cover
Contact Name
Anyan
Contact Email
anyanright@stkippersada.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
munnawar.thoha99@gmail.com
Editorial Address
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/index
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi
ISSN : 26571528     EISSN : 25410938     DOI : 10.31932
JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang pendidikan ekonomi dan kajian ilmu ekonomi lainnya, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media cetak ataupun elektronik
Arjuna Subject : -
Articles 128 Documents
PENERAPAN INTEGRASI METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING DAN MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI DI STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG Anna Marganingsih
JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2016): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.203 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v1i1.200

Abstract

Penerapan Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro? Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Penerapan Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi di Prodi. Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Hipotesis penelitian ini berbunyi jika Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence diterapkan dengan baik maka akan meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain nonequvalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Integrasi Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi di Prodi. Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Sangat Baik sehingga dapat meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Indeks Peningkatan sebesar 0,7 masuk dalam kategori peningkatan Tinggi. Signifikansi perbedaan ditunjukkan dengan thitung > ttabel atau 5,716 > 2,060.Kata Kunci: Metode Integrated Hypnoteaching dan Multiple Intelligence, Hasil Belajar Siswa
PENERAPAN AKUNTANSI PADA USAHA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI KOTA SINTANG Emilia Dewiwati Pelipa
JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2016): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.381 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v1i1.201

Abstract

Di kota Sintang pertumbuhan usaha mikro kecil menengah berkembang dengan sangat pesat dengan  jenis bidang usaha yang digeluti juga bervariasi. Dari sekian banyak jenis usaha skala mikro kecil dan menengah jenis UMKM yang banyak bermunculan berupa pendirian depot air minum isi ulang. Terdapat beberapa kendala dalam manajemen usaha depot air minum isi ulang, khususnya dalam hal penerapan akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembukuan yang diperlukan, penerapan akuntansi dan kendala yang dihadapi oleh depot air minum isi ulang dalam menerapkan akuntansi. Penelitian ini menggunakan 61 depot sebagai sampel, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan laporan keuangan yang diperlukan untuk usaha depot air minum isi ulang adalah menyimpan bukti transaksi, membuat buku Jurnal, buku besar, neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan laporan arus kas. Penerapan akuntansi pada usaha depot air minum isi ulang di kota Sintang belum maksimal dan belum menerapkan pencatatan akuntansi secara lengkap sesuai standar yang ditetapkan oleh ikatan akuntansi Indonesia. 73,77%  depot sudah membuat buku Jurnal, namun hanya 24,59% yang mengelompokkan pencatatan berdasarkan jenisnya kedalam buku besar. 32,78% membuat neraca, 50,82% menghitung laba rugi usaha, 34,42% membuat laporan perubahan modal dan 4,92% membuat laporan arus kas. kendala yang dihadapi sehingga penerapan akuntansi untuk usaha depot air minum ini belum dilakukan dengan baik karenakurangnya pengetahuan akan ilmu akuntansi; kurangnya kesadaran akan pentingnya penerapan akuntansi, penerapan akuntansi dipandang rumit dan memakan banyak waktu untuk membuatnya.Kata kunci: akuntansi, air minum isi ulang
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 1 KETUNGAU HILIR Munawar Thoharudin
JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2016): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.682 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v1i1.202

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi Ketenagakerjaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan bentuk penelitian yang digunakan penelitian Quasy Experimental Design dengan rancangan penelitian pretest dan posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas VIII SMPN 1 Ketungau Hilir. Sampel penelitian adalah kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, teknik pengukuran dan teknik dokumentasi, sedangkan alat pengumpul data berupa lembar observasi, lembar tes dan lembar dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Proses pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berlangsung dengan sangat baik; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa. Signifikasi ditunjukan dengan nilai Zhitung> Ztabel yaitu 24,55 > 1,96 sehingga Ha diterima dan H0 ditolakKata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KANCING GEMERINCING DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 BELIMBING Endang Endang; Avelius Dominggus Sore
JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2016): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.723 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v1i1.203

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui Mengetahui Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kancing Gemerincing pada Materi kebutuhan manusia Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Belimbing Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah menggunakan meode kualitatif, dan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi langsung, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa pada siklus 1 diperoleh dari 28 siswa yang mengikuti tes hanya 17 siswa yang tuntas dan tidak tuntas terdapat 11 siswa, rata-rata nilai sebesar 63,32 dengan ketuntasan klasikal 60,71%. Pada silkus II hasil belajar siswa meningkat dari 28 yang mengikuti tes siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang dengan nilai rata-rata 79,64 dan ketuntasan klasikal sebesar 92,85% . sehingga kentuntasan hasil belajar pada siklus II dinyatakan berhasil karena dari data yang diperoleh telah mencapai ketuntasan sedangkan hasil wawncara guru dan siswa menunjukan respon positif terhadap model kancing gemericing.sedangkan hasil wawancara guru dan siswa menunjukan respon positif terhadap model kancing gemericing.Kata Kunci : Model Pembelajaran Kancing Gemerincing, Hasil Belajar Siswa
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH BERBANTUAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 SEPAUK Dessy Triana Relita
JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2016): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.685 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v1i1.204

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa yang terlihat dari respon siswa saat guru mengajar di kelas dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa.Variabel bebas adalah model pembelajaran kooperatif tipe index card match berbantuanan learning starts with a question, variabel terikat adalah hasil belajar. Metode dalam penelitian ini adalah  kualitatif deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas. Alat pengumpul data adalah lembar observasi, lembar tes, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan nilai klasikal siklus I 69,23% dan siklus II 88,47% sehingga terjadi peningkatan 19,24%, sedangkan nilai rata-rata siklus I 69,11% dan siklus II 85,96% sehingga terjadi peningkatan 16,58%. Sedangkan wawancara kepada siswa mendapat respon positif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match berbantuan learning starts with a question dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu, memberikan hasil yang maksimal terhadap berlangsungnya kegiatan belajar siswa dan mendapatkan respon positif dari siswa.Kata kunci: Index Card Match Berbantuan Learning Starts With A Question
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTAL LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KELAM PERMAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Dessy Triana Relita; Yunita Astikawati
JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 2 (2016): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.749 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v1i2.232

