cover
Contact Name
Rahmat Aziz
Contact Email
azira@uin-malang.ac.id
Phone
+62362-22928
Journal Mail Official
jppundiksha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs education. Global issues in education Technical and vocational education. Language education. Social science education Educational management Sport science and physical education Other areas in education.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012" : 9 Documents clear
Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa pada Model Siklus Belajar Hipotetis Deduktif. Gede Putra Adnyana
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.894 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i3.1833

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh penerapan model siklus belajar hipotetis deduktif terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep kimia siswa. Subjek penelitian 72 siswa SMA Negeri 1 Banjar, Buleleng, Bali. Penelitian ini menggunakan rancangan posttest only control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang terdiri dari model siklus belajar hipotetis deduktif dan model pembelajaran langsung, dan variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep kimia. Data dianalisis menggunakan multivariate analysis of variance dan dilanjutkan dengan uji Least Significance Difference pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep kimia antara siswa yang mengikuti model siklus belajar hipotetis deduktif dan model pembelajaran langsung, (2) keterampilan berpikir kritis siswa yang mengikuti model siklus belajar hipotetis deduktif lebih baik daripada model pembelajaran langsung, dan (3) pemahaman konsep siswa yang mengikuti model siklus belajar hipotetis deduktif lebih baik dari pada dengan model pembelajaran langsung. Kata-kata Kunci: siklus belajar, hipotetis deduktif, berpikir kritis, pemahaman konsep kimia.
Profil Masalah-masalah Pembelajaran pada Perkuliahan Poetry I.G.A. Lokita Purnamika Utami
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.666 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i3.1834

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNDIKSHA dalam mempelajari puisi. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukkan dengan menggunakan beberapa instrumen yaitu kuesioner, pedoman observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa dalam mempelajari puisi adalah kesulitan dalam memahami buku ajar, kesulitan dalam memahami makna puisi yang mereka baca, kesulitan dalam menggunakan ragam majas yang tepat untuk mengungkapkan tujuan puisi yang mereka tulis dan kesulitan dalam memahami makna majas-majas yang digunakan dalam sebuah puisi. Kata-kata Kunci: profil masalah pembelajaran, majas-majas dalam puisi, pembelajaran puisi
Pemanfaatan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hiragana dan Katakana Desak Made Sri Mardani
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.344 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i3.1836

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode informasi berbantuan media visual dan metode tugas dapat meningkatkan kemampuan menulis indah huruf Hiragana dan Katakana pada mahasiswa semester I Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, Undiksha TA 2011/2012. Selain untuk mengetahui hal tersebut, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap penggunaan metode serta media visual tersebut. Penelitian ini menggunakan beberapa metode dalam penggambilan datanya, yaitu: metode tes, metode observasi serta metode angket. Adapun hasil penelitian ini yaitu: persentase mahasiswa yang memperoleh nilai hasil belajar A pada siklus I dan II adalah berturut-turut 55,5% dan 83,3%. Peningkatan tersebut mengindikasikan bahwa penerapan metode informasi berbantuan media visual dan metode tugas dapat meningkatkan kemampuan menulis Huruf Hiragana dan Katakana dengan indah pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Hal ini didukung pula oleh respon mahasiswa yang positif terhadap penerapan metode serta media tersebut. Pada hasil observasi juga terlihat ada perubahan yang cepat pada penulisan huruf yang dilakukan oleh mahasiswa. Kata-kata Kunci: huruf hiragana dan katakana, pembelajaran bahasa jepang, media visual.
Penilaian Kompetemsi Kepala Sekolah dan Guru dalam Bekerja di Sekolah I Wayan Subagia; I Gusti Lanang Wiratma
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.925 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i3.1838

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk mengungkapkan secara mendalam penilaian kompetensi kepala sekolah dan guru dalam bekerja di sekolah. Penelitian ini dilakukan di sekolah menengah (SMA dan SMK) di kota Singaraja Kabupaten Buleleng dengan teknik penilaian silang. Informan yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 16 orang terdiri atas empat orang kepala sekolah dan 12 orang guru. Seluruh data dikumpulkan melalui wawancara dan dianalisis secara interpretatif dengan teknik triangulasi sumber informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian kompetensi kepala sekolah dan guru dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu penilaian keprofesionalan dan kepribadian. Cara yang digunakan untuk menilai kompetensi kepala sekolah dan guru adalah dengan cara observasi secara terus menerus, baik kinerja maupun hasil kerjanya. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpukan bahwa penilaian kompetensi kepala sekolah dan guru di sekolah dilakukan sesuai dengan tindakan atau aktivitas yang dilakukan selama bekerja. Kata-kata Kunci: penilaian kompetensi, kompetensi kepala sekolah, kompetensi guru.
Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau dari Kemandirian Siswa Gede Sandi
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.59 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i3.1839

