cover
Contact Name
Fido Rizki
Contact Email
lppm@stmik.muralinggau.ac.id
Phone
+6282179654408
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan Jendral Besar H.M Soeharto Kel Lubuk Kupang, Kec Lubuklinggau Selatan I, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informasi MURA
ISSN : 20856156     EISSN : 26148722     DOI : -
JTI (Jurnal Teknologi Informasi MURA) publish articles on Information System from various perspectives, covering both literary and fieldwork studies.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER" : 7 Documents clear
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN KENDARAAN MOBIL KELUARGA DENGAN METODE TOPSIS Sefrika Sefrika Sefrika
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.737 KB) | DOI: 10.32767/jti.v10i2.356

Abstract

Kendaraan mobil khususnya adalah salah satu jenis transportasi yang penting bagi keluarga dengan jumlah anggota keluarga yang banyak. Mobil adalah kendaraan yang dibutuhkan oleh masyarakat khsususnya yang tinggal di negara yang belum memiliki transportasi publik yang ramah, murah, aman dan nyaman. Permasalahannya adalah ketika konsumen akan membeli kendaraan mobil seringkali dihadapkan dengan berbagai pilihan merk, harga, model dan berbagai kriteria lain yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu konsumen memilih kendaraan mobil khususnya jenis mobil keluarga. Penelitian dilakukan dengan metode TOPSIS. Metode ini digunakan dengan berbagai pilihan multikriteria. Topsis menggunakan prinsip bahwa alternatif yang terpilih harus mempunyai jarak terdekat dari solusi ideal positif dan jarak terpanjang (terjauh) dari solusi ideal negative. Hasil penelitian mendapatkan nilai preferensi bahwa alternative untuk memilih jenis kendaraan keluarga harus mempertimbangkan aspek harga sebagai yang utama, disusul oleh fitur, kapasitas dan kecepatan kendaraan. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai referensi pemilihan jenis kendaran mobil keluarga. 
ANALISIS SISTEM INFORMASI (SI) TERINTEGRASI DI PERGURUAN TINGGI (PT) (Studi Kasus: STT Pagar Alam) Buhori Muslim
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.242 KB) | DOI: 10.32767/jti.v10i2.375

Abstract

Abstraks Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis serta identifikasi berbagai masalah kebutuhan infomasi Perguruan Tinggi (PT), terutama pada bagian layanan kemahasiswaan, bagian layanan keuangan, serta layanan akademis pada PT. Metodologi Analisa yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah (penelitian) ini yaitu metode pengumpulan data, metode analisis dan perancangan sistem. Hasil yang dicapai adalah sistem informasi (SI) menjadi terintegrasi yang mampu mengefektifkan dan efisienkan pada bagian layanan mahasiswa, layanan keuangan dan layanan akademis serta menjadikan proses bisnis tersebut berlangsung secara efektif dan efisien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya masalah-masalah yang dihadapi pada bagian-bagian inti PT, yakni bagian layanan keuangan, bagian layanan mahasiswa, serta bagian layanan akademis dimana akan mampu mengganggu proses bisnis yang ada, serta solusi yang dihadirkan dengan adanya sistem yang dapat terintegrasi pada bagian-bagian tersebut. Kata kunci: Informasi, Integrasi, PT, Akademis, dan Proses Bisnis  Abstraction This study aims to analyze and identify the various problems of university information needs (PT), especially in the student services section, financial services, and academic services at PT. Methodology The analysis used in writing scientific work (research) is the method of data collection, method analysis and system design. The results achieved are integrated information systems (SI) that are able to streamline and streamline student services, financial services and academic services and make the business process effective and efficient. The conclusion of this study is that there are problems faced in the core parts of PT, namely the financial services department, student services section, and academic services section where it will be able to disrupt existing business processes, and solutions that are presented with a system that can be integrated in these parts. Keywords: Information, Integration, PT, Academic, and Business Process
SISTEM INFORMASI PKK BERBASIS WEBSITE DENGAN FITUR MOBILE DI KELURAHAN PENATIH KOTA DENPASAR I Putu Wahyu Angga Diputra; I Gusti Lanang Agung Raditya Putra; I Putu Satwika
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.776 KB) | DOI: 10.32767/jti.v10i2.389

