cover
Contact Name
Putu Diah Sastri Pitanatri
Contact Email
diahsastri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
diahsastri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
JURNAL KEPARIWISATAAN
ISSN : 14125498     EISSN : 25811053     DOI : -
Jurnal Kepariwisataan bertujuan untuk menyebarkan analisis kritis dari para periset dan akademisi mengenai berbagai isu-isu kepariwisataan baik dalam perpektif nasional maupun internasional. Jurnal ini diterbitkan setelah menjalani proses peer-double blinded-review oleh dewan reviewer. Secara substansif, Jurnal ini bertujuan untuk memberikan hasil studi dan pemikiran baru bagi praktisi akademis, peneliti dan pengambil keputusan dalam lingkup studi kepariwisataan. Jurnal Kepariwisataan diharapkan mampu menjadi media bagi peneliti dan akademisi untuk menyampaikan pendapat kritis mereka sehingga mampu berkontribusi pada pengembangan studi pariwisata dari berbagai perspektif.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 1 (2004): Jurnal Kepariwisataan" : 6 Documents clear
TOURISM DEVELOPMENT DISTORTS THE BALINESE CULTURE? Wirawan, Matt. Oka; Wirawan, Matt. Oka; Wiwiek Agustina, Ni Ketut
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 3 No 1 (2004): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Attitudes toward tourism development vary greatly among different approaches. To cautionary approach, this inter-nation phenomenon is seen as fruiting a hulk of various physical and social excess. To others, adaptation and scientific approaches, when well planned, organized, implemented, and controlled. tourism development can bear lots of advantages both to the tourists and host countries. In Bali, many researchers from different scientific backgrounds found enough empirical evidence that tourism development generates numbers of beneficial influence for the development of the Balinese culture.
PERANAN DAN PEMBERDAYAAN DESA PAKRAMAN UNTUK MENUNJANG KEPARIWISATAAN DI BALI Windia, Wayan
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 3 No 1 (2004): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran dan pemberdayaan desa pakraman unluk menimiang kegiatan kepariwisataan di Bali , berkaitan dengan peran dan pemberdayaan lembaga tradisional lainnya yang melakukan polisentrisitas dengan desa pakraman yakni sistem subak. Disamping itu tentu saja dengan desa dinas. Ketiga lembaga ini hams mampii melakukan polisentrisitas yang optimal, demi terwuiudnya suasana harmoni dan kebersamaan. scsuai semaiigat yang ada pada konsep Tri Hita Karana. Kondisi seperti ini sangat penting artinya bagi kegiatan kepariwisataan di Bali . Peran desa pakraman dalam kepariwisataan di Bali adalah dengan mewujudkan suasana harmoni dan kebersamaan baik pada intern desa pakraman yang bersangkutan maupun antara desa pakraman dengan lingkungan sekitarnya . Peran dan pemberdayaan desa pakraman sebaiknya jangan sampai kebablasan. sehingga justru dapat menimbulkan konfiik. Desa pakraman di Bali perlu terus diberdayakan, agar mampu menjalankan perannya sectira maksimal dalam menunjang sektor pariwisata di Bali . Pemberdayaan dilakukan. baik di bidang ekonomi, sosial, kelembagaan, dan pengelolaan objek wisala yang ada di kawasan desa pakraman yang bersangkutan. Pemberdayaan desa pakraman seharusnya dilihat dari sudut pandang sistem kebudayaan, yang dilihat dari subsistem poki pikir, sosial, d;tn artefak. di mana seintia subsistem itu satu dan lainnya adalah saling terkait.
LANSKAP PEMASARAN BALI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMASARANNYA Suradnya, I Made
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 3 No 1 (2004): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir ini, lanskap pemasaran pariwisata daerah tujuan wisata Bali telah mengalami pergeseran yang cukup signifikan. Halini tidak teilepas dan adanya pengaruh perubahan-perubahaii lingkungan peinasaran, baik pada tingkat internasional maupun di tingkat regional. Untuk tetap dapat mempertahankan posisinya sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama dunia di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat. Bah perlu segera menyusun langkah-langkah strategis di bidang pemasarannya. Strategi penetrasi pasar (market penetration strategy) dapat dipertimbangkan untuk menghadapi berbagai tantangan jangka pendek. sedangkan untuk jangka panjang strategi diversifikasi (diversification strategy) akan merupakan pilihan yang lebih tepat untuk menghadapi adanya kecenderungan pasar wisata dunia yang semakin terfragmentasi. Di sampingnitu. kemajuan yang pesat di bidang teknologi informasi harus dapat dimanfaatkan secara tepat untuk meningkatkan kinerja pemasaran daerah tujuan wisata Bali.
