cover
Contact Name
Fadhilaturrahmi
Contact Email
arkhan88fadhila@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arkhan88fadhila@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 25803735     EISSN : 25801147     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN 2580-1147.
Arjuna Subject : -
Articles 67 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2024): April" : 67 Documents clear
Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Dea Anjelia Rahmah; Risma Delima Harahap
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 2 (2024): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i2.4825

Abstract

Belajar merupakan suatu proses yang harus dilalui untuk mencapai perubahan didaam diri untuk menjadi prilaku yang lebih baik ataupun perubahan tingkah laku yang bersifat positif atau lebih baik dari sebelumnya. Namun dalam proses belajar tidak terlepas dari kondisi seseorang dimana proses belajar yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan dalam mencapai hasil belajar yang disebut dengan kesulitan belajar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas Va dan Vb SDN 23 Bilah Hilir Perkebunan Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhan Batu. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan jenis penelitan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitan ini mengunakan angket, wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa kesulitan belajar siswa siswi dalam memahami mata pelajaran IPA dapat di lihat yakni  Prestasi Belajar IPA Rendah 74%, kemudian indikator ke dua Hasil Belajar Yang Di Capai Tidak Seimbang 72%, selanjutnya indikator ke tiga  yaitu Lambat Dalam Mengerjakan Tugas Dan Terlambat Dalam Menyelesaikan Tugas dengan persentasi 65%, kemudian Indikator keempat yakni Sikap Acuh Pada Saat Mengikuti Pelajaran dengan persentase 69 %, untuk indikator kelima, Menunjukan Gejala Emosional yang persentase nya 62%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan  bahwa terbukti adanya kesulitan belajar dalam mata pelajaran IPA di kelas Va dan Vb di SDN 23 Bilah Hilir Perkebunan Negeri Lama Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu.
Peningkatan Hasil Belajar Sistem Pencernaan Manusia Melalui Media Organ Mask Berbasis Role Playing di Sekolah Dasar Midya Hertanti; Mu'jizatin Fadiana
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 2 (2024): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i2.6709

Abstract

Hasil belajar tentang sistem pencernaan manusia pada siswa sekolah dasar sangatlah kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tentang sistem pencernaan manusia melalui sebuah media dan model pembelajaran yang sesuai. Metode penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SDN Nguruhan II materi sistem pencenaan man usia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 16 siswa yang mengikuti tes formatif sebelum menggunakan media organ mask, baru 7 anak atau 43,75% yang mencapai KKM. Sedangkan 9 anak atau 56,25% masih belum mencapai KKM yang ditentukan. Setelah menggunaan media organ mask berbasis role playing menunjukkan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran setelah menggunakan media dan model pembelajaran menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil evaluasi belajar berupa ketuntasan belajar meningkat dari 43,75% menjadi 87,5% Peningkatan hasil belajar berupa nilai rata-rata mengalami peningkatan mulai dari 65 dan menjadi 84. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media organ mask berbasis role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi sistem pencernaan manusia.
Pentingnya Kearifan Lokal: Meningkatkan Kualitas Kurikulum Merdeka dengan Karya Sastra Kaleb E. Simanungkalit; Tanggapan C. Tampubolon; Leben Panggabean; Ipan Sihite; Berliana Simanjuntak
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 2 (2024): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i2.7173

Abstract

Pendidikan merupakan pondasi penting dalam pembangunan suatu bangsa karena kurikulum memegang peran krusial dalam menentukan kualitas pembelajaran. Namun, seringkali kurikulum yang digunakan cenderung homogen dan kurang memperhatikan kearifan lokal suatu daerah. Sementara itu, karya sastra melambangkan kearifan lokal dan dapat menjadi sumber pembelajaran yang kaya serta menarik. Tujuan penelitian ini adalah mendekspripsikan pentingnya kearifan lokal yang terkandung dalam karya sastra dalam meningkatkan kualitas kurikulum merdeka dengan menggunakan karya sastra sebagai materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan studi literatur eksploratif. Temuan penelitian menemukan bahwa dengan mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran, generasi muda dapat lebih baik memahami, menghargai, dan mempertahankan nilai-nilai budaya, menjaga eksistensi kearifan lokal sebagai landasan kuat pembentukan karakter dan identitas bangsa. Sehingga, melalui Kurikulum Merdeka yang mengintegrasikan kearifan lokal bermuatan karya sastra, generasi muda dapat tumbuh menjadi individu yang memiliki kedalaman pemahaman terhadap kearifan lokal, mempertahankan nilai-nilai budaya, dan membangun karakter yang kuat dalam menghadapi masa depan
Analisis Keaktifan Bertanya Mahasiswa PGSD dalam Proses Pembelajaran Anna Kristanti; Vinda Wahyu Pandhini
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 2 (2024): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i2.7211

