cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
info.ejournal@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
ISSN : 26139669     EISSN : 26139650     DOI : 10.23887/paud
Core Subject : Humanities, Art,
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area of early childhood education. We received only articles relating to early childhood education fields, and can be written using quantitative or qualitative approaches. Articles can be made in a variety of research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was published since 2012, and from 2016 we published articles three times a year (April, August, and December).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): Agustus" : 6 Documents clear
Stimulasi Metode Service Learning dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Wahyuni, Sevi; Antara, Putu Aditya; Magta, Mutiara
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 8, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v8i2.25169

Abstract

Penelitian ini dilakukan agar mengetahui perbedaan yang signifikan perilaku prososial antar kelompok eksperimen yang menggunakan metode service learning dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional terhadap anak Kelompok B TK Gugus III Kec. Sukasada TA 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment (eksperimen semu) yang menggunakan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu semua anak Kelompok B di Gugus III Kec. Sukasada, Kab. Buleleng. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini memakai teknik cluster sampling. Total sampel penelitian ini berjumlah 50 anak dengan kelompok B1 di TK Widhya Laksmi berjumlah 26 anak sebagai kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan metode service learning dan kelompok B1 di TK Dharma Bhakti berjumlah 24 anak sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang dipakai dalam bentuk observasi. Teknik analisis data memakai statistik deskriptif serta statistik inferensial. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya ada perbedaan perilaku prososial anak yang diajarkan menggunakan metode service learning dengan anak yang tidak diajarkan menggunakan metode service learning dengan thitung = 19,463 serta ttabel dengan dk = 48 (taraf signifikansi 5%) = 2,01. Jadi, hasil thitung > ttabel = 19,463 > 2,034, sehingga H0 ditolak serta H1 diterima. Bisa ditaik kesimpulan bahwasanya ada perbedaan yang signifikan perilaku prososial antar kelompok eksperimen yang menggunakan metode service learning dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional terhadap anak Kelompok B TK Gugus III Kecamatan Sukasada TA 2019/2020.Kata-kata Kunci: anak usia dini, metode service learning, perilaku prososial
SURVEI PERSEPSI ORANG TUA MENGENAI PROGRAM PAUD INKLUSI DI KOTA DENPASAR TAHUN 2020 Suastariyani, Ni Ketut Nila; Tirtayani, Luh Ayu
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 8, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v8i2.25156

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi orang tua mengenai program PAUD inklusi. Persepsi orang tua dilihat dari aspek kebijakan pemerintah dan penerapan pendidikan inklusi. Penelitian dilaksanakan pada PAUD Inklusi di Kota Denpasar. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 154 orang tua siswa. Sampel dalam penelitian ditentukan menggunakan multistage random sampling, sehingga diperoleh 108 orang tua selaku responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan pilihan respon menggunakan skala Likert. Data dianalisis secara kuantitatif dengan statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum persepsi orang tua terhadap kebijakan pemerintah mengenai program PAUD inklusi tergolong kurang baik. Hasil analisis menunjukkan persepsi dari sebagian besar orang tua (39,81%) terhadap kebijakan pemerintah mengenai program PAUD inklusi tergolong pada kategori kurang baik. Sebaran hasil lainnya adalah persepsi pada kategori sangat baik (7,14%), kategori baik (18,52%), dan kategori cukup baik (29,63%). Namun demikian, 4,63% responden memiliki persepsi akan PAUD inklusi pada kategori tidak baik. Persepsi orang tua atas aspek penerapan pendidikan inklusi secara umum dikategorikan cukup baik. Sebaran datanya adalah 6,48% orang tua menilainya pada kategori sangat baik, 20,37% pada kategori baik, 35,19% pada kategori cukup baik, 30,56% kategori kurang baik, dan 7,41% kategori tidak baik. Persepsi orang tua yang kurang baik mengenai program PAUD inklusi dapat menjadi salah satu penghambat keberhasilan pelaksanaan program ini di wilayah Kota Denpasar.Kata-Kata Kunci: Persepsi, PAUD, pendidikan inklusi, orang tua, pendidikan khusus
MANAJEMEN PENDIRIAN TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK FASTRACK FUNSCHOOL YOGYAKARTA) Dista, Fitrah Nabila
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 8, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v8i2.22582

