cover
Contact Name
Asep Amam
Contact Email
aam@student.upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
teoremamathunigal17@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Teorema: Teori dan Riset Matematika
Published by Universitas Galuh
ISSN : 25410660     EISSN : 25977237     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN 2597-7237.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2023): Maret" : 21 Documents clear
PRESERVASI CROSS-RATIO OLEH TRANSFORMASI MÖBIUS Iden Rainal Ihsan
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 8, No 1 (2023): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v8i1.7797

Abstract

Transformasi Möbius merupakan suatu fungsi di bidang kompleks yang diperluas (C_∞ ) yang memiliki sifat preservasi nilai cross-ratio dari empat titik berbeda di C_∞. Pada artikel ini dibahas sifat tersebut dengan menunjukkan bahwa suatu transformasi Möbius yang memetakan z_i→z_i^'; z_i C_∞  ,(i=1,2,3,4) akan berimpilikasi pada kesamaan nilai cross-ratio (z_1,z_2;z_3,z_4 )=(z_1',z_2';z_3',z_4'). Kemudian dibahas juga eksistensi suatu transformasi Möbius yang diakibatkan oleh kesamaan nilai cross-ratio dari dua quadruple yang berbeda.Transformasi Möbius merupakan suatu fungsi di bidang kompleks yang diperluas  yang memiliki sifat preservasi nilai cross-ratio dari empat titik berbeda di . Kajian ini diperlukan untuk perkaya bahasan geometri dengan memperluas pada kajian aljabar. Pada artikel ini dibahas sifat tersebut dengan menunjukkan bahwa suatu transformasi Möbius yang memetakan  akan berimpilikasi pada kesamaan nilai cross-ratio . Kemudian dibahas juga eksistensi suatu transformasi Möbius yang diakibatkan oleh kesamaan nilai cross-ratio dari dua quadruple yang berbeda. 
FRONT & BACK MATTER, 8(1), MARET 2023 FRONT & BACK MATTER
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 8, No 1 (2023): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v8i1.10373

Abstract

FRONT & BACK MATTER, 8(1), MARET 2023
UJI BEDA KASUS COVID-19 DI WILAYAH SUMATERA SELATAN BERDASARKAN PEMBAGIAN KELOMPOK PERIODE WAKTU Endro Setyo Cahyono; Dian Cahyawati; Nadya Amalia Yulianti; Muji Gunarto
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 8, No 1 (2023): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v8i1.9148

Abstract

Kasus Covid-19 bergerak dinamis dan masih cenderung meningkat. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian pengujian perbedaan kasus baru Covid-19 antar kelompok periode waktu di Provinsi Sumatera Selatan. Data diamati dari 1 Januari 2021 hingga 31 Juli 2022 yang dikumpulkan dari publikasi website provinsi. Metode penelitian menggunakan uji Kruskall-Wallis sebagai alternatif uji one-way ANOVA. Periode waktu dibagi menjadi tujuh kelompok yang terdiri dari empat kelompok kondisi gelombang dan tiga kelompok kondisi melandai. Pengujian hipotesis dilakukan pada kondisi gelombang, kondisi melandai, dan kombinasi antar kondisi gelombang dan melandai. Hasil kondisi gelombang menunjukkan keempat kelompok periode waktu memiliki perbedaan yang signifikan terhadap kondisi kasus Covid-19. Pengujian hipotesis pada kasus Covid-19 antara kondisi melandai dan kombinasi gelombang dan melandai menunjukkan signifikansi hasil yang sama. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa jumlah kasus Covid-19 pada periode waktu yang bertepatan dengan pasca hari besar keagamaan, atau hari libur nasional menunjukkan peningkatan rata-rata kasus yang signifikan berbeda secara statistik dibandingkan dengan kelompok periode waktu lainnya. Hasil tersebut memperkuat informasi bahwa jumlah kasus baru Covid-19 bergerak dinamis dan berbeda-beda berdasarkan kelompok periode waktu akibat adanya momen aktivitas tertentu.  Hasil ini menyarankan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan terutama ketika kita berada dalam beraktivitas sosial.
PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR ANIME MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING PADA MATERI LINGKARAN Muchtadi Muchtadi; Rahman Haryadi; Melina Sapitri
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 8, No 1 (2023): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v8i1.8203

