cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalprasiundiksha@gmail.com
Editorial Address
Jalan Jend. A. Yani 67, Singaraja 81116, Telp. 0362-21541, Faks. 0362-27561
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya
ISSN : 16936124     EISSN : 26141116     DOI : -
Core Subject : Education,
PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is a scientific open-access, peer-reviewed bilingual journal published by the Faculty of Language and Art, Universitas Pendidikan Ganesha. PRASI is a fully refereed academic research journal that aims to spread original, theoretical and practical progress in multidisciplinary research findings related to Language and Art. PRASI creates a bridge between research and development for researchers and practitioners nationally and globally.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 02 (2018)" : 6 Documents clear
ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN INTRODUCTION TO LINGUISTICS BERBASIS E-LEARNING UNTUK MAHASISWA BAHASA INGGRIS Anak Agung Sri Barustyawati; Ni Luh Putu Sri Adnyani
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol. 13 No. 02 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.838 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v13i2.16445

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah analisis kebutuhan terhadap materi-materi pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam mata kuliah Introduction to Linguistics dan kebutuhan terhadap pembelajarn berbasis e-leaning pada mata kuliah tersebut. Data analisis kebutuhan diperoleh melalui kuestioner yang berisi tentang opini dan anggapan yang diberikan kepada 25 orang mahasiswa pada Jurusan Diploma III bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa membutuhkan pengetahuan di bidang linguistik dan kebutuhan akan perlunya pembelajaran linguistik melalui e-learning. Dari lima sub bidang linguistik, fonetik, fonologi, sintaksis, dan semantik dianggap sangat dibutuhkan. Sedangkan morfologi dianggap sangat dibutuhkan secara signifikan. Kebutuhan terhadap morfologi berada setingkat di atas bidang linguistik lainnya menurut hasil wawancara dengan informan diperoleh informasi bahwa untuk menguasai bahasa asing mereka memerlukan penguasaan kata-kata yang luas. Kata dan pembentukan kata merupakan bagian dari pokok bahasan di bidang morfologi. Hasil analisis kebutuhan ini juga memperlihatkan pentingnya e-learning dalam proses pembelajaran dengan hasil kuesioner yang menunjukkan bahwa e-learning berada dalam kategori sangat dibutuhkan. Pentingnya e-learning dalam pembelajaran Introductuion to Linguistics, salah satunya yakni perlunya visualisasi materi pembelajaran. Visualisasi materi pembelajaran memberikan kesempatan kepada pembelajar untuk melihat contoh-contoh secara nyata dan bukan konsep-konsep yang terlalu abstrak. Hasil penelitian ini sangat berguna dalam pengembangan kurikulum dan pengembangan bahan ajar. Di samping itu, dengan diketahuinya kebutuhan pembelajar, pengajar dapat menyusun materi yang sesuai dengan kebutuhan untuk menciptakan proses pembejaran yang efektif. Kata kunci: analisis, kebutuhan, Introduction to Linguistics, e-learning
THE TEACHER’S USE OF TRANSLATION IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING BASED ON SCIENTIFIC APPROACH AT SMP NEGERI 4 AND SMP NEGERI 5 SINGARAJA Ni Made Ayu Sulatri Okta Pratiwi; I Gede Budasi; Ida Ayu Made Istri Utami
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol. 13 No. 02 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.187 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v13i2.16447

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan suara dari kata-kata pinjaman dari bahasa Ingris ke bahasa Indonesia di ranah makanan dan minuman. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Terdapat 5 orang informan dalam penelitian ini, 1 orang informan sebagai informan utama dan 4 orang informan lainnya sebagai informan pendukung. Data dikumpulkan dengan teknik interview, perekaman, dan observasi. Hasil dari data analisis menunjukkan jika dari 70 kata pinjaman dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia di ranah makanan dan minuman, ada 40 kata yang mengalami proses perubahan suara. 4 kata mengalami menjalani proses apocope, 3 kata menjalani proses cluster reduction, 6 kata menjalani proses epenthesis atau anaptyxis, 4 kata menjalani proses paragoge, 3 kata menjalani proses vowel breaking atau diphthongization, dan 20 kata menjalani proses monophthongization.Kata-kata kunci: perubahan bunyi, kata-kata pinjaman
THE ANALYSIS OF EFL LEARNING STRATEGY OF THE VISUALLY IMPAIRED JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SLB NEGERI 1 DENPASAR Ni Made Yuni Setyawati; Luh Diah Surya Adnyani; Kadek Sonia Piscayanti
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol. 13 No. 02 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.569 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v13i2.16449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi belajar siswa dengan cacat visual (VIS). Ditemukan bahwa ada 6 strategi yang digunakan yaitu (1) kognitif yaitu berlatih, mengulang, mendapatkan ide,  menganalisis dan membuat reasoning, meringkas dan menerjemahkan; (2) metakognitif, mereka memperhatikan pelajaran dan menunjukkan bukti pemahaman; (3) strategi sosial, mereka berempati dengan orang lain, membuat pertanyaan, membuat ulasan, meminta saran, meminta konfirmasi; (4) afektif, dengan menurunkan kecemasan, (5) ingatan, dengan membuat asosiasi, membuat konteks kata kata, mengingat, mengingat pengalaman visual, membuat simpulan dan mengambil kembali ide sebelumnya; (6) kompensasi, dengan mengatasi keterbatasan dalam berbicara dan menulis, berusaha memberikan jawaban dan menggunakan bahasa campuran.Kata-kata kunci: EFL, strategi pembelajaran, siswa cacat visual
DEVELOPING MOODLE BASED E-LEARNING MEDIA FOR THE DOKKAI SHOKYU COURSE Kadek Eva Krishna Adnyani; Gede Satya Hermawan; I Wayan Adnyana; Ni Nyoman Murniasih
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol. 13 No. 02 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.074 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v13i2.16450

