cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PETIK
ISSN : 24607363     EISSN : 26146606     DOI : -
Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2022): Vol 8 No 1 Tahun 2022" : 10 Documents clear
Rancang Bangun Sistem Prediksi Penggunaan Listrik Jangka Panjang Menggunakan Metode Regresi Linier Berbasis WEB (Studi Kasus PT. PLN (Persero) Unit Induk, Distribusi Bali) Agung Hartawan
JURNAL PETIK Vol 8, No 1 (2022): Vol 8 No 1 Tahun 2022
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v8i1.1337

Abstract

Abstract  — Predicting electricity consumption aims to estimate electricity demand over a certain period of time in a sector (distribution or region) and plays an important role in planning and security functions of energy management. The electricity usage forecast can also be used as a reference for the Operation Plan by PT. PLN Persero Bali Distribution Main Unit in planning fuel requirements and annual budgets. This research uses Multiple Linear Regression method. The results of this study are that this system uses linear regression calculations, PHP programming language, requires data on the amount of connected power as (Y), population as (X1), GDP as (x2), number of electricity customers as (X3), load factor as (X4), losses as (X5), electricity sales as (X6) to get prediction results which are processed using linear regression calculations, the results of the total connected power in 2021 are 3,848,954,690. and with the existence of a web-based prediction system, it makes it easier to calculate in predicting electricity in the coming year.Keywords — Prediction, Electricity Usage, Multiple Linear Regression Method, Web Based Abstrak — Memprediksi pemakaian listrik bertujuan untuk memperkirakan kebutuhan listrik dalam jangka waktu tertentu pada suatu sektoral (distribusi atau wilayah) dan memegang peranan penting dalam perencanaan serta fungsi keamanan dari manajemen energi. Prakiraan penggunaan listrik juga dapat digunakan sebagai acuan Rencana Operasi oleh PT. PLN Persero Unit Induk Distribusi Bali dalam perencanaan kebutuhan bahan bakar maupun anggaran tahunan. Penelitian ini menggunakan metode Regresi Linier Berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem ini menggunakan perhitungan regresi linier, bahasa pemrograman PHP, membutuhkan data jumlah daya tersambung sebagai (Y), jumlah penduduk sebagai (X1), pdrb sebagai (x2),  jumlah pelanggan listrik sebagai (X3), faktor beban sebagai (X4), losses sebagai (X5), penjualan listrik sebagai (X6) untuk mendapatkan hasil prediksi yang diolah menggunakan perhitungan regresi linier, hasil jumlah daya tersambung tahun 2021 adalah 3.848.954.690. dan dengan adanya sistem prediksi berbasis web ini memudahkan dalam perhitungannya dalam memprediksi listrik di tahun kedepan.Kata Kunci— Prediksi, Penggunaan Listrik, Metode Regresi Linier Berganda, Berbasis Web
Pengajaran Dan Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Selama Masa Pandemi Covid-19 Zakaria, Yoyo
JURNAL PETIK Vol 8, No 1 (2022): Vol 8 No 1 Tahun 2022
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v8i1.1406

