cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Bio-Lectura
ISSN : 2339241X     EISSN : 25982427     DOI : -
Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print media. aim and foccus this journal are all about Biology, and Biology Education.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2017)" : 9 Documents clear
KAJIAN POHON POTENSIAL DI HUTAN KOTA PEKANBARU RIAU Marta Dinata; Jumiati Jumiati
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 4 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v4i2.376

Abstract

Abstrak Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji sejauhmana PP No. 63 Tahun 2002 tentang hutan kota dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Lokasi penelitian jenis pohon Potensial untuk Pengembangan Hutan Kota ditetapkan adalah kota Pekanbaru yang telah memiliki Perda No. 10 tahun 2006 tentang hutan kota, yaitu di jalan Diponegoro (Hutan Kota Diponegoro) yang merupakan habitat terfragmentasi. Metode yang digunakan adalah sensus melalui pengukuran luas kawasan, pengamatan struktur, pencacahan populasi, pengukuran dimensi pohon. Menghitung keanekaragaman jenis pohon (H'), Mengkaji kriteria kesesuaian suatu jenis pohon setiap tipe kawasan hutan kota mengacu kepada metode analisis rencana penelitian intregatif (Samsoedin, 2009), Indeks nilai penting untuk vegetasi pohon tertinggi ditempati oleh akasia (Acacia auriculiformis) dengan nilai sebesar 73,11. Akasia (Acacia auriculiformis) jenis pohon berkriteria kurang sesuai. Hal ini disebabkan populasinya terlalu tinggi, dimana serasah yang jatuh sulit terurai menyebabkan tumpukan yang tebal bila terinjak licin dan membahayakan keselamatan.
PROFIL KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS LANCANG KUNING T.P 2016/2017 Rikizaputra Rikizaputra; Raudhah Awal; Arlian Firda
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 4 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v4i2.377

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemandirian belajar mahasiswa program studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lancang Kuning T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lancang Kuning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket. Sampel penelitian ditentukan dengan cara acak kelas. Analisis data dilakukan secara deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka ditemukan bahwa kemandirian belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biolgi FKIP Universitas Riau secara umum menunjukkan peningkatan dari semester 1 sampai semester 7. Rerata kemandirian belajar mahasiswa program studi Pendidikan Biologi yaitu 55,2% dengan kategori cukup. Inisiatif dalam belajar merupakan aspek kemandirian terbaik yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yaitu 55,2 %
IDENTIFIKASI POLA MISKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP MEKANISME EVOLUSI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) Maratul Afidah
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 4 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v4i2.394

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi mahasiswa calon guru biologi pada ko nsep Mekanisme Evolusi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek mahasiswa calon guru biologi dari salah satu universitas swasta di provinsi Riau. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang dilengkapi dengan Certainty of response Index (CRI) diberikan sebanyak dua kali (pretest dan posttest) untuk mendapatkan pola miskonsepsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan konsepsi mahasiswa yang berupa paham konsep (PH), tidak paham konsep (TP), miskonsepsi (MK) dan menebak (MB). Konsepsi pada pretest dan posttest membentuk tujuh pola miskonsepsi yaitu MK-PH, PH-MK, TP-MK, MK-TP, MK-MK, MK-MB dan MK-MB. Ditemukan semua mahasiswa mengalami miskonsepsi dengan rata-rata persentase mahasiswa sebesar 26,9%. Pola miskonsepsi yang paling banyak terjadi adalah pola TP- MK sebesar 37,5%. Mahasiswa mengalami miskonsepsi pada subkonsep variasi genetik, subkonsep teorema Hardy-Weinberg, dan subkonsep seleksi alam. Miskonsepsi terbesar terjadi pada subkonsep variasi genetik.
JENIS-JENIS HEWAN TANAH PADA LUBANG BIOPORI DI PERUMAHAN LANCANG KUNING SEJAHTERA UMBAN SARI RUMBAI Martala Sari; Raudhah Awal; Ermina Sari
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 4 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v4i2.396