Abstract

     Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi minimnya keaktifan bertanya mahasiswa PGSD UKSW angkatan 2020 dalam proses perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keaktifan bertanya mahasiswa PGSD UKSW. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 57 mahasiswa yang diambil sampel secara random dari kelas PGSD reguler dan BIPE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan metode ceramah yang digunakan dosen memberikan dampak buruk pada keaktifan proses perkuliahan. Disisi lain adanya poin keaktifan yang digunakan dosen dalam penilaian, membuat mahasiswa menjadi aktif tanpa memikirkan kualitas pertanyaan dan materi yang belum dipahami oleh mereka. Hal terakhir yang harus juga diperbaiki oleh mahasiswa adalah keberanian diri atau motivasi dalam diri untuk aktif mencari materi, tidak bergantung pada materi atau informasi dosen saja, serta harus ada pengembangan sikap percaya diri dari mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa keaktifan bertanya mahasiswa PGSD masih tergolong dalam kategori cukup baik. Keterbaruan penelitian ini adalah menganalisis faktor keaktifan bertanya dari sudut pandang mahasiswa. Adanya informasi mengenai perkuliahan dari persepsi mahasiswa diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan refleksi bagi mahasiswa dan dosen sehingga mampu menciptakan kondisi belajar yang interaktif dan bermakna.
Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar Viki Marlina Kusumawati; Khamdun Khamdun; Imaniar Purbasari
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 2 (2024): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i2.7213

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya sebuah permasalahan yang ditemukan oleh peneliti yaitu dengan adanya siswa slow learner di kelas 4 SD 4 Ngembalrejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa slow learner, oleh karena itu diperlukan peran guru pembimbing untuk membantu mereka memberikan pendidikan yang lebih baik sesuai kebutuhannya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitataif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa slow learner di kelas 4 SD 4 Ngembalrejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Dengan analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik keismpulan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 3 peran guru pembimbing yang dilakukan guru kelas dalam pembelajaran yaitu melakukan rancangan tingkat kesulitan slow learner, melakukan modifikasi dalam bentuk gambar teks tulisan, dan evaluasi dalam bentuk remidial dan pengayaan.  Dari ketiga tersebut saling berkaitan dalam mencaapai pembelajaran yang optimal
Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Kemampuan Financial Literacy pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Wulan Andriyani Saputri; Dian Anggraeni Maharbid
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 2 (2024): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i2.7215

Abstract

Financial literacy adalah salah satu dari literasi dasar yang harus dimiliki sejak usia dini, karena merupakan bekal dalam pengelolaan keuangan di masa mendatang. Penelitian ini dilaksanakan atas dasar tujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh model role playing terhadap kemampuan financial literacy pada siswa kelas IV SDN Bahagia 01. Pada penelitian ini digunakan metode Nonequivalent control group design. Penelitian menunjukkan hasil yaitu: (1) Kemampuan financial literacy siswa setelah dilaksanakan model role playing mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 65 menjadi 81; (2) Siswa dengan kategori well literate memiliki persentase 32,15% lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum pelaksanaan eksperimen; (3) Efektifitas model role playing berdasarkan uji N-Gain Score memperoleh hasil 0,5087 yang berada pada kategori sedang; (4) Uji independent samples t-test diperoleh hasil 0,001<0,005, sehingga model pembelajaran role playing berpengaruh terhadap kemampuan financial literacy pada siswa kelas IV SDN Bahagia 01. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwasannya model role playing efektif dan dapat meningkatkan kemampuan financial literacy siswa
Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar Fifi Wahdalia Annida; Gunawan Setiadi; M Syafrudin Kuryanto
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 2 (2024): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i2.7218

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana perilaku siswa SD N 1 Larikrejo saat menggunakan media sosial TikTok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana penggunaan media sosial TikTok mempengaruhi perilaku siswa di SD N 1 Larikrejo. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian fenomenologis yang dipadukan dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Lima anak yang bersekolah di SD N 1 Larikrejo yang duduk di bangku sekolah dasar berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan strategi analisis data seperti reduksi data, visualisasi data, dan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan situs media sosial TikTok oleh anak-anak menimbulkan dampak negatif. Secara khusus, hal ini menyebabkan mereka sering menunda komitmen dan tanggung jawab mereka, seperti belajar, berdoa, dan membantu orang tua melakukan pekerjaan rumah tangga. Bahkan mereka tidak akan belajar apabila tidak ada tugas dari sekolah. Selain itu ada beberapa anak yang tidak membantu orang tuanya ketika dimintai bantuan dan mereka lebih mementingkan menonton video tiktok. Adapun dampak positifnya meningkatkan kreativitas anak, meningkatkan kepercayaan diri pada anak, menambah pengetahuan, menambah intensitas membaca, karena siswa dituntut untuk membaca dan memahami isi dari konten video tiktok. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat dampak dari penggunaan media sosial pada anak baik dampak positif maupun negatif
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Bukit Batu Rosdah Rosdah
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 2 (2024): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i2.7219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Bukit Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada guru-guru di sekolah tersebut. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi untuk mengetahui sejauh mana kepemimpinan Kepala Sekolah dan profesionalisme guru mempengaruhi kinerja guru. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi kinerja guru, sehingga dapat memberikan masukan bagi pihak sekolah maupun pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kecamatan Bukit Batu
Potret Implementasi Projek Pembuatan Serbuk Jahe Anak dengan Gangguan Spektrum Autis Kelas IV di Sekolah Luar Biasa Nurul Netalena; Ratna Tri Utami; Genesa Vernanda
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 2 (2024): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i2.7223

