cover
Contact Name
Fadhilaturrahmi
Contact Email
arkhan88fadhila@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arkhan88fadhila@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 25803735     EISSN : 25801147     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN 2580-1147.
Arjuna Subject : -
Articles 179 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199" : 179 Documents clear
Guru Bimbingan dan Konseling Serta Perannya dalam Menangani Siswa dengan Jenjang Kemahiran Perlu Intervensi Noraminah Noraminah; Hardiyanti Rahmah
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2359

Abstract

Menjadi seorang guru tidak hanya mengajarkan sebuah materi akan tetapi juga harus bisa melihat bagaimana keadaaan atau  situasi di dalam kelas, di mana dalam proses pembelajaran tidak seterusnya lancar dan tidak semua siswa cepat dalam menerima sebuah pembelajaran yang di berikan. Karena ada banyak siswa, tentu saja ada banyak gaya belajar siswa dalam memahami sebuah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru bimbingan dan konseling serta perannya dalam menangani siswa dengan jenjang kemahiran perlu intervensi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis naratve  reseach. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa peran guru bimbingan dan konseling serta guru kelas dalam mengatasi siswa yang bermasalah di SDN Bitin Kecamatan Danau panggang teratasi dengan bimbingan dan konseling serta bimbingan belajar yang diadakan sekolah. Dalam beberapa langkah-langkah penting yang di terapkan dalam proses pembelajaran, membuat siswa yang pendiam, pemalu, takut untuk bertanya, dan yang tidak bisa membaca teratasi dengan adanya langkah-langkah maupun teknik dalam penanganannya.
Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Disleksia pada Masa Pandemi Covid-19 Rosa Amalia; Samsul Pahmi
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2226

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memperoleh informasi mengenai pola asuh orang tua terhadap kemampuan membaca siswa disleksia kelas 1 pada masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan di SD Negeri Cisaat Gadis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif dan yang menjadi bahan dasarnya ialah studi literatur. Populasi penelitian adalah 28 siswa kelas 1 A tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel yang akan dijadikan penelitiannya yaitu 2 orang siswa yang sudah lancar membaca dan siswa yang mengalami disleksia. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Salah satu faktor yang menyebabkan anak mengalami disleksia adalah pola asuh dari kedua orang tua siswa yang kurang memberikan perhatian kepada anak nya untuk membimbing dalam belajar. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa yang mengalami disleksia mendapatkan pola asuh yang kurang mendukung serta kurang mendapatkan perhatian dari orang tua nya. Lain halnya dengan siswa yang sudah lancar membaca, mendapatkan perlakuan yang baik dari orang tua nya serta mendapatkan dukungan untuk anak tersebut dalam belajar baik di rumah maupun di sekolah.
The Development of Aqidah Education Models Based on The Qur'an and Hadith for Early Childhood in Parenting Activities Masganti Sit; Farida Jaya; Khairunnisa Khairunnisa
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2373

Abstract

This study aims to develop a model of faith education in the Qur'an and hadith for early children in parenting activities. Research development or Research and Development (R&D) is used as a methodological type of educational product development, namely the type of research used to produce a product or test the effectiveness of a product. The focus of this research is on the implementation, the steps for developing the educational model, the implementation of parenting, the participants' responses to the educational model, and the results of the evaluation of parenting activities for early childhood (4-5 years) at RA Rabbani Islamic School. The results of this study are in the form of guidebooks (modules) about the model of aqidah education in the Qur'an and hadith for early children which can be used as learning resources that have a real effect in parenting activities.
Efektivitas Pembelajaran Daring antara Fasilitas Zoom Meet dengan Google Meet Satria Kharimul Qolbi; Sabarudin Sabarudin; Kholilurrohman Kholilurrohman; Niken Perwitasari
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2137