Abstract

Pengelolaan PKK merupakan salah satu tugas dari pemerintah desa atau kelurahan. Dalam proses administrasi PKK di Kelurahan Penatih terdapat beberapa masalah yang menjadi kerap menjadi kendala. Sering ditemukan kesalahan dalam penulisan, perhitungan rekapitulasi yang tidak valid, dan proses pelaporan yang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu penulis melakukan perancangan sistem informasi PKK dan pemetaan rumah tangga yang diharapkan dapat mengakomodir kegiatan administratif PKK di Kelurahan Penatih sehingga memberikan kemudahan dan mengurangi kesalahan-kesalahan yang kerap dialami. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan metode prototyping model. Proses perancangan menggunakan bahasa pemodelan UML, menggunakan basis data MySQL serta menggunakan Framework Laravel dan Framework React Native. Penelitian ini berhasil merancang dan membangun sistem informasi PKK berupa aplikasi website sebagai sistem utama dan aplikasi mobile sebagai media dalam menginput data, serta pemetaan rumah tangga berupa tampilan SIG (Sistem Informasi Geografis) yang dapat menampilkan lokasi rumah tangga anggota dasawisma dan rumah tangga miskin. Sistem informasi PKK ini dapat membantu kader-kader PKK dalam melakukan kegiatan administratif lebih mudah dan dengan waktu yang singkat.
VISUALISASI PERBANDINGAN APBD DAN REALISASI ANGGARAN KABUPATEN/KOTA SE-SUMATRA BARAT MENGGUNAKAN TABLEAU PUBLIC Cahaya Camila; Ricky Akbar; M. Imam Sutria; Nilam Suri; Syifa Chairunnissa D. A
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.729 KB) | DOI: 10.32767/jti.v10i2.390

Abstract

AbstrakAnggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) adalah rencana keuangan tahunan pemerintah daerah di Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. APBD tiap daerah yang ada di Indonesia tidak merata, sehingga juga terjadi kesenjangan pertumbuhan tiap daerah Indonesia, termasuk pada Sumatra Barat. Seiring dengan perkembangan teknologi, data APBD Kabupaten/Kota Se-Sumbar dapat di analisis dengan mengolah dan mengaturnya dengan banyak cara salah satunya yaitu Business intelligence (BI). Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi Tableau Public. Tableau Public adalah perangkat lunak bisnis intelijen yang mudah untuk digunakan, terutama dalam hal membuat visualisasi data, analisis data, dan pelaporan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah visualisasi perbandingan nilai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah dengan nilai realisasi  serta perbandingannya ditiap kota/kabupaten di Sumatra Barat. Dengan hasil tersebut, diharapkan pemerintah Sumatra Barat lebih bijak dalam mengambil keputusan. Kata kunci— Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Business intelligence (BI), Tableau Public, Kesenjangan Abstract Regional Revenue and Expenditure Budget (APBD) is the annual financial plan of local government in Indonesia approved by the Regional House of Representatives. APBD each region in Indonesia is uneven, so there is also a growth gap each region of Indonesia, including in West Sumatra. Along with technological developments, data APBD District / City in West Sumatra can be analyzed by processing and managing it in many ways one of them is Business intelligence (BI). In this research, data analysis is done by using Tableau Public application. Tableau Public is a business intelligence software that is easy to use, especially in terms of creating data visualization, data analysis, and reporting. The results of this research is the visualization of the comparison of the values of the Local Budget, with the realization as well as the comparison in each city/regency in West Sumatra. With these results, the West Sumatra government is expected to be wiser in making decisions.  Keywords— Regional Budget (APBD), Business Intelligence (BI), Tableau Public, Gaps
SISTEM INFORMASI TES POTENSI AKADEMIK BERBASIS WEBSITE PADA UNIVERSITAS MUSI RAWAS ali amran
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.951 KB) | DOI: 10.32767/jti.v10i2.391