Abstract

Abstract — This research is motivated by a view that the current competitive Vocational High School (SMK) educational institutions are in need of supplements for learning, especially understanding English subjects because the delivery of material is only in the form of text and the lack of use of internet-based learning media even though in schools already internet network available. This study aims to determine the feasibility of schoology-based e-learning as a product of teaching and learning and to determine differences in learning outcomes between students who use schoology-based e-learning and students who use text, this learning was carried out during the covid-19 pandemic. There is still a lack of understanding in English subjects because the delivery of material is only in the form of text and the lack of use of internet-based learning media. This research uses the research and development method or Research and Development (R&D) with reference to the research model from Borg & Gall which is simplified by the Puslitjaknov Team into 5 steps. The research process is: (1) Conducting product analysis to be developed, (2) Developing initial products, (3) Conducting small-scale field trials, (5) Large-scale field trials and making the final product. all test subjects are students of class X . This research took place at SMK Muhammadiyah 2 Kuningan in class X TKJ. the results of descriptive statistics from the two samples studied, namely the Pre Test and Post Test. For the pre-test value, the average test result or mean is 66.86. As for the Post Test value obtained an average value of 86.17. Because the average value of the Pre Test is 66.86 < Post Test 86.17, descriptively there is a difference in the average score of the English test between the Pre Test and Post Test.Keywords— learning media, e-learning, schoology, covid-19 pandemic Abstrak — Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan bahwa lembaga pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang kompetitif saat ini sangat membutuhkan suplemen untuk pembelajaran khususnya pemahaman mata pelajaran bahasa Inggris karena penyampaian materi hanya berupa teks dan kurangnya penggunaan. media pembelajaran berbasis internet padahal di sekolah sudah tersedia jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-learning berbasis schoology sebagai produk belajar mengajar dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan e-learning berbasis schoology dan siswa yang menggunakan teks, pembelajaran ini dilaksanakan selama pandemi covid-19. Masih kurangnya pemahaman dalam mata pelajaran bahasa Inggris karena penyampaian materi hanya berupa teks dan kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis internet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model penelitian dari Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 langkah. Proses penelitian adalah: (1) Melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) Mengembangkan produk awal, (3) Melakukan uji coba lapangan skala kecil, (5) Uji coba lapangan skala besar dan membuat produk akhir. semua subjek tes adalah siswa kelas X. Penelitian ini bertempat di SMK Muhammadiyah 2 Kuningan pada kelas X TKJ. hasil statistik deskriptif dari dua sampel yang diteliti yaitu Pre Test dan Post Test. Untuk nilai pre-test, rata-rata hasil tes atau mean adalah 66,86. Sedangkan untuk nilai Post Test diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,17. Karena nilai rata-rata Pre Test adalah 66,86 < Post Test 86,17, maka secara deskriptif terdapat perbedaan nilai rata-rata tes bahasa Inggris antara Pre Test dan Post Test.Kata kunci— media pembelajaran, e-learning, schoology, pandemi covid-19
Pengembangan Exercise Matematika Berbasis WEB Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Widyastuti, Ratna; Eliyen, Kunti
JURNAL PETIK Vol 8, No 1 (2022): Vol 8 No 1 Tahun 2022
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v8i1.1228

Abstract

Abstract - Mathematics is one of the compulsory subjects in basic education, because mathematics has an important role both in everyday life and in the development of science and technology. In the world of education, mastery of mathematical competencies is known as mathematical literacy skills. In order to help teachers to provide understanding to students, it is necessary to apply Realistic Mathematic Education (RME), In the implementation of RME, a web-based exercise book was developed so that students could use it in learning mathematics by solving problems in real life mathematically so that students' mathematical literacy skills could be improved. The result of this research is a web-based application using waterfall method that contains exercises in mathematics according to the RME approach which can be used as a medium for learning mathematics. Keywords – Mathematic, Realistic Mathematic, Exercise, Web Application Abstrak - Matematika merupakan pelajaran wajib dalam jenjang pendidikan dasar. Matematika mempunyai peran penting baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam dunia pendidikan, penguasaan kompetensi matematika dikenal dengan istilah kemampuan literasi matematika. Dalam rangka membantu pengajar untuk memberi pemahaman kepada siswa maka perlu diterapkan pembelajaran dengan mendesain soal tipe  Realistic Mathematics Education. Dalam implementasi RME dikembangkan suatu exercise yang berbasis web agar dapat digunakan siswa dalam mempelajari matematika dengan menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata secara matematis sehingga kemampuan literasi matematika siswa dapat ditingkatkan. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis web yang memuat latihan soal metematika tipe soal Realistic Mathematics yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Aplikasi dibangun dengan menggunakan teknologi berbasis web dengan metode penelitian pengembangan waterfall. Pengguna sistem adalah siswa dan guru sebagai admin.  Kata Kunci – Matematika, Realistic Mathematic Education, Exercise Book, Aplikasi Web
Pengembangan Aplikasi Sistem Database Virtual Community Digital Learning Nusantara (VCDLN) Menggunakan Model Waterfall Dan Pemrograman Terstruktur Andri Suryadi; Deni Darmawan; Dian Rahadian; Dinn Wahyudin; Cepi Riyana
JURNAL PETIK Vol 8, No 1 (2022): Vol 8 No 1 Tahun 2022
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v8i1.1424

