cover
Contact Name
Radja Erland Hamzah
Contact Email
wacana@dsn.moestopo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wacana@dsn.moestopo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
ISSN : 14127873     EISSN : 25987402     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Wacana, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi merupakan wujud karya ilmiah tentang kajian ilmu komunikasi yang melingkupi hasil penelitian dengan tema atau topik yang dibahasa dalam jurnal Wacana meliputi kajian ilmu komunikasi baik Komunikasi Politik atau pun Komunikasi Lintas Budaya; Strategic Communication meliputi Kehumasan, Periklanan, IMC, maupun Branding; Analisis Teks, Semiotika; dan juga Media Studies.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 13, No 1 (2014)" : 7 Documents clear
MENCARI PENYEBAB AGRESIVITAS PELAJAR Hubungan Konsep Diri, Perhatian Orangtua, Afiliasi kepada Kelompok Nonagresif, dan Iklim Sekolah dengan Agresivitas Basuki, Maryono
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this research is to study the relations between self concept, parents’ attention, affiliation to nonaggressivegroup, school climate, and aggressivity of high school students in Jakarta. These five variables areseen from the perspective of educational technology. The research was conducted at SMU Darul Ma’arif, SMUCendrawasih, and SMU Al Azhar during April-May-June 2011/2012 academic year), with 150 respondents (clusterrandom sampling). The result of the study indicated that: Self concept, parents’ attention, affiliation to nonaggressivegroup, school climate, one by one and together influenced aggressivity. Group affiliation contribute aggressivityhigher than the other variables. Even school climate reduced aggressivity less then another variables,high influenced on improving affiliation to nonaggressive group. It is summarized that by: encouraging childrenaffiliate to nonaggressive group, improving self concept, raising parents’ attention, and maintaining good schoolclimate, aggressivity can be reduced. It could be concluded that appropriate interactions will enhanced good behavior.This research, useing linier thinking, unsucceed to search the main cause of aggressivity, so in discussion,cybernetics method was applicated to reach supra-system and infra-system factors to discribe the cause of youthaggressivity in Jakarta/Indonesia.
PENGARUH TAGLINE PRIMAGAMA “TERDEPAN DALAM PRESTASI “ TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PRIMAGAMA Sumantri, Yudha
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini ini didasari oleh kaberadaan Primagama yang merupakan satu-satunya bimbinganbelajar di Indonesia yang terpilih mendapat penghargaan bergengsi. Dengan Tagline “Terdepan dalam Prestasi”,Primagama berusaha untuk menjaring minat di benak khalayak. Tagline atau Slogan adalah suatu perkataan ataukalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Tagline sangat penting untukdunia Komunikasi. Dengan Tagline atau slogan dari suatu lembaga tersebut akan mudah diingat publik dan akanlebih dikenal. Oleh karena itu, masyarakat publik akan lebih mudah mengingat dan juga mudah dikenal. Taglinememberikan efek yang luar biasa yang bisa dirasakan secara langsung oleh khalayak terhadap Primagama. KekuatanTagline pada lembaga bimbingan belajar Primagama “Terdepan Dalam Prestasi “ digunakan untuk menarikminat para calon siswa-nya.. Oleh sebab itu, untuk dapat melaksanakan kegiatan komunikasi yang efektif dalamrangka memberikan kesan kualitas pada program pendidikannya, maka Primagama perlu menggali lebih jauh lagifaktor–faktor apa yang mempengaruhi terciptanya hal-hal tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian inibertujuan untuk mengetahui penilaian siswa terhadap tagline/slogan Primagama dan ujntuk mengetahui minatbelajar siswa yang kursus dilembaga pendidikan Primagama serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruhtagline Primagama terhadap minat belajar Primagama cabang Mayestik.Sebagai landasan dari penelitian ini, digunakan teori Stimulus Organisme Response. Teori ini menggambarkanbahwa media massa mempunyai efek yang amat kuat Teori ini perlu didukung dengan konsep kreatif penggunaantagline sebagai media pemasaran, yakni: Penggunaan Media, Tampilan Fisik, Isi Pesan, Selain itu, penulis jugamenggunakan teori Minat Belajar, yang menjelaskan