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimanakah bentuk moodle yang sesuai untuk pembelajaran mata kuliah dokkai shokyu di jurusan pendidikan bahasa Jepang? (2) bagaimanakah kualitas moodle yang dikembangkan untuk mata kuliah dokkai shokyu di jurusan pendidikan bahasa Jepang? Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data data menggunakan teknik angket dan observasi. Penilaian kualitas produk dilakukan oleh satu ahli materi, satu ahli media pembelajaran, dan 30 peserta didik mata kuliah dokkai shokyu di Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Pada hasil uji ahli isi, secara umum, moodle ini dinilai baik sekali dan dapat digunakan dengan revisi. Pada hasil uji ahli media, moodle ini dinilai baik dan dapat digunakan dengan revisi. Respons mahasiswa terhadap moodle, didominasi penilaian positif yakni setuju dan sangat setuju.Kata kunci: e-learning, moodle, penelitian pengembangan, dokkai shokyu
PEMILIHAN MATERI/ASPEK KEBAHASAAN DALAM KURIKULUM 2013 PADA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH (SMP/MSN, SMA/MA, SMK) I Nengah Martha
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol. 13 No. 02 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.661 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v13i2.16451

Abstract

Saat ini, kurikulum yang digunakan pada jenjang pendidikan menengah (SMP/MSn, SMA/MA, SMK) adalah Kurikulum 2013. Untuk pembelajaran bahasa Indonesia, Kurikulum 2013 ini menekankan  beberapa hal, seperti: isi dan tujuan pembelajaran berbasis kompetensi, proses pembelajaran berbasis saintifik, tagihan pembelajaran berbasis asesmen autentik, pintu masuk pembelajaran berbasis teks, dan hasil belajar akhir berupa produk. Penekanan-penekanan yang disebut di atas  akan membawa pengaruh terhadap perilaku guru dalam pembelajaran bahasa  Indonesia di sekolah terkait materi/isi, proses, asesmen, jalur, dan produk belajar. Artikel ini, secara khusus akan  mengungkap mengenai Pilihan Materi/ Aspek Kebahasaan dalam Kurikulum 2013 pada Jenjang Pendidikan SMP/MSn, SMA/MA, SMK.Kata kunci: Aspek Kebahasaan, Kurikulum 2013, Pendidikan Menengah
SOSIAL MEDIA SEBAGAI SARANA KREASI DAN EKSPRESI KARYA SENI RUPA DAN DESAIN I Gusti Agung Ayu Widiari Widyaswari; I Gusti Nyoman Widnyana
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol. 13 No. 02 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.601 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v13i2.16453

Abstract

Sosial media merupakan media komunikasi dan informasi yang diakses melalui sambungan internet yang banyak digunakan oleh masyarakat setiap harinya. Banyak yang menggunakan sosial media untuk berinteraksi dengan orang-orang dalam jarak jauh sehingga tidak perlu bertemu secara langsung. Sosial media awalnya hadir sebagai media komunikasi dan informasi dan kini berkembang sebagai wadah untuk berkreasi dan berekspresi melalui karya seni dan desain yang diciptakan. Dengan berkembangnya sosial media di era digital ini tentunya mengikuti dengan perkembangan-perkembangan fitur yang ada dalam sosial media. Hal tersebut penting untuk diperhatikan oleh pelaku seni dan desain agar mampu memanfaatkan fitur-fitur sosial media dengan baik sehingga bisa mencuri perhatian publik dengan segala kreativitas yang ditampilkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sosial media memegang peranan penting di era teknologi digital saat ini dengan banyaknya pemanfaatan sosial media sebagai sarana berkreasi dan mengekspresikan karya seni.Kata kunci : sosial media, seni rupa dan desain, kreasi, ekspresi

Page 1 of 1 | Total Record : 6