Abstract

AbstrakPendidikan merupakan usaha yang harus dilaksanakan secara teratur dan berencana untuk menyiapkan peserta didik melalui berbagai kegiatan baik berupa bimbingan, pengajaran maupun tes akademik. Kegiatan tes akademik misalnya akan berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan dengan maksimal apabila didukung dengan sarana prasarana.Pada Universitas Musirawas, kurangnya teknologi informasi yang digunakan menjadikan semua pengerjaan dilakukan secara tertulis. Dimana dalam proses tes akademik bagi siwa yang baru masuk masih dilakukan dengen cara manual.Universitas Musirawas juga telah menerapkan sebuah tes potensi akademik yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan serta standar lulus tidaknya bagi calon mahasiswa baru.Secara umum sistem tes akademik pada UNMURA sudah memenuhi standar pendidikan, hanya saja masih terdapat beberapa kelemahan dan dalam pengolahannya masih belum terkomputerisasi, sehingga perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut untuk dapat mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut. Kata Kunci    : Sistem Informasi, Tes Potensi Akademik, Website AbstractEducation is a project that must be carried out routinely and integratedly for students through various activities both as guidance, examinations and academic tests. Academic test activities will run smoothly and affordable with the help of facilities.At Musirawas University, the lack of information technology used makes all work done in writing. Where in the process of academic tests for newly enrolled students, it is still done manually. Musirawas University has also applied a test of academic potential which aims to find out the talents and abilities as well as the standard of passing or not for prospective new students.In general, the academic test system at UNMURA has met educational standards, except that there are still some weaknesses and the processing is still not computerized, so further development needs to be done to overcome these shortcomings. Keyword : Information System, test academic potential, Website
PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING DALAM MENENTUKAN KENAIKAN JABATAN PADA PT.SUMMIT OTO FINANCE LUBUKLINGGAU BERBASIS WEB MOBILE Lukman Hakim
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.678 KB) | DOI: 10.32767/jti.v10i2.392

Abstract

AbstrakProfile Matching merupakan sebuah mekanisme pengambilan keputusan dengan mengasumsikan bahwa terdapat tingkat variabel prediktor yang ideal yang harus dipenuhi atau dilewati[1], adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah  penilaian karyawan terbaik yang akan diberikan reward kenaikan jabatan yaitu saat muncul ketidaktepatan tim penilai dalam memberikan penilaian kepada karyawan karena yang dinilai adalah subjektifitas masing- masing karyawan, sehingga penilaian yang diberikan tidak tepat sasaran. Adanya ketidaktepatan dalam memberikan nilai kepada karyawan berdampak pada hasil keputusan yang diberikan kurang tepat untuk reward kenaikan jabatan kepada karyawan terbaik dan proses penentuan karyawan terbaik menjadi tidak efektif dan efisien dimana tidak ada sistem yang membantu penilaian untuk menentukan karyawan terbaik yang selama ini masih dilakukan secara manual. Permasalahan di atas dapat diperbaiki dengan membangun suatu Sistem dengan menerapkan Metode Profile Matching dalam menentukan kenaikan jabatan yang dapat memudahkan dalam penentuan karyawan terbaik untuk diberikan reward kenaikan jabatan dengan melakukan perhitungan setiap kreteria dan subkreteria dari setiap karyawan di PT.Summit Oto Finance Lubuklinggau. Kata kunci : Profile Matching, Kenaikan Jabatan, Reward, Web Mobile AbstractProfile Matching is a form of decision using the ideal predictor level variable that must be passed[1], as for the problems in this study is the assessment of the best employees who will be given a reward for promotion, which is when the inaccuracy of the assessment team in giving an assessment to the employees because what is assessed is the subjectivity of each employee, so the assessment given is not on target. The inaccuracy in giving values to employees has an impact on the results of the decisions given are not appropriate for promotion rewards to the best employees and the best employee determination process becomes ineffective and inefficient where there is no system that helps assessing the best employees who are still manually done.The problems above can be corrected by building a system by applying the Profile Matching Method in determining the promotion that can facilitate the determination of the best employees to be given a promotion reward by calculating each criteria and subcreterias of each employee at PT Summit Oto Finance Lubuklinggau. Keywords : Profile Matching, Promotion, reward, mobile web
ANALISIS INTEGRATED ENTERPRISES SYSTEM PT. RAMBANG AGRO JAYA METODE HUMAN ORGANIZATION TECHNOLOGY (HOTFIT) Bunga Intan
Jurnal Teknologi Informasi Mura Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.531 KB) | DOI: 10.32767/jti.v10i2.393