bahwa minat merupakan moment-moment dari kecenderunganjiwa yang terarah secara intensif kepada suatu obyek yang dianggap paling efektif (perasaan, emosional) yangdidalamnya terdapat elemen-elemen efektif (emosi) yang kuat. Minat merupakan kecenderungan hati yang tinggiterhadap sesuatu yang timbul karena kebutuhan, yang dirasa atau tidak dirasakan atau keinginan hal tertentu. Minatbesar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar, terkait dengan konsep minat belajar yaitu: Melahirkan perhatianyang serta merta, Memudahkan terciptanya konsentrasi, Memperkuat melekatnya bahan pelajaran dalam ingatan,Memperkecil kebosanan belajar dalam diri sendiri.Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat eksplanatif. Objek penelitiannya adalah siswa bimbingan belajarPrimagama cabang Mayestik, yang berjumlah 80 orang. Sedang teknik pengambilan samplingnya menggunakanSimple Random Sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik penyebaran angket pada respondendan kepustakaan dari literatur yang ada. Kemudian data yang dikumpulkan dianalisa secara kuantitatif dandiinterpretasikan untuk memperoleh gambaran mengenai variabel yang diamati. Setelah itu dilakukan pengujianhipotesis dengan menggunakan tehnik pearson correlation. dan regresi linier.Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh bahwa tagline Primagama “TerdepanDalam Prestasi” mempunyai kontribusi sebesar 16,6% dalam upaya menciptakan minat belajar siswa Primagama.Selebihnya, minat belajar siswa Primagama sebesar 83,4% terbentuk akibat dari pengaruh beberapa faktor lainnyadi luar dari penelitian ini. Selain itu persamaan regresi (Ŷ = 31,726 + 0,392 X) dapat diintrepetasikan bahwa setiapperubahan satu satuan penyajian tagline Primagama (X) maka akan terjadi peningkatan sebesar 0,392 satuanminat belajar siswa Primagama (Y) sejalan dengan konstanta sebesar 31,726. Hal ini sejalan dengan nilai korelasisebesar 0,407, yang berarti ada hubungan yang Sedang dan arah hubungannya positif
Resensi Buku SAATNYA MEDIA PRO PEREMPUAN; Perspektif Gender dalam Kajian Media Handayani, Mediana
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Judul Buku : SAATNYA MEDIA PRO PEREMPUAN; Perspektif Gender dalam KajianMediaPenulis : Billy K SarwonoPenerbit : Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas IndonesiaTerbit : November 2013Percetakan : Lingkar Media, JogjakartaJumlah halaman : Viii + 300Cita-Cita menjadi Buku Pedoman Bag
Analisa Iklan Rokok Jarum 76 versi Jin Pingin Ganteng dalam Seni Ta ta Busana Jawa (Solo) Jaelani, Muhammad Reza
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In Ads DJarum 76 jin wanted a handsome version of cultural approaches to advertise their products . By usingand utilizing the cultural approach is closely related to Indonesian society that is multicultural and very condensedcultural elements in their daily lives . Indonesia consists of 34 provinces and each province has its ownlanguage and a different culture . Therefore culture is very attached to the people of Indonesia . By using this Javanesecultural approach manufacturers expect their products acceptable in the midst of the people of Indonesiaare heterogeneous .In this study the authors chose the title “ Semiotics Analysis Ads Djarum 76 Version Jin Pingin Gant in dressmakingArt Java (Solo ) . “ Author will analyze Cigarette Ads Djarum 76 versions Jin wants Handsome Art dressmakingin Java (Solo ) by using semiotic analysis Roland Barthes . General Semiotics is the study of meaning 2 stages,denotation and connotation to the myth in a message communication , and which will be used as an interpretationin a semiotic analysis is contained in the meaning of images , signs , symbols , colors and shapes in a communicationmessage delivered
AGENDA TERSELUBUNG MEDIA MASSA DIBALIK ISU WAR OF TERRORISME Dewi, Yuni Retna
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan manusia dalam masyarakat akan melahirkan realitas media yang diwujudkan dalam format Verbal maupun non verbal atau format visual maupun non visual.Masing-masing format membawa tuntutan teknis yangberkonteks pada sifat bawaan media yang digunakan.Kajian media dalam perspektif budaya akan melihat fenomena komunikasi.disinilah terlihat adanya komponen dalam proses penggunanya sehingga keberadaan model komunikasi menurut kepentingannya sebagai fungsi pragmatis dan budaya.