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran blended (blended learning) terhadap hasil belajar kimia ditinjau dari kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan posttest only control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang terdiri dari dua dimensi, yaitu blended learning dan pembelajaran langsung, variabel moderator adalah kemandirian siswa, dan variabel terikat adalah hasil belajar kimia. Subyek penelitian adalah siswa SMAN 5 Denpasar kelas X yang berjumlah 152 siswa. Data dianalisis menggunakan ANAVA faktorial 2x2 dan Uji Tukey. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil belajar kimia siswa yang mengikuti blended learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, (2) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar kimia, (3) hasil belajar siswa dengan kemandirian tinggi yang mengikuti blended learning lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, dan (4) tidak terdapat perbedaan antara siswa dengan kemandirian rendah yang mengikuti kedua model pembelajaran tersebut. Kata-kata Kunci: blended learning, kemandirian siswa, hasil belajar siswa
Perangkat Pembelajaran Berorientasi Discovery-Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa I Gusti Agung Oka Yadnya
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.524 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i3.1840

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembe-lajaran pada pokok bahasan ”Lingkaran” yang berorientasi discovery-inquiry. Pengembangan pe-rangkat pembelajaran ini mengikuti prosedur pengembangan model Plomp. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A2, VIII A3, dan VIII A5 SMP Negeri 1 Singaraja. Setelah uji coba, diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada uji coba I, II, dan III berturut-turut adalah 3,1, 3,2, dan 3,5. Skor rata-rata hasil belajar dari uji coba I, II, dan III berturut-turut adalah 86,4, 85,7, dan 94,8. Produk yang dihasilkan telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Karakteristik perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah: (1) alat peraga: mendukung sebagian besar konsep ”Lingkaran” di SMP, dapat diotak-atik dan mudah dioperasi-kan, digunakan untuk peragaan, eksperimen, dan konfirmasi dalam pembelajaran; (2) LKS: dominan memuat persoalan yang berhubungan dengan praktik, menuntun siswa dalam melakukan penyelidikan; dan (3) BPG: sebagai panduan bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran ber-orientasi discovery-inquiry, dan memuat jawaban standar atas permasalahan dalam LKS. Kata-kata Kunci: perangkat pembelajaran, discovery inquiry, aktivitas belajar, hasil belajar.
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Matematika I Wayan Sudiasa
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.278 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i3.1841

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Nusa Penida pada kelas X sebanyak 188 orang. Penelitian dirancang dalam bentuk posttest only control group design. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar yang berbentuk essay dan tes kemampuan numerik yang berbentuk objektif dengan lima pilihan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varians faktorial 2´2 dan dilanjutkan dengan uji t-Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika, (3) untuk siswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi, hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, dan (4) untuk siswa yang memiliki kemampuan numerik rendah, hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri.. Kata-kata Kunci:inkuiri, hasil belajar matematika, kemampuan numerik
Komunikasi dalam Penyelesaian Konflik di Sekolah Dasar Isparwoto .
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (82.017 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i3.1842

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peran komunikasi dalam penyelesaian konflik di SD yang memiliki latar belakang yang berbeda penyelenggaraannya di Kabupaten Banyuwangi, yaitu SDN 4 Penganjuran, SDK Santa Maria dan SDU Habibulloh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus, informan ditetapkan secara purposif dengan terlebih dulu menentukan informan kunci, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Data yang terkumpul tersebut diorganisir, ditafsir dan dianalisis secara berulang-ulang melalui analisis dalam kasus dan lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dapat menyelesaikan konflik di Sekolah Dasar, yaitu melalui: (1) proses komunikasi yang berlangsung secara efektif, santun dan menarik,(2) iklim komunikasi yang berlangsung secara kondusif, dan (3) langkah-langkah penyelesaian konflik melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penyelesaian konflik yang efektif.. Kata-kata Kunci: komunikasi, penyelesaian konflik, sekolah dasar
Pengaruh Media Facebook dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Ni Putu Era Marsakawati; Putu Eka Dambayana Suputra
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.835 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i3.1843