Abstract

 Abstract — Along with the development of today's era and technology, humans are required to make changes, especially in the field of education. The challenges that occur in education are very complex, especially during the current covid-19 pandemic. All learning is carried out online/PJJ (distance learning) to minimize the spread of the covid-19 virus. So, the impact that occurs is that all schools must change all knowledge strategies face-to-face to Online Learning (PJJ). Of course, this is not easy because several things include teachers' readiness, student, and technology resources. In addition, if learning is carried out remotely, there must be other supporting materials, one of which is quality content. Quality content must go through a review process first. However, no forum can meet the needs of the review process, so there is a need for a community-based system that can accommodate the content review process to produce quality content. In this study, a learning community database system application was developed related to developing quality content. The development of this database system application will use the waterfall method with structured programming. The stages are carried out using the waterfall method, starting from analysis, design, implementation, testing, and maintenance. Meanwhile, structured programming is used when designing applications and implementing the waterfall method. So that with the application of this database system, it is hoped that the quality of the content to be published, especially in the field of education, will be guaranteed. Students will get the material as expected with quality content, especially with distance learning during this pandemic.Keywords — content, database system, waterfalls, quality Abstrak — Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi saat ini, manusia dituntut untuk dapat melakukan perubahan terutama di bidang pendidikan. Tantangan yang terjadi di bidang pendidikan sangat kompleks terlebih pada saat pandemi covid-19 sekarang ini seluruh pembelajaran dilakukan secara daring/PJJ (pembelajaran jarak jauh) untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19 tersebut. Maka, dampak yang terjadi adalah seluruh sekolah harus mengubah seluruh strategi pembelajaran yang selama ini tatap muka menjadi PJJ. Tentu hal tersebut tidaklah mudah karena beberapa hal diantaranya kesiapan dari sumber daya guru, siswa, dan teknologi. Selain itu, jika pembelajaran dilakukan secara jarak jauh maka harus ada materi pendukung lainnya salah satunya konten yang berkualitas. Konten berkualitas tersebut harus melewati proses review terlebih dahulu. Namun pada saat ini belum adanya wadah yang dapat memenuhi kebutuhan proses review tersebut sehingga perlu adanya sebuah sistem berbasis komunitas yang dapat mewadahi proses review konten tersebut sehingga dapat menghasilkan sebuah konten yang berkualitas. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi sistem database komunitas pembelajaran terkait dengan pembangunan konten yang berkualitas tersebut. Pengembangan aplikasi sistem database ini akan menggunakan metode waterfall dengan pemrograman terstruktur. Tahapan yang dilakukan menggunakan metode waterfall mulai dari analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Sedangkan pemrograman terstruktur dipakai pada saat melakukan desain aplikasi dan implementasi pada metode waterfall. Sehingga dengan adanya aplikasi sistem database ini, diharapkan konten yang akan dipublikasi terutama di bidang pendidikan akan terjamin kualitasnya. Dengan adanya konten yang berkualitas, maka siswa akan mendapatkan materi sesuai dengan yang diharapkan terlebih dengan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini. Kata kunci — konten sistem database waterfall kualitas
Penerapan Kanban Model Sebagai Metode Perancangan Sistem Informasi (Studi Kasus: Pemetaan Sekolah SMA/K/MA Kota Tasikmalaya) rudi hartono
JURNAL PETIK Vol 8, No 1 (2022): Vol 8 No 1 Tahun 2022
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v8i1.1252

Abstract

Abstract — Methodologies in software development are now increasing, agile methods with a variety of modeling, one of which is kanban. Kanban is used for the first time in Toyota’s manufacturing system. Kanban has various benefits that make it perform better than other methods for developing software projects, delivering rapid results over a set period of high quality and low cost, and it can be visualize the flow of the work. The purpose of this study is to apply kanban modeling in the design of information systems, as case studies are implemented on a GIS based information system for the mapping of Senior high school or Vocational school in Tasikmalaya. The results of this study include the design process using kanban methods with UML modeling and the final result is the user interface system.Keywords— kanban, design, systems, gisAbstrak —  Metodologi dalam pengembangan perangkat lunak kini semakin meningkat, metode agile dengan berbagai pemodelan salah satunya adalah kanban. Kanban digunakan untuk pertama kalinya dalam sistem manufaktur Toyota. Kanban memiliki berbagai manfaat yang membuatnya berkinerja lebih baik daripada metode lain untuk mengembangkan proyek perangkat lunak, memberikan hasil yang cepat selama periode tertentu dengan kualitas tinggi dan biaya rendah, dan dapat memvisualisasikan alur kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan pemodelan kanban dalam perancangan sistem informasi, karena studi kasus diimplementasikan pada sistem informasi berbasis GIS untuk pemetaan SMA atau SMK di Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini antara lain proses perancangan menggunakan metode kanban dengan pemodelan UML dan hasil akhir berupa user interface sistem. Kata Kunci— kanban, desain, sistem, gis
Strategi Komunikasi Dosen Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Riastri Rias Novianita; Cindya Yunita Pratiwi
JURNAL PETIK Vol 8, No 1 (2022): Vol 8 No 1 Tahun 2022
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v8i1.1549

