrak : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kinestetik Jasmani Melalui Permainan Sepak Bola Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Segar Jaya Desa Segayam Tahun 2019’’. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kinestetik jasmani anak. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian PTK yang dilaksanakan II Siklus. Dalam I Siklus 5 kali pertemuan maka jika II Siklus berjumlah 10 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah 14 orang anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian yaitu observasi (Cheklis). Indikator keberhasilan yang ditetapkan jika minimal 80% dari 14 anak yang memperoleh nilai tuntas. Sebelum melakukan tindakan siklus I dan siklus II peneliti melakukan pertemuan pra tindakan. Pada pertemuan pra tindakan nilai ketuntasan anak baru mencapai 14,3, setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 42,9% dilanjutkan pada siklus II nilai ketuntasan anak meningkat menjadi 85,7%. Dari perolehan presentase pada siklus II yang telah mencapai 80% sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan kinestetik jasmani anak PAUD Segar Jaya Kelompok B2 dapat meningkat melalui permaianan sepak bola.  Kata Kunci : Kemampuan Kinestetik Jasmani, Permainan Sepak Bola 
Pengaruh Media Pembelajaran Dadu Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia dini Kelompok B Di Tk Bina Vita Palembang Kurniawati, Melynda Kurniawati
PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2019): Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pernik.v2i2.3651

Abstract

ABSTRAKPada masa ini anak perlu diberikan stimulus yang benar-benar sesuai dengan tahap perkembangan usia anak, dimana pada tahap ini anak mengalami kemampuan yang sangat kuat dalam semua aspek perkembangan salah satunya aspek kemampuan kognitif (berhitung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dadu angka terhadap kemampuan kognitif anak usia dini kelompok B Tk Bina Vita Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen,. Metode ekperimen menggunakan true eksperimental design, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk desain Posttest Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 50 orang anak dimana 25 orang anak berperan sebagai kelas eksperimen dan 25 orang anak berperan sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran dadu angka terhadap kemampuan kognitif anak usia dini kelompok B Tk Bina Vita Palembang dengan perolehan data Rata-rata kemampuan kognitif (berhitung) posttest kelompok eksperimen sebesar 61,54 dengan kriteria Sesuai, sedangkan rata-rata pretest kemampuan berhitung anak kelas eksperimen sebesar 49,00 dengan kriteria Tidak Sesuai dan dengan hasil uji-t yaitu thitung > ttabelatau 4,09 > 1,711 dengan taraf signifikan (α) 0,05 dan dk = 25 – 1 = 24 maka H0 ditolak dan Ha diterima.Kata Kunci : Pembelajaran Dadu Angka, Kognitif, Anak Usia Dini ABSTRACTAt this time the child needs to be given a stimulus that is really in accordance with the stage of development of the childs age, where at this stage the child experiences a very strong ability in all aspects of development, one of which is the cognitive ability aspect (counting). This study aims to determine the effectof dice learning media numbers on the cognitive abilities of early childhood group B Tk Bina Vita Palembang. This research uses quantitative research with experimental research methods, the experimental method uses true experimental design, the research design used in this study is a posttest only control deign. The sample in this study consisted of 50 children in which 25 children acted as the experimental class and 25 children acted as the control class. The sampling method in this study uses the random technique. The results of this study indicate the influence of dice learning media numbers on the cognitive abilities of early childhood group b Tk Bina Vita Palembang with data acquistion the average cognitive ability (counting) of the experimental groups was 61,54 with corresponding criteria, whilw the average prettest ability counting experimental class children is 49,00 with the criteria not matching and with the results of the t-test that is thitung > ttabel or 4,09 > 1,711 with a significant level (α) 0,05 and dk = 25 – 1 = 24 then Ho is rejected and is accepted.Keywords : Dice Learning Numbers, Cognitive, Early Childhood.