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Facebook dan gaya belajar terhadap kemampuan menulis mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis, rubrik penskoran analitik, dan instrumen gaya belajar. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis antara mahasiswa yang diberi pembelajaran menggunakan media Facebook dan mahasiswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan media Facebook, (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis antara mahasiswa dengan gaya belajar field dependent dan mahasiswa dengan gaya belajar field independent. (3) terdapat pengaruh interaksi antara teknik pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan menulis mahasiswa. Kemampuan menulis mahasiswa yang diberi pembelajaran menggunakan media Facebook lebih baik dibandingkan mahasiswa yang tidak diberikan pembelajaran menggunakan media Facebook. Kemampuan menulis mahasiswa dengan gaya belajar field dependent lebih baik dibandingkan mahasiswa dengan gaya belajar field independent.. Kata-kata Kunci: media Facebook, gaya belajar, kemampuan menul

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol 56 No 2 (2023): July Vol 56 No 1 (2023): APRIL Vol 55 No 3 (2022): OCTOBER 2022 Vol 55 No 1 (2022): APRIL 2022 Vol 55 No 2 (2022): JULY Vol 55, No 1 (2022) Vol 54 No 3 (2021): OCTOBER 2021 Vol 54, No 3 (2021): OCTOBER 2021 Vol 54, No 2 (2021): JULY 2021 Vol 54 No 2 (2021): JULY 2021 Vol 54, No 1 (2021): April 2021 Vol 54 No 1 (2021): April 2021 Vol 53 No 3 (2020): OCTOBER 2020 Vol 53, No 3 (2020): OCTOBER 2020 Vol 53, No 2 (2020): JULY 2020 Vol 53 No 2 (2020): JULY 2020 Vol 53, No 1 (2020): April 2020 Vol 53 No 1 (2020): April 2020 Vol 52 No 3 (2019): OCTOBER 2019 Vol 52, No 3 (2019): OCTOBER 2019 Vol 52, No 2 (2019): JULY 2019 Vol 52 No 2 (2019): JULY 2019 Vol 52, No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 52 No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 51 No 3 (2018): October 2018 Vol 51, No 3 (2018): October 2018 Vol 51, No 2 (2018): July 2018 Vol 51 No 2 (2018): July 2018 Vol 51 No 1 (2018): April 2018 Vol 51, No 1 (2018): April 2018 Vol 50 No 3 (2017): October 2017 Vol 50, No 3 (2017): October 2017 Vol 50, No 2 (2017): July 2017 Vol 50 No 2 (2017): July 2017 Vol 50 No 1 (2017): April 2017 Vol 50, No 1 (2017): April 2017 Vol 49, No 3 (2016): Oktober 2016 Vol 49 No 3 (2016): Oktober 2016 Vol 49, No 2 (2016): Juli 2016 Vol 49 No 2 (2016): Juli 2016 Vol 49 No 1 (2016): April, 2016 Vol 49, No 1 (2016): April, 2016 Vol 48 No 1-3 (2015): April, 2015 Vol 48, No 1-3 (2015): April, 2015 Vol 47 No 2-3 (2014): Oktober, 2014 Vol 47 No 1 (2014): April, 2014 Vol 47, No 2-3 (2014): Oktober, 2014 Vol 47, No 1 (2014): April, 2014 Vol 46 No 3 (2013): Oktober, 2013 Vol 46, No 3 (2013): Oktober, 2013 Vol 46 No 1 (2013): April, 2013 Vol 46, No 1 (2013): April, 2013 Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012 Vol 46 No 2 Juli (2013) Vol 46, No 2 Juli (2013) Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012 Vol 45, No 3 (2012): Oktober, 2012 Vol 45, No 2 (2012): Juli, 2012 Vol 45 No 1 (2012): April, 2012 Vol 45, No 1 (2012): April, 2012 Vol 44, No 1 (2011): April 2011 Vol 44 No 1 (2011): April 2011 Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010 Vol 43, No 3 (2010): Oktober 2010 Vol 43, No 2 (2010): Juli, 2010 Vol 43 No 2 (2010): Juli, 2010 Vol 43 No 1 (2010): April 2010 Vol 43, No 1 (2010): April 2010 Vol 42, No 3 Okt (2009) Vol 42 No 3 Okt (2009) Vol 42, No 2 Jul (2009) Vol 42 No 2 Jul (2009) Vol 42, No 1 Apr (2009) Vol 42 No 1 Apr (2009) Vol 41, No 4 (2008): Edisi Khusus 2008 Vol 41 No 4 (2008): Edisi Khusus 2008 Vol 41, No 1 (2008): April 2008 Vol 41 No 1 (2008): April 2008 More Issue