Abstract

Abstract — Communication comes from the Latin communis which means the same. Communication occurs when there are similarities between the delivery of the message and the person who receives the message. Therefore, communication depends on the ability to be able to understand one another. Communication is used to meet organic needs. In general, human communication is described as signal language, speech, writing, movement, and broadcasting. This form of communication can be in the form of interactive, transactive, purposeful, to aimless. By communicating, the attitudes and feelings of a person or group can be understood by other parties. Communication will be effective if the message conveyed can be understoodThe purpose of communication is to change attitudes, opinions, behavior, and social. So in essence, communication aims to convey information that can be understood by others. Lecturer as educators, facing on the covid pandemic, must have the right online learning strategy, so that the teaching to students can delivered effective.Keywords — Communication,Educator,Lecturer, Message,Pandemic Abstrak — Komunikasi berasal dari bahasa latin communis yang artinya sama. Komunikasi terjadi ketika ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh karena itu, komunikasi tergantung pada kemampuan untuk dapat memahami satu sama lain. Komunikasi digunakan untuk memenuhi kebutuhan organik. Secara umum, komunikasi manusia digambarkan sebagai bahasa isyarat, ucapan, tulisan, gerakan, dan penyiaran. Bentuk komunikasi ini dapat berupa interaktif, transaktif, terarah, hingga tanpa tujuan. Dengan berkomunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau kelompok dapat dipahami oleh pihak lain. Komunikasi akan efektif jika pesan yang disampaikan dapat dipahamiTujuan komunikasi adalah untuk mengubah sikap, pendapat, perilaku, dan sosial. Jadi pada hakikatnya, komunikasi bertujuan untuk menyampaikan informasi yang dapat dipahami oleh orang lain. Dosen sebagai pendidik, menghadapi pandemi covid, harus memiliki strategi pembelajaran online yang tepat, agar pengajaran kepada mahasiswa dapat tersampaikan dengan efektif.Kata kunci— Komunikasi, Pendidik, Dosen, Pesan, Pandemi
Perancangan Sistem Transceiver Sebagai Repeater Berbasis NodeMCU Irsyad Wahhabi Pramono; Aria Syaiful Anwar; Ardelia Astriany Rizky
JURNAL PETIK Vol 8, No 1 (2022): Vol 8 No 1 Tahun 2022
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v8i1.1291

Abstract

Abstract— wireless sensor network is a new technology of monitoring. This system is veryextensive and does not allow data communication over a regular wired network. Data can be sent wirelessly from the microcontroller to the server computer. When developing JSN to extend the range of receivers, one of them is though the use of repeaters. The NodeMCU v3 module. This module has advantage of low cost and expandable firmware. Hardware design includes wireless sensor network design and mesh topology, as well as software design with Arduino. Testing is done by sending mesh data to the computer server. Then analyze the data to calculate signal strength and system reliability. The test result can show that the tool can work normally. Keyword — NodeMCU v3,Repeater,Transceiver,Data Sinyal Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem Transceiver sebagai Repeater menggunakan Jaringan Sensor Nirkabel, yang merupakan salah satu teknologi baru dari pemantauan. Sistem ini sangat luas dan tidak memungkinkan komunikasi data melalui jaringan kabel biasa. Data dapat dikirim secara nirkabel dari mikrokontroler ke komputer server. Saat mengembangkan JSN untuk memperluas jangkauan penerima, salah satunya melalui penggunaan repeater. Transmisi data dalam penelitian ini menggunakan modul NodeMCU V3. Modul ini memiliki keunggulan karena harganya murah dan firmware yang dapat diperluas. Desain perangkat keas meluputi desain jaringan sensor nirkabel dan topologi mesh, dan juga desain perangkat lunak dengan Arduino. Pengujian dilakukan dengan megirimkan data bersifat mesh menuju computer server. Kemudian menganalisis data untuk menghitung kekuatan sinyal dan kehandalan sistem. Hasil pengujian dapat menunjukkan bahwa alat dapat bekerja dengan normal.Kata Kunci — NodeMCU v3,Repeater,Transceiver,Data Sinyal
Pengembangan Virtual Assistant Chatbot Berbasis Whatsapp Pada Pusat Layanan Informasi Mahasiswa Institut Pendidikan Indonesia - Garut Siti Husnul Bariyah; Kuntum An Nisa Imania
JURNAL PETIK Vol 8, No 1 (2022): Vol 8 No 1 Tahun 2022
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v8i1.1575