Abstract

Salah satu keberkahan dari covid 19 yaitu manusia dapat lebih banyak mengenal teknologi dalam pembelajaran. Covid 19 memicu adanya kebijakan baru mengenai sistem pembelajaran dalam perkuliahan yang semula jarak dekat dengan tatap muka diubah dengan jarak jauh dalam jaringan. Adapun software yang mendukung yaitu Zoom meet dan google meet digunakan dalam pembelajaran daring khususnya pada perkuliahan di kelas 3B BKI UIN RMS Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang ditujukan untuk menganalisis sudut pandang mahasiswa kelas 3B Prodi Bimbingan konseling islam berkaitan dengan efektivitas pembelajaran daring melalui aplikasi zoom meet dan google meet. Data penelitian ini juga diperkuat dengan hasil kuesioner melalui google form kepada 22 mahasiswa di kelas 3B yang berjumlah 22 orang, meskipun penelitian ini bernuansa kualitatif. Sebagai penguat data penulis juga menggali informasi melalui observasi terlibat, wawancara via telpon dan melalui grup Whatsapp. Dengan cara tersebut hasil penelitian ini disimpulkan melalui triangulasi. Dari temuan penulis dari berbagai data bahwa mahasiswa kelas 3B Prodi BKI 100% memilih google meet sebagai pembelajaran daring karena lebih efektif saat presentasi, diskusi, kestabilan signal, hemat kuota data internet dan share screen.
Strategi Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Society 5.0 Sandy Aulia Rahman; Husin Husin
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2371

Abstract

Era Society 5.0 membawa perubahan yang sangat besar pada dunia pendidikan Indonesia. Tantangan dan problematika banyak tercipta sehingga lembaga pendidikan terutama kalangan pesantren harus siap secara mental dan lebih dituntut tidak hanya mampu dalam bidang keagamaan (religius) namun juga harus mampu mengatasi maupun menghadapi gejolak era society 5.0 kali ini, artinya tidak hanya unggul di bidang agama namun juga unggul di bidang IPTEK dan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan kesiapan Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai dalam menghadapi era Society 5.0. Kajian penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan jenis penelitian narrative research, untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara, observasi, dan dokumentasi di Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidyah Amuntai. Teknis analisis data dilakukan dengan model Miles dan Hubberman yaitu dengan mereduksi, mendisplay dan memverifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai telah mempersiapkan berbagai macam strategi dalam menghadapi perkembangan zaman di era society 5.0 seperti melakukan transformasi kurikulum, pembangunan sarana dan prasarana, menjalin kerjasama antar-lembaga pendidikan, penanaman karakter serta pengembangan life skill para santri Rasyidiyah Khalidiyah.
The Implementation of Religious Activities Development Program Based on Virtualization of Zoom Meetings in Madrasah Ibtidaiyah Subhan Marpaung; Wahyuddin Nur Nasution; Yusnaili Budianti
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2270

Abstract

This study aims to describe the implementation of a religious activity development program based on zoom meeting virtualization at MIN 8 Asahan. The focus of the discussion includes the study of teaching methods, materials (learning content), as well as supporting and inhibiting factors in developing religious activities through zoom meetings. Data collection techniques using documentation, interviews, and observations. The data analysis technique uses data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of the first study show that the teacher's method is based on aspects of daily, weekly, and monthly activities, based on aspects of the semester and annual activities using the synergetic teaching method. The teacher's material is carried out through evaluation. The evaluation uses an evaluation assessment through oral, written, and deed tests. The supporting factor is the existence of a collaboration between the district ministry of religion and the local education office and the support from school principals, teachers, learning communities, and Madrasah committees. Meanwhile, the inhibiting factor is the lack of available time and volume of distribution of hours for the implementation of activities, meanwhile, the intensity and number of enthusiasts in one activity item takes up to 5 hours, and internet services sometimes experience network disturbances. The lack of optimization of the provision of facilities and infrastructure coupled with the quality of the distribution of developments whose coverage is inadequate, such as fast internet service facilities and development activities outside of school hours is not sufficient.
Terapi Al-Qur’an Terhadap Anak Korban Perceraian di Madrasah Ibtidaiyah Normawati Hasanah; Husin Husin
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2278