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan beberapa manfaat dari pembuatan lubang biopori dan sampah organik yang tersimpan didalam lubang, sehingga dapat dijadikan sebagai sumber penghasil kompos yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman. Oleh sebab itu perlu diketahui jenis hewan apa saja yang terdapat pada lubang biopori yang berperan dalam proses dekomposer sampah yang ada pada lubang biopori. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui jenis hewan tanah yang terdapat pada lubang biopori yang berperan dalam proses dekomposer. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode survey dengan mengkalkulasikan, mengolah, dan menganalisis data yang dikumpulkan secara kuantitatif yaitu data olahan yang berupa angka, dan mendeskripsikan hewan tersebut secara deskriptif yaitu berupa penjelasan dalam bentuk pernyataan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April 2017, pengambilan sampel dilaksanakan di perumahan Lancang Kuning Sejahtera sedangkan penelitian di Laboratorium Pendidikan Biologi Sampel tanah yang diambil dari lubang biopori di lokasi penelitian secara total sampling. Jenis- jenis hewan tanah yang ditemukan dalam lubang biopori terdapat 11 jenis mikrofauna dan makrofauna. Empat jenis merupakan mikrofauna yang terdiri dari Isotomurus sp, Entomobrya clitellaria, Entomobrya socia dan Hypogastrura nivicola. Tujuh jenis merupakan makrofauna yang terdiri dari Dolichoderus sp, Oechophylla smaragdina,Pheretima, sp., Oechophylla sargillina, Gryllus vocalis, Forficula auricularia dan Buffo, sp
PENERAPAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DISERTAI MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMPN 29 PEKANBARU Jumiati Jumiati; Dewi Nurjanah
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 4 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v4i2.397

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining disertai media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi organisasi kehidupan kelas VII SMPN 29 Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Maret 2016. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah kelas kontrol VII1 dan kelas eksperimen VII2 dengan jumlah masing-masing siswa 40. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan munggunakan teknik Simple Random Sampling. Rerata N-Gain pada kelas kontrol 0,42 dengan kategori sedang dan kelas eksperimen 0,65 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji statistik N-Gain berbeda signifikan. Pengaruh motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 132,95 dan pada kelas kontrol adalah 126,52. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining disertai media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi organisasi kehidupan kelas VII SMPN 29 Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016.
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) BERBASIS SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIIMTS GUPPI SABAK AUH KAB. SIAK T.A 2015/2016 Ermina Sari; Siti Maryam
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 4 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v4i2.399

Abstract

Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbasis Somatis, Auditori, Visual, Intelektual terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTs Guppi Sabak Auh Kab Siak T.A 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIB dan kelas VIIC dengan jumlah siswa 30 orang, yang diambil dengan teknik simple`random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Uji U Mann Whitney dan t-test. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Rerata N-Gain pada kelas kontrol 0,33 (kategori sedang), sedangkan pada kelas eksperimen 0,53 (kategori sedang). Hasil data uji-t N-Gain terdapat perbedaan signifikan antara N-Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbasis Somatis, Auditori, Visual, Intelektual terhadap hasil belajar siswa di kelas VII MTs Guppi Sabak Auh Kab Siak tahun ajaran 2015/2016.
PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBANTUAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DIKELAS VII SMP NEGERI 1 MINAS KABUPATEN SIAK TA. 2015/2016 Raudhah Awal; Dian Sudarti
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 4 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v4i2.400

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model contextual teaching learning Berbantuan hands on activity Terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMPN 1 Minas Kabupaten Siak bulan Mei 2016. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan menggunakan the matching only pretest posstest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII.1 dengan jumlah siswa 30 orang dan VII.2 dengan jumlah 30 orang, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil data uji-t N-Gain adalah 0.000 < 0.05 (α), maka tolak H0 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara N-Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini juga dapat dilihat dari rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0.78 (kategori tinggi), sedangkan pada kelas kontrol 0.40 (kategori sedang). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model contextual teaching learning berbantuan hands on activity terhadap hasil belajar siswa. penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMPN 1 Minas Kabupaten Siak tahun ajaran 2015/2016.
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMA NURUL FALAH PEKANBARU Rikizaputra Rikizaputra; Yayuk Purniati
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 4 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v4i2.401

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem gerak kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Maret 2016 di SMA Nurul Falah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan weak-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI1 dengan jumlah siswa 30 siswa, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan melalui pretest, posttest dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan rerata N-Gain 0.71 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil analisis uji paired samples t test terhadap pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem gerak kelas XI SMA Nurul Falah Pekanbaru.
PENGARUH PEMBELAJARAN STM BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMPN 30 PEKANBARU T.A 2015/2016 Sri Wahyuni; Al Khudri Sembiring; Tika Fitriani
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 4 No. 2 (2017)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v4i2.402

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMPN 30 Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Maret 2016. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII1 dengan jumlah siswa 38 dan VII6 dengan jumlah siswa 34, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0.66 (kategori sedang), sedangkan pada kelas kontrol 0.44 (kategori sedang). Berdasarkan uji hipotesis komparatif uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara N-gain kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMPN 30 Pekanbaru

Page 1 of 1 | Total Record : 9