Abstract

Abstract — The rapid development of technology has made many changes in human life. Especially in the era of the industrial revolution 4.0 where the process of exchanging information occurs easily and quickly even over long distances. The technology that we usually encounter in today's era is artificial intelligence technology, one of which is virtual assistants where human work can be helped by this technology. One form of virtual assistant in the realm of information and communication is a chatbot. Chatbot is a chat system that is commonly used by humans to help their work in the field of information services. In this study, the development of a whatsapp-based virtual assistant chatbot was carried out to make it easier for students to get information about lectures. The system is integrated into the WhatsApp application, because most smartphone users are active WhatsApp users and WhatsApp has features that are easy for users to understand and which are certainly cost-effective. Chatbot technology really needs to be implemented because in addition to making it easier for students to get information, chatbots can also be useful as a system that can ease the work of universities to answer student questions and can provide 24 hour service and can respond to student questions more quickly. Keywords  — Chatbot, Virtual Assistant, Artificial Intelligence, Whatsapp API  Abstrak — Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah membuat banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Terlebih di era revolusi industri 4.0 yang  dimana proses pertukaran informasi terjadi dengan mudah dan cepat walaupun dalam jarak yang jauh. Teknologi yang biasa kita jumpai di era sekarang ini adalah teknologi kecerdasan buatan, salah satu nya adalah virtual assistant dimana pekerjaan manusia bisa terbantu dengan adanya teknologi tersebut. Salah satu bentuk virtual assistant dalam ranah informasi dan komunikasi adalah  chatbot. Chatbot adalah sebuah sistem chatting yang biasa digunakan oleh manusia untuk membantu pekerjaannya dibidang pelayanan informasi. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan virtual assistant chatbot berbasis whatsapp untuk memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan informasi seputar perkuliahan. Sistem tersebut diintegrasikan kedalam aplikasi whatsapp, dikarenakan sebagian besar pengguna smartphone adalah pengguna aktif whatsapp dan whatsapp memiliki fitur-fitur yang mudah dipahami pengguna dan yang pastinya hemat biaya. Teknologi chatbot sangat perlu diadakan karena selain dapat mempermudah mahasiswa untuk mendapatkan informasi, chatbot juga dapat berguna sebagai sistem yang dapat meringankan pekerjaan pihak perguruan tinggi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mahasiswa serta dapat memberikan pelayanan selama 24 jam penuh dan dapat merespon pertanyaan mahasiswa dengan lebih cepat. Keywords — Chatbot, Virtual Assistant, Artificial Intelligence, Whatsapp API
Sistem Informasi E-Procurement Dalam Proses Penyaluran Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) Pada PT Lebo Indonesia Asyifa Hersumulyoastuti; Devi Indriani Setyatmaji; Imam Fadillah; Tazkiyah Herdi, S.Kom., MM.
JURNAL PETIK Vol 8, No 1 (2022): Vol 8 No 1 Tahun 2022
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v8i1.1272