Abstract

Kehilangan kedua orang tua karena perceraian atau kematian merupakan kejadian traumatis yang menghasilkan beberapa masalah dalam kehidupan. Ini akan berdampak buruk bagi kehidupan seseorang karena dapat menimbulkan rasa kesepian, kebutuhan yang sangat besar akan kasih sayang, terlebih bagi prestasi belajar anak usia pendidikan. Anak membutuhkan kemampuan untuk mengatasi masalah yang disebut resiliensi. Dalam penelitian ini resiliensi yang digunakan adalah terapi ayat Al-Qur’an. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang mengalami trauma akibat perceraian orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika resiliensi ayat Al-Qur’an terhadap seorang anak yang menjadi korban perceraian kedua orang tuanya. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara semi terstruktur dan in depth interview. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa terapi Al-Qur’an dapat menurunkan resiko stres dan trauma atau gangguan psikis lainnya pada anak usia pendidikan, khususnya tingkat Madrasah Ibtidaiyah yang diakibatkan oleh perceraian orang tua, khususnya pada subjek penelitian yang berhasil mengendalikan emosi dan dirinya menjadi pribadi yang lebih tenang dan sabar. Penelitian ini secara teoritis dan praktis memberikan kontribusi bagi praktisi pendampingan anak, khususnya anak korban perceraian yang semakin hari semakin marak dan harus segera diatasi.
Integrasi Kearifan Lokal Kalimantan Barat dan ICT Berbasis Anroid dalam Media Pembelajaran Fisika Chandra Lesmana; Nurussaniah Nurussaniah
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2347

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis kelayakan media pembelajaran fisika berbasis android bermuatan kearifan lokal pada pelajaran fisika pada aspek materi dan aspek desain dan menganalisis respon siswa terhadap media pembelajaran fisika berbasis android bermuatan kearifan lokal pada pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan fokus mendesain media pembelajaran berbasis android bermuatan kearifan lokal pada pelajaran fisika. Langkah-langkah pengembangan mengacu pada desain pengembangan Gall & Borg, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, uji coba produk awal, revisi produk awal, uji coba lapangan, dan revisi produk akhir. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dianalisis secara deskriptif. Terdapat dua pengujian yang akan dilakukan yaitu uji ahli dan uji respon siswa terhadap media. Respon siswa diperoleh dari sebaran angket berdasarkan aspek kemenarikan dan kemudahan pengguna. Uji ahli dan respon siswa terhadap dinilai menggunakan skala likert dengan 4 pilihan jawaban. Data yang diperoleh dari penilaian uji ahli baik pada aspek materi dan aspek media dihitung skor rata-ratanya kemudian diinterpretasikan kelayakannya. Begitu pula dengan respon siswa setelah menggunakan produk, dihitung skor rata-ratanya kemudian dikategorikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan a) media pembelajaran berbasis android bermuatan kearifan lokal pada aspek materi memperoleh hasil persentase 82% dengan kriteria sangat layak dan aspek media pada pelajaran fisika memperoleh hasil persentase 87% dengan kriteria sangat layak, b) Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis android bermuatan kearifan lokal pada pelajaran fisika memperoleh skor rata-rata sebesar 75% dengan kriteria baik, hal ini berarti jika media menarik digunakan, maka akan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar serta membantu siswa dalam belajar.
Peran Mata Kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan Terhadap Pembentukan Akhlak Mahasiswa Nurmin Aminu
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2300