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuain teknik pendirian Taman Kanak-kanak yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini yang terdiri atas: syarat dan tata cara pendirian Taman Kanak-kanak, penyelenggaraan Taman Kanak-kanak, pengelolaan Taman Kanak-kanak, evaluasi, pelaporan, dan pembinaan. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek penelitian yaitu Ketua Bidang Humas Fastrack Funschool dan objek penelitiannya adalah manajemen pendirian Taman Kanak-kanak Fastrack Funschool. Instrumen pokok yaitu peneliti itu sendiri dan instrumen penunjangnya yaitu wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman Kanak-kanak Fastrack Funschool secara keseluruhan sudah memenuhi kelengkapan dalam manajemen pendirian Taman Kanak-kanak. Meskipun ada beberapa yang belum terpenuhi, namun bukan sesuatu yang fatal dan tidak banyak, karena hal-hal yang seharusnya penting untuk diadakan sudah terlaksana dengan baik.Kata Kunci: Teknik Pendirian, Taman Kanak-kanak, Studi Kasus
Intensitas Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di Kabupaten Badung Widiastiti, Ni Luh Gede Mita; Agustika, Gusti Ngurah Sastra
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 8, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v8i2.25179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan intensitas penggunaan gadget oleh anak usia dini. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode korelasi dan ex-post facto. Penentuan sampel pada penelitian menggunakan multistage random sampling yang merupakan perpaduan antara dua teknik sampling yaitu teknik clusters sampling dan purposional random sampling. Berdasarkan hasil di peroleh sebanyak 216 orang tua anak yang tersebar pada 10 TK yang berada di wilayah Kabupaten Badung. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terlebih dahulu diuji pernyataan yang akan digunakan. Untuk menguji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil perhitungan pada penelitian menunjukan dimana rhitung sebesar 0,151 dan rtabel dengan N=216 pada taraf signifikan 5% sebesar  0,138 jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,151>0,138). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh demokratis dengan intensitas penggunaan gadget oleh anak usia dini yang berada di wilayah Kabupaten Badung. Kata-kata Kunci: pola asuh demokratis, intensitas penggunaan gadget, teknologi, anak usia dini
Intensitas Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di Kabupaten Badung Widiastiti, Ni Luh Gede Mita; Agustika, Gusti Ngurah Sastra
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 8, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v8i2.25179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan intensitas penggunaan gadget oleh anak usia dini. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode korelasi dan ex-post facto. Penentuan sampel pada penelitian menggunakan multistage random sampling yang merupakan perpaduan antara dua teknik sampling yaitu teknik clusters sampling dan purposional random sampling. Berdasarkan hasil di peroleh sebanyak 216 orang tua anak yang tersebar pada 10 TK yang berada di wilayah Kabupaten Badung. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terlebih dahulu diuji pernyataan yang akan digunakan. Untuk menguji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil perhitungan pada penelitian menunjukan dimana rhitung sebesar 0,151 dan rtabel dengan N=216 pada taraf signifikan 5% sebesar  0,138 jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,151>0,138). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh demokratis dengan intensitas penggunaan gadget oleh anak usia dini yang berada di wilayah Kabupaten Badung. Kata-kata Kunci: pola asuh demokratis, intensitas penggunaan gadget, teknologi, anak usia dini
Implementasi Konsep Pengasuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini (Survei di Desa Adat Serangan) Meilinda, Ni Wayan Ninda
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 8, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v8i2.25654