Abstract

Masalah dalam penelitian ini Rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kelam Permai disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan kurang sesuai selain itu kenakalan siswa di dalam kelas ketika guru menjelaskan, siswa sibuk bermain sendiri dan tidak memperhatikan penjelasan guru, mengobrol dengan teman, melamun, mengantuk bahkan terkadang malas mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Sikap ini apabila dibiarkan akan berpengaruh pada hasil belajar siswa semakin menurun karena masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah kriteria yang telah ditentukan, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Metode penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Hasi uji hipotesis menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajarann berbasis pengalaman (Experiental Learning) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi kebutuhan manusia dan kelangkaan sumber daya di SMP 3 Kelam Permai Tahun Pelajaran 2016/2017.Kata Kunci: Model Pembelajaran Experiental Learning 
PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP DAN MEDIA EDUTAIMENT TERHADAP KEMAMPUAN MENDETEKSI PELUANG BISNIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG Anna Marganingsih
JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 2 (2016): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.775 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v1i2.233

Abstract

Perguruan tinggi sebagai salah satu mediator dan fasilitator terdepan  dalam membangun generasi muda bangsa mempunyai kewajiban dalam mengajarkan, mendidik, melatih dan memotivasi mahasiswanya sehingga menjadi generasi cerdas yang mandiri, kreatif, inovatif dan mampu menciptakan berbagai peluang pekerjaan (Wirausaha).  Kurangnya jumlah wirausaha di Indonesia disebabkan lemahnya kemampuan generasi muda terutama mahasiswa dalam mendeteksi peluang bisnis. Untuk itu peneliti ingin melihat pengaruh dari chemo entrepreneurship dan media edutaiment terhadap kemampuan menganalisis peluang bisnis bagi mahasiswa. Peneliti mengunakan bentuk penelitian eksplanasi dengan paradigma ganda dua variabel independen dan satu variabel dependen. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik komunikasi tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan (1) persamaan regresi Y= 34,042 + 0,466X1 + 0,225X2. Persamaan regresi tersebut menunjukkan adanya kontribusi positif dari kuat maupun lemahnya variabel chemo-entrepreneurship dan Media edutaiment terhadap kemampuan mendeteksi peluang bisnis. (2) Variabel chemo-entrepreneurship dan Media edutaiment secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan mendeteksi peluang bisnis. (3) Variabel chemo-entrepreneurship dan Media edutaiment secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mendeteksi peluang bisnis.Kata kunci: chemo entrepreneurship, media edutaiment, peluang bisnis
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KELILING KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEGIATAN POKOK EKONOMI KELAS VII Yulia Suriyanti
JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 2 (2016): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.551 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v1i2.234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Keliling Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Pokok Ekonomi. Penelitian Eksperimen ini berbentuk Quasi-eksperimental design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Pinoh dengan jumlah 117 siswa. Sampel berjumlah 28 orang siswa sebagai kelas kontrol dan 28 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data bahwa model pembelajaran keliling kelompok berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis pada perbedaan hasil posttest kelas eksperimen  dan  kelas  kontrol  yang  memperoleh  nilai sebesar  5,740  dan perolehan nilai pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,001. Sehingga dapat  disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penerapan Model Pembelajaran Keliling Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada  Materi Kegiatan Pokok Ekonomi Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Pinoh.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Keliling Kelompok, Hasil Belajar
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP KEGIATAN POKOK EKONOMI DI KELAS VII SMP NEGERI 07 DEDAI Emilia Dewiwati Pelipa
JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 2 (2016): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.255 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v1i2.235

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep kegiatan pokok ekonomi (studi eksperimen di kelas VII SMP Negeri 07 Dedai tahun pelajaran 2015/2016).Penelitian eksperimen ini menggunakan desain penelitian quasi exsperiment design bentuk Nonequivalent Control Group Design.Penelitian dilakukan di kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen.Dari hasil penelitian ini yaitu kelas kontrol didapat nilai rerata belajar sebesar 50,75 dengan standar deviasi = 10,66. Sedangkan pada kelas eksperimen didapat nilai rerata hasil belajar sebesar 55,35 dengan standar deviasi = 14,14. Jadi rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan media audio visual lebih tinggi di bandingkan hasil belajar yang menggunakan metode konvensional. Dari analisis uji-t di dapat nilai t hitung < t tabel yakni 21,4953<2,00488 dengan signifikan < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Kata Kunci: Media Audio Visual Dan Hasil Belajar
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN KETENAGAKERJAAN DAN PEMBANGUNAN DI KELAS XI IPS 4 SMA NUSANTARA INDAH SINTANG Avelius Dominggus Sore
JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 2 (2016): JURKAMI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.631 KB) | DOI: 10.31932/jpe.v1i2.236

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan ketuntasan klasikal masih di bawah KKM. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media gambar pada pokok bahasan ketenagakerjaan dan pembangunan di kelas XI IPS 4 SMA Nusantara Indah sintang tahun ptelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Nusantara Indah Sintang semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 32 siswa, laki-laki berjumlah 14 siswa dan perempuan berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian menemukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media gambar diperoleh nilai rata-rata siklus I adalah 72,25 dan siklus II adalah 80,28. Kata kunci: Media Gambar, Hasil Belajar Siswa, Ketenagakerjaan dan Pembangunan

Page 1 of 13 | Total Record : 128