Abstract

Kenyataan belum terlaksananya secara maksimal visi Universitas Muhammadiyah Buton dalam kehidupan kampus terutama di kalangan mahasiswa mendorong penulis untuk mengetahui sejauh mana peran pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam pembentukan akhlak mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Buton. Tujuan penulis melalui pelaksanan pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Buton, diharapkan mampu merevolusi mental dan karakter mahasiswa. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan informasi menerapkan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran mata kuliah pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dapat membentuk akhlak yang mulia, beriman dan bertakwa serta menjadi generasi unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui peran mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan mampu menanamkan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan seperti sikap ta’awun, mempraktekkan ibadah seperti; salat berjamaah di masjid dan do’a- do’a dalam sehari-hari, perilaku yang Islami, dan kedisiplinan dalam menjalankan perkuliahan. Pembiasaan yang dilakukan secara konsisten dan penuh kesadaran akan. Oleh karenanya, pendidikan Al- Islam dan Kemuhammadiyahan harus dilaksanakan secara terpadu dan konsisten.
Penanganan Anak Korban Bullying dengan Pendekatan Al-Quran (Sebuah Kajian Awal) Hasna Wati; Hardiyanti Rahmah
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2365

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku bullying yang kerap terjadi pada anak sekolah, perilaku bullying dapat berdampak buruk terhadap korban, dapat menimbulkan trauma yang mendalam bahkan depresi sehingga dapat mengakibatkan gangguan mental pada korban. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pola penanganan yang diperlukan untuk korban, salah satu penanganannya yaitu dengan menggunakan pendekatan Al-Quran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research dengan jenis penelitian studi teks kewahyuan. Dalam pengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti  jurnal internasional, jurnal nasional, buku dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penanganan anak korban bullying dilakukan dengan konseling, dengan tahap awal pengenalan diri antara konselor dengan konseli dengan pendekatan bertahap. Diiringi juga dengan amanat dari konselor tentang kesabaran dan memaafkan seperti termuat pada QS. Ash-Shura 42: Ayat 43, dan perlunya berdamai dengan pelaku bullying yang tercantum pada QS. An-Nisa' 4: Ayat 35. Serta perlunya anak untuk meningkatkan kepercayaan keberanian diri seperti pada hadits riwayat bukhari dan muslim.

Page 1 of 18 | Total Record : 179


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 4 (2024): In Progress Vol. 8 No. 3 (2024): June Vol. 8 No. 2 (2024): April Vol. 8 No. 1 (2024): February Vol. 7 No. 6 (2023): December 2023 Vol. 7 No. 5 (2023): October Vol. 7 No. 4 (2023): August Vol 7, No 3 (2023): June Vol. 7 No. 3 (2023): June Vol. 7 No. 2 (2023): April Vol 7, No 2 (2023): April Vol 7, No 1 (2023): February Vol. 7 No. 1 (2023): February Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236 Vol 6, No 4 (2022): August Pages 5501-7663 Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500 Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199 Vol 6, No 1 (2022): February, Pages 1-1500 Vol 6, No 6 (2022): December 2022 Vol. 6 No. 6 (2022): December 2022 Vol 5, No 6 (2021): December Pages 5001-6500 Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000 Vol 5, No 4 (2021): August Pages 1683- 3000 Vol 5, No 3 (2021): June Pages 1111-1682 Vol 5, No 1 (2021): February 2021, Pages 1-445 Vol 5, No 2 (2021): April Pages 446-1111 Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467 Vol 4, No 3 (2020): July, Pages 523-774 Vol 4, No 2 (2020): April, Pages 228-521 Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227 Vol 4, No 1 (2020): January In Press Vol 3, No 4 (2019): October Pages 994-2165 Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993 Vol 3, No 2 (2019): April Pages 263- 849 Vol. 3 No. 2 (2019): April Pages 263- 849 Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837 Vol 3, No 1 (2019): Pages 1-263 Vol 3, No 1 (2019): January Pages 1-262 Vol 3, No 2 (2019): In Press Vol 2, No 1 (2018): April Pages 1-165 Vol 2, No 2 (2018): October Pages 1-74 Vol 1, No 2 (2017): October Pages 1-84 Vol 1, No 1 (2017): April Pages 1-95 More Issue