cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Bio-Lectura
ISSN : 2339241X     EISSN : 25982427     DOI : -
Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print media. aim and foccus this journal are all about Biology, and Biology Education.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2019)" : 9 Documents clear
PENGGUNAAN PENALARAN PILIHAN GANDA TES UNTUK MENGANALISIS MISKONSEPSI PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TANAMAN Maratul Afidah; Latifah Nurkhasanah
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v6i1.2680

Abstract

Konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan merupakan salah satu konsep yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena memiliki banyak penjelasan yang bersifat abstrak, sehingga dapat memicu terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi siswa pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek siswa kelas VII MTs Darul Muqomah Pekanbaru. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling, yang melibatkan seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 49 siswa yang terdiri dari 28 siswa kelas VII-Putra dan 21 siswa dari kelas VII-Putri. Data tes diagnostik dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda beralasan terbuka untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa kedalam paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi teridentifikasi pada indikator tentang menentukan zat yang diperlukan dan dihasilkan pada saat proses fotosintesis dan faktor yang mempengaruhinya dengan presentase 31,78% (kategori sedang), menyatakan pembuktian percobaan mengenai fotosintesis dan organel yang terlibat dengan presentase 30,36% (kategori rendah), dan menentukan zat yang digunakan pada proses respirasi dan organel yang terlibat didalamnya dengan presentase 36,23% (kategori sedang). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Miskonsepsi siswa tertinggi terjadi pada indikator tentang menentukan zat yang digunakan pada proses respirasi dan organel yang terlibat didalamnya.
PENGARUH MODEL SCRAMBLE TIPE WACANA BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA FKIP UNILAK MATERI BRYOPHYTA Jumiati Jumiati; Umiati Umiati
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v6i1.2683

Abstract

Materi Bryophyta merupakan materi yang sulit dibayangkan karna materi ini masih termasuk tumbuhan talus yang belum bisa dibedakan antara akar, batang dan daun sehingga membutuhkan media yang efektif sebagai alat bantu saat proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model scramble tipe wacana berbantuan WhatsApp terhadap penguasaan konsep mahasiswa FKIP Unilak materi Bryophyta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah Weak Eksperimen Dengan One-Group pretest-postest Design. sampel yang digunakan untuk penelitian adalah 39 orang mahasiswa dari kelas reguler yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, lembar observasi aktivitas dosen dan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa T-Test. Rerata N-Gain pada pretest dan posttest 0.64 kategori sedang dan hasil uji N-Gain menggunakan one sample t-test dengan nilai 0.00<0.05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran scramble tipe wacana berbantuan WhatsApp terhadap penguasaan konsep mahasiswa FKIP Unilak pada materi Bryophyta
PENGARUH PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN STANDING BANNER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA T.A 2018/2019 Al Khudri Sembiring; Marta Dinata
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v6i1.2688

Abstract

Pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru membuat siswa tidak mengerti terhadap materi yang disampaikan oleh guru sehingga mereka cenderung bertanya kepada temannya. Hal ini menyebabkan permasalahan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tutor Sebaya berbantuan media Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas kontrol VIII 2 dengan jumlah 36 siswa dan kelas eksperimen VIII 1 dengan jumlah 35 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi berupa aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t Independent Samples Test. Rerata N-Gain pada kelas kontrol adalah 0.28 kategori rendah dan kelas eksperimen adalah 0.63 kategori sedang. Berdasarkan analisis hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Tutor Sebayaberbantuan media Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019.
POTENSI WISATA TAMAN HUTAN RAYA SULTAN SYARIF KASIM SEBAGAI WISATA EDUKASI DI PROVINSI RIAU Dodi Sukma
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v6i1.2689