Persepsi Masyarakat Terhadap Ban Bridgestone Widyaningrum, Retno
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is aimed to know the perception of people towards Bridgestone tire. The type of research is quantitativewith survey method. The population is people who work, age 33-35 lives in Rawamangun, Pulogadung District,East Jakarta. The sample used is 45 with simple random sampling technique.Literatures in this research are studies about, communication, marketing and perception with the SOR theory asframe of mind. Data is gathered by questionnaire which used Likert scale. Analysis technique used to know theaverage perception is mean.The result of this research is that people perception towards Bridgestone tire is good (mean=3,84)
KAJIAN KOMUNIKASI ALLAH TENTANG TAQWA, DZIKIR, DAN FALAH DALAM MAKNA SEMANTIK Muhtadin, Muhtadin
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Secara harfiyah kata “takwa” berasal dari kata “waqaa-yaqii-wiqaayah” yang berarti memelihara, menjaga, danlain sebagainya. Takwa juga berarti menghindar, dalam arti ini mencakup tiga aspek yaitu : Mmenghindar darisikap kufur dengan jalan beriman kepada Allah SWT; Berupaya melaksanakan perintah Allah dan menjahui larangan-larangan-Nya dengan seoptimal mungkin; dan Menghundar dari segala aktifitas yang menjauhkan pikirandari Allah .SWT.Kata “dzikir” secara harfiyah berasal dari kata “dzakara-yadzkuru-dzikran”. menurut M. Quraish Shihab bisa dikaitkandengan akal pikiran dalam arti mengingat atau dalam arti sesuatu yang mengantar akal untuk meraih apayang belum diraihnya. Inilah dzikir yang bermakna “peringatan”. Dzikir juga bisa diartikan dengan menghadirkanke dalam benak terhadap apa yang tadinya terlupakan dan inilah dzikir yang bermakna “mengingat”. Kata ddzikirjuga dapat dipahami dalam arti “kemulian”. Maksudnya adalah “Al-Qur’an”.Makna dasar “falah” adalah keberuntungan. Kata falah ketika dihubungkan dengan ayat-ayat Al-Qur’an adalahkeberuntungan, keselamatan, dan langgeng dalam kenikmatan dan kebaikan. Hal ini tercermin dalam surat Ali‘Imran ayat 130, tentang pelarangan riba. Dalam ayat ini yang diakhiri dengan peringatan Allah , supaya bertakwakepada-Nya agar orang mendapat keberuntungan. Orang yang menghalalkan riba diancam dengan api neraka.Konsep Al-Qur’an tentang takwa, dzikir, dan falah adalah setali tiga uang, dimana ketiga konsep ini mempunyaipencapaian hidup melangit dan hidup membumi. Pencapaian hidup melangit diapresiasikan oleh takwa dalambentuk keshalihan individu, sedangkan oleh dzikir dalam bentuk moralitas ilahiyyah yang berujung pada keberuntunganatau keberuntungan dari Allah yang akan diterima di hari kelak.