Abstract

Abstract - there are opportunities to work abroad. However, it also causes problems, not least of fraud committed by the Sponsor/Broker and the incompatibility of the work contract promised by the Sponsor/Broker with the reality at the existing Distribution site. With the E-Procurement Sistem, it can reduce Sponsors/Brokers who play in a way that is not in accordance with the existing SOP, and the distribution of CTKI can run well in accordance with the rules set by the Government. This application was created based on the problems that exist in the Indonesian Migrant Worker Distribution Company to assist and facilitate the distribution of CTKI. The method used in the development of this application is Prototyping, and through needs analysis Fishbone (People, Regulation, Method, Places) in finding the main problem. And in making the Application Program using the PHP Programming Language, MySQL database.Keywords— Channeling Ckti, E-Procurement, Prototyping, Fishbone, MySql Abstrak — Untuk mengurangi jumlah pengangguran, kesempatan bekerja di luar negeri dapat menjadi pilihan bagi tenaga kerja di Indonesia dan ada peluang untuk bekerja di luar negeri. Namun juga menimbulkan masalah, tidak terkecuali penipuan yang dilakukan oleh Sponsor/Broker dan ketidaksesuaian kontrak kerja yang dijanjikan oleh Sponsor/Broker dengan kenyataan di situs Distribusi yang ada. Dengan adanya Sistem E-Procurement dapat mengurangi Sponsor/Broker yang bermain dengan cara yang tidak sesuai dengan SOP yang ada, dan pendistribusian CTKI dapat berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Aplikasi ini dibuat berdasarkan permasalahan yang ada di Perusahaan Distribusi Tenaga Kerja Indonesia untuk membantu dan mempermudah pendistribusian CTKI. Metode yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini adalah Prototyping, dan melalui analisis kebutuhan Fishbone (People, Regulation, Method, Places) dalam menemukan masalah utama. Dan dalam pembuatan Program Aplikasi ini menggunakan Bahasa Pemrograman PHP, database MySQL.Kata Kunci— Channeling Ckti, E-Procurement, Prototyping, Fishbone, MySql
Implementasi Pemanfaatan Kamus Basa Sunda Berbasis Android Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas VII Yuniar Purwanti Purwanti
JURNAL PETIK Vol 8, No 1 (2022): Vol 8 No 1 Tahun 2022
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v8i1.1525

Abstract

Abstract - This study aims to analyze the use of a Sundanese dictionary as a medium in learning Sundanese. The research method used is a mixed method between qualitative and quantitative methods. Qualitative methods are used in studying the use of the Sundanese dictionary as a medium for learning Sundanese. Meanwhile, to measure the effectiveness of the Android-Based Sundanese Dictionary as a learning medium, quantitative methods are used. The object of this research is the seventh grade students of SMPN 2 Tarogog Kidul, in two classes in the January-June 2020 semester. Data were collected through direct observation, interviewing informants, material mastery tests before and after using the dictionary and distributing questionnaires to respondents. Through this research, it will describe the procedure for using the Android-Based Sundanese Dictionary as a learning medium for lecturers to students so that they can measured the value of the benefits of the Android-Based Sundanese Dictionary. This study also concludes whether the Android-Based Sundanese Dictionary is effective as a learning medium in supporting the teaching and learning process.Keywords — Online Learning, Sundanese language dictionary, Android Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan kamus bahasa sunda sebagai media dalam pembelajaran Basa Sunda. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode campuran (mixed method) antara kualitatif dan metode kuantitatif. Metode kualitatif digunakan dalam menelaah pemanfaatan kamus Bahasa Sunda sebagai media pembelajaran Basa Sunda. Sementara untuk mengukur efektivitas Kamus Basa Sunda Berbasis Android sebagai media pembelajaran maka digunakan metode kuantitatif. Objek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 2 Tarogog Kidul, sebanyak dua kelas pada semester Januari-Juni 2020. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawabcara informan, tes penguasaan materi sebelum dan sesudah penggunaan kamus serta penyebaran kuesioner terhadap responden. Melalui penelitian ini akan dideskripsikan tata cara pemanfaatan Kamus Basa Sunda Berbasis Android sebagai media pembelajaran bagi dosen terhadap mahasiswa sehingga dapat diukur nilai manfaat Kamus Basa Sunda Berbasis Android tersebut. Penelitian ini juga menghasilkan kesimpulan apakah Kamus Basa Sunda Berbasis Android efektif dalam sebagai media pembelajaran dalam menunjang proses belajar dan mengajar.Kata kunci — Pembelajaran Daring, Kamus Bahasa Sunda, Android

Page 1 of 1 | Total Record : 10