Abstract

Abstrak : Enterprises System (IES). Penerapan Integrated Enterprises System (IES) saat ini masih mengalami kendala dan hambatan ditingkat penerimaan pengguna. Masih banyaknya hal yang bersifat operasional dan manajerial, membuat penerapan Integrated Enterprises System (IES) tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini melakukan analisis terhadap hasil Evaluasi faktor-faktor kesuksesan penerapan Integrated Enterprises System (IES) dengan menggunakan Model Hot-Fit (Human Organization Technology – Net benefits). Model ini dipilih karena model ini dapat memberikan penjelasan dan memberikan evaluasi faktor penerapan sebuah sistem di PT Rambang Agro Jaya I dari sisi Teknologi (Technology), Manusia (Human), Organisasi (Organization) dan Net benefit. Keberhasilan penerapan Integrated Enterprises System (IES) di PT Rambang Agro Jaya I dipengaruhi oleh adanya dukungan dan dorongan dari pihak manajerial kepada para pengguna Integrated Enterprises System (IES) serta tersedianya kondisi fasilitas yang memadai di lingkungan rumah sakit untuk menggunakan Integrated Enterprises System (IES). Kata kunci: Analisis,Integrated Enterprises System (IES), Model Hot-FitAbstract : PT Rambang Agro Jaya I have been using the technology in data processing, by implementing the Integrated Enterprise System (IES). Application of Integrated Enterprise System (IES) is still experiencing problems and obstacles level of user acceptance. There are still many things that are operational and managerial, making the application of Integrated Enterprise System (IES) is not going well. This study analyzed the results of evaluation factors of the successful implementation of Integrated Enterprise System (IES) using Hot-Fit Model (Human Organization Technology - Net benefits). This model was chosen because this model may provide an explanation and provide an evaluation factor in the implementation of a system Rambang Agro PT Jaya I of the Technology (Technology), Man (Human), Organization (Organization) and Net benefit. The successful implementation of Integrated Enterprise System (IES) in PT Rambang Agro Jaya I was influenced by the support and encouragement from the managerial to users Integrated Enterprise System (IES) and the availability conditions of adequate facilities in the hospital environment for the use of Integrated Enterprise System (IES). Keywords: Analysis, Integrated Enterprise System (IES), Hot-Fit Model

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 15 No 1 (2023): Vol 15 No 1 (2023): Jurnal Teknologi Informasi Mura Juni Vol 14 No 2 (2022): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 14 No 1 (2022): Jurnal Teknologi Informasi Mura Juni Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Juni Vol 12 No 02 (2020): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 12 No 01 (2020): Jurnal Teknologi Informasi Mura JUNI Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 11 No 01 (2019): Jurnal Teknologi Informasi Mura JUNI Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER Vol 10, No 1 (2018): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura JUNI Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER Vol 9, No 2 (2017): JURNAL TEKONOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 9 No 1 (2017): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 9, No 1 (2017): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 8, No 2 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 8 No 2 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 8 No 1 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 8, No 1 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 7 No 1 (2015): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 7, No 1 (2015): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 6, No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 6 No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 5 No 2 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 5, No 2 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 5 No 1 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 5, No 1 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 4, No 2 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 4 No 2 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 4, No 1 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 4 No 1 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 3 No 2 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 3, No 2 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 3 No 1 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 3, No 1 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI More Issue