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Volume 23, No. 1 June 2024 Volume 22, No. 2 December 2023 Volume 22, No. 1 June 2023 Volume 21, No. 2 December 2022 Volume 21, No. 1 June 2022 Vol 20, No 2 (2021): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Vol 20, No 1 (2021): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Volume 20, No. 2 December 2021 Volume 20, No. 1 June 2021 Vol 19, No 2 (2020): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Vol 19, No 1 (2020): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Volume 19, No. 2 December 2020 Volume 19, No. 1 June 2020 Vol 18, No 2 (2019): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Vol 18, No 1 (2019): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Volume 18, No. 2 December 2019 Vol 18, No 1 (2019) Volume 18, No. 1 June 2019 Vol 17, No 2 (2018): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Vol 17, No 1 (2018): Accredited by Kemenristekdikti RI SK No. 28/E/KPT/2019 Volume 17, No. 2 December 2018 Vol 17, No 2 (2018) Volume 17, No. 1 June 2018 Vol 17, No 1 (2018) Vol 16, No 2 (2017) Vol 16, No 2 (2017) Vol 16, No 1 (2017) Vol 16, No 1 (2017) Vol 15, No 3 (2016) Vol 15, No 3 (2016) Vol 15, No 2 (2016) Vol 15, No 2 (2016) Vol 15, No 1 (2016) Vol 15, No 1 (2016) Vol 14, No 4 (2015) Vol 14, No 4 (2015) Vol 14, No 3 (2015) Vol 14, No 3 (2015) Vol 14, No 2 (2015) Vol 14, No 2 (2015) Vol 14, No 1 (2015) Vol 14, No 1 (2015) Vol 13, No 4 (2014) Vol 13, No 4 (2014) Vol 13, No 3 (2014) Vol 13, No 3 (2014) Vol 13, No 2 (2014) Vol 13, No 2 (2014) Vol 13, No 1 (2014) Vol 13, No 1 (2014) Vol 12, No 4 (2013) Vol 12, No 4 (2013) Vol 12, No 3 (2013) Vol 12, No 3 (2013) Vol 12, No 2 (2013) Vol 12, No 2 (2013) Vol 12, No 1 (2013) Vol 12, No 1 (2013) Vol 11, No 4 (2012) Vol 11, No 4 (2012) Vol 11, No 3 (2012) Vol 11, No 3 (2012) Vol 11, No 2 (2012) Vol 11, No 2 (2012) Vol 11, No 1 (2012) Vol 11, No 1 (2012) Vol 10, No 4 (2011) Vol 10, No 4 (2011) Vol 10, No 3 (2011) Vol 10, No 3 (2011) Vol 10, No 2 (2011) Vol 10, No 2 (2011) Vol 10, No 1 (2011) Vol 10, No 1 (2011) Vol 9, No 30 (2010) Vol 9, No 30 (2010) Vol 9, No 29 (2010) Vol 9, No 29 (2010) Vol 9, No 4 (2010) Vol 9, No 4 (2010) Vol 8, No 28 (2009) Vol 8, No 28 (2009) Vol 8, No 27 (2009) Vol 8, No 27 (2009) Vol 7, No 26 (2009) Vol 7, No 26 (2009) Vol 7, No 25 (2008) Vol 7, No 25 (2008) Vol 7, No 24 (2008) Vol 7, No 24 (2008) Vol 7, No 23 (2008) Vol 7, No 23 (2008) Vol 6, No 22 (2007) Vol 6, No 22 (2007) Vol 5, No 21 (2007) Vol 5, No 21 (2007) Vol 5, No 20 (2007) Vol 5, No 20 (2007) Vol 5, No 19 (2006) Vol 5, No 19 (2006) Vol 5, No 18 (2006) Vol 5, No 18 (2006) Vol 5, No 17 (2006) Vol 5, No 17 (2006) Vol 4, No 16 (2006) Vol 4, No 16 (2006) Vol 4, No 13 (2006) Vol 4, No 13 (2006) Vol 4, No 13 (2005) Vol 4, No 13 (2005) Vol 3, No 12 (2005) Vol 3, No 12 (2005) Vol 3, No 11 (2005) Vol 3, No 11 (2005) Vol 4, No 3 (2005) Vol 4, No 3 (2005) Vol 4, No 2 (2005) Vol 4, No 2 (2005) Vol 3, No 19 (2004) Vol 3, No 19 (2004) Vol 3, No 10 (2004) Vol 3, No 10 (2004) Vol 3, No 9 (2004) Vol 3, No 9 (2004) Vol 2, No 8 (2004) Vol 2, No 8 (2004) Vol 2, No 7 (2004) Vol 2, No 7 (2004) Vol 2, No 6 (2003) Vol 2, No 6 (2003) Vol 2, No 5 (2003) Vol 2, No 5 (2003) Vol 1, No 4 (2003) Vol 1, No 4 (2003) Vol 1, No 3 (2003) Vol 1, No 3 (2003) Vol 1, No 2 (2002) Vol 1, No 2 (2002) More Issue