Abstract

Taman Hutan Raya (TAHURA) Sultan Syarif Kasim yang terdapat di Provinsi Riau terletak di 3 Kabupaten/Kota yaitu di Kota Pekanbaru di Kecamatan Muara Fajar, Kabupaten Siak di Kecamatan Minas dan Kabupaten Kampar di Kecamatan Tapung Hilir. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim di Riau adalah Kawasan Hutan Konservasi dengan luas kawasan ± 6.172 Ha. Kini setengah di antaranya atau sekitar 3.000 hektar telah dirambah oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab (Syahnan Rangkuti 2009). Pariwisata menjadi salah satu alternative untuk mencegah konflik dalam mengelola kawasan dan meningkatnya ekonomi di Provinsi Riau, karena dengan mengembangkan sektor ini diharapkan banyak wisatawan berkunjung ke Riau yang dengan sendirinya serta meningkatkan pendapatan asli daerah dengan mengupayakan pengembangan dan pemanfaatan potensi wisata yang memiliki daerah dalam mewujudkan kekayaan alam yang indah, keragaman flora dan faunaMetode yang digunakan adalah metode survei (survey methods) dengan teknik kuesioner yaitu pengukuran potensi dengan cara mengukur persepsi dengan menggunakan One Score-One Indicator System, yakni pemberian skor 1 (satu), untuk 1 (satu) indikator, dengan skala yang digunakan adalah 1-7 (merupakan pengembangan dari skala Likert 1-5). Penggunaan skala 1-7 diterapkan karena sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia yang mengartikulasikan suatu nilai dengan sangat detail (Avenzora 2008). Nilai skor 1-7 diberikan pernyataan sebagai berikut: (1) sangat tidak menarik (2) tidak menarik (3) agak tidak menarik (4) ragu-ragu (5) agak menarik (6) menarik, dan (7) sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi responden yang terdiri dari Dosen, Mahasiswa dan Pelajar terhadap nilai fungsi sosial memiliki rentang persepsi yang beragam; (1)Keunikan 4.61 agak menarik (2)Keindahan 4.71 agak menarik (3)Kelangkaan 4.06 Sedang (4)Ketepatan Waktu 4.45 Sedang (5)Aksesibilitas 4.25 Sedang (6)Sensitifitas 4.83 agak menarik (7)Fungsi Sosial 4.08 Sedang serta Nilai Keseluruhan Potensi Wisata Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim Sebagai Wisata Edukasi di Provinsi Riau 4.42 Sedang
PENGARUH PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA Ermina Sari; Wika Syafrida Syar
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran yang cenderung monoton, serta kurangnya fasilitas sekolah dan inisiatif guru dalam menggunakan media menjadi permasalahan dalam pendidikan. Salah satunya yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran complete sentence berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel. Sampel yang pertama adalah kelas eksperimen VIII 5 dengan jumlah 37 siswa dan sampel yang kedua adalah kelas kontrol VIII 6 dengan jumlah 34 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi berupa aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t Independent Samples Test. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0.58 kategori sedang dan pada kelas kontrol adalah 0.23 kategori rendah. Berdasarkan analisis hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran complete sentence berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018/2019.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DISERTAI LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMAN 1 PEKANBARU Agusminarti D
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk peningkatan aktivitas biologis dan kompetensi. siswaPenelitian ini dilakukan di semester pertama tahun ajaran / 2012 2013 di kelas di sman pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di dua siklus, tiap siklus terdiri dari satu tahap perencanaan: pelaksanaan pengamatan, dan refleksi.Data dikumpulkan melalui observasi lembar compeled oleh para pengamat dan data yang diberikan hasil belajar pada akhir dari siklus.Lembar observasi digunakan untuk menentukan kegiatan dan kompetensi mahasiswa selama pembelajaran berlangsung.Aktivitas data siswa dianalisis dengan menggunakan persentase siswa yang terlibat dalam setiap pertemuan.Hasil analisis data siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan peningkatan dan kompetensi. kegiatan belajar siswa
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI KULTUR JARINGAN TUMBUHAN Arlian Firda
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari studi ini untuk menentukan kesulitan murid pada materi pelajaran dari kultur jaringan tanaman negara. sma di pekanbaruPenelitian ini adalah sebuah penelitian menggunakan teknik random sampling survei dilakukan di kelas xi ipa sma. 14 pekanbaruJumlah responden dalam penelitian ini adalah siswa 62.Berdasarkan hasil analisis persentase tingkat kesulitan belajar siswa pada subjek dari kultur jaringan tanaman sebesar 2.57 berada di tengah kriteria tinggi sedangkan persentase adalah 63.74 %.Indikator yang kesulitan paling tinggi adalah faktor dari lingkungan keluarga 2.70 is in the kriteria tinggi sedangkan persentase adalah 69.91 %, sementara yang terendah kesulitan indikator adalah komunitas faktor lingkungan dari 2.17 adalah di tengah kriteria sedangkan persentase adalah 54.33 %.Berdasarkan hasil studi ini bisa disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar termasuk dalam kriteria tinggi.
THE RELATIONSHIP BETWEEN ANXIETY AND RETENTION TOWARDS LEARNING ACHIEVEMENT REMEDIAL ON MATERI SKELETON SYSTEM IN CLASS VIII SMP NEGERI 30 PEKANBARU ACADEMIC YEAR 2018/2019 Rikizaputra Rikizaputra; Kumala Sari
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dan retensi terhadap hasil belajar remedial di kelas VIII SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2018. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dan populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang diambil sebanyak 69 siswa dengan teknik Perposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal yang terdiri dari 30 pernyataan kecemasan dan 30 soal retensi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecemasan dan retensi terhadap hasil belajar remedial dengan korelasi Uji nilai signifikan koefisien korelasi ganda Fhitung = 15,76 dan Ftabel = 3,14, maka Fh (15,76) > Ft (3,14) maka tolak H0 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan dan retensi terhadap hasil belajar remedial di kelas VIII SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019.
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATAKULIAH ZOOLOGI INVERTEBRATA DI FKIP UNIVERSITAS LANCANG KUNING PEKANBARU T.A 2018/2019 Sri Wahyuni; Raudhah Awal; Martala Sari
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan observasi di Program Studi Pendidikan Biologi bahwa matakuliah Zoologi Invertebrata sulit dipahami. Mahasiswa menganggap sebagian dari filum Invertebrata (Coelenterata) ini tergolong tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa Pendidikan Biologi pada matakuliah Zoologi Invertebrata di FKIP Universitas Lancang Kuning Pekanbaru TA. 2018/2019, dengan menggunakan teknik CRI (Certainty of Response Index). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi semester tiga yang mengontrak matakuliah Zoologi Invertebrata dengan menggunakan teknik total sampling yang melibatkan seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi yang berjumlah 49 mahasiswa.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes diagnostik berupa pilihan ganda dilengkapi dengan skala keyakinan CRI. Data dianalisis dengan teknik CRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil tes menggunakan teknik CRI, mahasiswa mengalami kejadian konsepsi berjumlah 1.176. Persentase mahasiswa yang mengalami Miskonsepsi (MK)54,34% (kategori sedang), terutama pada filum Annelida dengan tingkat miskonsepsi 63,39% (kategori tinggi), dari 24 soal pilihan ganda (a, b, c, d, dan e) yang diujikan

Page 1 of 1 | Total Record : 9