cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Bio-Lectura
ISSN : 2339241X     EISSN : 25982427     DOI : -
Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print media. aim and foccus this journal are all about Biology, and Biology Education.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2015)" : 7 Documents clear
ANALISIS KETERCAPAIAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMANEGERI 1 MINAS T. A 2014/2015 Raudhah Awal; Ester Junika Frasiska
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i1.309

Abstract

ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian kompetensi pedagogik guru biologi dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Minas tahunajaran 2014/2015 yang dilaksanakanpadabulanJanuari 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah seluruh guru biologi di SMA Negeri 1 Minas yang berjumlah 3 orang. Parameter dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik yang disesuaikan dengan Permendiknas nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis menggunakan deskriptif persentase sesuai pedoman Penilaian Kinerja Guru. Berdasarkan hasil analisis, kompetensi pedagogik dalam implementasi Kurikulum 2013 terhadap masing-masing guru biologi adalah :1) Guru biologi 1 mencapai nilai 92,5 dengan sebutan amat baik, 2) Guru biologi 2 mencapai nilai 90 dengan sebutan baik, 3) Guru Biologi 3 mencapai nilai 92,5 dengan sebutan amat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kompetensi pedagogik yang dimiliki guru biologi di SMA Negeri 1 Minas tercapai sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 telah terpenuhi dengan Penilaian Kinerja (PK) kompetensi pedagogik mencapai nilai rata-rata 92 dengan sebutan amat baik dan persentase angka kreditnya 125%.
ESTIMASI CADANGAN KARBON PADA TUMBUHAN TEGAKAN ATAS DI KAWASAN HUTAN KOTA PEKANBARU Ermina Sari; Siska Pratiwi
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i1.311

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi cadangan karbon yang terkandung pada tumbuhan tegakan atas. Lokasi penelitian terletak di kawasan hutan kota yang beralamat di jalan Thamrin Pekanbaru, Provinsi Riau. Luas areal kawasan hutan kota Pekanbaru adalah 6,1 ha. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan metode kuadran menggunakan cara non destructive sampling. Penentuan plot sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan persamaan allometrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi karbon yang tersimpan pada stasiun I adalah 84,93 kg/m2, stasiun II sebesar 88,00 kg/m2, stasiun III sebesar 538,55 kg/m2, dan pada stasiun VI sebesar 133,61 kg/m2. Total keseluruhan kandungan karbon yang tersimpan di hutan kota Pekanbaru adalah sebesar 1288,76 kg/ha. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan hutan kota memiliki peran dalam menyimpan cadangan karbon.
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA Martala Sari; Hardis Hardis
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i1.312

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pengelolaan kelas terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 6 Siak Hulu. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Oktober Tahun Ajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen nonequivalent groupspretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII2 dan VIII3 dengan jumlah siswa masing-masing adalah 30 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test.Rerata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,44 (kategori sedang) dan pada kelas kontrol 0,19 (kategori rendah). Rerata aktivitas guru kelas eksperimen pada pertemuan I dan II adalah 100% dan pada kelas kontrol pertemuan I adalah 64,7% dan pertemuan II adalah 58,8%. Rerata aktivitas siswa kelas eksperimen pertemuan I adalah 91,0% dan pada pertemuan II adalah 95,5%. dan kelas kontrol pertemuan I adalah 69,9% dan pada pertemuan II adalah 81,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap peningkatkan penguasaan konsep belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Siak Hulu Tahun Ajaran 2014/2015.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE KELAS VIII SMPN 2 BANGKINANG KOTA TAHUN PELAJARAN 2013 Hafizah Hafizah
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i1.313

Abstract

ABSTRAK: Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS). Penerapan TPS memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran IPS, hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,33 dengan ketuntasan 66,66 %, lalu meningkat pada siklus II menjadi 75,33 dengan ketuntasan 86,66 %. (2) Setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share yang tepat maka aktivitas dan prestasi belajar IPS pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang Kota dapat meningkat. Siswa yang aktif dalam pembelajaran mencapai 76,66% dan data aktivitas kelompok mencapai 75,83%. Dari hasil penelitian tersebut dapat simpulkan dengan model pembelajara Kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bangkinang Kota.
MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGKINANG KOTA TAHUN 2014 Desnawita Desnawita
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i1.315

Abstract

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang Kota semester ganjil tahun pelajaran 2014-2015. Prosedur penelitian ini dilakukan melalui tiga siklus, setiap siklus dilakukan selama 1x45 menit yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Semakin baik kinerja guru dalam menggunakan model pembelajaran demonstration, maka semakin meningkat hasil belajar siswa dalam mengikuti layanan informasi. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yaitu sebagai berikut : siswa yang tuntas pada siklus I pertemuan 1 siswa tuntas sebanyak 19 siswa atau 55,88%, siklus I pertemuan 2 siswa tuntas sebanyak 20 siswa atau 58,82%, siswa yang tuntas siklus II pertemuan 1 siswa tuntas sebanyak 24 siswa atau 70,59%, siklus II pertemuan 2 siswa tuntas sebanyak 26 siswa atau 76,47%, dan untuk siklus III pertemuan 1 siswa tuntas sebanyak 27 siswa atau 79,41%, siklus III pertemuan 2 siswa tuntas sebanyak 29 siswa atau 85,29%. Dari data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang Kota semester ganjil tahun pelajaran 2014-2015.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF BERGAMBAR ANAK BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR Nurhasnidar Nurhasnidar
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i1.317

Abstract

ABSTRAK: Kemampuan membaca anak belum tercapai secara maksimal, karena kurangnya kreatif guru dalam membuat media pembelajaran, oleh karena itu perlu upaya yang bisa meningkatkan kemampuan membaca anak yaitu melalui permainan kartu huruf bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak melalui permainan kartu huruf bergambar dan untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan yang terjadi. Serta mengetahui bagaimana pelaksanaan permainan kartu huruf bergambar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 18 orang, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan. Data diambil dari hasil evaluasi setiap akhir siklus, penelitian ini melibatkan teman sejawat sebagai pengamat. Berdasarkan data dan hasil persentase peningkatan dari sebelum tindakan yaitu rata-rata 32,36 kemudian dilakukan tindakan pada siklus I dengan rata-rata 49,02.dengan besar peningkatan yaitu 16,66%, dilanjutkan dengan tindakan pada siklus II dengan rata-rata72,78, dengan besar peningkatan yaitu 23,76%. Sedangkan dari sebelum tindakan ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 40,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak Kelompok B1 di TK Bina Kasih desa Batu Belah.
PENERAPAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IXD SMP NEGERI 1 SALO Nani Yunita
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i1.319

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri1 Salo yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah yaitu 75. Siswa masih kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini berdampak pada hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Untuk mengatasi masalah ini diterapkan suatu teknik pembelajaran yaitu teknik quick on the draw. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan pembelajaran dengan teknik quick on the draw pada siswa kelas IX SMPN 1 Salo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu hasil belajar matematika siswa yang menerapkan teknik pembelajaran quick on the draw lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.

Page 1 of 1 | Total Record : 7