cover
Contact Name
Dimas Ardika Miftah Farid
Contact Email
helper@unipasby.ac.id
Phone
+6285648627206
Journal Mail Official
helper@unipasby.ac.id
Editorial Address
Jl. Ngagel Dadi III-3B No.37, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60234
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
ISSN : 02162938     EISSN : 27755878     DOI : https://doi.org/10.36456/helper
Core Subject : Education,
AIM Helper: Journal Guidance and Counseling from Universitas PGRI Adi Buana Surabaya which publish articles from the fields of guidance and counseling based on researches. Helper is published twice a year in February and September. SCOPE: Techniques in Guidance and Counseling Assessment in Guidance and Counseling Counseling Multicultural Cyber Counseling Media Development in Guidance and Counseling Traumatic Counseling
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 39 No 1 (2022): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran" : 8 Documents clear
PERAN GURU BK DALAM MENGATASI SISWA MEMBOLOS SEKOLAH DI SMA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO Astriadi, Adellia Putri; Muis, Tamsil
HELPER Vol 39 No 1 (2022): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/helper.vol39.no1.a3938

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Islam Krian dengan tujuan: 1) Apa yang menjadi penyebab siswa membolos sekolah SMA Al-Islam Krian Sidoarjo, 2) Apa yang dilakukan guru BK untuk mengatasi siswa membolos di SMA Al-Islam Krian Sidoarjo. Penelitian ini ialah peneitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menelliti peran guru BK untuk mengatasi siswa membolos. Teknik penelitian ini ialah observasi, wawancara, dokumenasi. Tekni ini untuk mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan dalam data. Setelah itu peneliti melakukan hasil dari peran Guru BK di Sma Al-Islam Krian Sidoarjo untuk mengatasi siswa membolos yang pertama guru BK harus dapat mengantisipasi dan pencegahan yang kedua melakukan proses konseling kepada siswa tersebut yang terakhir menghadapkan orang tua dan siswa kemudian mengelompokkan masalah-masalah yang dihadapi siswa yang bersangkutan.
DOMINASI MOTIVASI KERJA, KOMPENSASI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP LOYALITAS TENAGA KEPENDIDIKAN: STUDY KASUS Arianto, Bisma
HELPER Vol 39 No 1 (2022): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/helper.vol39.no1.a5054

Abstract

The success of higher education is not only determined by capital, technology, or infrastructure, but is also determined by human resource factors. This study to determine the effect of work motivation, compensation, and organizational culture on the loyalty of education staff at Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. The hypothesis in this study is that work motivation, compensation, and organizational culture have a simultaneous effect on the loyalty of education staff at Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. 80 education staff at Universitas PGRI Adi Buana Surabaya were involved in this study through purposive sampling. Data was collected through a closed questionnaire distributed online. The questionnaire consists of 8 questions on work motivation, 10 questions on compensation, 8 questions on organizational culture, and 8 questions on job loyalty given to education staff. Data were analyzed through multiple linear regression using SPSS 20.0. The results of data analysis using SPSS obtained the value of Fcount = 26.979 > Ftable. This shows that simultaneously work motivation, compensation, and organizational culture affect the work motivation of education staff at Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. For this reason, it is necessary to carry out further study by adding other variables as independent variables to see their effect on the loyalty of education personnel as the dependent variable. In addition, the research sample can use all education staff in the PGRI Adi Buana University Surabaya.
Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Flow Akademik Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Nastiti, Dwi; Cucuk Nur Cahyani
HELPER Vol 39 No 1 (2022): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/helper.vol39.no1.a5141

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena flow akademik mahasiswa Prodi Psikologi yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan flow akademik pada mahasiswa Prodi Psikologi FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 692 mahasiswa, sampel yang digunakan sebanyak 232 mahasiswa yang didapat dari teknik Proportioned Stratified Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 2 skala psikologi yakni skala dukunngan sosial teman sebaya dan skala flow akademik. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan flow akademik pada mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik korelasi Product Moment Pearson. Hasil analisis diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,536 dengan signifikan 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan R Square = 0,334, yang berarti variabel dukungan sosial teman sebaya memberikan sumbangan sebesar 33,4 % terhadap variabel flow akademik.
SINEMA EDUKASI GANDRUNG UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA Ashar Syah Putra; Alex Iskandar; Ahmad Maulana Jefri Rozaq; Restu Dwi Ariyanto
HELPER Vol 39 No 1 (2022): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/helper.vol39.no1.a5109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa melalui penggunaan media berupa sinema edukasi Gandrung. Ruang lingkup penelitian ini dibuat berdasarkan hasil dari penelitian awal terkait rasa percaya diri siswa yang menurun saat mengikuti pembelajaran daring. Hal ini ditandai dengan siswa tidak berinisiatif mengungkapkan pendapat saat sesi tanya jawab, siswa tidak berinisiatif mengungkapkan pendapat saat sesi tanya jawab dan siswa tidak percaya dengan kemampuan akademik yang dimiliki. Permasalahan lain yang dihadapi adalah kurangnya menghargai budaya lokal dan siswa lebih menyukai budaya barat. Hal ini tentu menjadi masalah serius bagi siswa dan Guru BK perlu membuat inovasi media. Peneliti berupaya membuat media sinema edukasi dalam rangka meningkatkan percaya diri siswa. Tahap pengembangan media pada penelitian hanya menggunakan lima tahap saja yaitu hanya sampai pada pengujian uji ahli materi, media dan uji pengguna 2 Guru BK. Hasil dari keduanya yaitu uji ahli materi BK, media BK dan uji pengguna BK menghasilkan skor sebesar 89%. Dengan skor tersebut, persentasi rentang kategorinya adalah layak digunakan. Dapat diartikan bahwa pengembangan media edukasi Gandrung layak digunakan sebagai media yang aplikatif.
EFEKTIVITAS SUPERVISI SEBAYA MELALUI MGBK SMA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU BK DI KOTA PALEMBANG Mainilawati; Bukman Lian; Alhadi Yan Putra
HELPER Vol 39 No 1 (2022): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/helper.vol39.no1.a5219