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita bergambar anime materi lingkaran di kelas VIII MTs Al-huda Mubung yang mencapai kriteria sangat valid dan respon guru dan siswa sangat praktis dan efektif dalam buku ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau RND (research and development) dimana prosedur penelitian menggunakan model Borg and Gall yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, uji coba penggunaan, revisi produk, produksi massal. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap revisi produk karena keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari guru dan 29 siswa kelas VIII MTs Al-huda Mubung serta dosen yang menjadi validator media. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengukuran dengan melihat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk yang dihasilkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan materi, angket respon siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian, tiga validator memperoleh hasil validasi buku cerita bergambar anime dengan persentase rata-rata 88,42%, respon guru dan siswa terhadap buku cerita bergambar anime melalui angket respon sangat praktis dengan persentase rata-rata 88,89%, dan hasil posttest sangat efektif dengan 24 siswa lulus berdasarkan nilai KKM sekolah ≥ 75 dan 5 siswa tidak tuntas atau mencapai persentase 82,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku bergambar anime yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar.
ANALISIS PROSES BERPIKIR MASON DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL Ike Natalliasari; Redi Hermanto; Disa Zakiatun Nupus
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 8, No 1 (2023): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v8i1.9935

Abstract

ABSTRAKPemahaman guru yang cenderung mengevaluasi hasil akhir dari proses penyelesaian soal, tetapi tidak melihat proses berpikir peserta didik untuk membantu peserta didik mencapai kesimpulan tertentu, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir peserta didik berdasarkan Mason dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Metode yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Subjek dipilih berdasarkan teknik purposive dengan cara eksplorasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian ini yaitu peneliti sebagai instrumen utama dan soal tes uraian. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Proses berpikir peserta didik dalam menyelesaikan soal sampai tiga tahapan menurut Mason yaitu S6, S9, dan S14 pada tahap entry memperoleh informasi yang terdapat dari soal dan memilih elemen yang perlu dimisalkan, pada tahap ini terdapat proses specializing. Pada tahap attack S6 dan S9 merumuskan dan mencoba rencana penyelesaian dengan metode eliminasi, sedangkan S14 merumuskan dan mencoba rencana penyelesaian dengan metode gabungan, pada tahap ini S6, S9, dan S14 terdapat proses generalizing, conjecturing, dan convincing. Pada tahap review S6 dan S9 mengecek perhitungan sedangkan S14 mengecek ketepatan alasan pada langkah penyelesaian, kemudian pada tahap ini S6, S9, dan S14 merefleksi ide penyelesaian dan mencari cara penyelesaian lain.
ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Azimah Lisan Robbani; Endang Soeryana Hasbullah; Betty Subartini
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 8, No 1 (2023): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v8i1.8121

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan menurunnya harga saham perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh likuiditas, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2020. Berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu, ditemukan gap research pada hasil penelitian sehingga diduga terdapat faktor lain yang mempengaruhi nilai perusahaan. Oleh karena itu, metode analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh leverage dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Selanjutnya untuk kebijakan dividen sebagai variabel moderasi, diperoleh hasil kebijakan dividen tidak dapat memoderasi pengaruh likuiditas, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Pada penelitian selanjutnya diharapkan untuk melakukan pengujian dengan menggunakan sampel seluruh perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP Risma Melati; Destiniar Destiniar; Rohana Rohana
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 8, No 1 (2023): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v8i1.9140