Abstract

Pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus biasanya mendapat perlakuan dan pertimbangan khusus. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui persiapan, implementasi dan evaluasi pembelajaran projek pembuatan serbuk jahe bagi anak gangguan spektrum autris. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Persiapan pembelajaran projek pembuatan serbuk jahe anak dengan gangguan spektrum autis di SLB Sinar Hafizah bertujuan untuk melatih keterampilan kemandirian sebagai bekal siswa autis, evaluasi yang dilakukan setelah melakukan pembelajaran; (2) Pelaksanaan pembelajaran projek terdiri dari praintruksional, intruksional; pelaksanaan projek; dan evaluasi yaitu guru menyampaikan hasil evaluasi selama kegiatan; (3) Evaluasi kegiatan dilakukan bertujuan untuk mengetahui anak dapat mengikuti kegiatan pembuatan serbuk jahe pada tahapan mencuci jahe hingga bersih,memotong jahe,membelender jahe,menyaring sari jahe,memasukan sari jahe kedalam teflon selanjutnya anak masih perlu bimbingan guru; (4) Dari ketiga tahapan diatas peneliti dapatkan hasil bahwa siswa dapat melakukan kegiatan dengan baik, salah satunya yaitu mampu membersihkan jahe dengan bersih menggunakan sikat dan air, memotong jahe,membelender jahe,menyaring sari jahe,memasukan sari jahe kedalam teflon  untuk pengadukan sari jahe menjadi serbuk jahe dan pengemasan
Pengembangan E-Modul Berbantuan Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Jamiatul Jumaniar; Rusdianto Rusdianto; Nur Ahmad
Jurnal Basicedu Vol. 8 No. 2 (2024): April
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v8i2.7232

Abstract

Keterampilan proses sains siswa di Indonesia masih tergolong rendah, hal ini karena masih menggunakan bahan ajar yang belum dilengkapi dengan KPS. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan KPS siswa SMP setelah memakai e-modul berbantuan flip pdf professional. Adapun KPS yang diukur meliputi mengamati, mengklasifikasikan, mengkomunikasikan, mengukur, meramalkan, dan menyimpulkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket yang mencakup lembar angket respon siswa dan lembar validasi, observasi dengan  instrumen pengumpulan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, soal tes dengan pretest dan posttest untuk mengukur KPS siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa e-modul berbantuan flip pdf professional ini memperoleh skor validitas sebsar 97% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan e-modul melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan skor sebesar 86,9% dengan  kriteria sangat praktis. Penggunaan e-modul juga terbukti efektif melalui hasil  skor n-gain yang menunjukkan skor sebesar 0,82 dengan kriteria tinggi. Serta respon siswa terhadap e-modul sangat positif dengan skor sebesar 95%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 4 (2024): In Progress Vol. 8 No. 3 (2024): June Vol. 8 No. 2 (2024): April Vol. 8 No. 1 (2024): February Vol. 7 No. 6 (2023): December 2023 Vol. 7 No. 5 (2023): October Vol. 7 No. 4 (2023): August Vol. 7 No. 3 (2023): June Vol 7, No 3 (2023): June Vol 7, No 2 (2023): April Vol. 7 No. 2 (2023): April Vol 7, No 1 (2023): February Vol. 7 No. 1 (2023): February Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236 Vol 6, No 4 (2022): August Pages 5501-7663 Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500 Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199 Vol 6, No 1 (2022): February, Pages 1-1500 Vol 6, No 6 (2022): December 2022 Vol. 6 No. 6 (2022): December 2022 Vol 5, No 6 (2021): December Pages 5001-6500 Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000 Vol 5, No 4 (2021): August Pages 1683- 3000 Vol 5, No 3 (2021): June Pages 1111-1682 Vol 5, No 1 (2021): February 2021, Pages 1-445 Vol 5, No 2 (2021): April Pages 446-1111 Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467 Vol 4, No 3 (2020): July, Pages 523-774 Vol 4, No 2 (2020): April, Pages 228-521 Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227 Vol 4, No 1 (2020): January In Press Vol 3, No 4 (2019): October Pages 994-2165 Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993 Vol 3, No 2 (2019): April Pages 263- 849 Vol. 3 No. 2 (2019): April Pages 263- 849 Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837 Vol 3, No 1 (2019): Pages 1-263 Vol 3, No 1 (2019): January Pages 1-262 Vol 3, No 2 (2019): In Press Vol 2, No 1 (2018): April Pages 1-165 Vol 2, No 2 (2018): October Pages 1-74 Vol 1, No 2 (2017): October Pages 1-84 Vol 1, No 1 (2017): April Pages 1-95 More Issue