Abstract

 AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konsep pengasuhan dalam upaya meningkatkan kemandirian anak usia dini. Sebuah penelitian survey dilaksankaan di Kampung Serangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menyebar kuesioner sebagai data pendukung. Dalam penentuan subjek penelitian ini menggunakan sampling purposive. Responden dalam penelitian ini berjumlah 50 orang tua siswa TK Kumara Sari V Serangan yang berasal dari Desa Adat Serangan dan 5 orang tua yang diwawancarai. Penentuan sampel dilakukan dengan sampling total. Data dikumpulkan melalui hasil dari kuesioner, wawancara dan observasi. Data dianalisis untuk memgambarkan bahwa di Desa Adat Serangan memiliki implementasi konsep pengasuhan orang tua agar anak usia dini mandiri, sehingga anak mampu melakukan kegiatannya sendiri baik di lingkungan rumah, lingkungan luar (sekolah, diluar rumah). Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Kemandirian anak usia dini di Desa Adat Serangan terjadi akibat adanya konsep pengasuhan demokratis dalam upaya meningkatkan kemandirian anak sehingga anak mampu mengerjakan segala kegiatannya tanpa dibantu oleh orang lain. Kata-kata Kunci: kemandirian, pengasuhan, anak usia dini, tradisiAbstractThis study aims to determine the implementation of the concept of care in an effort to increase the independence of early childhood. Survey was held in the customary village of Serangan. This research is a descriptive qualitative research with a questionnaire spread survey as supporting data. In determining the subject of this study using purposive sampling. Respondents in this study were 50 parents of Kindergarten Kumara Sari V Serangan students who came from the Customary Village of Serangan and 5 parents were interviewed. Determination of the sample is done by total sampling. Data was collected through the results of questionnaires, interviews and observations. Data were analyzed to illustrate that in the Customary Village of Serangan has the implementation of the concept of parenting so that early childhood is independent, so that children are able to carry out their own activities both at home and outside (school, outside the home). Based on the above research it can be concluded that the independence of early childhood in the Customary Village of Serangan occurs due to the concept of democratic parenting in an effort to increase the independence of children so that children are able to do all their activities without the assistance of others.Keywords: autonomy, parenting, early childhood, tradition

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 2 (2023): Agustus Vol. 11 No. 1 (2023): April Vol. 10 No. 3 (2022): Desember Vol. 10 No. 2 (2022): Agustus Vol. 10 No. 1 (2022): April Vol 9, No 3 (2021): Desember Vol. 9 No. 3 (2021): Desember Vol. 9 No. 2 (2021): Agustus Vol 9, No 2 (2021): Agustus Vol 9, No 1 (2021): April Vol. 9 No. 1 (2021): April Vol 8, No 3 (2020): Desember Vol 8, No 3 (2020) Vol. 8 No. 3 (2020): Desember Vol 8, No 2 (2020): Agustus Vol. 8 No. 2 (2020): Agustus Vol 8, No 2 (2020) Vol. 8 No. 1 (2020): April Vol 8, No 1 (2020) Vol 8, No 1 (2020): April Vol 7, No 3 (2019): Desember Vol 7, No 3 (2019) Vol. 7 No. 3 (2019): Desember Vol 7, No 2 (2019): Agustus Vol 7, No 2 (2019) Vol. 7 No. 2 (2019): Agustus Vol 7, No 1 (2019): April Vol. 7 No. 1 (2019): April Vol 7, No 1 (2019) Vol 6, No 3 (2018) Vol. 6 No. 3 (2018): Desember Vol 6, No 3 (2018): Desember Vol 6, No 2 (2018) Vol 6, No 2 (2018): Agustus Vol. 6 No. 2 (2018): Agustus Vol 6, No 1 (2018): April Vol 6, No 1 (2018) Vol. 6 No. 1 (2018): April Vol. 5 No. 3 (2017): Desember Vol 5, No 3 (2017) Vol 5, No 3 (2017): Desember Vol. 5 No. 2 (2017): Agustus Vol 5, No 2 (2017): Agustus Vol 5, No 2 (2017): Vol 5, No 1 (2017): April Vol 5, No 1 (2017): Vol. 5 No. 1 (2017): April Vol 4, No 3 (2016): Desember Vol 4, No 3 (2016): Vol. 4 No. 3 (2016): Desember Vol 4, No 2 (2016): Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus Vol 4, No 2 (2016): Agutus Vol 4, No 1 (2016): April Vol. 4 No. 1 (2016): April Vol 4, No 1 (2016): Vol 3, No 1 (2015): Vol. 3 No. 1 (2015): Juli Vol 3, No 1 (2015): Juli Vol 2, No 1 (2014): Vol 2, No 1 (2014): Juli Vol. 2 No. 1 (2014): Juli Vol. 1 No. 1 (2013): Juli Vol 1, No 1 (2013): EDISI PERDANA Vol 1, No 1 (2013): Juli More Issue