TOURISM SATELLITE ACCOUNT A STATISTICAL TOOL TO ANALYSE TOURISM ROLES Wiyashya, Ida Bagus Made
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 3 No 1 (2004): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This article tries to explore the Tourism Satellite Account (TSA) results in severalcountries. It is a statistical tool used to derive tourism multiplier in a country'seconomy. In preparing a TSA an input-output model is applied. Resultsshow differences in tourism roles in a country's economy due to the sizeand leakage in tourism
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN KINERJA ORGANISASI Widawati, Ida Ayu Putri
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 3 No 1 (2004): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melaksanakan penilaian kinerja terhadap karyawan maupun pihak eksekutif sangatlah penting, karena dapat berpengaruh pada peningkatan kinerja yang bersangkutan. Peningkatan kinerja tersebut secara otomatis akan berdampak pada peningkatan kinerja organisasi. Dalam hal ini peran Manajemen Sumber Daya Manusia sangatlah strategis dalam menciptakan nihil yang sulit ditiru oleh pesaing, yakni nilai dari sumber daya manusianya yang diwujudkan dalam suatu aktiva yang tidak berwujud. sehingga dapat mendukung pencapaian keunggulan kompetitif ( competitive advantage).
STUDI PENGELOLAAN PENGUNJUNG DI TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO JAWA BARAT Prabandaru, Felix
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 3 No 1 (2004): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat STP Nusa Dua Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan pengunjung (visitor management) adalah salah salu konsep dalam pengelolaan sebuah obyek dan atraksi wisata yang sangat penting khususnya bagi kepariwisataan di kawasan konservasi. Konsep tersebut dapat digunakan untuk mendidik, menerangkan, mengarahkan dan mengawasi pengunjung sebuah obyek dan atraksi wisata, sehingga pengunjung atau wisatawan memperoleh keamanan, kenyamanan. kemudahan dan kepuasan dalam beraktivitas, seperti dapat menjaga keberlanjutan kawasan konservasi yang memiliki berbagai fungsi yang penting.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2004 2004


Filter By Issues
All Issue Vol 17 No 3 (2018): Jurnal Kepariwisataan (edisi spesial) Vol 17 No 2 (2018): Jurnal Kepariwisataan Vol 17 No 1 (2018): Kepariwisataan-Maret Vol 17 No 1 (2018): Jurnal Kepariwisataan Vol 16 No 2 (2017): Jurnal Kepariwisataan Vol 16 No 2 (2017): Kepariwisataan-September Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret Vol 15 No 2 (2016): Jurnal Kepariwisataan Vol 15 No 2 (2016) Vol 15 No 1 (2016): Kepariwisataan-Maret Vol 15 No 1 (2016): Jurnal Kepariwisataan Vol 14 No 1 (2015): Kepariwisataan-Maret Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Kepariwisataan Vol 13 No 1 (2014): Jurnal Kepariwisataan Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Kepariwisataan Vol 12 No 1 (2013): Kepariwisataan-Maret Vol 11 No 02 (2012): Jurnal Kepariwisataan Vol 11 No 2 (2012): Kepariwisataan-September Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Kepariwisataan Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Kepariwisataan Vol 10 No 2 (2011): Kepariwisataan-September Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Kepariwisataan Vol 9 No 2 (2010): Jurnal Kepariwisataan Vol 9 No 2 (2010): Kepariwisataan-September Vol 9 No 1 (2010): Jurnal Kepariwisataan Vol 8 No 2 (2009): Kepariwisataan-September Vol 8 No 2 (2009): Jurnal Kepariwisataan Vol 8 No 1 (2009): Jurnal Kepariwisataan Vol 8 No 1 (2009): Kepariwisataan-Maret Vol 7 No 1 (2008): Kepariwisatan-Maret Vol 6 No 2 (2007): Jurnal Kepariwisataan Vol 6 No 2 (2007): Kepariwisataan-September Vol 6 No 1 (2007): Kepariwisataan-Maret Vol 6 No 1 (2007): Jurnal Kepariwisataan Vol 3 No 1 (2004): Jurnal Kepariwisataan Vol 3 No 1 (2004): Kepariwisataan-Maret More Issue