Abstract

ABSTRAKSalah satu tujuan utama pembelajaran pada abad ke 21 adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Higher Order Thinking Skills (HOTS) ialah level berpikir pada proses menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Untuk mengetahui kemampuan HOTS matematika peserta didik dibutuhkan suatu soal tes HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi aritmetika sosial di kelas VII SMP yang valid dan reliable, dan mendeskripsikan kualitas soal tes HOTS untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik di kelas VII SMP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, walktrough, dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Puding Besar. Soal HOTS yang dikembangkan sebanyak 16 butir soal uraian berdasarkan indikator Taksonomi Bloom yakni Menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5), dan Mengkreasi (C6). Hasil pengembangan soal HOTS ini berupa: 1) validasi ahli yang menyatakan bahwa soal HOTS yang dikembangkan layak digunakan, sedangkan dalam validitas secara empiris secara keseluruhan hasil dari ujicoba menggunakan rumus korelasi product moment terdapat 11 butir soal dinyatakan valid, 2) hasil reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,78 yang dikategorikan reliabilitas tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi aritmetika sosial di kelas VII SMP dinyatakan valid dan reliabel serta layak digunakan.
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI Meida Rahma Alkariim; Indrie Noor Aini
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 8, No 1 (2023): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v8i1.7215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi di SMP Negeri 2 Karawang Barat tahun ajaran 2021/2022 . 44 siswa dipilih sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes dengan teknik pengumpulan data berupa tes yang berisi 3 soal uraian yang dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.  Soal tes tersebut memuat indikator fluency (kelancaran) dan flexibility (keluwesan). Hal tersebut bertujuan agar siswa terbiasa menemukan beberapa jawaban alternatif dengan logis dan relevan berdasarkan permasalahan yang diberikan sebelum dapat mengembangkan solusi yang lebih kompleks lagi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengambilan data dilakukan setelah siswa mempelajari materi relasi dan fungsi. Kemudian diolah dan dikelompokkan berdasarkan tingkatan kemampuan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi di SMP Negeri 2 Karawang Barat termasuk ke dalam golongan cukup kreatif.
GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBANTUAN RPG MAKER MV MATERI BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS Skolastika Weni Febriani; Sandie Sandie; Yudi Darma
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 8, No 1 (2023): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v8i1.9936

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan game edukasi berbantuan RPG maker Mv materi bangun datar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kayan Hilir berdasarkan tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Penelitian ini menggunakan model rancangan pengembangan ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu analisys (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kayan Hilir sebanyak 16 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan soal posttest kemampuan pemecahan masalah. Kevalidan game edukasi mencapai kriteria sangat valid dengan kevalidan materi mencapai 88,06% dan kevalidan media mencapai 88,57%. Kepraktisan game edukasi berbasis android mencapai kriteria sangat praktis melalui angket respon guru yang mecapai 91,43% dan angket respon siswa mencapai 93,06%, dan keefektifan diperoleh sebesar 71,43% dengan kriteria efektif. Dengan demikian game edukasi berbantuan RPG maker Mv materi bangun datar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kayan Hilir tergolong valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan.
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN WOLFRAMS MATHEMATICA DALAM INJEKSI CARA BERPIKIR KOMPUTASIONAL PADA PROSES PEMODELAN MATEMATIKA Saiful Marom
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 8, No 1 (2023): Maret
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v8i1.7933

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui keefektifan penggunaan wolframs mathematica dalam proses injeksi pemahaman berpikir komputasional pada pemodelan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil matakuliah pemodelan matematika. Pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui tes. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan deskriptif untuk menggambarkan bagaimana pemahaman mahasiswa mengenai pemahaman berpikir komputasional sebelum dan setelah injeksi berpikir komputasional berbantuan wolframs mathematica, Sedangkan untuk mengetahui keefektifan penggunaan wolframs mathematica digunakan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon dengan bantuan IBM SPSS Statistics Version 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata skor pemahaman mengenai berpikir komputasional pada saat pretest dan posttest. Pada Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon menunjukkan tidak terjadi penurunan skor saat pretest dan posttest. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan wolframs mathematica efektif terhadap injeksi pemahaman berpikiri komputasional pada mahasiswa.

Page 1 of 3 | Total Record : 21