Abstract

Minimnya pengawas / supervisor untuk bimbingan konseling yang berasal dari keilmuan bimbingan dan konseling menyebabkan supervisi hanya berfokus kepada kegiatan administrasi, pengawasan, dan manajerial. Idealnya supervisi dapat menjadi media dalam pengembangan kinerja guru bimbingan dan konseling. Supervisi sebaya melalui MGBK diprediksi dapat meningkatkan kinerja guru bimbingan dan konseling. Penelitian dilakukan dengan metode one group pretest-post test, terhadap 36 orang anggota MGBK SMA Kota Palembang yang dipilih secara random, dari total anggota sejumlah 137 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kinerja guru BK setelah mengikuti kegiatan supervisi sebaya melalui MGBK . Namun jika melihat hasil analisis N-Gain peningkatan yang terjadi pada kinerja Guru BK setelah mengikuti kegitan MGBK termasuk pada kategori sedang
PERAN GURU BK DALAM MENGATASI SISWA MEMBOLOS SEKOLAH DI SMA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO Adellia Putri Astriadi; Tamsil Muis
HELPER Vol 39 No 1 (2022): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/helper.vol39.no1.a3938

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Islam Krian dengan tujuan: 1) Apa yang menjadi penyebab siswa membolos sekolah SMA Al-Islam Krian Sidoarjo, 2) Apa yang dilakukan guru BK untuk mengatasi siswa membolos di SMA Al-Islam Krian Sidoarjo. Penelitian ini ialah peneitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menelliti peran guru BK untuk mengatasi siswa membolos. Teknik penelitian ini ialah observasi, wawancara, dokumenasi. Tekni ini untuk mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan dalam data. Setelah itu peneliti melakukan hasil dari peran Guru BK di Sma Al-Islam Krian Sidoarjo untuk mengatasi siswa membolos yang pertama guru BK harus dapat mengantisipasi dan pencegahan yang kedua melakukan proses konseling kepada siswa tersebut yang terakhir menghadapkan orang tua dan siswa kemudian mengelompokkan masalah-masalah yang dihadapi siswa yang bersangkutan.
DOMINASI MOTIVASI KERJA, KOMPENSASI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP LOYALITAS TENAGA KEPENDIDIKAN: STUDY KASUS Bisma Arianto
HELPER Vol 39 No 1 (2022): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/helper.vol39.no1.a5054

Abstract

The success of higher education is not only determined by capital, technology, or infrastructure, but is also determined by human resource factors. This study to determine the effect of work motivation, compensation, and organizational culture on the loyalty of education staff at Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. The hypothesis in this study is that work motivation, compensation, and organizational culture have a simultaneous effect on the loyalty of education staff at Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. 80 education staff at Universitas PGRI Adi Buana Surabaya were involved in this study through purposive sampling. Data was collected through a closed questionnaire distributed online. The questionnaire consists of 8 questions on work motivation, 10 questions on compensation, 8 questions on organizational culture, and 8 questions on job loyalty given to education staff. Data were analyzed through multiple linear regression using SPSS 20.0. The results of data analysis using SPSS obtained the value of Fcount = 26.979 > Ftable. This shows that simultaneously work motivation, compensation, and organizational culture affect the work motivation of education staff at Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. For this reason, it is necessary to carry out further study by adding other variables as independent variables to see their effect on the loyalty of education personnel as the dependent variable. In addition, the research sample can use all education staff in the PGRI Adi Buana University Surabaya.
Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Flow Akademik Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dwi Nastiti; Cucuk Nur Cahyani
HELPER Vol 39 No 1 (2022): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/helper.vol39.no1.a5141

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena flow akademik mahasiswa Prodi Psikologi yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan flow akademik pada mahasiswa Prodi Psikologi FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 692 mahasiswa, sampel yang digunakan sebanyak 232 mahasiswa yang didapat dari teknik Proportioned Stratified Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 2 skala psikologi yakni skala dukunngan sosial teman sebaya dan skala flow akademik. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan flow akademik pada mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik korelasi Product Moment Pearson. Hasil analisis diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,536 dengan signifikan 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan R Square = 0,334, yang berarti variabel dukungan sosial teman sebaya memberikan sumbangan sebesar 33,4 % terhadap variabel flow akademik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8